Ciri Burung Pleci

DOWNLOAD Suara Burung Pleci Gacor MP3 dan Cara Melatihnya Lengkap

Suara Burung Pleci | Kecil, lincah, dan memiliki suara yang indah. Mungkin itulah beberapa kata yang bisa mewakilkan burung pleci. Ketenaran burung pleci sebagai burung kicau sudah tidak diragukan lagi.

Suara Burung Pleci
Suara Burung Pleci

Selain karena perawatannya yang cenderung mudah, suara burung pleci juga tergolong sangat unik. Beberapa pleci bahkan bisa berkicau layaknya burung lain karena proses pemasteran yang berjalan mulus. Itulah mengapa hingga saat ini pleci memiliki tempat tersendiri di dalam hati para kicau mania.

Untuk habitatnya, pleci banyak ditemukan di pepohonan yang rimbun. Pleci menjalani kehidupan di atas pohon. Mulai dari bertelur, membesarkan anak, sampai dewasa.

Sehari-hari di alam liar, pleci mencari makanan yang berupa serangga. Namun tak jarang juga pleci mencari madu untuk dimakan. Burung ini termasuk burung yang biasanya terbang bergerombol.

Bahkan sering kali pleci ditemukan terbang bersama dengan gerombolan burung jenis lainnya. Bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar bagaimana melatih suara pleci agar bisa gacor, maka Anda datang ke tempat yang tepat.

Namun sebelum masuk ke tips-tipsnya, alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri fisik serta karakter suaranya.

Ciri Fisik dan Karakter Suara Burung Pleci

Ciri Burung Pleci
Ciri Burung Pleci

Sebelum membicarakan suara burung pleci, mari bicara soal ciri fisiknya terlebih dahulu. Ciri fisik yang paling mudah ditemukan dari pleci adalah kehadiran warna bulu yang unik pada sekitar kedua matanya.

ada semacam “kacamata” berwarna putih yang mengelilingi kedua mata pleci. Hampir semua jenis pleci memiliki “kacamata” ini. Namun ada juga beberapa jenis yang tidak memilikinya.

Pleci memiliki ukuran tubuh yang tergolong mungil. Panjang tubuhnya dari ujung paruh sampai ujung ekor hanya berkisar sekitar 8 sampai 15 cm saja.

Bentuk tubuhnya cenderung bulat dengan kaki-kaki yang kuat. Kaki-kaki tersebut nantinya akan membantu pleci bergerak dari satu ranting pohon ke ranting berikutnya dengan gesit.

Untuk warna bulunya, pleci cenderung di dominasi oleh warna hijau. Warna hijau ini nantinya mempunyai aneka variasi seperti hijau zaitun, hijau cerah, dan lain-lain.

Beberapa jenis pleci juga memiliki aksen warna abu-abu sebagai warna campurannya. Sedangkan beberapa lagi memiliki kombinasi warna kuning dan putih.

Lanjut ke karakter suara burung pleci. Bisa dikatakan, pleci termasuk salah satu burung yang paling mudah untuk dimasteri. Hampir semua karakter suara kicau bisa masuk ke pleci.

Namun, tipe suara kicau yang paling mendekati karakter suara aslinya adalah tipe suara rol dan suara alas. Untuk mendapatkan suara rol, kebanyakan kicau mania menggunakan suara kolibri, tengkek, atau jalak suren sebagai masteran.

Sedangkan untuk suara alas, burung yang banyak dijadikan masteran adalah burung cucak jenggot, kacer, dan cucak hijau. Lalu bagaimana tips melatih suara pleci agar cepat gacor? Simak penjelasan di bawah ini.

Langkah-Langkah Melatih Suara Pleci agar Cepat Gacor Rajin Berkicau

1. Pengembunan Burung Pleci

Pengembunan
Pengembunan

Proses pelatihan burung pleci dimulai dari tahap pengembunan. Di habitat aslinya, pleci akan keluar dari sarang saat matahari belum terbit untuk mencari udara segar sebelum siap berburu makanan.

Kebiasaan ini juga sering dilakukan burung kicau lain di alam bebas. Maka demi menyediakan asupan udara segar untuk suara burung pelci, Anda bisa melakukan pengembunan pada pleci secara rutin setiap hari.

Proses pengembunan bisa dimulai sebelum matahari terbit. Anda bisa mengeluarkan pleci dan menggantungnya di daerah dengan banyak pepohonan di sekitarnya.

Keluarkan pleci pada sekitar pukul setengah lima atau pukul lima pagi. Jangan lupa untuk memperhatikan tempat Anda menggantungkan kandang peci. Pastikan pleci aman dari ancaman predator di sekitarnya. Setelah matahari terbit, maka langkah selanjutnya adalah memandikan pleci.

