Jangkrik

Umpan Ikan Gabus Ampuh pasti Strike Terus

Umpan Ikan Gabus | Siapa yang tidak kenal dengan ikan gabus. Ikan yang memiliki nama ilmiah ChannaStriata ini memiliki habitat menyebar hampir di seluruh dunia sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Mulai dari sungai, rawa-rawa, danau, hingga parit atau selokan. Pada beberapa daerah, ikan gabus memiliki nama lain seperti ikan kutuk, Koes, dan lainnya.

Dengan menyiapkan umpan ikan gabus yang tepat, para mancing mania bisa mendapatkan ikan gabus bahkan dengan ukuran yang mencapai satu meter.

Nah, jika Anda sedang mencari mangsa apa yang paling tepat untuk ikan gabus, mungkin beberapa daftar mangsa di bawah ini bisa membantu Anda.

Umpan Ikan Gabus
Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus Paling Ampuh

Kunci pertama dari memilih pemikat untuk memancing ikan adalah menyediakan umpan yang menjadi makanannya di alam liar. Ikan gabus sendiri terkenal sebagai predator air tawar dan menjadi pemburu bagi makhluk-makhluk kecil lain di dalam air.

Untuk itu, daftar umpan di bawah ini akan lebih berfokus pada penggunaan umpan-umpan hidup yang mubah di dapatkan di lingkungan sekitar.

1. Ikan Kecil

Ikan Wader
Ikan Wader

Umpan ikan gabus yang pertama adalah ikan kecil. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ikan ini adalah predator air tawar alami bagi ikan-ikan kecil, maka penggunaan ikan ini sebagai pancingan adalah langkah yang sangat tepat.

Penggunaan ikan kecil yang masih hidup dan masih bisa bergerak akan menarik perhatian ikan gabus dengan cepat.

Anda bisa menggunakan ikan kecil seperti wader untuk dikaitkan pada kail pancing. Usahakan tidak membunuh ikan wader terlebih dahulu agar nanti saat menyentuh air, ikan wader masih bisa bergerak. Cukup kaitkan mata kail pada bagian punggung wader dan umpan siap digunakan.

2. Cacing Tanah

Cacing Tanah
Cacing Tanah

Cacing tanah menjadi daftar umpan ikan gabus terampuh selanjutnya. Sebenarnya cacing tanah tidak hanya ampuh digunakan sebagai pakan ikan gabus, tapi lebih ke pakan ikan secara universal.

Hal tersebut dikarenakan cacing akan mengeluarkan bau amis yang menarik ikan di sekitarnya saat bersentuhan dengan air. Kelebihan dari cacing tanah sebagai umpan adalah kemudahan mendapatkannya.

Anda hampir bisa mendapatkan cacing tanah di manapun. Cukup cangkul sedikit bagian atas permukaan tanah dan Anda sudah bisa mengambil cacing tanah di dalamnya.

Cacing tanah sangat senang berada di tanah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi seperti tanah dekat sawah, dan lainnya.

3. Katak Kecil

Katak Kecil
Katak Kecil

Selanjutnya masih menggunakan umpan hidup, yaitu katak atau kodok kecil. Secara alami, ikan gabus juga memangsa katak kecil di alam liar. Jadi penggunaan umpan ikan gabus yang satu ini juga sangat efektif.

Untuk mendapatkan katak kecil, Anda bisa mencarinya di pinggiran sawah dekat dengan daerah berair. Biasanya di situlah habitat alami katak kecil.

Untuk penggunaan umpan ini, jangan lupa untuk tetap menjaga katak kecil hidup saat dikaitkan dengan kail pancing. Hal tersebut untuk menarik perhatian ikan gabus saat katak sudah dicelupkan ke dalam air nantinya.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa ular juga memangsa katak di alam liar, jadi Anda harus hati-hati saat mendapatkan strike.

4. Jangkrik dan Gangsir

Jangkrik
Jangkrik

Umpan ikan gabus yang satu ini mungkin tidak asing di mata para mancing mania. Benar sekali, jangkrik dan gangsir juga merupakan umpan universal dan hampir digunakan pada hampir semua jenis ikan pancingan. Lalu bagaimana jika digunakan untuk memancing gabus? Tentu saja keduanya sangat ampuh.

