Pastel Guppy

11 Jenis Ikan Guppy yang Bagus Hiasi Akuarium Anda

Jenis Ikan Guppy | Ikan Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari perairan air tawar. Ikan ini berukuran sangat kecil namun memiliki karakteristik khas pada ekornya yang berwarna warni.

Jenis-Jenis Ikan Guppy
Jenis-Jenis Ikan Guppy

Bagi orang-orang yang tertarik memiliki akuarium mini dengan isi berupa ikan-ikan kecil yang indah. Mereka biasanya memilih ikan hias dari jenis ikan Guppy.

Jenis-jenis Ikan Guppy yang Biasa Dijual di Toko Ikan Hias

Ikan guppy memang sangat menarik. Namun yang harus Anda ketahui, ikan guppy memiliki jenis yang beraneka ragam dengan bentuk serta corak yang berbeda.

Jika Anda ingin membeli ikan guppy yang beraneka ragam di toko ikan hias, Anda harus mengenali apa saja jenis-jenis ikan guppy yang biasa dijual disana.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut akan dijelaskan beberapa jenis ikan guppy yang bisa menjadi informasi berharga untuk Anda.

1. Guppy Red Lace Snakeskin

Red Lace Snakeskin
Red Lace Snakeskin

Guppy ini mendapat julukan snakeskin karena corak tubuhnya yang mirip seperti ular. Selain itu ekornya juga memiliki daya tarik karena berukuran sangat lebar dan panjang, Ditambah lagi dengan motif tubuhnya yang sangat menawan akibat corak batik yang dihasilkannya.

Jenis ikan guppy ini termasuk kedalam varietas terbaru dan bukan varietas asli. Keindahan motif dan corak tubuhnya, serta keanggunannya ketika berenang, menjadikan ikan guppy ini sangat difavoritkan para pecinta ikan.

2. Guppy Cobra

Jenis Ikan Guppy Cobra
Guppy Cobra

Masih mengikuti corak kulit ular, ada juga ikan guppy yang  memiliki corak sisik seperti ular cobra. Guppy ini terkenal dengan sebutan guppy cobra.

Ekor ikan guppy yang satu ini juga sangat lebar dan menawan, hal ini membuat siapa saja yang melihatnya akan langsung membelinya dan membawa pulang sebagai hiasan dalam akuarium.

3. Guppy Red Blonde

Guppy Red Blonde
Guppy Red Blonde

Jenis ikan guppy yang satu ini memiliki daya tarik yang khas terutama dari warna ekor yang dimilikinya. Guppy Red Blonde menghadirkan warna ekor yang merah menyala.

Selain itu, bentuk ekornya yang sangat lebar dan mekar juga menjadikan jenis ikan guppy ini sangat laris di pasaran.

Walaupun ukuran tubuhnya tergolong sangat kecil, namun keeksotisan ekornya berhasil membuat orang berdecak kagum. Ditambah lagi jika melihat aksinya ketika berenang di air. Sungguh pemandangan yang sangat menyejukkan.

4. Guppy Blue Moscow Albino

Jenis Ikan Guppy Blue Moscow Albino
Guppy Blue Moscow Albino

Sama seperti  jenis ikan guppy lain yang menghadirkan keeksotisan dan keindahan dari ekornya. Jenis guppy yang satu ini juga tidak mau kalah.

Guppy Blue Moscow Albino menghadirkan warna ekor eksotis yang tidak akan ditemui pada jenis guppy yang lain.Ini dikarenakan karena warna ekor guppy Blue Moscow berwarna biru bening seperti kaca.

Bagian tubuhnya juga hampir serupa dengan ekor karena berwarna biru bening sehingga Anda dapat secara samar-samar dapat melihat tulang ikan guppy ini.

5. Guppy German Platinum Crown Tail

Guppy German Platinum Crowntail
Guppy German Platinum Crowntail

Jika ingin mencari ikan guppy dengan bentuk yang unik, maka jenis ikan guppy German Platinum Crown Tail dapat menjadi salah satunya. Menghadirkan bentuk ekor yang lain daripada guppy pada umumnya, menjadikan jenis guppy ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan.

Keunikan ekor guppy ini terlihat dari bentuk ekornya yang sangat jarang seperti sisir, dan apabila dibalik akan tampak seperti mahkota sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan guppy crown tail.