2. Pemandian Burung Pleci

Memandikan Burung Pleci
Memandikan Burung Pleci

Proses memandikan sangat penting bagi kesehatan burung pleci. Selain untuk menghilangkan berbagai bakteri yang mungkin menempel, proses memandikan juga menjadikan pleci lebih santai dan terhindar dari stres sehingga suara burung pleci bisa cepat keluar.

Di alam liar, pleci sangat suka untuk bermain-main di sekitar tempat berair. Entah untuk sekedar minum atau mandi. Jadi memang proses memandikan ini adalah kebutuhan alamiah pleci yang tidak bisa dihindari.

Anda bisa mulai dengan menyemprot pleci dengan air dari semprotan. Pastikan untuk membasahi semua bagian tubuh pleci tak terkecuali agar kuman-kuman di sela-sela tubuhnya bisa ikut hilang.

Setelah dirasa cukup, berikan karamba agar pleci bisa bermain air dengan puas. Tunggu hingga pleci benar-benar selesai mandi dan jangan diganggu.

Kebanyakan orang memaksa pleci untuk berhenti mandi. Padahal hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya dan suara burung pleci nantinya.

Jangan lupa pula untuk membersihkan kandang pleci. Bersihkan kotoran-kotoran yang ada di dasar kandang dengan membilasnya. Cek juga untuk pakan dan minumnya.

Pleci termasuk burung yang suka bermain air, jadi sebisa mungkin ganti air minumnya sehari sekali. Setelah proses memandikan selesai, maka tahap selanjutnya adalah pemberian pakan. Untuk pemberian pakan, ada dua jenis yang bisa Anda berikan, yaitu pakan harian dan pakan ekstra.

3. Pemberian Pakan Burung Pleci

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Untuk pakan harian, Anda bisa memberikan peci aneka sayuran dan aneka buah-buahan. Asupan protein harian bisa Anda dapatkan dari voer atau multivitamin yang ada di pasaran.

Untuk jenis buah-buahan yang disukai agar suara burung pleci cepat gacor adalah pisang, pepaya, kelengkeng, dan jeruk. Sedangkan jenis sayuran yang paling digemari adalah Kambas, mentimun, dan tomat.

Dilanjutkan untuk jenis pakan tambahannya. Pleci bisa diberikan pakan ulat sebagai EF. Namun perlu diingat jika ulat memiliki kadar protein yang sangat tinggi yang akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh pleci.

Maka dari itu cukup berikan EF dua atau tiga kali seminggu sebagai pakan tambahan.

4. Penjemuran 

Penjemuran
Penjemuran

Proses penjemuran juga berpengaruh terhadap kualitas suara burung pleci nantinya. Saat menjemur pleci, usahakan untuk mencari tempat yang separuh teduh dan separuh terpapar sinar matahari langsung.

Hal ini untuk menghindari pleci kepanasan karena dijemur terlalu lama. Dengan adanya tempat yang teduh, pleci jadi bisa mendapatkan perlindunganjika sinar matahari dirasa terlalu panas.

Waktu yang paling tepat untuk menjemur pleci adalah antara pukul semilan sampai setengah sepuluh. Jangan terlalu lama menjemurnya dan segera teduhkan pleci jika dirasa cukup.

5. Pemasteran 

Pemasteran
Pemasteran

Dan tahap terakhir adalah proses pemasteran. Pastikan untuk memberikan masteran yang sesuai dengan karakter suara burung pleci. Anda bisa menyetel suara burung peci agar memiliki kicau rol ataupun kicau alas.

Tinggal pilih suara masteran dari burung yang memiliki karakter suara tersebut. Jika Anda ingin suara pleci menjadi suara rol, maka kenari dan jalak suren bisa menjadi pilihan tepat. Namun jika ingin peci memiliki suara alas, maka kacer dan cucak hijau bisa Anda gunakan.

Membentuk Suara Burung Pleci
Membentuk Suara Burung Pleci

Demikianlah pembahasan mengenai cara melatih suara burung plecisupaya cepat gacor. Kunci dari tips di atas adalah konsistensi. Baik dalam perawatan harian maupun saat memberikan masteran.

Selalu perhatikan mental pleci karena pleci dengan mental yang baik memiliki kesempatan untuk gacor lebih cepat dari pleci yang kurang sehat.

Download Koleksi MP3 Suara Burung Pleci

Berikut ini adalah koleksi suara burung pleci yang kami kumpulkan, file mp3 di bawah bisa anda jadikan masteran untuk burung anda.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

5. Versi 5

6. Versi 6

7. Versi 7

8. Versi 8

9. Versi 9

10. Versi 10

11. Versi 11

12. Versi 12

13. Versi 13

Leave a Reply