Suara Burung Gelatik

Download Suara Burung Gelatik Batu Gacor Mp3 dan Full Isian

Download Suara Burung Gelatik | Gelatik Batu merupakan salah satu jenis burung yang mampu mengeluarkan suara atau kicauan gacor dan merdu apabila didengar.

Suara Burung Gelatik
Suara Burung Gelatik

Dapat dibilang fisik dari burung gelatik batu ini cukup mudah untuk dikenali, yakni dengan ciri khas warna hitam mencolok yang diselingi dengan corak abu-abu ataupun putih.

Meskipun postur tubuh dari burung ini yang tergolong kecil, akan tetapi suaranya tidak kalah indah dengan berbagai jenis suara burung kicau lainnya. Namun, terkadang burung gelatik ini tidak mau gacor yang dapat dikarenakan beberapa hal sebagai berikut.

Penyebab Suara Burung Gelatik Batu Macet

1. Sedang Sakit

Sedang Sakit
Sedang Sakit

Penyebab pertama yang dapat membuat suara burung gelatik batu macet atau bahkan hilang ini adalah karena sedang sakit. Hal yang dapat menandakan seekor burung gelatik sedang sakit dapat dilihat dari tingkah lakunya.

Perhatikan apakah tingkah lakunya seperti biasa atau berbeda seperti nafsu makan berkurang, malas bergerak, sering menggelembungkan bulunya, dan matanya yang selalu terpejam. Jika burung Anda berperilaku seperti diatas, maka dapat dipastikan bahwa burung tersebut sedang sakit.

2. Terkena Virus Pada Tenggorokan

Sebenarnya penyakit atau virus pada tenggorokan ini sering terjadi pada burung kicauan. Untuk mengetahui apakah burung gelatik batu Anda sedang terkena virus cukup sulit, pasalnya penyakit ini tidak akan dapat langsung diketahui hanya melihat tingkah lakunya.

Namun, biasanya seekor burung yang sudah terkena virus pada tenggorokannya akan sering minum dan mengalami sesak nafas. Selain itu ciri-ciri atau tanda paling jelas yakni burung tersebut akan mengeluarkan suara mengorok seperti ketika dijemur dan kepanasan.

3. Sedang Stres

Sedang Stress
Sedang Stress

Penyebab suara burung gelatik batu macet yang berikutnya adalah burung tersebut sedang mengalami stres. Stres ini biasanya disebabkan karena burung gelatik ini mengalami gangguan pada mentalnya karena kalah dari jenis burung kicau lain setelah mengikuti perlombaan.

Selain itu, stres ini juga dapat diakibatkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim serta burung gelatik ini akan berkembang ke masa dewasa.

4. Sedang Dalam Masa Pergantian Bulu

Hampir semua jenis burung kicau akan mengalami macet gacor ketika sedang dalam masa pergantian bulunya. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya bulu yang rontok dan menyebabkan burung gelatik ini memerlukan asupan energi secara lebih untuk menghangatkan tubuhnya.

Maka dari itu, energi yang biasanya digunakan untuk berkicau akan lebih cepat habis dari biasanya. Itulah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab macet atau hilangnya suara burung gelatik batu.

Maka dari itu, Anda perlu menangani berbagai permasalahan tersebut dengan teliti dan hati-hati karena perawatan yang tidak benar dapat berakibat buruk pada gelatik itu sendiri.

Namun tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki suara dari gelatik batu ini, bahkan dapat membuatnya lebih gacor dan indah. Untuk itu, berikut penjelasannya.

Membuat Suara Burung Gelatik Lebih Gacor dan Indah

1. Memberi Pakan Bervariasi

Pakan Ekstra
Pakan Ekstra

Sama seperti burung kicau yang lain, burung gelatik batu ini juga memerlukan perawatan harian khususnya pemberian pakan yang cukup ekstra agar kicauannya dapat keluar secara maksimal.

Agar suara burung gelatik batu semakin gacor dan merdu, tentunya diperlukan pakan yang mengandung banyak nutrisi. Pakan tersebut dapat Anda beli di toko pakan burung maupun meraciknya sendiri.

Untuk pakan yang dibeli, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan untuk jenis burung gelatik kacer. Nafsu makan dari burung ini akan berkurang karena pakan yang disediakan tidak sesuai dan dapat membuatnya menjadi sakit.

