Suara Burung Tledekan

DOWNLOAD Suara Burung Tledekan Laut dan Gunung MP3

Suara Burung Tledekan | Kicauan burung tledekan mempunyai sisi seni yang tidak bisa disamakan dengan jenis burung yang lain.

Suara yang dihasilkan burung kicau ini sangat indah untuk didengar, itulah alasan kenapa burung ini kerap kali menjadi burung yang sering dilombakan. Secara alami burung ini sudah memiliki suara yang enak untuk didengarkan.

Suara Burung Tledekan
Suara Burung Tledekan

Namun, kicauan burung kecil yang satu ini juga bisa divariasikan dengan suara burung-burung yang lain. Cara mendapatkan suara burung tledekan dengan variasi suara kicauan burung harus melalui tahapan pelatihan yang rutin.

Ada beberapa jenis burung tledekan yang ada di Indonesia yaitu burung tledekan biru, burung tledekanpring, burung tledekan gunung, burung tledekan bakau, burung tledekan laut, dan sebagainya.

Semua jenis burung ini memiliki habitat yang berbeda-beda, ada burung tledekan yang hidup di wilayah pesisir. Burung yang hidup di wilayah hutan bakau juga ada, bahkan ada burung yang hidup di wilayah hutan bambu.

Memiliki tempat hidup yang berbeda bukan berarti kualitas dan karakter suaranya berbeda juga. Pada umumnya kicauan yang dikeluarkan oleh burung ini memiliki karakter suara yang merdu dan mampu berkicau dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga dapat dibilang unik.

Bagi Anda pencinta burung yang memiliki nama lain burung siul ini harus memperhatikan metode yang tepat untuk mendapatkan suara burung yang beragam ini.

Metode untuk Mendapatkan Suara Burung Tledekan yang Beragam

Mendapatkan Suara Burung Tledekan
Mendapatkan Suara Burung Tledekan

Metode untuk memperoleh suara burung tledekan yang beragam dan berkualitas harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh ada langkah yang terlewat.

Tujuannya untuk bisa mendapatkan suara burung yang maksimal dengan estimasi waktu yang lebih singkat sehingga memperkecil biaya yang harus dikeluarkan. Nah, Anda tentu sudah tidak sabar untuk membahas tentang metode ini, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

1. Memperhatikan Asupan Nutrisi Harian

Asupan nutrisi akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dari burung tledekan sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Berikan makanan berupa voer di wadah makannya dalam sangkar. Jangan lupa berikan juga air ke dalam wadah air sangkarnya. Makanan burung berupa voerharus diganti setiap dua hari untuk menghindari voer yang terkontaminasi bakteri.

Berikan juga jangkrik sebanyak dua ekor yang dilakukan tiga kali. Jadi ada 6 ekor jangkrik yang diberikan setiap hari.  Selain makanan berupa voer tambahkan pula vitamin untuk mendukung daya tahan burung tledekan satu kali dalam seminggu.

Perhatikan makanan yang akan diberikan kepada burung tledekan kesayangan Anda karena hal ini memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap suara burung tledekan.

Pilih menu makanan yang memiliki standar kualitas tinggi dan mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan burung tledekan.

2. Menjemur Burung Tledekan

Menjemur Burung
Menjemur Burung

Proses penjemuran burung tledekan berguna untuk melatih mental burung tledekan. Cara penjemuran ini juga bertujuan untuk menambah asupan vitamin dari sinar matahari yang dapat memperkuat tulang burung.

Penjemuran dilakukan tidak lebih dari dua jam per hari, agar tidak mengalami berahi yang berlebihan. Pastikan selama proses penjemuran burung tidak memakan asupan nutrisi apapun sebelumnya.

Pemberian makanan sebelum proses penjemuran akan menyebabkan tidak optimalnya efek dari gizi makanan yang telah diberikan terhadap suara burung tledekan.

3. Memandikan Burung dan Mencuci Sangkar

Memandikan Burung
Memandikan Burung

Proses memandikan ini juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan suara burung tledekan untuk meniru suara burung yang diinginkan. Mandikan burung dengan jenis shampo yang dapat mengusir berbagai kutu dan jamur pada burung sulingan.

Kandang burung juga perlu untuk dibersihkan dengan menggunakan shampo khusus pembersih kandang. Hal ini bertujuan agar burung terhindar dari berbagai serangan penyakit akibat kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya.