Untuk mendapatkan jangkrik atau gangsir, Anda cukup menggali pada tanah yang memiliki lubang sebagai tanda rumah jangkrik atau gangsir. Atau jika Anda tidak ingin repot, cukup membeli jangkrik atau gangsir di toko-toko pakan hewan dan burung di sekitar Anda.

5. Belalang

Belalang
Belalang

Umpan selanjutnya masih dari golongan serangga, yaitu belalang. Belalang yang dikenal sebagai hama bagi para petani ini ternyata juga sangat ampuh digunakan sebagai umpan ikan gabus.

Belalang yang dimaksud tentu saja belalang daun yang berukuran kecil dan banyak ditemukan di sawah-sawah, dan bukan jenis belalang besar. Selain murah, umpan dari belalang juga sudah terbukti sangat ampun untuk menarik minat predator ini.

Untuk mendapatkan umpan yang asi ini, sepertinya Anda harus terjun langsung ke sawah dan daerah yang memiliki populasi belalang tinggi. Hal tersebut karena sangat jarang ditemukan toko yang menjual belalang sebagai pakan hewan.

Justru yang semakin banyak adalah belalang dengan ukuran agak besar dan dijual sebagai makanan olahan yang layak dikonsumsi.

6. Ulat Daun Pisang

Ulat Daun Pisang
Ulat Daun Pisang

Pernah menemukan ulat pada daun pisang? Ulat tersebut biasanya memiliki kulit halus dan tubuh yang bisa memanjang dengan bagian kepala berwarna hitam.

Nah, di balik bentuknya yang membuat sebagian orang bergidik, ternyata ulat daun pisang juga sangat ampuh digunakan sebagai umpan ikan gabus.

Untuk mendapatkannya cukup mudah. Anda bisa memilih bagian daun pisang yang tergulung di ujungnya. Pada bagian inilah bisanya ulat daun di temukan.

Untuk penggunaannya, cukup kaitkan mata kail pada bagian ekor belakangnya. Seperti umpan hidup lainnya, usahakan untuk tetap menjaga ulat daun agar tetap hidup sampai ulat menyentuh permukaan air.

7. Umpan Buatan

Umpan Ikan Gabus Buatan
Umpan Ikan Gabus Buatan

Selain daftar umpan ikan gabus hidup di atas, ada juga jenis umpan buatan yang bisa Anda racik sendiri di rumah. Umpan buatan ini menggunakan bahan-bahan yang cenderung amis agar predator bisa mudah tertarik.

Bahan-bahan tersebut adalah tepung udang, tepung ikan, pelet PF100, telur ayam kampung rebus, bawang putih, cacahan daging ikan, madu, dan air secukupnya.

Untuk cara pembuatannya sangatlah mudah. Setelah semua bahan dihancurkan, Anda tinggal mencampurkannya. Selagi mencampurkan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga campuran bahan berubah menjadi adonan yang kalis dan kenyal.

Umpan ikan gabus pun siap digunakan. Sedangkan untuk cara penggunaan, Anda cukup mengambil sedikit bagian dari adonan, membentuk bulat, dan mengaitkannya di mata kail.

8. Umpan Tiruan

Umpan Ikan Gabus Tiruan
Umpan Ikan Gabus Tiruan

Selain umpan buatan, yang terakhir adalah umpan tiruan. Umpan tiruan adalah jenis umpan yang dirancang untuk menarik perhatian pemangsa dengan menghasilkan gerakan, atau getaran seperti layaknya umpan hidup.

Umpan ikan gabus yang satu ini sangat banyak dijual di pasaran dengan berbagai model. Rata-rata umpan tiruan memiliki warna yang mencolok sehingga mudah dilihat oleh ikan gabus.

Yang perlu Anda perhatikan saat membeli umpan tiruan adalah ukurannya. Anda harus tahu berapa ukuran kail yang ideal untuk ikan gabus di lokasi pemancingan.

Jangan sampai Anda gagal strike hanya gara-gara umpan tiruan yang dipasang berukuran terlalu besar untuk gabus di lokasi tersebut.

Itulah beberapa daftar umpan ikan gabus yang bisa Anda jadikan referensi sebelum pergi memancing. Memang, semakin alami umpan yang digunakan, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan strike. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply