Membentuk Suara Kolibri Wulung

DOWNLOAD Suara Burung Kolibri Ninja Indah dan Cara Perawatannya

Suara Burung Kolibri Ninja | Burung Kolibri Ninja merupakan salah satu jenis burung yang banyak dicari oleh pencinta burung. Habitat asli dari burung ini berada di pinggir hutan yang memiliki ketinggian hingga 200 mdpl.

Suara Burung Kolibri Ninja
Suara Burung Kolibri Ninja

Selain itu, Anda juga bisa menemukan burung ini di kawasan pesisir pantai atau hutan karet. Awalnya burung ini digunakan sebagai pemaster burung lain, namun ternyata burung ini juga dapat dimaster dan meniru burung lain sehingga kemudian banyak diminati.

Burung Kolibri Ninja memiliki bunyi yang lantang dan juga jelas jadi banyak digunakan sebagai master burung lain seperti Anis Merah, Pleci, Kacer, Anis Kembang, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, burung ini juga memiliki variasi kicauan yang beragam dan merdu. Namun,Anda harus bisa merawat burung Kolibri Ninja dengan benar sehingga bisa menghasilkan bunyi indah dan nyaring. Karena burung tidak akan bisa berkicau dengan indah jika tidak Anda perhatikan.

Makanan yang Dapat Membuat Suara Burung Kolibri Ninja Bagus

Makanan Untuk Kolibri Ninja
Makanan Untuk Kolibri Ninja

Burung Kolibri Ninja yang juga dikenal dengan nama konin ini tersebar di berbagai daerah seperti Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Jenis ini termasuk ke dalam burung kicau paling populer dengan suara merdu jadi banyak digunakan sebagai masteran.

Tidak hanya itu saja, karena suaranya yang bervariasi dan juga pandai menirukan suara burung lainnya sehingga banyak dijadikan sebagai burung lomba.

Ada beberapa makanan yang jika diberikan dapat membuat suara burung Kolibri Ninja terjaga bahkan lebih bagus dan jernih. Berikut ini beberapa makanan tersebut.

  • Madu

Madu
Madu

Madu memiliki nutrisi tinggi yang dapat menjadi sumber vitamin serta anti bakteri bagi burung Kolibri Ninja ini. Anda bisa memberikan beberapa madu alami kepada burung agar suara mereka menjadi lebih jernih dan merdu.

  • Buah Jeruk

Para kicau mania percaya bahwa buah jeruk dapat membuat suara burung Kolibri Ninja menjadi lebih jernih. Namun, tidak semua burung mau memakan buah-buahan sehingga untuk memberikan buah jeruk cukup susah dilakukan.

  • Nektar

Nektar
Nektar

Burung Kolibri Ninja memang dikenal suka dengan makanan manis, salah satunya nektar ini. Makanan ini merupakan cairan manis yang terdapat pada bunga yang sudah mekar atau ketiak daun.

Anda tidak perlu bersusah menyediakan nektar alami dari bunga atau ketiak daun karena produk jadi bisa dibeli di toko pakan burung.

  • Kroto

Pemberian manisan susu yang terlalu sering dapat menyebabkan suara burung Kolibri Ninja menjadi serak. Dengan memberikan kroto sebagai selingan maka akan mencegah terjadinya serak.

Selain itu, kroto juga bisa membuat burung lebih rajin berkicau sehingga harus Anda berikan setiap hari.

Perawatan yang Benar untuk Menjaga Suara Burung Kolibri Ninja

Perawatan Kolibri Ninja
Perawatan Kolibri Ninja

Perawatan yang baik dan benar juga berperan penting dalam menjaga kualitas kicauan dari burung Kolibri Ninja. Anda harus merawatnya dengan baik agar burung mau mengeluarkan suara merdunya setiap hari.

Berikut ini adalah cara merawat burung Kolibri Ninja dengan benar agar mendapatkan bunyi yang merdu.

  • Lakukan pengembunan di pagi hari untuk menjaga kestabilan birahikolibri ninja tersebut. Pengembunan bisa dilakukan antara pukul 05.00 hingga 06.00.
  • Mandikan burung kolibri ninja secara rutin dengan cara menyemprotkan air ke tubuh burung. Lakukan sekitar pukul 06.00 hingga 07.00 setiap hari.
  • Lakukan penjemuran setelah mandi rutin. Jangan lakukan penjemuran lebih dari setengah jam.
  • Berikan pakan yang tepat dan berkualitas setiap hari.
  • Gantungkan sangkar di tempat yang ramai atau sering dilalui orang. Hal ini berfungsi agar mental burung terlatih dengan baik.
  • Lakukan pemasteran secara rutin baik dengan menggunakan burung pemaster atau menggunakan audio MP3.

