Mas Koki Watonoi

√ Daftar Jenis Ikan Mas Koki yang Eksotik dan Indah

Jenis Ikan Mas Koki | Ikan hias memiliki keindahan warna untuk ditempatkan di akuarium. Ada beragam ikan hias di pasaran dan salah satu yang paling populer adalah ikan mas koki.

Pada awalnya, ikan ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan ikan mas biasa hanya lebih cerah. Perkembangannya, beragam jenis ikan mas koki bermunculan dengan bentuk unik.

Sebagai contoh, Anda pasti tahu ikan memiliki kepala besar danada tonjolan serta sirip lebih variatif dengan perut yang pipih atau lebih besar.

Beberapa jenis ikan mas koki

1. Oranda

Ikan Mas Koki Oranda
Ikan Mas Koki Oranda

Salah satu jenis ikan mas koki adalah tipe Oranda. Jenis ini memiliki variasi warna merah, putih, dan orange. Anda dapat memiliki ketiga warna dalam satu ikan atau hanya dua warna saja. Ikan ini memiliki sirip berumbai serta kepala besar dengan lekukan antara kepala dan punggung.

Bentuknya yang cantik membuat banyak orang memburu ikan tipe Oranda ini. Harga di pasaran cukup mahal, namun ikan mampu beradaptasi. Estimasi umur sekitar 10 tahun jika berada di akuarium yang terawat.

2. Lionhead

Mas Koki Lionhead
Mas Koki Lionhead

Ikan kategori selanjutnya adalah Lionhead. Bentuk sisik sama seprertiorandadengan perut buncit. Namun, kepalanya besar tetapi masih proporsional dengan badannya. Yang paling mencolok adalah sirip dan ekor ikan berbentuk normal. Ikan ini tidak memiliki rumbai-rumbai pada keduanya.

Sebagai salah satu ikan koki terbaik, jenis Lionhead sangat diminati karena harga lebih murah dari Oranda. Selain itu, bentuk kepala terkesan tidak berlebihan. Kamu bisa menempatkannya secara terpisah atau digabung dengan ikan koki lainnya.

3. Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye
Ikan Mas Koki Bubble Eye

Jenis ikan mas koki selanjutnya dinamakan Bubble Eye. Apa yang menarik dari ikan ini? Sekilas kamu melihat ikan ini memiliki mata yang bengkak dan terkesan seram. Namun, Bubble eye memang seperti itu bentuk tubuhnya. Mata seperti ingin radar besar dan ukurannya sama dengan kepala ikan.

Bubbleeye memiliki warna variasi. Salah satu yang patut disimak adalah ikan ini ada yang berwarna hitam pekat. Bayangkan dengan mata melotot dan warna tubuh hitam. Namun, itulah keindahan dari Bubble eye serta harganya terjangkau.

4. Ryukin

 Mas Koki Ryukin
Mas Koki Ryukin

Kepala Rancu tetapi sedikit membengkak ke samping tapi pipih ke depan. Inilah tipe ikan koki yang bernama Ryukin. Sesuai dengan julukannya, ikan tampak garang. Keindahan lainnya adalah sirip yang melebar dan berumbai.

Anda dapat memiliki ikan ini dengan merogoh kocek sedikit dalam. Harganya memang mahal karena sangat spesial. Warna bervariasi, namun umumnya cerah seperti putih, orange, merah serta kombinasi ketiganya.

5. Black More

Ikan Mas Koki Black More
Ikan Mas Koki Black More

Warna hitam memang unik terutama bagi ikan hias. Selain Bubbleeye, Black More adalah tipe ikan yang memiliki warna hitam kelam. Anda harus menempatkan jenis ikan mas koki ini di akuarium khusus sehingga dapat dinikmati keindahannya.

Jika BubbleEye cenderung pipih matanya, Black Morememiliki mata yang menggelembung. Jadi, ikan seperti memiliki tiga kepala dan bagian tengah masih proporsional. Sirip dan eor memiliki rumbai untuk menambah keindahan.

Baca juga : Daftar Jenis Ikan Guppy yang Bagus Untuk Aquarium

6. Calico

Ikan Mas Koki Calico
Ikan Mas Koki Calico

Ikan koki selanjutnya dinamakan calico. Namanya awam sebab memang jarang ditemukan di Indonesia. Bentuk badan mirip Ryukin dengan kepala pipih mirip kedepan dan sedikit membengkak.

