Membentuk Suara Kapas Tembak

Download Suara Burung Kapas Tembak dan Tips Perawatannya

Suara Burung Kapas Tembak | Jika ada satu burung kicau yang memiliki mental sangat bagus dan suara kicau yang lantang, maka burung tersebut adalah burung kapas tembak.

Benar sekali, burung kapas tembak sangat terkenal dengan mentalnya yang sangat kuat saat berkicau di depan burung lainnya.

Suara Burung Kapas Tembak
Suara Burung Kapas Tembak

Alasan inilah yang akhirnya membuat kapas tembak banyak dicari oleh para kicau mania untuk dijadikan burung gantangan. Selain mental yang bagus, suara burung kapas tembak yang fleksibel juga menjadi alasan lainnya.

Kapas tembak mampu menirukan banyak suara kicau burung lainnya. Kemampuan ini membuat banyak orang memanfaatkan kapas tembak sebagai burung masteran bagi burung lainnya.

Secara garis keturunan, kapas tembak sebenarnya masih satu spesies dari beberapa jenis burung kicau lain seperti kutilang, trucukan, cucakrowo, dan cucak hitam.

Maka tidak heran jika sifat dan bentuk tubuhnya pun mirip. Di alam liar, kapas tembak sering terbang di antara pohon-pohon untuk mencari makan. Makanan kapas tembak di alam liar berupa serangga kecil dan juga buah-buahan.

Biasanya, kapas tembak akan terbang secara bergerombol maupun sendiri-sendiri. Meskipun memiliki mental bagus, namun jika kapas tembak tidak mendapatkan perawatan yang baik dan tepat, maka sama saja.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara perawatan yang benar sehingga suara burung kapas tembak bisa keluar dan menjadi gacor. Namun sebelum menuju ke tips dan cara perawatan, lebih dahulu akan dibahas mengenai ciri fisik dan karakter suaranya.

Bentuk Fisik dan Karakteristik Suara Kapas Tembak

Karakteristik Kapas Tembak
Karakteristik Kapas Tembak

Karena berasal dari keluarga yang sama, maka bentuk fisik kapas tembak pun tidak jauh berbeda dengan bentuk fisik cucakrowo, cucak hitam, dan cucak-cucak yang lainnya.

Termasuk cucak jenggot. Ukuran tubuhnya pun sangat identik. Yang membuat kapas tembak berbeda dengan jenis cucak lainnya adalah kehadiran aksen warna hijau zaitun pada bulu sekitar dada dan lehernya.

Warna hijau zaitun ini sering kali tidak terlihat jelas dan hanya berupa arsiran tipis saja. Bahkan pada beberapa kapas tembak, warna ini sudah hilang sama sekali.

Untuk suara burung kapas tembak sendiri karakternya adalah rapat dan menembak. Karakter suara menembak inilah yang menjadi asal-muasal penyebutan kapas tembak di kalangan kicau mania.

Kapas tembak bahkan dianggap memiliki suara kicau yang lebih rapi sekaligus bervariasi daripada kicauan cucak jenggot ataupun jenggot tembak.

Dan seperti yang sudah dipaparkan di bagian awal, kapas tembak juga sering dijadikan sebagai burung masteran karena kemampuannya untuk menirukan kicauan burung lain sekaligus memberikan sentuhan variasi.

Lalu bagaimana cara perawatan yang benar agar suara burung kapas tembak bisa segera keluar dan menjadi gacor?

Langkah-Langkah Perawatan supaya Suara Burung Kapas Tembak Rapat

Perawatan Kapas Tembak
Perawatan Kapas Tembak

Pada awalnya, kapas tembak dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai burung masteran. Namun seiring kemampuannya yang mumpuni, akhirnya kapas tembak naik kelas menjadi salah satu burung kicau yang diperlombakan.

Kapas tembak yang sudah gacor mempunyai ciri khas saat sedang berkicau, yaitu ekornya akan membuka untuk menunjukkan eksistensinya. Jika kapas tembak Anda sudah bisa membuka ekor saat berkicau, maka berarti kapas tembak tersebut sudah gacor dan siap digantang.

Langkah-langkah perawatannya sendiri adalah sebagai berikut.

1. Pengembunan

Pengembunan
Pengembunan

Langkah pertama perawatan untuk membuat suara burung kapas tembak menjadi rapat adalah pengembunan. Dan tepat seperti perkiraan Anda, pengembunan dilakukan untuk membuat kapas tembak mendapatkan udara segar di pagi hari.

Selain itu, proses pengembunan juga berguna untuk membuat kapas tembak merasakan suasana alam di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat stres yang mungkin bisa terjadi dengan kapas tembak.

