Ikan Hias Louhan

Mengenal 11 Jenis Ikan Louhan Cantik Untuk Aquarium Anda

Jenis Ikan Louhan | Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sudah lama menjadi incaran  para kolektor ikan dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

Bentuk tubuhnya sangat unik dengan  adanya tonjolan di bagian kepalanya serta warna-warni tubuhnya yang beragam menjadikan ikan louhan ini selalu diburu oleh para kolektor ikan.

Walaupun harga yang dibanderol per ekornya sangat mahal, namun jenis ikan ini akan selalu membuat orang yang melihatnya terkagum-kagum akan keindahan warnanya.

Jenis - Jenis Ikan Louhan
Jenis – Jenis Ikan Louhan

Ragam Jenis Ikan Louhan yang Memikat Mata

Membicarakan ikan louhan tentu tidak bisa terpaku hanya kepada satu tipe saja. Saat ini sudah banyak dilakukan perkawinan silang antar berbagai tipe louhan sehingga menghasilkan tipe baru yang memiliki warna dan bentuk tubuh yang lebih menarik dan banyak di minati.

Bagi Anda yang masih belum tahu mengenai ragam jenis ikan louhan. Berikut akan dijelaskan 11  jenis ikan louhan hias yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang berencana memelihara ikan yang satu ini.

1. Louhan Cencu

Louhan Cencu
Louhan Cencu

Lohan cencu termasuk kedalam varietas asli ikan lohan yang belum banyak mengalami perubahan bentuk dan warna yang signifikan. Namun, ikan louhan cencu sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu cencu modern dan cencu klasik.

Ciri khas dari louhan cencu adalah adanya tonjolan kepala serta motif  tubuhnya yang berbentuk mutiara. Motif ini berada di seluruh bagian tubuhnya.

Namun yang membedakan cencu klasik dan modern yaitu cencu klasik hanya memiliki sedikit motif mutiara pada tubuhnya. Tonjolan pada kepalanya pun tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan louhan cencu modern.

Hal ini yang membuat banyak kolektor ikan lebih memilih cencu modern dibandingkan dengan cencu klasik.

2. Louhan Golden Base

Louhan Golden Base
Louhan Golden Base

Dinamakan dengan golden base karena ikan louhan yang satu ini memiliki warna dasar kuning kemerahan yang terlihat seperti emas. Warna emas ini muncul akibat adanya mutasi yang terjadi pada ikan louhan.

Uniknya berbagai jenis ikan louhan seperti ikan louhancencu, ikan louhan fader, dan lain-lain akan dinamakan dengan ikan louhangoldenbase jika mengalami mutasi warna tubuh menjadi kuning kemerahan.

3. Louhan SRM (Super Red Magma)

Louhan SRM
Louhan SRM

Jenis ikan louhan yang satu ini merupakan salah satu ikan louhan yang difavoritkan oleh para kolektor ikan. Hal ini tidak lain karena jenong atau tonjolan kepalanya yang lebih besar dari ikan louha lain serta warna kepalanya yang sangat unik dan berbeda dengan warna tubuhnya.

Warna ikan louhan SRM sendiri umumnya didominasi oleh warna merah. Namun, secara keseluruhan terdapat tiga warna yang ada pada ikan louhan ini yaitu warna merah di bagian kepala, warna hitam di bagian ekor dan tengah tubuh, serta warna putih sebagai corak di seluruh tubuh.

4. Louhan Kamfa

Louhan Kamfa
Louhan Kamfa

Louhan kamfa memiliki bentuk tubuh yang unik karena matanya cenderung cekung serta mulutnya yang terkatur rapat. Anda juga dapat mengetahui perbedaan louhan kamfa dengan louhan lain dari matanya. Louhan kanfa cenderung memiliki warna mata yang kekuningan.

 Jenis ikan louhan kamfa ini bukan merupakan spesies asli, melainkan hasil persilangan dari ikan flowerhorn dan ikan parrotcichlid.

5. Louhan Kemalau

Jenis - Jenis Louhan Kemalau
Jenis – Jenis Louhan Kemalau

Walaupun memiliki harga jual yang sangat mahal yaitu berkisar di angka puluhan juta, namun ikan louhan kemalau ini termasuk kedalam jenis ikan louhan yang paling banyak diburu dan dicari para kolektor ikan.

Ciri khas yang menjadikan louhan kemalau berbeda dengan jenis louhan lain adalah motif mutiara pada tubuhnya yang tergolong unik. Hal inilah yang mampu memikat hati para pecinta ikan untuk bisa memelihara ikan lohan kemalau di dalam akuarium mereka.

6. Louhan Rainbow King

jenis louhan Rainbow King
jenis louhan Rainbow King

Memiliki corak warna pelangi pada keseluruhan tubuhnya menjadikan ikan louhan ini juga menjadi incaran para pecinta ikan. Hebatnya, ikan louhan  jenis ini banyak sekali memenangkan kontes louhan skala internasional sehingga disebut sebagai king atau raja louhan.

Jenis ikan louhan Rainbow King ini berasal dari negara Singapura. Namun di Indonesia, ikan louhan ini juga sudah mulai dibudiayakan.

7. Louhan Storm

Jenis louhan storm
Jenis louhan storm

Para kolektor dan pecinta ikan hias pasti tidak akan melewatkan jenis yang satu ini. Ikan louhan storm sendiri merupakan ikan hasil perkawinan silang yang banyak dilakukan oleh para pecinta ikan louhan  di negara Thailand.

Hasil perkawinan silang dari berbagai jenis ikan louhan inilah yang akhirnya memunculkan ikan louhan jenis baru, salah satunya yaitu ikan louhan storm.  Daya tarik dari ikan louhan ini adalah adanya motif mutiaranya yang sangat indah pada tubuhnya.

Baca juga : 11 Jenis Ikan Guppy yang Bagus Untuk Di Pelihara

8. Louhan Red Synspillum

Louhan Red Synspillum
Louhan Red Synspillum

Dibandingkan dengan jenis ikan louhan yang lain, ikan louhan red synspilum memiliki keunggulan lebih terutama dari segi ketahanan tubuhnya untuk menghadang berbagai macam penyakit.

Selain itu ciri khas ikan louhan red synspillum adalah motif tubuhnya yang lebih bersih. Hal ini pula yang menjadi  alasan pecinta ikan untuk memilih ikan louhanredsunspillum sebagai peliharaan mereka.

Ikan louhan red spyllum memang dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal ini tidak mengurangi kepuasan para kolektor ikan yang mencari keindahan louhan yang satu ini.

9. Louhan SRD

Louhan SRD
Louhan SRD

Louhan SRD merupakan salah satu jenis louhan yang juga banyak dicari oleh para kolektor ikan. Keunikannya terletak dari jenong kepala serta warna merah khas yang dimilikinya.

SRD sendiri merupakan kepanjangan dari Super Red Dragon atau naga super merah. Di pasaran penjual biasanya membanderol harga Rp1,5 juta untuk tiap satu ekor ikan louhan SRD ini.

10. Louhan Super Red Texas

Louhan Super Red Texas
Louhan Super Red Texas

Louhan Super Red Texas menghadirkan warna merah di hampir seluruh bagian tubuhnya. ikan yang satu ini merupakan ikan louhan hasil perkawinan silang antara louhan emas merah dan louhantexascichlid abu.

Ciri khas unik yang menjadikan banyak kolektor ikan yang menginginkan louhan ini adalah pola bintik yang dimunculkan di seluruh bagian tubuhnya, ditambah lagi dengan warna dasar tubuhnya yang merah menyala menjadikan louhan ini tampak seperti buah strawberry dari kejauhan.

11. Louhan Goden Red

Jenis Louhan Goden Red
Jenis Louhan Goden Red

Ikan louhan yang satu ini akan tampak seperti ikan louhancencu. Namun yang membedakannya adalah perpaduan warna merah dan kuning yang sangat eksotik dan artistik di seluruh bagian tubuhnya.

Hal ini pula yang menjadikan louhangoldenbase selalu menjadi kandidat peserta kontes louhan internasional.

Warna eksotik dari ikan  ini tidak etrjadi secara alami, namun terjadi secara mutasi sehinga warna sisik yang semula polos, berubah perlahan menjadi paduan warna merah dan kuning yang sangat khas dan indah.

Demikianlah beberapa jenis ikan louhan yang memiliki keragaman yang berbeda-beda mulai dari bentuk tonjolan kepala hingga gradasi warna pada tubuhnya. Bagi Anda yang berencana memeliharanya didalam akuarium kesayangan Anda, Anda bisa menggunakan referensi jenis louhan diatas untuk menentukan ikan louhan yang sesuai dengan selera Anda.

Leave a Reply