Cupang Fancy

13 Jenis Ikan Cupang Cantik Untuk Aquarium Anda

Jenis Ikan Cupang | Cupang  (Bettasplendens) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diperjual belikan. Selain bentuk tubuhnya yang menarik, cupang juga sangat mudah untuk dipelihara sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Betta fish memiliki bentuk dan warna yang beragam, ukuran tubuhnya juga sangat kecil. Jenis ikan cupang sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu cupang adu dan juga cupang hias.

Jenis Ikan Cupang
Jenis Ikan Cupang

Mengenal Jenis Ikan Cupang Hias dan Cupang Adu yang Ada di Pasaran.

Cupang hias memiliki bentuk sirip yang lebih menarik dengan warna yang lebih menclok sehingga sangat cantik untuk dipelihara sebagai ikan hias. Sedangkan ikan cupang adu memiliki tubuh yang lebih gesit sehingga banyak diperjuabelikan untuk diadu.

Di pasaran banyak sekali dijual ikancupang hias dan cupang adu dengan bentuk dan warna yang beragam. Agar Anda tidak bingung memilih ikan cupang, berikut akan dijelaskan beberapa ragam ikan cupang yang dapat menambah wawasan Anda.

1. Cupang Bintik

Cupang Bintik
Cupang Bintik

Ikan cupang ini tergolong unik karena memiliki motif bintik pada tubuhnya. Ikan cupang ini termasuk kedalam ikan cupang adu yang berasal dari Medan Sumatera Utara.

Ikan cupang yang digunakan sebagai ikan cupang adu adalah ikan cupang jantan karena ia memiliki kecenderungan untuk melakukan penyerangan terhadap cupang lain yang berbeda dengannya.

Untuk mengenali cupang jantan dan betina pada cupang bintik ini tergolong mudah. Cupang jantan memiliki kepala yang lebih lebar dibanding dengan betinanya. Sedangkan betina sendiri tidak memiliki motif bintik dan juga garis yang terang seperti pada jantan.

2. Cupang Crown

Cupang Crown
Cupang Crown

Jenis ikan Crown yang satu ini memiliki sirip yang sangat unik karena berbentuk seperti mahkota apabila dibalikkan. Selain memiliki ciri khas seperti mahkota, ciri khas lain yang tidak ditemukan pada ikan cupang jenis lain adalah bentuk ekornya.

Bentuk ekor yang seperti serit karena bentuknya yang jarang-jarang. Hal ini dikarenakan cupang ini memiliki tulang sirip yang sangat kuat dan panjang.

3. Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon
Cupang Halfmoon

Dinamakan cupang halfmoon karena bentuk siripnya yang menyerupai setengah bulan. Halfmoon memiliki bentuk sirip yang sangat indah dan cantik.

Selain itu warna cupang halfmoon ini juga sangat beragam mulai dari merah, biru, kuning, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadikan jenis ikan cupang ini menjadi incaran banyak orang untuk dipelihara.

4. Cupang VeilTail

Cupang VeilTail
Cupang VeilTail

Hampir sama seperti pada halfmoon, veiltail juga memiliki bentuk sirip yang indah. Karakteristik khas dari sirip cupang ini adalah bentuknya yang menjuntai seperti ekor.

Walaupun termasuk kedalam cupang hias yang menarik, namun keberadaan veiltail ini sudah semakin menurun akibat banyaknya varietas baru yang dihasilkan dari proses perkawinan silang.

5. Cupang Giant (raksasa)

Cupang Giant
Cupang Giant

Merupakan jenis ikan cupang yang memiliki bentuk tubuh berbeda dengan cupang kebanyakan. Hal ini karena ukurannya yang hampir tiga kali lipat dari cupang pada umumnya.

Dikembangkan oleh seorang breeder ikan asal Thailand, Athopon pada tahun 1999 menjadikan ikan cupanggiantini mampu memiliki panjang tubuh diatas normal yaitu mencapai 11 hingga 12 cm.

6. Cupang Imbelis

Cupang Imbelis
Cupang Imbelis

Merupakan kategori cupang adu yang memiliki bentuk tubuh yang unik karena berbentuk silinder, bentuk ini sangat berbeda dengan cupang lain yang umumnya ramping.

Cupang ini juga memiliki warna biru tua atau hijau tua metalik dengan ukuran tubuh stAndar yaitu  5 cm. Cupang jenis ini juga merupakan salah satu cupang pilihan yang biasa digunakan untuk perlagaan ikan cupang adu.