Proses pengembunan bisa Anda mulai dari mulai pukul setengah lima sampai dengan matahari terbit, untuk dilanjutkan dengan proses memandikan dan memberi pakan.

2. Memandikan

Memandikan Secara Rutin
Memandikan Secara Rutin

Setelah matahari terbit sekitar pukul 7 pagi, kapas tembak selanjutnya harus dimandikan. Proses memandikan burung kapas tembak bisa bervariasi.

Namun, cara memandikan yang paling baik adalah dengan menyediakan karamba dan membiarkan kapas tembak untuk mandi sendiri dalam karamba tersebut.

Selain lebih mudah, cara memandikan ini juga bisa memancing suara burung kapas tembak untuk cepat keluar karena kapas tembak jadi lebih rileks dan terhindar dari stres.

Dan jelas, dengan memandikan kapas tembak juga jadi terhindar dari bakteri yang mungkin ada di permukaan kulitnya. Biarkan kapas tembak agar puas mandi terlebih dahulu dan jangan terburu-buru mengangkatnya. Setelah memandikan, langkah selanjutnya adalah pemberian pakan.

3. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Nah, mungkin pemberian pakan adalah proses yang paling penting untuk membuat suara burung kapas tembak menjadi lebih rapat. Untuk pakan harian, Anda bisa memberikan voer dan multivitamin dengan didampingi buah-buahan segar.

Buah-buahan yang bisa dijadikan pakan kapas tembak adalah buah-buahan dengan daging lembut seperti pepaya dan juga pisang. Perlu diingat, selalu ganti pakan jika kondisinya memang sudah tidak layak.

Anda bisa mengganti pakan setiap hari sembari memandikan kapas tembak sekaligus membersihkan kandangnya.

Selain memberikan pakan harian, kapas tembak juga harus diberikan pakan tambahan atau ExtraFooding (EF). EF yang paling sesuai untuk kapas tembak adalah kroto dan juga jangkrik.

Keduanya merupakan pakan alami kapas tembak di habitatnya. Pemberian EF ini bisa Anda jadwalkan sebanyak tiga atau empat hari dalam seminggu.

Hal ini karena baik jangkrik ataupun kroto memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Terlalu banyak protein juga tidak baik untuk kapas tembak.

Maka untuk asupan protein harian, Anda bisa memberinya multivitamin saja. Jangkrik dan kroto lebih bagus diberikan secara intensif ketika kapas tembak mau manggung.

4. Penjemuran Burung Kapas Tembak

Penjemuran
Penjemuran

Proses perawatan agar suara burung kapas tembak menjadi rapat yang selanjutnya adalah melakukan penjemuran. Proses ini bisa dilakukan setelah kapas tembak benar-benar kering setelah dimandikan dan diberi pakan.

Hal tersebut untuk menghindari kapas tembak mengalami stres karena perubahan suhu yang terlalu mendadak. Anda bisa mulai menjemur kapas tembak saat matahari sudah naik dan terik.

Waktu yang paling tepat untuk menjemur kapas tembak adalah mulai dari pukul 9 sampai dengan pukul 11. Namun jangan terlalu lama menjemur kapas tembak karena kapas tembak bisa mengalami dehidrasi.

Usahakan untuk memilih tempat menjemur yang agak teduh agar kapas tembak bisa segera berteguh jika merasa kepanasan.

5. Cara Menyimpan Burung Kapas Tembak

Penempatan dan Penyimpanan Sangkar
Penempatan dan Penyimpanan Sangkar

Yang terakhir adalah cara menyimpan kapas tembak. Setelah sehari digantung di luar, saatnya kapas tembak dikerodong dan disimpan kembali.

Usahakan untuk tidak memasukkan kapas tembak terlalu sore karena kapas tembak butuh istirahat lebih cepat agar keesokan harinya saat diembunkan memiliki stamina yang baik.

Pilih tempat yang sunyi dengan tingkat interaksi manusia yang sedikit agar kapas tembak bisa beristirahat dengan tenang.

Membentuk Suara Kapas Tembak
Membentuk Suara Kapas Tembak

Itulah beberapa tips perawatan agar suara burung kapas tembak bisa segera rapat dan gacor. Lakukan langkah-langkah di atas secara konsisten dan kontinu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa juga untuk memberikan masteran kepada kapas tembak agar burung bisa segera berkicau.

Download Suara Burung Kapas Tembak MP3 Gacor

Kapas Tembak adalah jenis burung yang memiliki suara merdu dan mental ayng tidak usah diragukan lagi. berikut ini koleksi mp3 kicauan burung kapas tembak.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

5. Versi 5

Leave a Reply