Melakukan Pemasteran Pada Suara Burung Kolibri Ninja

Pemasteran
Pemasteran

Hal yang paling penting untuk mendapatkan suara Burung Kolibri Ninja yang merdu dan bervariasi adalah dengan melakukan pemasteran. Waktu terbaik untuk memasterKolibri Ninja agar efektif dan cepat menghasilkan suara yang diinginkan adalah di sore hari.

Atau saat burung dalam keadaan terjaga sepenuhnya bukan saat kondisi tidur. Selain itu, situasi lingkungan dan kondisi burung juga harus Anda perhatikan ketika akan memaster.

Gunakan lingkungan yang amandan nyaman ketika memaster agar burung bisa fokus mendengarkan masternya. Kondisi burung yang sedang sakit juga tidak bisa dilakukan pemasterankarena hal tersebut akan percuma.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk memaster burung, yaitu:

  • Cara Memaster Burung Menggunakan Burung Lainnya

Anda harus memilih burung pemaster yang benar-benar berkualitas ketika memilih cara ini agar Burung Kolibri Ninja dapat menirukan dengan baik.

Cara memasternyayaitu dengan mengkrodong burung Kolibri Ninja kemudian diletakkan dekat dengan burung pemaster. Pengkrodongan dilakukan agar burung Kolibri Ninja tidak bisa melihat masternya sehingga dapat fokus mendengarkan suaranya.

Perkenalkan satu atau dua jenis suara terlebih dahulu hingga burung bisa menirukannya. Jika sudah bisa menirukan, Anda bisa menambah jenis suara masternya.

  • Cara Memaster Burung Menggunakan Audio MP3

Cara memaster menggunakan audio MP3 bisa dilakukan untuk Anda yang kesulitan mendapatkan burung pemaster. Secara bertahap Kolibri Ninja juga akan bisa mengikuti bunyi dari MP3 tersebut.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih cara ini diantaranya adalah kualitas MP3 harus jernih, volume suara jangan terlalu kencang maupun terlalu kecil, dan letakkan pemutar audio MP3 di dekat kandang.  

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Burung Kolibri Ninja Tidak Keluar

Mengatasi suara Kolibri Tidak Keluar
Mengatasi suara Kolibri Tidak Keluar

Ketika memelihara burung Kolibri Ninja yang diharapkan berkicau setiap hari, pasti ada kalanya burung tersebut tidak mau bersuara sehingga membuat Anda kebingungan.

Banyak penyebab mengapa suara burung ini tidak mau keluar. Anda harus paham penyebab serta cara mengatasinya, agar jika hal tersebut terjadi tidak akan kebingungan. Berikut ini beberapa penyebab mengapa burung tidak mau berkicau.

  • Jenis kelamin kolibri ninja adalah betina karena biasanya burung jantan yang bisa berkicau dengan baik
  • Burung sedang sakit
  • Burung mengalami mental drop atau stress
  • Burung mengalami molting atau ganti bulu
  • Burung masih beradaptasi dengan lingkungannya yang baru
  • Burung mengalami overbirahi

Itulah beberapa penyebab mengapa suara burung Kolibri Ninja tidak keluar. Jika Anda merasakan hal tersebut pada burung, maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan perawatan dengan tepat
  • Cari makanan yang cocok, durasi penjemuran, serta porsi EF yang tepat
  • Latih mentalnya dengan tidak terlalu sering mengadu burungkolibri ninja
  • Lakukan terapi dengan memperdengarkan suara berisik seperti suara air atau suara musik
  • Mengecast dengan kolibri ninja betina jika mengalami overbirahi
Membentuk Suara Kolibri Ninja
Membentuk Suara Kolibri Ninja

Itulah cara merawat dan membuat suara burung Kolibri Ninja agar bisa indah dan nyaring. Bagi pencinta burung, memiliki peliharaan dengan kicauan indah adalah suatu kebanggaan tersendiri.

Jika Anda dapat merawat dan menjaga burung Kolibri Ninja dengan baik maka suara yang mereka hasilkan akan memuaskan. Semoga penjelasan yang disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencarinya.

Download Kumpulan Koleksi Suara Kolibri Ninja MP3

Kolibri ninja adalah burung yang memiliki suara yang lantang dan juga biasa digunakan sebagai master burung lain.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

5. Versi 5

6. Versi 6

Leave a Reply