ciri ayam bangkok juara

8 Ciri-ciri Ayam Bangkok yang Pasti Juara

Ayam bangkok mungkin salah satu jenis ayam yang paling familiar terutama bagi para penggemar ayam aduan. Seperti nama yang diberikan padanya, ayam petarung ini berasal negara Thailand. Jenis ayam ini adalah jenis ayam yang sudah diakui memiliki kualitas baik.

Ciri-ciri ayam Bangkok ini hampir mirip dengan ayam liar. Inilah yang membuat ayam ini termasuk dalam kategori ayam petarung terbaik karena memang ayam ini mampu bertarung bahkan sampai mati. Karena itulah ayam jenis ini selalu menjadi primadona bagi para pecinta ayam terutama ayam petarung.

Mengetahui Ciri-Ciri Ayam Bangkok yang Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ayam Bangkok adalah jenis ayam petarung yang memiliki ciri-ciri mirip ayam liar.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang ayam Bangkok dan apa yang membedakannya dengan jenis ayam lainnya, berikut adalah ciri-ciri ayam Bangkok yang harus Anda ketahui. Ciri-ciri ini termasuk juga ciri-ciri ayam petarung jenis Bangkok yang memiliki kualitas juara.

  1. Ukuran Tubuhnya Besar dan Tegap

ayam bangkok tubuh besar dan tegap

Secara umum, ciri-ciri ayam Bangkok memiliki ukuran tubuh yang tegap dan besar. Hal ini bisa dilihat dari posturnya ketika berdiri. Saat berdiri, ayam ini berdiri dengan sudut hampir 90 derajat. Selain itu bisa juga dilihat dari bagian dada yang membusung gagah. Sedangkan untuk ayam Bangkok berkualitas juara, ciri fisiknya juga sedikit berbeda.

Ayam Bangkok berkualitas juara memiliki tulang dada yang cenderung lebih lebar. Secara keseluruhan, kualitas ayam Bangkok petarung yang baik adalah ayam Bangkok yang memiliki tulang dada lebar. Maka semakin lebar tulang dadanya, maka semakin baik kualitas tarung ayam tersebut. Ayam yang memiliki postur tegap dianggap berkualitas karena daya tahan bertarungnya yang tinggi.

Bentuk tubuh ayam Bangkok yang memiliki tekstur badan lebih empuk juga banyak dipilih karena diklaim memiliki akurasi pada pukulannya saat bertarung. Badan ayam yang empuk dianggap memiliki otot yang bagus pula. Inilah yang berpengaruh pada akurasi serangan saat ayam bertarung.

  1. Warna Bulunya Beragam dengan Ciri Khas Berbeda

Warna Bulun Ayam Bangkok

Selanjutnya, ciri-ciri ayam Bangkok yang membuatnya berbeda dengan jenis ayam lainnya adalah pada warna bulunya. Warna bulunya pun bervariasi. Ada setidaknya 7 jenis warna bulu ayam Bangkok yang umumnya ada di pasaran, yaitu:

  • Wangkas : warna dasarnya hampir sama dengan warna rawisnya, yaitu berwarna kuning kemerahan.
  • Wiring: warna dasarnya hitam, memiliki bulu rawis dan ekor berwarna dasar kuning agak kemerahan.
  • Blorok: warna dasar bulunya totol-totol. Totol-totolnya pun terdiri dari beragam warna dari putih, hitam dan merah.
  • Klawu: memiliki warna dasar ayamnya abu-abu.
  • Jali: memiliki bulu dengan warna dasar blirik. Blirik sendiri merupakan campuran dari berbagai jenis warna dengan motif garis-garis kecil.
  • Putih: seperti namanya, ayam Bangkok berwarna ini memiliki warna bulu dasar putih.
  • Jregem: warna dasar bulunya berwarna hitam.
  1. Bentuk Lehernya Panjang

leher ayam bangkok

Secara umum, ciri-ciri ayam Bangkok memiliki leher yang lebih panjang dibandingkan jenis ayam lainnya. Namun untuk jenis ayam Bangkok petarung yang berkualitas memiliki ciri tulang sambungan antara leher dan kepala tidak menonjol.

Jadi apabila tulang sambungan antara leher dan kepalanya semakin tidak menonjol, maka semakin baik dan berkualitas ayam Bangkok tersebut. Karena itulah para pecinta ayam petarung harus memeriksa sambungan lehernya saat membeli.

