Membentuk Suara Burung Jalak Suren

Download Suara Burung Jalak Suren: Gacor dan Panjang !

Download Suara Burung Jalak Suren | Buat Anda yang menggemari burung kicau, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung jalak yang satu ini. Burung jalak suren merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai banyak penggemar.

Hal ini tentunya dikarenakan oleh suara burung jalak suren yang sangat indah dan bervariasi. Kicauan yang dikeluarkan oleh burung ini memang layak untuk ditunggu-tunggu.

Dapat dibilang suara kicauannya yang khas bisa membuat suasana menjadi lebih menyenangkan seperti berada dalam alam bebas.

Suara Burung Jalak Suren
Suara Burung Jalak Suren

Perawatan Agar Suara Burung Jalak Suren Lebih Baik

Selain itu, hal yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara burung jalak ini adalah harganya yang dapat mencapai kisaran angka jutaan rupiah setiap pasangnya.

Tentunya harga yang tinggi akan bergantung pada kualitas burung tersebut. Maka dari itu jika Anda menginginkan jalak suren yang dipelihara mempunyai harga tinggi, kualitasnya pun harus dijaga dan ditingkatkan.

Dengan ketelitian dalam perawatan dan pemeliharaannya, maka vitalitasnya akan terjaga dan suara burung jalak surenyang dihasilkan akan baik. Untuk itu, berikut tips dalam perawatan jalak suren yang baik dan benar.

1. Pemilihan Bibit Burung

Memilih Bibit Burung
Memilih Bibit Burung

Anda dapat memperoleh bibit jalak suren ini dari membelinya pada penangkaran maupun menangkapnya secara langsung di alam liar. Seekor burung jalak suren yang diperoleh dari alam liar kemungkinan besar akan lebih sulit untuk dijinakkan dan memerlukan adaptasi secara lebih.

Namun jika burung tersebut didapatkan dari penangkaran, maka sudah pasti akan lebih mudah dalam perawatannya sehingga burung jalak ini dapat berkembang lebih maksimal.

Untuk itu, akan lebih baik jika bibit burung didapatkan dari penangkaran. Selain itu, biasakan kehadiran manusia di sekitarnya agar lebih cepat jinak.

2. Proses Adaptasi Burung

Adaptasi Burung
Adaptasi Burung

Ketika Anda baru saja memperoleh burung jalak suren ini terutama dari penangkaran, alangkah baiknya jika menyimpan burungi itu di tempat yang mempunyai suasana nyaman dan tenang.

Jauhkan dari lingkungan bising seperti jalan raya, pasar, dan lain sebagainya. Hal ini ditujukan agar burung tidak mengalami stres dan menyebabkan kualitas suara burung jalak surenmenjadi buruk.

Selain itu, ini juga berfungsi agar burung mampu beradaptasi dengan baik terhadap sangkar dan lingkungan yang baru.

Bagi jenis burung kicau terutama jalak suren, proses adaptasi ini sangatlah penting. Jika adaptasi yang dilakukan tidak benar, burung jalak yang tadinya sudah jinak dan senang berkicau dapat berubah menjadi liar dan suara burung jalak suren ini hilang.

Proses adaptasi ini biasanya dilangsungkan dalam beberapa hari. Ketika beradaptasi, maka Anda harus memanjakan burung tersebut.

Buatlah si burung merasa senyaman mungkin dan dapat mengenali majikannya, seperti memberi pakan yang lebih banyak, terus melatihnya agar cepat jinak, dan lain sebagainnya.

3. Penjemuran Burung

Menjemur Burung
Menjemur Burung

Dapat dikatakan perawatan harian sangat berpengaruh pada suara burung jalak surenitu sendiri. Perawatan ini dapat mulai Anda lakukan dengan menjemurnya setiap pagi hari.

Namun hal penting yang perlu diperhatikan adalah tempat untuk menjemurnya. Pastikan sangkar burung berada pada tempat yang tenang dan nyaman.

Kondisi yang nyaman akan berpengaruh baik bagi perkembangan jalak suren. Jauhkan dari berbagai tempat yang memiliki kondisi dan suasana bising karena dapat mempengaruhi mental dari si burung dan kemungkinan terjadinya stres akan meningkat.

4. Pemberian Pakan Burung

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Seperti yang telah diketahui bahwa pemeliharaan seekor hewan termasuk burung jalak suren ini membutuhkan banyak tenaga, waktu, dan biaya yang perlu dikeluarkan.

