Super Red Arwana

Jenis Ikan Arwana yang Anggun dan Menawan

Jenis Ikan Arwana | Ikan arwana menjadi salah satu ikan yang banyak digemari dan begitu populer di masyarakat. Bahkan, ini tidak sekedar di Indonesia, tapi popularitasnya pun juga sampai ke negara-negara lainnya.

Tentunya, ini bukan karena cita rasanya, tapi justru karena kecantikannya. Ada beragam jenis ikan arwana memiliki bentuk serta warna yang sangat cantik.

Jenis Ikan Arwana
Jenis Ikan Arwana

Ketika ada di akuarium, ikan yang satu ini terlihat sangatlah menawan, apalagi bila didukung dengan pencahayaan yang indah. Ikan ini juga tergolong ikan air tawar dan bisa tumbuh hingga ukuran yang cukup besar.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Osteoglossidae ini memang banyak digemari dan tak heran ketika akhirnya harganya cukup tinggi. Karena itulah, tak ada salahnya bisa mencoba mencari tahu lebih banyak tentang ikan eksotis yang satu ini.

Beberapa Jenis Ikan Arwana yang Menawan

Bila berbicara tentang ikan arwana, memang ada banyak jenis dari ikan yang satu ini. Dari segi bentuk umum, memang kebanyakan ikan arwana memiliki bentuk dan ukuran yang unik.

Yang menjadi pembeda adalah warna yang sangatlah menarik di masing-masing jenis ikan air tawar ini. Dari sekian banyak ikan arwana yang bisa dijumpai di perairan air tawar, berikut adalah beberapa yang cukup populer.

1. Ikan Arwana Brasil

Jenis Arwana Brasil
Jenis Arwana Brasil

Dari sekian banyak ikan arwana yang ada, jenis ikan arwana yang satu ini memang cukup banyak dijumpai. Banyak orang tertarik dengan jenis yang satu ini karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan ikan lainnya. Dari segi harganya, ikan ini berkisar 2 juta rupiah.

Dari segi ukuran, ikan ini bisa tumbuh hingga panjang badan 1 meter. Ikan ini memiliki ciri khas berupa warna silver yang sangatlah khas. Siripnya pun tergolong panjang. Di habitat aslinya, ikan yang satu ini bisa melompat keluar area air untuk menangkap serangga.

2. Ikan Arwana Black Golden

Black Golden Arwana
Black Golden Arwana

Ikan yang satu ini berbeda dengan ikan arwana Brasil. Ikan ini justru masuk di jajaran jenis ikan arwana yang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan, harganya mampu mencapai 18 juta rupiah. Harga ini tentu sangat tinggi untuk ukuran seekor ikan.

Yang membuatnya menarik adalah warna yang dimilikinya. Perpaduan antara warna emas dan hitam membuatnya sangatlah cantik, apalagi bila didukung pencahayaan yang memadai. Selain itu, ikan ini juga sangat mahal karena cukup sulit ditemukan di habitat liarnya.

3. Ikan Arwana Banjar

Banjar Red Arwana
Banjar Red Arwana

Lalu, ada juga arwana banjar. Dari segi ukurannya, ikan ini bisa tumbuh hingga 90 centimeter. Ikan ini pun cukup berbeda dengan arwana pada umumnya karena ini tergolong ikan yang sangat aktif.

Karena itulah, diperlukan akuarium berukuran besar dan luas agar jenis ikan arwana ini bisa bergerak leluasa. Yang sangat mudah dikenali dari ikan jenis ini adalah warna siripnya.

Siripnya memiliki corak keemasan dan oranye. Warna kuning khas akan ditemui di bagian ekornya. Dari segi harganya, ikan ini bisa dijumpai di kisaran harga 2 juta rupiah.

Baca juga : Ikan Hias Aquarium Paling Populer

4. Ikan Arwana Cross Back Golden

Cross Back Golden Arwana
Cross Back Golden Arwana

Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan arwana yang sangat banyak memiliki nama alias atau nama lain. Beberapa orang menyebutnya juga sebagai Malaysian gold dan Pahang golden. Salah satu ciri khas yang mudah dijumpai adalah warna emas yang bisa dilihat jelas di bagian punggungnya.

Kecantikan dari ikan ini harus ditebus dengan harga yang cukup mahal. Harganya bisa mencapai 18 juta rupiah. Ini bukan saja karena kecantikannya, tapi juga karena sulitnya menangkap ikan ini dari habitat aslinya.