Sedangkan untuk pakan racikan, Anda dapat membuatnya dengan mencampurkan voer burung dan susu bubuk yang tidak terlalu manis. Pakan racikan dapat diberikan setiap hari.

Akan tetapi, meskipun pakan ini sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, akan lebih baik lagi jika menambahkan pakan harian tambahan berupa serangga seperti jangkrik pada burung gelatik batu ini.

Selain lebih lengkap, hal ini ditujukan agar nutrisi yang diperlukan oleh burung tersebut lebih seimbang dan juga serasi.

2. Meletakkan Sangkar Pada Tempat yang Tepat

Posisi Meletakkan Sangkar Burung Gelatik
Posisi Meletakkan Sangkar Burung Gelatik

Seperti yang telah diketahui bahwa stres dapat mempengaruhi suara atau kicauan dari segala jenis burung kicau. Maka dari itu, usahakan meletakkan sangkar burung ini pada tempat yang memiliki suasana nyaman dan tenang.

Hindari peletakan sangkar atau kandang yang dekat dengan lingkungan berisik seperti jalan raya atau tempat pekerjaan lapangan. Tentunya kualitas dari seekor burung gelatik batu yang berada pada lingkungan tenang dan nyaman akan lebih terjaga termasuk dengan suaranya.

3. Memandikan dan Menjemurnya Setiap Pagi Hari

Memandikan Secara Rutin
Memandikan Secara Rutin

Secara tidak langsung, memandikan burung gelatik batu merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki suara burung gelatik batu.

Seperti yang telah diketahui ketika burung dalam keadaan sakit, maka mereka akan mogok berbunyi. Rata-rata penyakit yang timbul ini dikarenakan oleh berbagai jenis kuman dan virus pada tubuhnya.

Ketika burung dimandikan dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk burung ini, maka hampir seluruh kuman dan virus yang ada pada burung tersebut akan mati.

Pemandian ini sebaiknya dilakukan dengan menyemprotnya secara perlahan untuk menghindari burung merasa kedinginan.

Ketika mengalami kedinginan, burung gelatik tersebut juga akan mudah terserang penyakit bahkan dapat menimbulkan kematian. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menjemurnya setelah memandikannya.

Penjemuran ini akan lebih efektif apabila dilakukan dibawah terik matahari secara langsung karena sinar matahari juga akan bermanfaat bagi kesehatan burung gelatik batu itu sendiri.

Namun, penjemuran ini juga tidak boleh dilakukan terlalu lama, mungkin cukup 30 menit saja. Penjemuran yang terlalu lama dapat membuat dehidrasi serta akan berdampak buruk bagi burung itu sendiri.

4. Melakukan Mastering Pada Burung Gelatik

Melakukan Mastering Burung Gelatik
Melakukan Mastering Burung Gelatik

Dapat dikatakan bahwa mastering mampu meningkatkan kualitas suara dari segala jenis burung kicau.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari suara burung yang disukai baik itu burung lain maupun sesama burung gelatik dengan format mp3 dan memutarnya ketika burung tersebut sedang beristirahat di malam hari.

Pemasteran yang dilakukan ketika burung beristirahat ini ditujukan agar mereka dapat merekam atau mencerna suara mp3 secara maksimal tanpa adanya gangguan dari dalam dan luar.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih tempat yang memiliki suasana tenang agar burung gelatik ini dapat lebih berkonsentrasi dalam mencerna suara dari mp3.

Selain itu, ketika cahaya lampu dipadamkan dan juga menambahkan kerodong pada sangkar burung tersebut juga akan membuatnya lebih mudah dalam berkonsentrasi. Ketika proses mastering ini berjalan dengan lancar, maka suara yang dihasilkan akan menjadi lebih indah.

Membentuk Suara Burung Gelatik
Membentuk Suara Burung Gelatik

Begitulah penjelasan mengenai beberapa hal yang dapat menyebabkan suara burung gelatik batu menjadi hilang serta cara memperbaikinya. Jika tips-tips diatas Anda lakukan dengan teliti dan maksimal, tentunya burung gelatik batu yang dipelihara mampu berkicau lebih gacor dan indah.

Download Koleksi Suara Burung Gelatik Batu Gacor MP3

Burung kecil ini memang sudah dikenal sebagai burung kicau yang biasa di lombakan, karena suara nya yang merdu. Berikut ini kami berikan file mp3 suara burung gelatik.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

5. Versi 5

6. Versi 6

7. Versi 7

Leave a Reply