Maka dari itu, usahakan melakukan perawatan secara maksimal agar kualitas dari suara burung jalak surensemakin bagus. Perawatan ini dapat mulai dilakukan dengan memberi pakan yang tepat hingga menambahkan nutrisi ekstra supaya burung tetap dalam kondisi sehat dan gemar berkicau.

Untuk itu, Anda dapat memberikan makanan berupa voer yang mengandung protein tinggi,seperti voer ayam, voer lele, dan juga voer hijau.

Pemberian voer ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari jalak suren yang dipelihara. Selain memberikan voer yang tinggi akan protein, pemberian buah-buahan segar seperti apel, pisang kepok, dan juga pepaya juga diperlukan agar pakan yang diberikan lebih bervariasi.

Pakan yang variatif ini bertujuan agar burung tidak merasa bosan dan malas makan sehingga kesehatannya terganggu.

5. Pemberian Pakan Tambahan Burung

Pakan Tambahan untuk Suara Burung Jalak Suren
Pakan Tambahan untuk Suara Burung Jalak Suren

Selain memberikan pakan dengan asupan nutrisi yang baik, Anda juga perlu memberinya pakan tambahan atau ekstra food agar suara burung jalak suren menjadi lebih bagus dan senang berkicau. Pakan tambahan yang dimaksud ini yaitu berupa ulat hongkong, kroto, dan jangkrik.

Namun perlu untuk diketahui bahwa pemberian pakan tambahan ini juga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dari burung tersebut.

Untuk pemberian kroto, Anda dapat melakukannya cukup 2 hingga 3 kali saja selama satu minggu sejumlah satu sendok teh secara rutin. Pemberian jangkrik harus lebih sering karena nutrisi yang terkandung didalamnya sangat tinggi, yakni dengan 3 ekor di pagi hari serta lima ekor ketika sore hari.

Sedangkan untuk ulat hongkong cukup diberikan satu cepuk pada pagi hari. Selain itu, pemberian multivitamin juga diperlukan agar burung menjadi lebih sehat dan aktif sehingga suara burung jalak surenyang dihasilkan semakin bagus.

6. Memandikan Burung Jalak Suren Secara Rutin

Memandikan Burung
Memandikan Burung

Memandikan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan dalam perawatan seekor jalak suren. Hal ini tentunya ditujukan agar burung terhindar dari segala penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan virus pada tubuhnya.

Seperti yang telah diketahui penyebab utama dari penyakit pada setiap burung adalah kuman dan juga virus. Maka dari mandikan burung tersebut secara rutin baik itu pagi maupun sore hari.

Namun akan lebih baik jika pemandian ini dilakukan pada pagi hari karena sinar matahari pagi dapat membantu burung terhindar dari kedinginan yang juga dapat memuatnya menjadi sakit.

7. Menjemur Burung Setelah Memandikannya

Ketika burung jalak suren yang dipelihara selesai dimandikan, maka jangan pernah lupa untuk menjemurnya. Penjemuran ini bertujuan agar bulu pada burung lebih cepat kering dan terhindar dari kedinginan yang dapat menyebabkan burung jalak tersebut menjadi sakit.

Sebenarnya pengeringan bulu ini dapat dilakukan dengan cara mengangin-anginkan. Akan tetapi, penjemuran yang dilakukan dibawah sinar matahari akan lebih efektif, bahkan dapat membuat kesehatan burung menjadi lebih baik.

Namun, perlu diketahui bahwa penjemuran ini tidak boleh terlalu lama karena dapat membuatnya dehidrasi.

8. Mastering Pada Burung Jalak Suren

Proses Mastering Suara Burung Jalak Suren
Proses Mastering Suara Burung Jalak Suren

Mastering sangat berpengaruh pada suara burung jalak surenyang nantinya dihasilkan. Untuk itu, mastering ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan audio berupa mp3.

Pastikan mastering ini dilakukan pada malam hari dan di tempat yang memiliki suasana tenang dan nyaman agar burung dapat berkonsentrasi.

Membentuk Suara Burung Jalak Suren
Membentuk Suara Burung Jalak Suren

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, tentunya suara burung jalak surenyang dipelihara akan menjadi lebih bagus dan gacor. Dengan ini, maka Anda mampu memperoleh jalak suren yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Download Koleksi MP3 Suara Jalak Suren

Burung jalak suren ini memang terkenal akan kicauannya yang merdu dan bahkan dilombakan dimana-mana. Untuk kalian yang penasaran seperti apa kicau dari jalak suren ini, berikut file mp3 nya yang bisa anda dengarkan.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

Leave a Reply