  1. Bentuk Jenggernya Seperti Pial Pendek dan Roes

jengger ayam bangkok

Bagi para pecinta ayam petarung Bangkok, ciri-ciri ayam Bangkok yang umum adalah dilihat dari bentuk jenggernya. Bentuk jengger ayam Bangkok yang umum adalah seperti roes dan seperti pial pendek. Para pecinta ayam petarung kebanyakan mencari ayam Bangkok yang memiliki bentuk jengger menyerupai blangkon. Inilah yang banyak dicari karena diakui memiliki kualitas bertarung yang sangat baik pula.

  1. Bentuk Kakinya Bulat dengan Sisik Rapih

ciri kaki ayam bangkok

Selanjutnya dilihat dari bentuk kaki, ayam Bangkok umumnya memiliki bentuk kaki yang bulat dan terlihat kering. Selain itu dilihat dari sisiknya, ayam Bangkok umumnya memiliki sisik yang rapi dengan warna sisik kuning. Maksudnya sisik yang rapi adalah berderet mulai dari bagian jari kelingkingnya hingga kaki yang tidak terputus.

Jika sisiknya berbentuk seperti ini adalah ciri-ciri ayam Bangkok yang dijamin dapat membuat lawan cepat kalah karena pukulannya yang keras.

  1. Paruh Berbentuk Panjang dan Tebal Berwarna Kuning

ciri paruh ayam bangkok

Kualitas ayam Bangkok yang baik juga bisa dilihat dari bentuk dan warna paruhnya. Ciri-ciri ayam Bangkok yang berkualitas baik untuk pertarungan adalah ayam Bangkok yang memiliki bentuk paruh yang panjang dan tebal. Selain itu, warna paruhnya juga berbeda dengan warna paruh ayam lainnya.

Warna paruh ayam Bangkok memiliki warna yang cenderung lebih kuning dibandingkan jenis ayam lain. Jadi bisa dilihat kualitas ayam Bangkok dari bentuk paruhnya, semakin panjang dan semakin bulat bentuk paruhnya, maka semakin bagus pula kualitas ayam petarung ini.

  1. Kepala Berbentuk seperti Buah Pinang

Selanjutnya, ayam Bangkok berkualitas juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Dilihat dari bentuk kepalanya, ayam yang baik dengan kualitas tarung yang baik adalah ayam yang memiliki bentuk kepala besar dan bentuknya menyerupai buah pinang.

Ayam yang memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas menandakan jika ayam tersebut lebih ulet dan tangguh saat bertarung. Dengan begitu ketika bertarung tidak akan mudah menyerah hingga pertarungan terakhir sekalipun.

  1. Warna Matanya Tembus

mata ayam bangkok

Masih dari bagian kepala, anggota tubuh lain yang memberikan karakteristik atau ciri ayam Bangkok dengan kualitas bertarung yang baik adalah ayam yang memiliki warna mata tembus. Maksud warna mata tembus pada ayam Bangkok adalah warna matanya sama dengan warna dasar dari paruh dan kakinya.

Inilah juga alasan kenapa penggemar ayam Bangkok selalu melihat mata ayam saat memilih ayam yang akan digunakan untuk ayam petarung.

  1. Struktur Tulang Ayam Kokoh dan Rapat

Ciri-ciri ayam Bangkok dengan kualitas baik yang terakhir adalah memiliki struktur tulang yang kokoh dan rapat. Ayam yang memiliki struktur tulang demikian terbukti memiliki kekuatan pukulan yang cukup keras.

Selain itu struktur tulang yang rapat dan kokoh biasanya juga menandakan jika ayam tersebut adalah tipe ayam petarung atas. Struktur tulang yang rapat juga mengindikasikan kepakan sayap-sayap ke badan juga rapat. Dengan struktur ini ditambah dengan gaya bertarung atas, ayam Bangkok Anda akan menjadi ayam petarung dengan kualitas juara.

Ayam Bangkok yang merupakan salah satu jenis ayam petarung memang selalu menjadi incaran. Ayam jenis ini banyak dipelihara memang untuk bertarung. Namun ada juga beberapa orang yang sengaja memelihara tidak untuk bertarung melainkan hanya untuk dinikmati keindahan bulunya saja.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ayam Bangkok juga memiliki warna bervariasi dan tak kalah cantik dari ayam lain. Namun jika Anda ingin mengetahui secara umum bagaimana ciri-ciri ayam Bangkok, penjelasan di atas adalah ciri-cirinya. Ditambah beberapa ciri ayam Bangkok yang memiliki kualitas bertarung yang baik.

Leave a Reply