Keunikan ikan ini adalah bentuk sirip yang sangat lebar tanpa rumbai. Selain itu, ekor juga panjang dari kebanyakan koki lainnya. Kelebihan lain adalah warna dengan pola tiga warna seperti putih hitam, dan orange. Oleh karena itu, Calico masuk kategori jenis ikan mas koki terbaik.

7. Butterfly Tail

Ikan Mas Koki Butterfly Tail
Ikan Mas Koki Butterfly Tail

Salah satu ikan yang sangat langka adalah mas koki jenis Butterfly tail. Keindahannya dapat dilihat dari sisi samping dan atas. Ketika berenang, untaian ekornya akan seperti sayap kupu-kupu. Ikan ini juga memiliki warna cerah dan indah.

Karena tidak banyak, Anda harus membayar mahal jika ingin memilikinya. Ikan hanya diperuntukkan bagi kontes atau kolektor. Inilah ikan yang patut dikembangkan lebih banyak lagi sehingga harga menurun.

8. Watonoi

Mas Koki Watonoi
Mas Koki Watonoi

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah Watonoi. Tampilan badan sederhana, tetapi tidak dengan warna, sirip, dan ekor. Warnanya kuning dan keemasan yang melingkupi bagian atas tubuh.

Bagian berup cenderung putih atau perak. Sirip ikan ini unik dan menjuntai panjang. Hal tersebut juga terjadi pada ekor yang memiliki rumbai eksotik.

Ikan membutuhkan pemeliharaan khusus. Anda harus menjaga agar sisiknya tidak pudar. Selain itu, sirip dan ekor rentan bergesekan jika berada di akuarium yang sempit dan padat. Anda harus memisahkan dengan ikan lain.

9. Wakin

Mas Koki Wakin
Mas Koki Wakin

Ikan mas koki dan koi merupakan satu rumpun, tetapi berbeda spesies. Sebelum variasi, bentuk dasar ikan koki hampir mirip dengan koki. Salah satu variasi yang menonjolkan sifat koi di mas koki adalah Wakin.

Bentuknya sangat sederhana dengan sirip kecil dan ekor normal. Yang membedakan adalah warnanya yang lebih atraktif. Wakinmemiliki warna putih, merah, hitam, orange, atau campuran. Ikan juga sangat resistan dan dapat hidup di lingkungan yang tidak kondusif.

10. Panda Moor

Mas Koki Panda More
Mas Koki Panda More

Anda suka warna hitam putih pada ikan koki. Salah satu jenis ikan mas koki dengan corak tersebut adalah Panda Moor. Bentuknya unik yaitu pendek dan melebar dengan sirip dan ekor khas mas koki. Yang membedakan adalah warna hitam putih yang menyebar merata.

Selain itu, ikan memiliki warna besar dan menggelembung. Namun, ukuran mata tidak sebesar BubbleEye. Ikan ini sangat langka karena susah untuk mendapatkan warna dengan proporsi yang diinginkan.

11. Hanafusa

Mas Koki Hanafusa
Mas Koki Hanafusa

Warna coklat bukan favorit bagi pemelihara mas koki. Namun, Anda akan melupakan hal itu setelah melihat Hanafusa. Warna sisiknya coklat keemasan di seluruh tubuh. Tidak warna lain sehingga sangat eksotik.

Ikan ini harus ditempatkan di akuarium tersendiri dan tidak bercampur dengan ikan berwarna cerah. Anda dapat menggabungkan ikan dengan Black More atau jenis ikan mas koki lain yang warnanya gelap.

12. Fantail

Ikan Mas Koki Fantail
Ikan Mas Koki Fantail

Anda pernah melihat ikan mas koki kecil yang di jual oleh penjual pinggir jalan. Ikan-ikan itu adalah jenis ikan mas koki fantail. Harganya murah dan ukuran maksimal sekitar 20 cm. Selain itu, ikan juga sangat adaptif.

Fantail memiliki satu warna dengan campuran putih di bagian perut. Warna yang umum adalah kuning, orange, merah, bahkan hitam. Karena ukurannya kecil, ikan tidak banyak perawatan dan Anda dapat menambahkan banyak ikan di satu wadah.

Yang mana ikan favoritmu? Untuk pemula, mulailah dari yang umum seperti fantail karena tidak banyak biaya. Bagi mereka yang memang berkecimpung di dunia ikan hias, jenis ikan mas koki varian langka sangat diminati.

Tentu saja, Anda harus rajin merawat agar ikan tetapi berwarna cerah dan berumur panjang.

Leave a Reply