Membuat Kandang Ternak Kenari

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari yang Simple dan Bagus

Kandang Ternak Kenari | Beternak kenari termasuk salah satu bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Burung kicau yang satu ini selalu saja mendapatkan perhatian dari para pencinta kicau mania karena suaranya yang sangat indah.

Karena potensi ini, akhirnya banyak yang ingin terjun beternak kenari. Nah, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kandang ternak kenari.Saat ini, ada beberapa jenis kandang kenari yang banyak digunakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis dan cara membuat kandang kenari yang ideal.

Sangkar Kenari
Sangkar Kenari

 

Jenis dan Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Lengkap dengan Aksesorinya

Setidaknya ada beberapa jenis kandang kenari yang dibedakan berdasarkan penempatannya. Sedangkan untuk cara pembuatannya, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disediakan. Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk sederhana. Berikut adalah penjelasannya.

1. Jenis Kandang Ternak Kenari

Kandang Kotak
Kandang Kotak

Ada dua jenis kandang kenari yang banyak digunakan oleh para peternak, yaitu kandang jenis tunggal dan kandang jenis baterai. Untuk kandang ternak kenari jenis kotak biasanya digunakan untuk ternak yang masih dalam skala kecil.

Setiap kenari mendapatkan satu kandang dengan ukuran panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Kandang jenis ini cukup dibuat dari reng kayu atau bambu untuk kerangkanya. Sedangkan dindingnya bisa menggunakan tripleks atau kawat strimin.

Kandang kenari yang kedua adalah jenis baterai. Kandang kenari jenis ini biasanya diaplikasikan untuk ternak kenari skala besar. Kelebihan kandang ini adalah mampu menampung kenari dalam satu tempat sekaligus menghemat tempat.

Namun kekurangannya, ada risiko kenari berkelahi karena birai yang memuncak. Jadi jika anda ingin menggunakan kandang ternak kenari jenis ini, maka anda harus menaruh perhatian yang tinggi. Kandang jenis ini lebih cocok digunakan sebagai tempat kawin daripada kandang peliharaan.

2. Alat dan Bahan untuk Membuat Kandang 

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan

Setelah anda tahu jenis kandang kenari, maka selanjutnya adalah menyiapkan alat-alatnya. Seperti yang sudah disinggung di atas, alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun kandang ternak kenari sangatlah sederhana.

Anda hanya butuh alat ukur berupa penggaris besi atau meteran, gergaji sebagai alat potong, ampas, tang, palu, dan kawat.

Sedangkan untuk bahannya, anda hanya membutuhkan kayu, bambu, atau rotan yang akan digunakan sebagai kerangka kandang. Bahan lainnya adalah tripleks yang digunakan sebagai dinding kandang.

Jangan lupa untuk menyiapkan paku besar, paku kecil, dan lem kayu. Yang terakhir adalah plamir dan cat kayu untuk menghaluskan permukaannya.

3. Membuat Kandang Ternak Kenari

Proses Pembuatan
Proses Pembuatan

Nah, selanjutnya masuk ke langkah pembuatan kandang ternak kenari. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memotong tripleks menjadi 3 bagian dengan ukuran masing-masing 90 cm x 45 cm.

Bagian ini nantinya akan digunakan sebagai dasar, atap, dan belakang kandang. Lalu potong tripleks lagi menjadi 3 bagian dengan ukuran 45 cm x 45 cm untuk digunakan sebagai penutup bagian kanan kiri dan sekat tengah.

Setelah semuanya selesai dipotong, anda bisa langsung menyambungnya dengan paku dan lem kayu. Pisahkan bagian tengah kandang sehingga masing-masing kandang memiliki ukuran 45 cm x 45 cm. Pasangkan jeruji pada bagian depan dan plamir kandang sebagai penyelesaian.

4. Aksesori Kandang 

Aksesori Kandang
Aksesori Kandang

Kandang ternak kenari selesai dibuat. Namun ada beberapa asesoris atau perlengkapan kandang lain yang harus anda buat. Perlengkapan tersebut dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan kenari selama di dalam kandang.

