Cucak Keling

Download Suara Burung Cucak Keling Teler MP3 Gacor [LENGKAP]

Download Suara Burung Cucak Keling | Burung perling kumbang atau lebih sering disebut dengan cucak keling mempunyai suara kicauan yang melengking.

Suara Burung Cucak Keling
Suara Burung Cucak Keling

Dikarenakan oleh ciri khasnya tersebut, cucak keling sering dijadikan sebagai master bagi burung kicau lain. Namun layaknya pada burung lain, burung ini juga bisa macet berbunyi dikarenakan berbagai macam faktor.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang dapat menjadi sebab mengapa burung cucak keling tidak mau berkicau.

Penyebab Suara Burung Cucak Keling Hilang

1. Sedang Sakit

Dalam Keadaan Sakit
Dalam Keadaan Sakit

Faktor yang biasanya menjadi penyebab suara burung cucak keling hilang adalah karena sakit. Tentunya sakit yang diderita ini akan disertai dengan gejala atau tanda-tanda.

Maka dari itu, perhatikan tingkah laku cucak keling dalam kesehariannya. Apabila cucak keling ini menunjukan tingkah laku yang berbeda dari biasanya, maka kemungkinan burung tersebut sedang sakit.

Tanda-tanda yang sering muncul jika seekor cucak keling sedang sakit seperti nafsu makan berkurang, sering menggelembungkan bulu, dan matanya sering terpejam.

2. Keadaan Giras

Setiap burung yang masih berada dalam tahap awal bertempat tinggal di lingkungan manusia tentunya memerlukan proses adaptasi.

Jika cucak keling ini liar berasal dari tangkapan di hutan, maka mentalnya akan mengalami perubahan secara drastis ketika berada pada sangkar peliharaan.

Oleh karena itu, suara burung cucak keling tidak akan keluar ketika masih liar dan giras. Jadi, usahakan mencari cara agar burung tersebut dapat menjadi jinak terlebih dahulu. Ketika sudah jinak, maka kemungkinan dapat gacor akan lebih besar.

3. Mengalami Stres

Biasanya stres pada burung termasuk cucak keling terjadi karena burung ini kalah mental dari burung lain sesuai mengikuti perlombaan.  Selain itu, perubahan cuaca secara mendadak juga dapat membuat burung menjadi stres.

Ketika burung sedang mengalami masalah seperti ini, biasanya ia akan malas untuk berkicau. Namun jika cucak keling ini sudah terbiasa dengan keadaan tersebut, maka itu menandakan bahwa ia sehat dan terbebas dari stres.

4. Sedang Mabung

Keadaan Mabung
Keadaan Mabung

Jika suara burung cucak keling hilang dan nampak banyak bulu halus yang berjatuhan atau rontok, maka dapat dipastikan jika burung ini sedang dalam kondisi mabung.

Jika menemui kejadian seperti ini, maka sebaiknya segera lakukan tindakan yang tepat. Hal ini dikarenakan performa dari seekor cucak keling akan terus menurun kedepannya jika perawatan yang dilakukan ketika mabung ini salah.

5. Virus Pada Tenggorokan

Penyakit atau virus pada tenggorokan menjadi faktor hilangnya suara burung cucak keling yang sering dijumpai. Akan tetapi, cara untuk mengetahui jika seekor burung memiliki masalah tenggorokan ini cukup sulit.

Langkah paling spesifik yang dapat dilakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah melihat tingkah laku pada kesehariannya. Burung yang terkena virus pada tenggorokannya biasnya sering minum. Selain itu, ia juga mengalami sesak nafas dan suaranya terdengar seperti ngorok.

Tidak hanya itu, namun ketika burung dijemur, ia akan membuka paruhnya lebar-lebar guna memudahkan dalam bernafas.

Dengan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab hilangnya suara burung cucak keling, tentunya Anda sudah dapat mengecek cucak keling yang dimiliki.

Pastikan faktor penyebab hilangnya suara pada burung tersebut benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya.

Apabila sudah mengetahui penyebab dari suaranya yang macet, maka berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar burung cucak keling yang dimiliki dapat berkicau secara gacor.

Membuat Suara Burung Cucak Keling Gacor

1. Pengembunan

Pengembunan
Pengembunan

Hampir sama seperti jenis burung kicau yang lain, Anda dapat melakukan pengembunan agar cucak keling dapat gacor dan ngeplong. Hal ini dikarenakan cucak keling merupakan salah satu burung yang menyukai udara sejuk di pagi hari.

