Perawatan Kutilang Emas

Download Suara Burung Kutilang Emas Rajin Ngoceh dan Gacor

Download Suara Burung Kutilang Mp3 Gacor | Burung kutilang atau genthilang merupakan salah satu jenis burung yang juga banyak digemari karena suara kicaunya.

Karakter suara yang dimiliki burung kutilang adalah keras dan nyaring. Kutilang sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis lagi, salah satunya adalah kutilang emas.

Suara burung kutilang emas termasuk yang paling indah di antara jenis kutilang lainnya. Tidak heran jika sampai sekarang, banyak kicau mania yang sangat suka dengan burung satu ini.

Suara Kutilang Emas
Suara Kutilang Emas

Di alam liar, kutilang emas paling banyak ditemukan pada tempat-tempat terbuka seperti semak-semak, kebun, dan pekarangan. Kutilang emas biasanya akan terbang secara bergerombol.

Entah dengan jenis burung lainnya atau bersama dengan jenis kutilang emas itu sendiri. Jarang sekali ditemukan burung kutilang yang terbang sendiri.

Hal ini karena sifat alamiahnya yang senang untuk mencari makan bersama-sama. Sedangkan untuk makanannya, kutilang emas paling suka dengan buah-buahan lunak seperti pisang dan pepaya.

Nah, bagi Anda yang sedang memelihara kutilang emas dan ingin membuat suara burung kutilang emas menjadi gacor, beberapa tips di bawah ini mungkin akan berguna.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya untuk mengenal burung kutilang emas secara lebih dekat, mulai dari ciri fisiknya sampai karakter suaranya.

Ciri Fisik dan Suara Burung Kutilang Emas

Fisik Kutilang Emas
Fisik Kutilang Emas

Seperti namanya, burung kutilang emas di dominasi dengan warna bulu kuning cerah keemasan. Warna kuning keemasan ada pada seluruh tubuh kutilang emas, kecuali bagian kepala dan janggutnya.

Kepala kutilang emas berwarna hitam, dan janggutnya berwarna oranye cerah. Pada bagian sayap, ada sedikit aksen warna putih yang dimulai dari ujung pangkal sayap.

Panjang tubuh kutilang emas rata-rata sekitar 17 cm sampai 18 cm. Untuk suara, burung kutilang emas termasuk burung dengan suara yang keras dan nyaring.

Kutilang emas bisa dengan mudah menirukan suara burung masteran, namun juga gampang lupa. Lalu bagaimana membuat suara burung kutilang emas menjadi gacor?

Perawatan agar Suara Burung Kutilang Rajin Keluar dan Gacor

Perawatan Kutilang Emas
Perawatan Kutilang Emas

Karena makanan pokoknya di alam liar merupakan buah-buahan lunak, maka perawatan kutilang emas juga tidak jauh-jauh dari cara perawatan burung-burung sejenis seperti Cucak Jenggot, CucakIjo, dan Trucukan.

Cara perawatan di bawah ini akan lebih fokus pada jenis-jenis pakan harian sekaligus EF (ExtraFooding) yang paling tepat untuk kutilang emas. Namun ada juga cara perawatan lainnya seperti cara memandikan, menjemur dan sebagainya.

1. Pakan Harian

Pakan harian Kutilang Emas
Pakan harian Kutilang Emas

Untuk pakan harian, voer dan suplemen menjadi pakan yang selalu wajib diberikan. Hal ini karena voer dan suplemen mengandung banyak protein dan vitamin yang dibutuhkan kutilang emas.

Selain itu, voer dan suplemen juga lebih mudah di dapatkan dan lebih murah. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya perawatan setiap harinya.

Selain voer dan suplemen, pakan harian untuk membuat suara burung kutilang emas menjadi gacor adalah buah-buahan lunak. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di alam liar, kutilang emas paling suka dengan buah-buahan.

Maka dari itu, Anda bisa memberikan pisang atau pun pepaya sebagai pakan harian. Jangan memberikan pakan buah-buahan keras seperti bengkong karena kutilang emas tidak mau memakannya.

Cara memberikan pisang untuk kutilang emas yaitu dengan membuka sebagian kulitnya. Setelah itu, oleskan madu pada permukaan pisang yang sudah terbuka.

Madu yang dioleskan bertujuan untuk meningkatkan stamina kutilang emas sehingga burung menjadi lebih kuat daya tahan tubuhnya. Selain itu, madu juga berfungsi agar suara burung kutilang emas kuat berkicau seharian.

Sedangkan untuk pepaya, pastikan hanya memberikan pepaya yang benar-benar matang. Pepaya yang masih keras dan belum matang benar biasanya tidak akan dimakan oleh kutilang emas.

Silakan cuci pepaya sampai bersih untuk menghilangkan getah yang menempel. Pepaya sendiri memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kebugaran serta kesehatan kutilang emas.

2. Pakan Tambahan (EF)

Jangkrik Sebagai Pakan Tambahan
Jangkrik Sebagai Pakan Tambahan

Cara perawatan selanjutnya adalah dengan memberikan EF yang sesuai. Untuk kutilang emas, net yang biasanya diberikan juga tidak jauh-jauh dari EF kebanyakan burung kicau lainnya.

Anda bisa memberikan EF berupa serangga seperti jangkrik dan belalang, maupun ulat hongkong yang biasanya dijual di pasaran.

Pemberian jangkrik sebaiknya diberikan dengan porsi standar dan dijadwal dengan teratur. Meskipun jangkrik memiliki efek yang baik terhadap suara burung kutilang emas,pemberian jangkrik dalam porsi besar justru akan memforsir tubuh kutilang emas.

Pada tahap tertentu, pemberian jangkrik justru bisa berbahaya. Cukup berikan jangkrik sebanyak 2 atau 3 ekor saja setiap pagi dan sore. Anda bisa meningkatkan porsinya jika memang kutilang akan dilombakan.

Lalu untuk ulat hongkong, sebaiknya juga tidak terlalu sering diberikan. Waktu yang paling baik untuk memberikan ulat hongkong adalah saat kutilang emas memasuki masa mabung. Jika kutilang memasuki masa mabung, berikan ulat hongkong sehingga bulu-bulunya bisa segera rontok.

3. Mengembunkan Kutilang Emas

Mengembunkan Kutilang Emas
Mengembunkan Kutilang Emas

Selain pakan harian dan pakan tambahannya, perawatan harian kutilang emas juga harus turut diperhatikan agar suara burung kutilang emas menjadi gacor.

Cara perawatan yang pertama adalah dengan memerhatikan teknik pengembunan. Di alam liar, kutilang emas biasanya sudah keluar sarang saat matahari pagi belum terbit. Hal ini karena kutilang emas mencari udara segar pagi hari.

Anda bisa melakukan pengembunan mulai setelah subuh. Letakkan kutilang emas di tempat terbuka di mana embun bisa keluar. Dengan begitu, kutilang emas bisa mendapatkan asupan udara segar dengan baik.

Tentu saja, udara yang segar sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan kutilang emas nantinya.

4. Memandikan Kutilang Emas

Memandikan
Memandikan

Setelah proses pengembunan selesai dan matahari mulai muncul, berarti saatnya Anda memandikan kutilang emas milik Anda. Waktu yang paling tepat untuk memandikan agar suara burung kutilang emas keluar adalah pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00.

Anda bisa memandikan kutilang emas dengan cara menyediakan cepuk besar atau dengan disemprot menggunakan semprotan burung. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya untuk menghilangkan potensi penyakit yang ada di kotoran.

5. Menjemur Kutilang Emas

Menjemur
Menjemur

Jika kutilang emas sudah selesai di mandikan, cara perawatan terakhir supaya suara burung kutilang emas cepat keluar adalah dengan menjemurnya. Ingat, sebelum menjemur, angin-anginkan dulu kutilang emas selama beberapa saat sampai kering.

Jika dirasa sudah kering, silakan jemur kutilang emas selama 1 atau 2 jam. Jangan terlalu lama menjemur kutilang emas karena bisa berisiko kutilang emas menjadi dehidrasi dan kepanasan. Carikan kutilang emas tempat yang agak teduh setelah dijemur.

Hal ini untuk merangsang agar kutilang emas mau berkicau. Anda juga bisa melakukan pemasteran saat kutilang emas digantang. Lakukan dengan konsisten agar karakter kicau dari masteran bisa meresap dengan baik di kutilang emas.

Membentuk Suara Kutilang Emas
Membentuk Suara Kutilang Emas

Kurang lebih itulah beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan agar suara burung kutilang emas bisa cepat keluar dan menjadi gacor. Setiap kutilang emas mungkin akan menunjukkan hasil yang berbeda-beda.

Masih ada faktor lain seperti cara menyimpan kandang kutilang dan pemasteran yang mungkin juga berpengaruh.

Download Suara Burung Kutilang Emas yang Merdu

Untuk tambahan referensi kalian tentang suara burung kutilang emas, kami siapkan file suara burung kutilang emas sebagai berikut.

Suara Burung Kutilah Versi 1

Suara Burung Kutilah Versi 2

Suara Burung Kutilah Versi 3

Leave a Reply