5. Super Red Arwana

Super Red Arwana
Super Red Arwana

Ikan ini menjadi salah satu ikan yang habitat aslinya bisa ditemukan di beberapa sungai besar di Kalimantan. Sungai Kapuas menjadi rumah bagi ikan eksotis yang satu ini. Ikan ini juga menjadi salah satu ikan yang banyak dicintai kolektor arwana karena kekhasan di warnanya.

Warna yang dimiliki jenis ikan arwana ini adalah corak merah yang sangatlah mencolok. Kombinasi antara merah mencolok dan hitam membuat ikan ini terlihat sangatlah atraktif.

Warna ini pun dijumpai secara merata di area sisiknya, sedangkan ekornya cenderung dominan merah saja. Dari segi harga, ternyata cukup variatif mulai dari 2 juta hingga 50 juta rupiah.

6. Red Tail Golden Arwana

Jenis Arwana Red Tail Golden
Jenis Arwana Red Tail Golden

Corak warna emas memang menjadi warna yang cukup khas dari ikan arwana. Salah satu jenis ikan arwana lain yang bercorak emas adalah arwana red tail golden.

Ikan ini juga biasa disebut golden red agar lebih mudah diingat. Sesuai namanya, ikan ini memiliki perpaduan warna emas dan merah yang sangatlah cantik. Bahkan, beberapa ikan juga memiliki gradasi oranye juga.

Dari segi sifatnya, ikan ini terkenal sangat agresif. Habitat dari ikan ini bisa dijumpai di perairan tawar Sumatera. Ukuran ikan ini bisa mencapai 90 centimeter. Karena agresifitasnya itu, ikan ini cukup sulit ditangkap dan harganya mulai dari 4 jutaan rupiah.

7. Ikan Arwana Hijau

Arwana Hijau
Arwana Hijau

Lalu, ada juga warna yang cukup menarik. Hal ini bisa dijumpai di ikan arwana hijau. Sesuai sebutan yang disematkan pada ikan ini, jenis ikan arwana ini memiliki warna hijau yang sangatlah cantik. Biasanya, ikan ini juga dikenal dengan nama golden pino.

Perpaduan antara hijau, emas, dan kuning di sisik dan badan ikan ini memang menjadi daya tarik yang sangatlah cocok untuk dilihat setiap hari di akuarium.

Ikan ini sebenarnya cukup banyak dijumpai di sebagian besar perairan Asia. Karena hal inilah, harganya pun tidaklah terlalu tinggi, yaitu di kisaran 4 juta rupiah.

8. Platinum Arwana

Platinum Arwana
Platinum Arwana

Lalu, jenis ikan arwana yang sangat terkenal dan banyak disebut sebagai yang paling cantik adalah ikan arwana platinum. Namanya saja sudah menunjukkan kalau ikan ini istimewa.

layaknya platinum, tubuh dari ikan ini tampak berkilau layaknya logam mulai berwarna putih bersih berkilau. Tekstur dari ikan pun terlihat sangatlah halus dan lembut.

Kecantikan ini membuat ikan ini sangatlah spesial. Tak mengherankan ketika harga dari ikan ini pun sangatlah tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Harganya ada di kisaran ratusan juta rupiah. Bahkan, sempat juga ikan ini terjuang hingga milyaran rupiah. Sudah pasti, ini harga yang sangatlah fantastis untuk kecantikan yang ditawarkan ikan ini.

Ikan Arwana
Ikan Arwana

Itulah beberapa jenis arwana yang cukup banyak dijumpai. Harga yang ada sangatlah bervariasi, dari sekitar dua juta hingga menempuh milyaran rupiah.

Harga ini terasa sangatlah sesuai untuk kecantikan yang disuguhkan oleh ikan air tawar ini. Masing-masing ikan arwana memiliki kekhasannya sendiri dan ini sangatlah tampak dengan jelas.

Selain 8 jenis tersebut, masih ada banyak lagi jenis arwana lainnya. Masing-masing memiliki sirip dan sisik yang khas. Walau memang berasal dari air tawar, ternyata jenis ikan arwana ini sangatlah eksotis untuk dipelihara di dalam suatu akuarium yang juga tak kalah cantiknya.

 

Leave a Reply