Jalak Kerbau

DOWNLOAD Suara Burung Jalak Kebo dan Tips Mengembalikan Suaranya

Suara Burung Jalak Kebo | Burung jalak kebo atau juga sering disebut dengan jalak hitam, dulunya merupakan seekor burung yang biasa dijadikan menu makanan di restoran seperti halnya dengan burung puyuh ataupun burung konsumsi lainnya.

Suara Burung Jalak Kerbau
Suara Burung Jalak Kerbau

Namun seiring berjalannya waktu, burung ini mulai dipelihara oleh para penggemar burung dan menjadikannya sebagai burung rumahan. Hal ini dikarenakan suara burung jalak kebo yang tergolong unik dan mampu menirukan suara burung lain layaknya burung beo.

Maka dari itu, tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai burung master atau pengisi suara burung kicau lain.

Memperbaiki Suara Burung Jalak Kebo yang Hilang

Suara Burung Jalak Kerbau Yang Rusak
Suara Burung Jalak Kerbau Yang Rusak

Namun, pastinya setiap burung memiliki masa dimana ia akan susah atau malas berkicau. Tentunya hal ini bukan karena tanpa sebab. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi alasan mengapa suara burung jalak kebo susah bahkan tidak mau keluar.

Lalu bagaimana cara mengatasi jalak kebo yang malas berbunyi dan kurang aktif? Tentu saja Anda harus memeriksa terlebih dahulu penyebab suaranya yang hilang, sehingga dapat melakukan penangan secara akurat dan tepat.

Pada umumnya, beberapa faktor yang dapat membuat jalak kebo malas berbunyi adalah sebagai berikut.

  • Mengalami trauma atau stres
  • Sedang dalam kondisi mabung
  • Kekurangan gizi
  • Terinfeksi kutu atau tungau
  • Terserang oleh penyakit khususnya virus dan bakteri

Untuk memastikan masalah yang terjadi pada suara burung jalak kebo, Anda dapat mengenalinya dengan tanda-tanda atau gejala yang timbul dalam kesehariannya.

Untuk itu, berikut penjelasan mengenai masalah yang mempengaruhi suara jalak kebo, gejala yang timbul, serta cara untuk menangani masalah tersebut.

1. Burung Mengalami Trauma Atau Stres

Mengalami stress
Mengalami stress

Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, seekor burung jalak yang sudah jinak dapat berubah menjadi liar dan giras kembali ketika mengalami trauma.

Hal yang biasanya menjadi penyebab trauma ini seperti sangkar terjatuh, terganggu oleh kehadiran dari hewan lain seperti musang ataupun kucing. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan kondisi burung yang belum dewasa dan berasal dari tangkapan di hutan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menyimpan burung pada tempat yang tenang selama beberapa hari dan menghindarkannya dari berbagai macam gangguan seperti mendekatnya tikus dan kucing dekat sangkar terlebih dahulu.

Pastikan interaksi yang diperoleh hanya dilakukan saat pemilik memberinya pakan, membersihkan kandang, dan juga mengganti air minum.

Selain itu, pastikan sangkar ditempatkan dalam ruangan yang tenang dan perdengarkan audio berupa suara dari alam, misalnya suara angin, suara air mengelir, dan lain sebagainya.

Terapi ini dapat dibilang berhasil apabila burung jalak yang tadinya membisu dan tidak keluar, mulai menunjukan keberaniannya untuk mengeluarkan suara burung jalak kebo secara perlahan.

2. Bulu Burung Sedang Rontok Atau Dalam Kondisi Mabung

Dalam Keadaan Mabung
Dalam Keadaan Mabung

Burung jalak kebo yang sedang dalam kondisi mabung, pada umumnya menjadi malas berkicau serta kurang aktif. Hal ini cukup biasa ditemui pada hampir semua jenis burung kicau.

Ketika sedang mabung, sebagian besar protein dan energi yang diperoleh dari makanan akan habis untuk proses perontokan bulu ini dan kemudian dilanjutkan pada proses penumbuhan bulu baru.

Karena hal tersebut, jika jalak kebo sedang mabung maka perlu mendapatkan perawatan yang intensif. Biarkan burung beristirahat terlebih dahulu dari segala aktivitas biasanya termasuk berkicu, hingga masa mabungnya selesai.

Untuk masalah suara burung jalak kebo tidak mau keluar ketika sedang mabung ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena semua jenis burung kicau pasti mengalami proses alami seperti itu.

Agar proses mabung dapat berjalan lancar, maka dapat memberinya vitamin tambahan yang dapat dibeli di toko pakan burung.

