Arah Kandang Ayam

Tips Membuat Kandang Ayam Joper dengan Mudah, Simak Yuk!

Kandang Ayam Joper | Kandang merupakan tempat yang sangat penting jika Anda ingin memelihara hewan ternak, khususnya ayam. Kondisi kandang yang nyaman dan bersih akan mencegah berbagai penyakit dan stres pada ayam, sehingga ayam dapat bertelur atau menghasilkan daging dengan baik.

Untuk kandang ayam joper atau ayam kampung super, dibutuhkan ketelitian khusus dalam pembuatannya karena cukup berbeda dengan kandang ayam jenis lainnya.

Hal ini dikarenakan secara tidak langsung, kandang atau tempat beternak ayam joperini sangat mempengaruhi kuantitas dan kualitas dari ayam joperitu sendiri.

Membuat Kandang Ayam Joper
Membuat Kandang Ayam Joper

Pembuatan Kandang Ayam Joper yang Baik

Dalam pembuatan sebuah kandang, model dari kandang itu sendiri harus disesuaikan dengan jumlah dan jenis ayam yang dipelihara. Kandang ayam joper ini biasanya menggunakan sistem postal.

Yang dimaksud dengan sistem kandang postal ini yaitu sebuah kandang tanpa tempat pengumbaran, jadi ayam akan tetap berada dalam kandang beralaskan litter.

Kelebihan dari sistem ini yaitu lebih menghemat biaya, tempat, dan tenaga dalam perawatannya. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kandang ayam kampung super agar dapat memperoleh hasil maksimal.

1. Arah Kandang

Arah Kandang Ayam
Arah Kandang Ayam

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ayam joper ini adalah arah dari kandang. Arah sebuah kandang yang baik yaitu mengarah ke barat atau timur, agar ayam yang ada didalamnya dapat terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dari ayam kampung. Metabolisme kalsium pada tulang ayam akan tetap terjaga karena paparan dari sinar matahari.

Namun menurut suatu penelitian yang telah dilakukan, jika ayam yang menghadap ke arah timur akan lebih baik dan sehat dibandingkan dengan kepala ayam yang menghadap ke arah barat.

Hal ini dapat dikatakan karena sinar matahari di pagi hari lebih menyehatkan dan dapat menjaga metabolisme kalsium lebih baik daripada sinar matahari di sore hari.

Selain itu, Udara di pagi hari juga masih segar dan belum tercemar sehingga dapat menurunkan potensi penyakit bagi ayam kampung.

2. Letak Kandang

Letak Kandang
Letak Kandang

Selain arah kandang, letak dari kandang ayam joper ini juga perlu diperhatikan. Setidaknya jarak penempatan kandang berada sekitar 100 meter dari pemukiman warga untuk mengantisipasi penyakit pada ayam yang dapat menular pada manusia.

Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan penduduk akibat limbah hasil ternak.  Selain itu, penempatan kandang yang jauh dari pemukiman dikarenakan ayam kampung akan sangat berisik pada jam tertentu, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

Letak dari kandang ayam kampung super atau joper yang berdekatan dengan sumber air juga perlu dipertimbangkan. Akan lebih menguntungkan jika kandang yang dibuat dekat dengan sumber air sehingga memudahkan Anda dalam pembersihan kandang dan penyediaan air minum untuk ayam.

3. Akses Menuju Kandang

Akses Lokasi ke Kandang Ayam
Akses Lokasi ke Kandang Ayam

Ketika Anda menentukan lokasi atau letak dari kandang ayam joper, akses menuju kandang tersebut juga perlu diperhatikan. Pastinya hal yang sangat dinantikan dalam menjalankan sebuah bisnis peternakan ayam joper ini adalah memperoleh banyak keuntungan.

Untuk itu, kemudahan dalam akses transportasi akan membantu dalam pemasaran ayam joper. Pastikan kandang ayam kampung super tersebut dapat diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mudah.

Dengan begitu, para konsumen dan pengepul dapat meninjau langsung kandang yang telah dibuat.

4. Penyaluran Limbah

Penanganan Limbah
Penanganan Limbah

Dalam sebuah kandang ayam joper, Anda perlu memastikan limbah ternak dapat tersalur dengan baik dan benar agar tidak terjadi penumpukan kotoran maupun genangan air.