7. Cupang Double Tail

Cupang Double Tail
Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang yang satu ini tergolong sangat unik dan berbeda dibanding dengan yang lain karena memiliki ekor yang membelah dan terlihat seperti cagak.

Di pasaran, ikan cupang ini biasa dipelihara sebagai ikan hias. Namun, sayangnya keberadaan ikan cupang double tail ini sudah mulai menurun. Hal ini dikarenakan cupang ini tergolong kedalam cupang yang sulit dibudidayakan sehingga harganya pun menjadi mahal.

8. Cupang Plakat

Cupang Plakat
Cupang Plakat

Merupakan jenis ikan cupang adu yang berasal dari negara Thailand. Plakat sendiri dalam bahasa Thailand  memiliki arti bertarung. Ikan cupang plakat ini merupakan salah satu ikan yang paling banyak dijual di pasaran.

Kegesitan dan kelincahannya dalam bertarung satu sama lain menjadikan banyak masyarakat yang tertarik memiliki ikan cupang jenis ini.

9. Cupang Smaragdina

Cupang Smaragdina
Cupang Smaragdina

Smaragdina termasuk kedalam golongan cupang yang memiliki sirip yang lebih pendek dibandingkan dengan cupang lainnya. Bentuk kepalanya juga cenderung bulat namun memiliki bentuk tubuh yang pipih atau gepeng.

Walaupun memiliki sirip yang pendek, namun cupang ini mampu menghadirkan daya tarik tersendiri dengan adanya gradasi warna siripnya yang berwarna hijau tua.

10. Cupang Big Ear

Cupang Big Ear
Cupang Big Ear

Big ear ini termasuk kedalam jenis ikan cupang hasil perkembangan buatan. Jika dilihat sepintas, maka Anda akan menemukan persamaan ikan ini dengan ikan jenis halfmoon dan juga plakat.

Dinamakan dengan ikan cupang bigear karena ikan cupang ini memiliki sirip telinga yang sangat besar dan berjuntai indah. Warna yang dimiliki pada tubuhnya pun sangat beragam dan mencolok sehingga sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias.

11. Cupang HMPK

Cupang HMPK
Cupang HMPK

Bagi Anda yang belum mengenal seluk beluk ikan cupang, tentu masih bingung dengan singkatan tersebut. HMPK merupakan singkatan dari halfmoon plakat. Artinya ikan ini merupakan varietas silang hasil perkawinan antara ikan halfmoon dan juga ikan plakat.

Hasil perkawinan ini menghasilkan ikan HMPK yang memiliki sirip berbentuk bulan seperti halfmoon, namun memiliki kontur garis  tubuh yang sangat jelas seperti Plakat.

12. Cupang Liar

Cupang Liar
Cupang Liar

Cupang liar termasuk kedalam jenis ikan cupang yang tidak dirawat maupundibudiaya secara intensif. Ikan ini biasa banyak ditemukan di perairan air tawar yang jernih seperti rawa, sungai, dan perairan sawah.

Tidak kalah dengan cupang budidaya, cupang ini juga memiliki warna khas tubuh yang natural sehingga sangat cocok untuk dipelihara didalam akuarium kesayangan Anda.

13. Cupang Fancy

Jenis Ikan Cupang Fancy
Jenis Ikan Cupang Fancy

Merupakan salah satu jenis ikan cupang termahal dibanding dengan yang lainnya. Jika dilihat sekilas, ikan cupangfancy ini memiliki bentuk dan ukuran sirip yang hampir serupa dengan ikan halfmoon.

Yang membedakannya dengan halfmoon adalah warna tubuhnya yang tergolong unik karena tidak hanya didominasi oleh satu warna. Ikan fancy ini memiliki gradasi warna cantik yang berada pada keseluruhan tubuhnya.

Hal inilah yang membuat ikan cupang fancy begitu mahal. Satu ekor ikan cupangfancy biasa dijual pada kisaran harga Rp100 rbu rupiah.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis ikan cupang yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang berniat memelihara ikan cupang di akuarium.

Karena ikan cupang memiliki warna yang sangat beragam serat bentuk yang menarik, Anda juga dapat memilih warna dan jenis yang sesuai dengan selera Anda untuk mempercantik aquarium di rumah Anda.

Leave a Reply