Fisik Burung Derkuku

Download Suara Burung Derkuku Gacor [DURASI PANJANG]

Suara Burung Derkuku | Mungkin burung derkuku tidak masuk sebagai salah satu burung kicau favorit. Dibandingkan dengan burung kicau lainnya seperti kenari ataupun pleci, derkuku jelas kalah tenar.

Memang, derkuku memiliki karakteristik suara yang sangat khas sehingga hanya orang-orang yang benar suka saja yang gemar memeliharanya. Karakter suara burung derkuku adalah ngerol dan ngebas.

Karakter suara yang lebih enak didengarkan untuk bersantai daripada untuk kontes. Namun bukan berarti tidak ada kontes derkuku. Justru kontes derkuku selalu ramai jika digelar.

Suara Burung Derkuku
Suara Burung Derkuku

Burung derkuku sendiri sebenarnya masih kerabat dari burung merpati. Kegemarannya adalah terbang rendah di atas tanah dan mencari makan bergerombol atau berpasang-pasangan.

Karena sifatnya tersebut, burung derkuku menjadi lebih akrab dan jinak terhadap manusia. Selain itu, perawatan burung derkuku juga terbilang mudah sebagai burung kicauan.

Mungkin kedua alasan tersebut yang membuat derkuku banyak diminati. Namun tak jarang, beberapa derkuku juga sulit untuk berkicau. Entah karena perawatannya, ataupun pola makannya.

Bagi Anda yang mencari cara membuat derkuku menjadi gacor dan sering berkicau, silakan simak penjelasan di bawah ini, dimulai dari bentuk fisik dan karakteristik suaranya terlebih dahulu.

Bentuk Fisik dan Karakteristik Suara Burung Derkuku

Fisik Burung Derkuku
Fisik Burung Derkuku

Sebelum membahas suara burung derkuku, mari bahas terlebih dahulu soal bentuk fisiknya. Karena masih satu keluarga dengan burung merpati, maka ukuran tubuh burung derkuku juga tidak jauh berbeda dengannya.

Rata-rata panjang tubuh burung derkuku berkisar antara 28 sampai dengan 32 cm. Yang paling membedakan antara merpati dengan derkuku adalah warna pada bulunya.

Burung derkuku didominasi dengan warna bulu cokelat agak kemerahan. Bulu cokelat tersebut ada di hampir seluruh bagian tubuhnya.

Terkecuali untuk bagian ekor, ada sedikit aksen hitam dan putih di ujungnya. Lalu untuk bagian sekitar leher juga berwarna hitam dengan ditindih warna tutul kuning kecil-kecil.

Mungkin warna bulu leher inilah yang paling membedakan derkuku dari burung sejenis lainnya. Dan untuk bentuk paruh juga terlihat berbeda dibandingkan burung merpati. Paruh burung derkuku lebih lebar daripada paruh burung merpati pada umumnya.

Burung Derkuku
Burung Derkuku

Sedangkan untuk karakter suara burung derkuku lebih kepada suara rendah ngebas dengan pola ngerol. Beberapa orang sering kali bermasalah dengan burung derkuku yang tidak mau berkicau.

Dan seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, derkuku yang tidak mau berkicau bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun dari semua penyebabnya, perawatan dan pola makan adalah yang paling berpengaruh. Lalu bagaimana agar burung derkuku bisa berkicau dan gacor?

Tips Perawatan Suara Burung Derkuku dan Pakannya AgarRajin Manggung

Tips perawatan yang akan dijabarkan di bawah ini sebenarnya merupakan tips-tips sederhana dalam merawat burung. Namun diharapkan, dengan konsistensi dan ketelatenan dari Anda selaku pemilik, maka derkuku bisa segera berkicau dan juga gacor.

Berikut adalah tips perawatan dan pemberian pakannya.

1. Memandikan Burung Derkuku

Memandikan
Memandikan

Tips membuat suara burung derkuku jadi gacor dan rajin anggun yang pertama adalah dengan rajin memandikannya. Berbeda dengan cara memandikan burung-burung kicau lainnya, derkuku sebaiknya disemprot menggunakan semprotan burung yang paling rendah tegangannya.

Hal ini karena derkuku bisa stres jika disemprot dengan semprotan tegangan tinggi. Atau cara lain memandikannya adalah dengan membasuh derkuku untuk tangan Anda. Celupkan tangan Anda ke air bersih dan kemudian basuhkan ke tubuh derkuku.