Hal tersebut sangatlah berbahaya dan dapat dengan mudah menimbulkan penyakit bagi ayam kampung maupun manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan saluran dan tempat untuk menampung kotoran ayam tersebut agar dapat terkumpul pada satu tempat.

Anda juga dapat memperoleh keuntungan secara lebih dari kotoran ayam ini karena dapat dijual dan digunakan sebagai pupuk alami atau pupuk kandang.

5. Ukuran Kandang

Ukuran Kandang
Ukuran Kandang

Ukuran kandang ayam joper ini dapat disesuaikan dengan besar kecilnya modal yang Anda miliki. Selain itu, penyesuaian ukuran kandang terhadap ukuran pekarangan juga harus dipertimbangkan.

Dalam beternak ayam joper, terdapat dua jenis kandang yang dibutuhkan yaitu kandang box yang berfungsi untuk memelihara anakan ayam berusia 1 hingga 3 minggu dan kandang pembesaran yang berfungsi sebagai tempat pemeliharaan ayam berusia 3 sampai 8 minggu.

Kandang box yang baik mempunyai ukuran 1 meter persegi dengan jumlah 70 ekor anakan ayam atau DOC didalamnya. Kehangatan suhu pada kandang box juga harus tetap dijaga, yaitu sekitar 30 hingga 32 derajat celcius.

Ketika usia ayam joper sudah menginjak 21 hari, maka perlu dipindahkan kedalam kandang pembesaran. Untuk satu buah kandang pembesaran berukuran 13 meter persegi dapat menampung hingga 100 ekor ayam.

6. Konstruksi Bangunan Kandang Ayam

Model Kandang Kandang Ayam

Tidak perlu khawatir tentang biaya pembuatan kandang ayam joper. Anda tidak perlu membeli berbagai bahan konstruksi yang harganya mahal. Bahan yang digunakan untuk konstruksi kandang ayam kampung super ini termasuk murah dan mudah didapatkan.

Namun, tetap usahakan bahan yang digunakan berkualitas dan konstruksi bangunan pada kandang ayam kampung super ini benar-benar kokoh dan tahan lama.

Terdapat beberapa pilihan bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah kandang ayam diantaranya kayu, bambu, besi, kawat, baja ringan.

Dari beberapa bahan itu, kawat adalah bahan yang paling murah, mudah didapatkan, serta mampu bertahan hingga 5 tahun dalam pemakaian secara normal.

7. Atap Kandang

Atap Bangunan Kandang Ayam
Atap Bangunan Kandang Ayam

Untuk bagian atap dari kandang ayam joper sebaiknya jangan menggunakan bahan yang cenderung dapat membuat suhu udara didalam kandang menjadi panas seperti penggunaan seng.

Suhu yang ada dalam kandangsangatlah mempengaruhi kualitas dari ayam joper itu sendiri. Ketika ayam joper kepanasan, tingkat produktivitasnya dapat menurun.

Selain itu, usahakan bahan pembuat atap tersebut tidak menimbulkan suara berisik ketika turun hujan karena dapat membuat ayam stres.

Oleh karena itu, usahakan bahan pembuat atap yang digunakan tidak mengganggu kenyamanan dari ayam joper. Anda dapat menggunakan rumbai, terpal, dan asbes untuk membuat bagian atap kandang.

8. Dinding dan Lantai Kandang Ayam

Lantai Kandang
Lantai Kandang

Anda dapat membuat dinding kandang ayam kampung super menggunakan anyaman bambu dan triplek. Selain kokoh dan mampu tahan dalam waktu yang lama, harga dari kedua bahan tersebut juga tergolong murah dan mudah didapatkan

Untuk bahan pembuat lantai kandang, dapat dibuat dari tanah yang dipadatkan atau semen dan lebih tinggi dari sekitarnya untuk memudahkan proses sanitasi.

Diperlukan rongga-rongga atau serapan air pada lantai kandang agar tidak becek dan selalu kering sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit.

Itulah tips dalam membuat kandang ayam joper. Jika Anda telah menggunakan kandang yang baik dan benar sebagai tempat untuk beternak ayam joper, tentunya penghasilan yang didapatkan akan semakin meningkat serta terhindar dari berbagai gangguan.

Leave a Reply