Ikan Hias

Beberapa Jenis Ikan Hias yang Cocok Dipelihara

Jenis Ikan Hias | Banyak masyarakat yang suka memelihara ikan di aquarium karena dianggap indah dan menarik. Jika Anda ingin memelihara ikan di aquarium maka Anda harus mengetahui beberapa jenis ikan yang cocok untuk ada pelihara didalam aquarium.

Ada dua jenis ikan hias yang umumnya dipelihara yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Setiap jenis ikan hias tentu memiliki perawatan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui dengan tepat jenis ikan apa yang cocok untuk Anda pelihara di rumah.

Jenis Ikan Hias
Jenis Ikan Hias

Berikut Ulasan Tentang Jenis Ikan Hias Yang Cocok Dipelihara

Akan dijelaskan mengenai beberapa jenis ikan hias yang cocok untuk Anda pelihara di rumah. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi ketika ingin memelihara ikan.

1. Ikan Hias Komet

Komet
Komet

Ikan komet ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer di masyarakat. Karena ikan komet memiliki warna tubuh yang indah dan cerah. Selain itu gerakan tubuhnya juga sangat indah dipandang.

Ikan komet ini merupakan jenis ikan air tawar yang bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya. Ikan komet mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungannya sehingga ikan komet mampu hidup dimana saja.

2. Ikan Hias Guppy

Guppy
Guppy

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki daya tarik tersendiri. Ikan guppy ini memiliki ekor yang panjang dan menjuntai. Hal tersebutlah yang membuat ikan guppy banyak digemari selain jenis ikan yang lainnya.

Ikan guppy ini memiliki corak tubuh yang menarik dan memiliki warna yang indah. Sehingga jika diletakkan di aquarium maka ikan ini akan menambahkan pemandangan yang indah untuk rumah Anda.

3. Ikan Hias German Blue Ram

Ikan German Blue Ram
Ikan German Blue Ram

Ikan german blue ram ini berbentuk kecil. Ikan german blue ram memiliki karakteristik yang tenang dan memiliki pola khas di tubuhnya. Ikan jenis ini memiliki warna dasar yang terang seperti biru atau hijau.

Di tubuhnya juga terdapat bintik-bintik hitam yang menutupi siripnya. Corak bintik-bintiknya tersebutlah yang membuat ikan ini menjadi lebih menarik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

4. Ikan Hias Louhan

Louhan
Louhan

Ikan louhan sudah terkenal sejak zaman dahulu menjadi jenis ikan hias yang sangat populer di masyarakat. Ikan jenis ini juga dijadikan sebagai bahan komersial yang sering dijual sebagai ikan hias.

Harga ikan louhan ini juga sangat beragam tergantung dari benjolan di kepalanya. Ikan louhan ini sangat khas karena memiliki benjolan di kepalanya. Selain itu ikan louhan juga memiliki warna yang khas dan bentuk yang unik.

5. Ikan Hias Lemon

Ikan Hias Lemon
Ikan Hias Lemon

Mengapa dinamakan ikan lemon? Karena ikan ini memiliki warna identik kuning seperti buah lemon. Ikan lemon ini dapat dikategorikan sebagai ikan buas yang sangat agresif dengan makanannya.

Ikan lemon akan memakan apa saja yang dimasukkan kedalam aquarium. Bahkan jika ikan lemon ini dalam keadaan lapar maka ikan tersebut tidak segan untuk memangsa jenis ikan lainnya yang lebih kecil.

6. Ikan Hias Koi

Koi
Koi

Bukan menjadi rahasia lagi jika ikan koi menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai oleh banyak masyarakat. Memelihara ikan koi dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan untuk orang tersebut.

Ikan koi ini biasanya akan dipelihara pada kolam kecil didalam rumah karena jenis ikan ini sangat bagus jika dilihat dari atas. Ikan koi memiliki corak kehitaman yang memancarkan keindahan. Namun, ikan ini juga bisa diletakkan pada aquarium.