Pemberian vitamin tambahan ini perlu dilakukan sejak awal masa mabung, kemudian dilanjutkan lagi sejak tumbuhnya bulu jarum hingga proses mabung selesai. Dengan ini, maka bulu baru yang tumbuh akan lebih rapi, sehat, dan segera pulih sehingga mampu berkicau lagi.

3. Gizi yang Diperlukan Oleh Burung Masih Kurang

Kekurangan Gizi
Kekurangan Gizi

Dapat dikatakan jika jalak kebo adalah jenis burung pemakan segalanya dan cenderung rakus. Oleh karena itu, Anda perlu memberinya pakan bervariasi yang artinya kombinasi antara pakan nabati dan hewani.

Ketika pakan yang diberikan terlalu monoton, akan menimbulkan ketidakseimbangan nutrisi yang diperoleh. Jika sudah begini, maka burung jalak akan memberontak yang termanifestasi dalam bentuk tidak mau mengeluarkan suara.

Secara umum, cukup atau kurangnya gizi pada seekor jalak kebo dapat dilihat dari penampilan dan tubuhnya. Misalnya saja bulunya kasar dan mudah rusak, sorot matanya tidak bersinar atau sayu, tubuhnya terlihat kurus, serta tidak mau berkicau.

Untuk mengatasi macetnya suara burung jalak kebo ini, Anda dapat memberikannya ekstra fooding selama beberapa hari berupa serangga atau buah-buahan.

Jenis serangga yang dapat diberikan yaitu belalang, jangkrik, kroto, maupun ulat hongkong. Sedangkan untuk buah-buahan sepeti semangka, pisang, apel, dan pepaya.

4. Burung Terinfeksi Kutu Atau Tungau

Terinfeksi Tungau atau Kutu
Terinfeksi Tungau atau Kutu

Dikarenakan oleh kebiasaan hidup jalak kebo yang jorok baik itu ketika buang kotoran ataupun sedang menyantap pakan, maka tidak heran lagi apabila burung ini berpotensi besar terinfeksi oleh parasit seperti kutu dan tungau.

Ketika kulit pada burung telah terinfeksi oleh kutu atau tungau, maka ia akan cenderung malas berkicau.

Untuk mendeteksi seekor jalak yang terinfeksi oleh parasit ini dapat dilihat dari perilakunya seperti kegelisahan, dan selalu bergerak-gerak dikarenakan rasa gatal pada kulit dan bulunya karena serangan parasit. Kondisi yang semakin parah akan membuat suara burung jalak kebo hilang.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kutu dan tungau tidak masuk kedalam sangkar dan menempel pada kulit dan bulu burung, Anda perlu membersihkan sangkarnya dan memandikannya secara rutin.

Apabila jalak kebo tersebut sudah terlanjur terserang parasit, maka perlu untuk memberinya obat anti parasit yang dapat dibeli di toko ternak. Jika sudah terbebas dari kutu dan tungau, maka suara burung jalak kebo akan kembali gacor seperti semula.

5. Burung Terserang Oleh Penyakit

Terserang Penyakit
Terserang Penyakit

Hampir semua penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan juga virus memiliki dampak langsung pada intensitas dan kualitas suara burung jalak kebo.

Cara yang efektif untuk mencegah terserangnya burung oleh penyakit yaitu dengan melakukan perawat secara konsisten, terutama dalam kecukupan serta kebersihan pakan dan minum, pembersihan sangkar, serta pemberian mutivitamin secara berkala.

Burung yang mendapat multivitamin akan lebih kebal penyakit. Ketika di sekitar sangkar atau kandang muncul agen penyakit, maka burung tersebut sudah memiliki daya kebal tersendiri dalam penangkalannya.

Dapat dikatakan penyakit yang diakibatkan oleh virus memang sulit ditangkal. Namun, dengan pemberian multivitamin secara rutin akan membuatnya lebih kebal.

Burung Jalak Kerbau
Burung Jalak Kerbau

Begitulah penjelasan mengenai masalah yang mempengaruhi suara jalak kebo, gejala yang timbul, serta cara untuk menanganinya. Jika Anda mengikuti tips diatas dengan cermat, maka suara burung jalak kebo yang tadinya hilang dapat kembali gacor seperti semula.

Download MP3 Suara Burung Jalak Kebo

Berikut adalah referensi suara burung jalak kebo untuk anda.

1. Jalak Kebo 1

2. Jalak Kebo 2

3. Jalak Kebo 3

4. Jalak Kebo 4

Leave a Reply