Perlengkapan tersebut antara lain adalah tenggeran, cepuk pakan, tempat minum, tempat bertelur, sarang, dan lampu penerangan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat asesoris tersebut juga terbilang mudah. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di manapun. Hanya dibutuhkan sedikit kreativitas agar hasil sesuai keinginan.

Sebenarnya anda juga bisa membelinya, namun tentu hasil buatan sendiri lebih memuaskan. Berikut adalah aksesorinya.

5. Cara Membuat Aksesori Kandang

Seperti yang sudah dipaparkan, ada beberapa jenis aksesori yang dibutuhkan untuk kandang. Berikut adalah penjelasan tentang cara membuatnya.

a. Tenggeran

Tenggeran
Tenggeran

Tenggeran dibutuhkan untuk tempat kenari hinggap selama di kandang ternak kenari. Untuk membuat tenggeran, anda bisa menggunakan ranting kayu.

Bersihkan kulit kayu pada ranting tersebut dan jemur ranting hingga kering. Untuk diameter kayu, usahakan mencari ranting kayu yang berdiameter 1 – 1,5 cm agar bisa dicengkeram oleh kenari secara utuh.

Yang paling penting adalah, anda harus memerhatikan jumlah tenggeran yang ada di dalam kandang. Jangan sampai memberi tenggeran terlalu banyak karena hanya akan mempersempit ruang gerak kenari.

b. Cepuk Pakan dan Tempat Minum

Cepuk Pakan
Cepuk Pakan

Cepuk pakan digunakan sebagai tempat menaruh atau wadah pakan kenari agar pakan tidak tumpah ke dasar kandang ternak kenari dan bercampur dengan kotoran.

Sedangkan tempat minum akan diisi air untuk kenari mencari minumnya. Untuk membuat cepuk, anda bisa memanfaatkan wadah plastik kecil yang tidak terpakai.

Atau pilihan lain, anda bisa mengiris botol minuman dan mengambil bagian dasarnya untuk kemudian di rekatkan pada bagian yang mudah dijangkau oleh kenari.

Gunakan lidi kecil yang disusupkan di antara wadah agar pakan bisa menempel dengan baik di bagian atas. Hal yang sama berlaku untuk membuat tempat minumnya.

c. Tempat Bertelur

Tempat Bertelur
Tempat Bertelur

Untuk tempat bertelur kandang ternak kenari, anda bisa membuatnya dari batok kelapa. Carilah bak kelapa yang sudah kering dan belah menjadi dua pada bagian tengahnya.

Jika memang batok kelapa sulit untuk didapatkan, anda bisa memanfaatkan wadah yang terbuat dari anyaman bambu sebagai gantinya. Atau pilihan terakhir, anda tinggal membelinya di pasar burung yang menurut anda paling sesuai dengan ukuran kandang yang sudah dibuat sebelumnya.

d. Sarang

Aksesori selanjutnya adalah sarang. Untuk aksesori yang satu ini, anda bisa membuatnya dari serabut yang berasal dari sarung goni.

Hal tersebut dikarenakan karung goni memiliki bahan yang lembut dan cenderung hangat sehingga bisa menjaga suhu pengeraman telur oleh kenari betina di dalam kandang ternak kenari. Masukkan serabut karung goni dalam satu wadah sehingga kenari bisa menempatinya secara nyaman.

e. Lampu

Pemakaian Lampu
Pemakaian Lampu

Yang terakhir adalah lampu. Seperti pada kandang lainnya, fungsi lampu pada kandang adalah untuk menjaga suhu agar tetap hangat meskipun cuaca di luar sedang dingin.

Anda bisa menggunakan sebuah lampu kecil berukuran 5 watt untuk setiap kandangnya. Lampu bisa anda nyalakan ketika malam hari atau ketika cuaca di luar sedang sangat dingin.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis kandang, cara membuat kandang ternak kenari, hingga aksesori pelengkapnya. Informasi tersebut hanya bersifat informasi dasar saja.

Anda tentu bisa membuat kandang dengan banyak variasi yang mendukung kebutuhan kenari yang akan anda ternak. Sebagai contoh, anda bisa membuat kandang kenari dengan variasi tingkat dua dan variasi lainnya yang lebih luas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply