Pelet Ikan

Pakan Ikan Lele untuk Membuat Lele Cepat Gemuk dan Sehat

Pakan Ikan Lele | Ada banyak jenis pakan yang bisa diberikan oleh peternak pada ikan lele yang dipeliharanya. Namun, tidak semua jenis makanan akan memberikan hasil maksimal pada pertumbuhan dan kondisi lele tersebut.

Agar lele cepat gemuk dan tumbuh sehat, pakan yang diberikan haruslah yang mengandung banyak gizi, terutama protein.

Pakan Ikan Lele
Pakan Ikan Lele

Apa Saja Pakan Ikan Lele Paling Baik untuk Diberikan?

Nah, kira-kira apa saja jenis makanan lele yang tinggi protein dan kaya gizi tersebut? Berikut ini adalah daftar 10 pakan yang cocok diberikan pada ikan lele agar mereka bisa lebih cepat gemuk.

Pakan-pakan di bawah ini ada yang merupakan pakan alami, pakan buatan, dan pakan tambahan. Namun, semuanya memiliki kesamaan yaitu penuh protein dan gizi untuk ikan lele. Ini dia daftar jenis-jenis makanannya:

1. Bekicot

Bekicot
Bekicot

Bekicot atau keong merupakan salah satu pakan ikan lele yang paling umum digunakan untuk menambah berat ikan lele. Bekicot memang terkenal kaya gizi dan protein.

Alhasil, jika diberikan pada ikan ikan lele, mereka akan mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan dan tentunya akan tumbuh dengan lebih cepat.

Kelebihan bekicot lainnya adalah hewan yang satu ini sangat mudah ditemukan. Bekicot gampang dikumpulkan di area persawahan atau di kebun-kebun.

Karena juga dianggap sebagai hama, biasanya sudah banyak orang, terutama petani, yang memburu bekicot dan menjualnya sebagai pakan lele.

2. Cacing Tanah

Cacing Tanah
Cacing Tanah

Cacing tanah sudah terkenal akan kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Jangankan untuk ikan lele, cacing tanah bahkan sering dikonsumsi oleh manusia, terutama jika mereka terkena penyakit tifus.

Kandungan protein pada cacing tanah memang bisa memberikan efek positif dan menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk pakan ikan lele, cacing tanah biasanya sangat disukai karena teksturnya lembut dan mudah dicerna oleh ikan-ikan tersebut.

Cacing tanah bisa ditemukan dengan mudah di area perkebunan atau di halaman rumah biasa. Stoknya yang melimpah membuat cacing tanah tidak mahal sama sekali harganya.

3. Ikan Rucah

Ikan Rucah
Ikan Rucah

Ikan rucah merupakan jenis ikan kecil yang sering digunakan untuk memberi makan ikan lele. Ikan jenis ini meski kecil bentuknya tapi memang kandungan proteinnya cukup tinggi. Ikan rucah sering diberikan pada ikan lele dalam keadaan hidup maupun sudah mati.

Ikan rucah dapat dibeli pada penjual-penjual ikan di pasar ataupun dipesan dari peternaknya. Harganya cukup terjangkau sehingga tidak akan mempersulit peternak lele untuk mendapatkannya.

4. Cacing Sutera

Cacing Sutra
Cacing Sutra

Selain cacing tanah, ada jenis cacing lainnya yang juga umum digunakan sebagai pakan ikan lele. Jenis cacing ini adalah cacing sutera. Cacing jenis ini ukurannya kecil dan terlihat sangat lembut.

Cacing sutera biasanya digunakan sebagai pakan ikan ukuran kecil, seperti ikan cupang. Namun, untuk ikan lele ternyata cacing sutera cocok juga diberikan.

Cacing sutera sebaiknya diberikan pada saat lele masih berusia beberapa hari. Kandungan protein pada cacing sutera yang tinggi akan membuat lele cepat tumbuh besar.

Sayangnya, memberi makan lele dengan cacing sutera rentan membuat kolam lebih cepat keruh. Alhasil, Anda harus lebih sering melakukan pengurasan.

5. Tanaman Azzola

Pakan Ikan Lele Azzola
Pakan Ikan Lele Azzola

Tanaman paku juga sering digunakan untuk memberi makan ikan lele. Salah satu jenis tanaman paku yang digemari oleh ikan lele adalah azzola. Tanaman paku berbentuk bulatanpipih hijau ini bisa disebar begitu saja di kolam ikan lele dan nanti akan bertambah banyak dengan sendirinya.

Ikan lele akan memakan dedaunan dari azzola dan akarnya yang terendam air akan membuatnya tumbuh lagi. Alhasil, peternak lele tidak perlu sering-sering memberi makan ikan lele secara manual karena sudah ada tanaman azzola melimpah di dalam kolam yang siap untuk disantap para ikan lele sewaktu-waktu.

Baca juga : Jenis Ikan Arwana yang Anggun dan Menawan

6. Belatung

Belatung
Belatung

Belatung, atau yang biasa disebut magot, adalah hewan kecil-kecil menyerupai cacing yang muncul dari sesuatu yang membusuk, baik dari buah-buah busuk atau daging busuk. Belatung rupanya sangat baik jika digunakan sebagai pakan ikan lele karena belatung tinggi protein dan kaya serat.

Untuk menemukan belatung, peternak lele bisa membelinya di pasar-pasar hewan atau bisa melakukan ternak belatung sendiri dengan cara mengumpulkan buah-buahan atau sayuran busuk yang didiamkan selama beberapa hari sehingga belatung muncul dengan sendirinya di sana.

 7. Unggas

Unggas
Unggas

Bukan rahasia lagi jika unggas merupakan pakan ikan lele yang cocok untuk menggemukkan badan dan ukuran ikan. Unggas, terutama ayam, memiliki kandungan protein yang tinggi, baik untuk manusia maupun untuk ikan lele.

Inilah mengapa banyak peternak lele yang suka memberikan unggas sebagai pakan ikan peliharaannya. Unggas tentunya tidak murah harganya.

Karenanya, peternak lele biasanya mengakali hal ini dengan memberikan ayam tiren (mati kemaren) sebagai pakan untuk ikan lele. Ayam tiren kandungan gizinya belum banyak berkurang tapi harganya sudah jauh sekali di bawah harga ayam segar.

8. Pelet Ikan

Pelet Pakan Ikan Lele
Pelet Pakan Ikan Lele

Jenis pakan yang baik untuk pertumbuhan ikan lele tidak hanya pakan alami saja. Pakan buatan seperti pelet ikan juga baik untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan peliharaan Anda.

Pelet ikan yang dijual di pasar atau di toko-toko biasanya sudah memiliki kandungan gizi lengkap. Pilih pelet ikan yang terbuat dari bahan-bahan tinggi gizi seperti tulang ikan, kelapa, dan kedelai.

Selain itu, pilih jenis pelet ikan yang mengapung, karena lebih bisa dipantau penggunaannya dan porsinya untuk tiap kali makan.

9. Kutu Air

Kutu Air
Kutu Air

Kutu air biasa digunakan untuk pakan ikan ukuran kecil. Namun, untuk ikan lele yang masih muda (usia beberapa hari/ satu minggu), kutu air juga bisa diberikan sebagai pakan. Kutu air mudah ditemukan di tempat-tempat penampungan ikan sehingga harganya juga tidak mahal.

Ikan lele bisa memakan ratusan kutu air dalam sekali makan. Inilah mengapa ada baiknya peternak lele mengembang biakkan kutu air sendiri di rumah daripada harus sebentar-sebentar membeli kutu air pada penjualnya.

10. Ampas Tahu

Pakan Ikan Lele Ampas Tahu
Pakan Ikan Lele Ampas Tahu

Jenis pakan terakhir yang dibahas kali ini adalah ampas tahu. Ampas tahu banyak digunakan sebagai pakan ternak, terutama untuk pakan unggas dan babi.

Ternyata, ampas tahu bisa juga diberikan pada ikan lele. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat ikan lele akan cepat gemuk jika sering diberi ampas tahu.

Ampas tahu memiliki kelemahan yaitu gampang membuat keruh air kolam. Karenanya, jika peternak lele sering memberikan ampas tahu sebagai pakan, jangan lupa juga ganti air kolam lele lebih sering sehingga kolam tidak terlalu keruh airnya.

Itu dia tadi 10 pakan yang sekiranya akan menambah berat badan lele dan juga ukurannya dalam waktu singkat. Tidak perlu khawatir jika harus mengeluarkan biaya banyak untuk memberi makan ikan lele karena semua pakan ikan lele yang disebutkan di atas dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Leave a Reply