Tentunya ini akan memberikan pengaruh besar suksesnya proses pemasteran. Tumbuhnya jamur dan bakteri pembawa penyakit akan diminimalkan dengan cara memandikan burung dan mencuci sangkar secara teratur.

Jika sangkar burung nyaman untuk burung maka burung tledekan akan dengan mudah menirukan jenis kicauan yang Anda inginkan.

4. Pilih Burung yang Memiliki Ukuran Sama

Pemasteran
Pemasteran

Sekarang saatnya untuk memilih burung yang akan dimasterkan dengan suara burung tledekan kesayangan Anda. Pilihlah jenis burung yang kurang lebih memiliki ukuran yang sama. Tujuannya agar burung ini tidak kesulitan dalam menirukan suara kicauan burung lain tersebut.

Ukuran burung yang sama akan memberikan kemudahan bagi burung sulingan dalam menirukan suara burung yang akan ditirukan. Jika Anda masih kesulitan, cobalah untuk memilih jenis burung-burung seperti burung kenari, burung branjangan, burung gereja, burung kolibri, dan sebagainya.

Pastikan posisi burung tledekan berada di atas burung yang akan ditirukan suaranya dengan memposisikan sangkar masing-masing burung. Penataan posisi sangkar burung ini bertujuan agar burung tledekan tidak melihat burung lain tersebut.

Menjaga Kualitas Kicauan Suara Burung Tledekan

Menjaga Kualitas Suara
Menjaga Kualitas Suara

Setelah kicauan burung ini sudah memiliki variasi yang beragam, sekarang saatnya untuk menjaga konsistensi kualitas suara. Hal ini sangat penting agar proses pelatihan yang telah berhasil dilakukan tidaklah percuma.

Lagipula masih ada kemungkinan untuk kembali menambahkan suara sehingga suara  lebih bervariasi lagi. Berikut ini merupakan cara yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas kicauan merdu khas tledekan.

1. Tambahan Makanan Extra Fooding

Langkah ini untuk menambah daya tahan tubuh dengan makanan tambahan untuk burung tledekan. Faktor keindahan kicauan juga ditentukan oleh kesehatan tubuh burung tledekan.

Pemberian extrafooding untuk menjaga kekebalan tubuh memiliki manfaat yang tidak boleh diabaikan. Extrafooding yang diberikan ke burung tledekan berupa jangkrik, kroto, ulat jerman, dan sebagainya. Berikan jangkrik dua kali sehari, masing-masing berjumlah 5 ekor jangkrik.

2. Mandi Malam Hari

Memandikan pada Malam Hari
Memandikan pada Malam Hari

Treatment ini digunakan untuk memperkuat mental burung tledekan. Bagi burung, berkicau juga membutuhkan mental yang kuat. Cara memandikannya di malam hari akan membangun mental seekor burung tledekan.

Mental sangat dibutuhkan terlebih saat mengikuti kontes akan ada banyak burung tledekan dengan suara emas. Pastikan Anda memandikannya sebelum jam menunjukan pukul 10 malam untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Memberi Makan Porsi Lebih

Cara ketiga untuk menjaga kualitas suara burung tledekan yang selanjutnya yaitu dengan cara memberikan makanan dengan porsi lebih banyak. Namun, pemberian makanan ini tidak dilakukan setiap hari, hanya pada satu hari tertentu.

Anda dapat memilih pada akhir pekan seperti hari Sabtu untuk memberikan makanan dengan porsi lebih. Pola pemberian makanan dapat disesuaikan dengan pemberian makanan ekstra pada hari-hari biasa.

4. Treatment Sebelum Mandi

Ada satu cara yang tidak boleh ketinggalan yaitu treatment sebelum mandi. Caranya dengan mengangin-anginkan burung saat pagi hari. Waktu yang paling tepat adalah pada jam 5 pagi. Langkah ini berguna untuk menyegarkan burung dan menjaga kesehatan sehingga perlu dilakukan.

Burung Tledekan
Burung Tledekan

Nah, itu tadi hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan suara burung tledekan yang maksimal sekaligus cara mempertahankan kualitas suaranya. Silahkan gunakan cara-cara ini agar peliharaan Anda mempunyai bunyi indah yang beragam.

Download Kumpulan Suara Burung Tledekan MP3

Burung tledekan memang dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara yang indah. Di bawah ini adalah kumpulan suara burung tledekan yang kami kumpulkan.

Tledekan Gunung

1. Versi 1

2. Versi 2 

3. Versi 3

4. Versi 4

Tledekan Laut

1. Versi 1

2. Versi 2

Leave a Reply