7. Ikan Hias Oscar

Oscar
Oscar

Ikan oscar merupakan jenis ikan hias yang harus dipelihara secara khusus. Jika Anda ingin memeliharanya maka Anda harus memisahkan jenis ikan ini dengan ikan yang lainnya. Karena ikan ini bersikap secara agresif.

Ikan oscar memiliki sifat melindungi daerah kekuasaannya. Sehingga ia tidak akan suka jika Anda ikan jenis lain. Selain itu ikan oscar memiliki pertumbuhan fisik yang cepat dan juga besar. Akan lebih baik jika dipelihara dengan khusus.

8. Ikan Cupang Hias

Cupang
Cupang

dijual di berbagai toko dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Ikan cupang hias memiliki ciri khas siri yang panjang dan berwarna.

Ikan ini menjadi pilihan banyak masyarakat karena memiliki umur yang panjang sehingga jenis ini mudah untuk dipelihara. Ikan cupang hias ini memiliki berbagai warna yang menarik dan akan indah ketika berenang.

9. Ikan Hias Wakin

Wakin
Wakin

Ikan wakin memiliki bentuk yang tidak terlalu berbeda dengan ikan mas. Namun, ikan wakin memiliki bentuk tubuh yang besar dengan ekor yang cukup lebar serta panjang. Ikan jenis ini bergerak secara cepat.

Sehingga ikan wakin kurang cocok jika ditempatkan bersama dengan ikan jenis lain yang pergerakannya agak lambat. Cara pemeliharaan ikan wakin juga tidaklah sulit karena ia mampu beradaptasi dengan cepat.

10. Ikan Hias Black Ghost

Jenis Ikan Black Ghost
Jenis Ikan Black Ghost

Dari namanya juga sudah diketahui jika ikan black ghost ini merupakan jenis ikan hias yang memiliki warna dasar hitam. Meskipun berwarna hitam, namun jenis ikan ini sangat menawan ketika dipelihara pada aquarium.

Ikan black ghost ini memiliki bentuk yang pipih dan lebar. Ikan black ghost memiliki ciri yang khas yaitu ketika siang hari ia lebih suka tidur. Namun jika malam hari ia lebih suka beraktivitas.

11. Ikan Hias Killifish

Killifish
Killifish

Ikan killifish ini sudah terkenal menjadi jenis ikan hias yang sangat populer di Asia maupun di liar negeri. Ikan killifish ini memiliki warna yang cerah dan tentunya menarik pada pecinta ikan hias.

Ciri khas dari ikan killifish adalah pada bagian garis di tubuhnya. Ikan killifish betina akan memiliki garis yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan killifish jenis jantan. Semakin banyak garis pada ikan ini maka akan terlihat semakin indah.

12. Ikan Hias Discus

Jenis Ikan Discus
Jenis Ikan Discus

Ikan discus ini memiliki tubuh yang khas yaitu berbentuk pipih jika dilihat dari depan. Namun, jika Anda melihatnya dari samping maka tubuhnya alam terlihat lebar. Ikan ini memiliki wajah yang mungil.

Jenis ikan discus ini cukup beragam dan ditentukan dari warna ikan ini. Karena tidak terlalu banyak dijual maka jenis ikan ini masih diincar oleh banyak kolektor ikan hias. Karena sebuah keunikan jika Anda memiliki iman discus di aquarium Anda.

Ikan Hias
Ikan Hias

Itulah beberapa jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara di rumah. Anda bisa memeliharanya didalam aquarium ataupun dengan membuatkan kolam kecil.

Dalam pemeliharaan ikan yang paling utama adalah sirkulasi air jenis air yang digunakan. Karena memang ikan akan hidup lebih baik jika menggunakan air yang cocok.

Sumber utama ikan hidup adalah air. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang sesuai dengan jenis ikan yang Anda pelihara agar ikan bisa tetap sehat. Pengadaan ikan hias didalam aquarium dapat mempercantik rumah Anda.

Leave a Reply