6. Guppy Pastel

Jenis Ikan Guppy Pastel
Pastel Guppy

Ingin mencari ikan hias yang tubuhnya didominasi warna putih? Maka guppy pastel dapat menjadi jawabannya. Menghadirkan dominasi warna putih pada ekor serta ukuran ekor yang terbilang panjang, menjadikan guppy ini sangat terlihat sangat menawan ketika berenang.

Uniknya lagi, walaupun ekor guppy pastel didominasi warna putih, badan guppy ini cenderung berwarna hitam. Karena keunikan dan kekhasannya inilah yang menjadikan banyak sekali penjual ikan hias yang memperjual belikan jenis ikan guppy yang satu ini.

7. Guppy Neon

Jenis Ikan Guppy Neon
Guppy Neon

Guppy neon merupakan salah satu ikan guppy yang memiliki daya tarik pada bagian ekornya. Ekornya memiliki kekahasan dan keunikan  karena cenderung didominasi oleh warna hijau kekuningan yang menyala seperti neon.

Selain warnanya yang sangat menyala, motif ekor yang dimilikinya juga sangat unik karena berbentuk seperti mozaik. Hal inilah yang membuat guppy neon juga menjadi incaran banyak pecinta ikan hias untuk membelinya.

8. Guppy Silver Lace

Silver Lace Guppy
Silver Lace Guppy

Merupakan salah satu guppy yang dibanderol dengan harga mahal sekitar Rp.400 ribu per ekor. Harga mahal ini dikarenakan Guppy Silver Lace memiliki warna perak yang langka dan jarang dimiliki oleh guppy lain.

Tambahan lagi dengan motif abstrak yang berada seluruh bagian tubuh dan ekornya semakin menambah keeksotisan jenis ikan yang satu ini. Keberadaannya yang langka menjadikan siapa saja yang dapat memelihara guppy ini sangatlah beruntung.

9. Guppy Metal Yellow Lace

Metal Yellow Lace
Metal Yellow Lace

Hampir sama seperti pada guppy Silver Lace, guppy ini juga menghadirkan motif abstrak yang menarik di seluruh bagian tubuh dan ekornya. Yang menjadikannya berbeda dengan Silver Lace adalah dominasi warna dasarnya yang lebih cerah dan berwarna kekuningan.

Hal ini pula yang turut menjadikan guppy yellow lace memiliki harga yang sangat mahal di pasaran. Namun melihat penampakannya yang sangat elegan dan cantik akan membuat para pecinta ikan hias rela membayar mahal ikan ini.

10. Guppy Super Red

Super Red Guppy
Super Red Guppy

Bagi Anda pecinta warna merah dan ingin mencari ikan hias dengan warna merah elegan tanpa adanya corak dan motif lain, maka guppy Super Red ini sangat cocok bagi Anda.

Guppy Super Red termasuk kedalam jenis guppy yang tubuhnya diselimuti dengan satu warna merah yang sangat cerah dan terang. Hal ini juga yang membuat guppy super red menjadi sangat cantik dan menawan sehingga banyak dicari oleh para kolektor ikan hias.

11. Guppy Dragon Big Ear

Dragon Big Ear
Dragon Big Ear

Menghadirkan motif dan corak tubuh yang menyerupai naga, menjadikan penampakan guppy ini sangat eksotis dan langka,.

Selain warna tubuhnya yang menjadi daya tarik utama, ekor guppy ini juga tergolong sangat besar dan lebar dibanding dengan guppy pada umumnya.

Hal ini yang menjadikan jenis ikan ini sangat eksotis, terutama lagi  jika melihat Ikan yang satu ini berenang di dalam air.

12. Guppy Japan Blue

Jenis Ikan Guppy Japan Blue
Japan Blue

Sesuai dengan namanya, ikan ini berasal dari negara Jepang. Walaupun berasal dari Jepang, sejatinya guppy ini bukanlah varietas asli. Guppy ini dihasilkan melalui proses perkawinan silang dari jenis guppy lain yang telah ditentukan.

Daya tarik utama yang akhirnya menjadikan guppy ini sangat difavoritkan para pecinta ikan hias adalah motif ekornya yang berwarna biru lembut. Adanya motif titik-titik di sekitar ekor dan tubuhnya juga semakin menambah keanggunan guppy yang satu ini.

Mungkin itulah beberapa  ikan guppy yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang berencana memelihara si ikan lucu nan imut ini. Dengan berbagai corak warna serta motif yang beragam, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari jenis ikan guppy yang sesuai dengan selera Anda.

Leave a Reply