Proses memandikan sangat dibutuhkan derkuku untuk menghilangkan kutu-kutu yang bersarang di permukaan kulitnya. Selain menggunakan air bersih, Anda juga bisa menggunakan air hasil cucian beras yang sudah dicampur dengan daun sirih.

Campuran air beras dan daun sirih dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan kutu-kutu yang ada di sela-sela kulit derkuku. Setelah dimandikan, maka langkah selanjutnya untuk mengeluarkan suara burung derkuku adalah menjemur derkuku.

Namun sebelum menjemurnya, angin-anginkan dulu burung derkuku agar tidak kaget saat terkena sinar matahari. Baru setelah kering, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari.

2. Menjemur Burung Derkuku

Menjemur Derkuku
Menjemur Derkuku

Tips mengeluarkan suara burung derkuku yang selanjutnya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari sangat bagus guna memberikan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan burung derkuku.

Selain itu, bakteri yang ada di permukaan kulit derkuku bisa segera mati jika terkena sinar matahari langsung. Untuk waktu penjemuran cukup sekitar 1 sampai 2 jam saja.

Usahakan untuk mencari tempat penjemuran yang separuh terbuka dan separuh tertutup agar ketika derkuku kepanasan, bisa berlindung secepatnya ke bagian yang teduh.

3. Memberi Pakan Burung Derkuku

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Burung derkuku di alam liar sering mencari makanan berupa biji-bijian. Maka pakan yang paling tepat agar suara burung derkuku cepat keluar adalah dari biji-bijian juga.

Biji-bijian yang dimaksud bisa berupa jemawut, beras merah, gabah, milet, ketan hitam serta pakan biji-bijian lain yang sudah disediakan di toko-toko burung.

Pilih pakan yang berkualitas dengan asupan protein, vitamin dan mineral yang seimbang agar kebutuhan harian derkuku bisa terpenuhi. Sebagai pakan tambahan agar suara derkuku bisa cepat ngeplong, Anda bisa memberinya sari sarang walet secara rutin.

4. Menempatkan Derkuku di Lingkungan yang Kondusif

Tempatkan Di Lingkungan Yang Nyaman
Tempatkan Di Lingkungan Yang Nyaman

Nah, ini yang sering kali diabaikan oleh banyak orang. Derkuku sangat sensitif terhadap lingkungan yang terlalu ramai dan banyak gangguan. Lingkungan yang terlalu ramai membuat derkuku jadi rentan terserang stres.

Akibatnya, derkuku tidak mau berkicau lagi. Maka dari itu, carikan tempat yang sunyi dan minim interaksi dengan manusia atau hewan lainnya.

Memang karakter suara burung derkuku ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan burung kicau lain yang justru bisa cepat gacor jika disandingkan dengan keramaian.

Pastikan derkuku mendapatkan tempat yang nyaman dan aman dari ancaman predator yang ada di sekitarnya. Predator yang sering mengancam derkuku antara lain tikus, kucing, anjing, dan juga ular.

Sebagai saran, letakkan derkuku di garasi atau kamar lain di mana jarang dilewati orang untuk beraktivitas. Dengan demikian, derkuku bisa cepat mengeluarkan suara.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga Kebersihan Kandang
Menjaga Kebersihan Kandang

Selain lingkungan yang kondusif, derkuku juga sangat sensitif terhadap kebersihan kandangnya. Hal ini juga banyak disalahpahami oleh orang-orang. Kebanyakan orang justru membiarkan kandang derkukunya kotor.

Padahal kandang yang kotor sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan juga suara burung derkuku. Derkuku yang ada di dalam kandang yang kotor cenderung murung dan enggan untuk berkicau.

Maka sebaiknya Anda rajin membersihkan kandang derkuku, terutama ketika pagi hari sembari memandikannya. Jangan lupa untuk selalu mengecek pakan dan juga air minumnya juga. Ganti jika memang sudah tidak layak.

Membentuk Suara Burung Derkuku
Membentuk Suara Burung Derkuku

Itulah beberapa tips perawatan sekaligus pemilihan pakan agar suara burung derkuku cepat gacor dan rajin manggung. Intinya ada pada ketelatenan Anda untuk memberikan perawatan dan menjaganya agar terhindar dari stres. Jika derkuku sudah stres, maka mengembalikannya lagi tentu juga butuh usaha besar.

Koleksi Suara Burung Derkuku Durasi Panjang MP3

Burung Derkuku memang tidak setenar burung perkutut dalam hal kicauanya, namun derkuku masih memiliki penggemar yang bisa menikmati suara derkuku ini.

1. Suara Derkuku 1

2. Suara Derkuku 2

3. Suara Derkuku 3

Leave a Reply