Jadi akan lebih baik jika mengembunkan atau mengeluarkan burung ini dari dalam rumah pada waktu pagi hari, tepatnya sekitar pukul 5 pagi atau setelah subuh sebab udara di pagi hari sangat baik untuk kesehatan serta pernafasan burung cucak keling.

Selain itu, hal ini juga dapat memancing cucak keling yang dimiliki supaya mendengarkan suara dari burung lain, terutama jika lingkungan tempat Anda berada di daerah pedesaan dan masih terdapat banyak burung di alam liar.

Dengan demikian, maka burung yang dimiliki akan bisa menirukan suara burung disekitarnya dan berkicau secara lantang ketika pagi tiba.

2. Pemandian

Memandikan Burung Cucak Keling
Memandikan Burung Cucak Keling

Setelah melalui proses pengembunan di pagi buta, perawatan yang harus dilakukan agar cepat gacor selanjutnya adalah memandikannya.

Waktu yang tepat untuk memandikan burung ini adalah pukul 7 hingga 8 pagi atau ketika sinar matahari sudah mulai terasa hangat. Cara memandikannya dapat dilakukan dengan metode penyemprotan maupun mandi keramba.

Dengan menambahkan cairan pembersih khusus burung, pastinya cucak keling yang dimiliki akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dapat dikatakan bahwa cucak keling merupakan seekor burung yang suka mandi, bahkan tidak jarang jika tempat minumnya juga digunakan untuk mandi sehingga air minumnya menjadi keruh dan banyak kotoran.

Untuk itu, penyemprotan ini dilakukan secukupnya saja. Jika burung ini merasa masih kurang, maka secara otomatis ia akan mandi sendiri pada wadah yang biasanya digunakan untuk air minum.

3. Penjemuran

Setelah proses pemandian selesai, maka alangkah baiknya jika cucak keling dijemur dibawah sinar matahari pada pagi hari sehingga suara burung cucak keling tersebut menjadi gacor dan ngeplong.

Penjemuran yang dilakukan ini tidak boleh terlalu lama, maksimal hanya 1 jam saja. Hal ini dikarenakan seekor cucak keling merupakan burung yang tidak tahan akan panasnya sengatan sinar matahari.

Hal yang menjadi tanda apabila burung ini kepanasan yaitu ia angan membuka mulutnya lebar-lebar dan nafasnya sangat cepat.

4. Pemberian Pakan dan Ekstra Fooding untuk Suara Cucak Keling

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Sebelum melakukan penjemuran, alangkah baiknya jika Anda memberi ekstra Gooding berupa ulat hongkong atau jangkrik sebanyak 3 ekor. Selain itu, berikan juga kroto sebanyak sesendok 2 kali dalam satu minggu.

Jangan lupa untuk memberikan buah-buahan padanya seperti pepaya dan pisang karena burung cucak keling sangatlah menyukai buah-buahan.

5. Kebersihan Kandang Burung Cucak Keling

Kebersihan kandang juga sangat mempengaruhi suara burung ini. Hal ini dikarenakan cucak keling adalah burung yang jorok seperti burung jalak.

Kotor yang dapat dikeluarkan oleh burung ini dalam satu hari saja sudah sangat banyak. Jadi jika kotoran tersebut tidak dibersihkan secara rutin, maka akan menjadi sarang kuman yang dapat mendatangkan penyakit bagi cucak keling.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk membersihkan tempat minumnya karena burung ini akan tetap minum pada tempat yang telah disediakan meskipun tahu tempat itu sangat kotor.

Membentuk Suara Burung Cucak Keling
Membentuk Suara Burung Cucak Keling

Itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab suara burung cucak keling hilang serta cara agar burung tersebut dapat gacor. Dengan memahami dan mengikuti beberapa tips diatas, tentunya cucak keling yang Anda pelihara dapat terhindar dari segala macam penyakit dan dapat berkicau secara gacor dan ngeplong.

Download Suara Burung Cucak Keling MP3

Burung dengan warna dominan Hitam ini memiliki suara yang keras dan melengking. Jika kalian belum pernah mendengar suara burung satu ini, kalian bisa dengarkan di file bawah berikut.

1. Versi 1

2. Versi 2

3. Versi 3

4. Versi 4

5. Versi 5

6. Versi 6

Leave a Reply