Yellow Malboro

Jenis-jenis Ikan Discus Dengan Warna Menarik

Ikan Discus | Ikan hias pada umumnya terdiri dari berbagai macam spesies, dan salah satunya adalah Ikan Discus. Ikan tawar ini tergolong ke dalam spesies Symphysodon yang memiliki bentuk tubuh pipih, ditambah lagi sirip belakangnya yang menonjol membuat tubuh ikan ini terlihat agak bulat.

Bentuk tubuhnya itulah yang membuat spesies tersebut dinamakan Discus. Uniknya lagi ikan ini ternyata memiliki banyak jenis, untuk lebih lengkapnya simak dalam artikel berikut ini.

Delapan Jenis Ikan Discus Dengan Warna Menarik

1. Red Marlboro Discus

Red Malboro
Red Malboro

Warna ikan ini merah menyala seperti namanya, biasanya terdapat juga corak putih ataupun kuning cerah pada beberapa bagian seperti kepala. Ikan ini pertama kali ditemukan di sungai Amazon dan mulai diimpor untuk dijadikan ikan hias sekitar 1930an.

Kandungan air yang baik untuk Red Marlboro memiliki pH rendah berkisar antara 4,0 – 7,0 dan rendah mineral, hal ini menyamakan ekosistem alaminya. Sedangkan suhu aquarium yang ideal untuknya yaitu sekitar 25 Cº – 30 Cº.

Sama seperti ikan hias lainnya, Ikan Discus juga harus memperoleh makanan bergizi seperti cacing ataupun pelet berprotein tinggi. Utamakan juga untuk memberinya makanan yang tinggi betakarotein, tujuannya agar warna merah terang mereka tetap terjaga.

Jadwal makan Marlboro Red adalah 3 – 5 kali per hari sedangkan yang sudah dewasa harus hanya perlu diberi makan 2 – 3 kali per hari.

2. Red Melon Discus

Red Melon
Red Melon

Walaupun memiliki warna dasar yang sama dengan Red Marlboro Discus, namun kedua ikan tersebut sangatlah berbeda. Pasalnya warna pada Red Melon Discus lebih pekat dan hampir menutupi seluruh tubuhnya.

Warna pada Red Melon Discus dihasilkan melalui mutasi genetik melalui beberapa seleksi terhadap Ikan Discus, sehingga dihasilkan perpaduan antara warna merah yang pekat dan juga jingga.

Aquarium yang baik untuknya memiliki air dengan kadar pH 6 – 7,5, kemudian untuk suhunya berkisar antara 25 Cº – 30 Cº. Sama halnya dengan Red Marlboro Discus, selain memberinya protein berupa cacing ataupun pelet, Anda perlu memberinya pakan yang mengandung betakarotein.

Tujuannya agar warna merah pada Red Melon Discus dapat dipertahankan dan terlihat lebih cantik.

3. Marlboro Yellow Discus

Yellow Malboro
Yellow Malboro

Jenis ikan ini dikembangkan dariMarlboro Red Discus,ikan hias tersebut sengaja dikembangkan secara selektif untuk lebih menonjolkan warna kuning yang dimilikinya.

Hasilnya didapatkanlah MarlboroYellowDiscusdimana seluruh tubuhnya berwarna kuning cerah dengan sirip berwarna hitam ataupun corak gelap lainnya.

Namun karena dibiakkan secara selektif, hal ini membuat ikan discus jenis ini menjadi lebih lemah jika dibandingkan dengan garis keturunan asli lainnya.

Sehingga mereka harus mendapatkan perlakuan aquarium dan makanan yang benar-benar higienis. Suhu air dalam aquarium yang bagus berkisar antara 27 Cº – 30 Cºdengan pH antara 6,8 – 7,2.

4. Blue Diamond Discus

Blue Diamond
Blue Diamond

Selanjutnya adlalah blue discus, ikan ini mempunyai ciri sisik berwarna biru terang di seluruh tubuhnya. Ikan hias tersebuti juga memiliki keunikan yaitu jika terkena cahaya, maka siripnya akan memantulkannya hingga tampak seperti menyala.

Namun bila Anda berniat memelihara ikan discus ini maka bersiaplah untuk menyiapkan uang, karena harganya tidaklah murah.

Saat menaruh BlueDiamondDiscus di dalam aquarium pastikan tidak mencampurnya dengan spesies ikan yang agresif, karena hal ini dapat memicu stress pada ikan.

Selain itu  perhatikan tingkat pencahayaannya agar tidak terlalu terang. Begitu juga dengan arus aquarium, air yang yang baik untuk ikan jenis ini adalah air berarus  lemah.

Makanan untukBlueDiamondbisa menggunakan cacing yang berbentuk lembut, ataupun pelet berprotein tinggi.Jadwal makannya cukup 3 – 5 kali sehari, untuk yang sudah dewasa hanya membutuhkan makanan 2 – 3 kali.

Baca juga : Jenis Ikan Mas Koki yang Tak Kalah Menawan

5. Check Board Discus

Checkboard Discus
Checkboard Discus

Checker Board Pigoen merupakan Ikan discus yang punya warna dasar putih dengan banyak corak berwarna merah. Corak ini berbentuk seperti garis menyebar yang mempunyai alur namun tidak membentuk garis lurus.

Terdapat juga warna kuning muda pada setiap pangkal sirip dan juga ekor, biasanya warna kuning cerah ini juga terdapat pada bibir ikan.

Untuk pemeliharaan hindari menaruh ikan ini satu aquarium dengan ikan yang bersifat agresif, kemudian berikan juga makan yang cukup 3 – 5 kali sehari, atau 2 – 3 kali untuk dewasa. Makanan yang dapat Anda berikan seperti pelet ataupun cacing lembut seperti cacing darah.

6. Green Discus

Green Discus
Green Discus

Green Discus merupakan salah satujenis ikan hias yang memiliki banyak variasi warna. Ikan discus ini memiliki warna tubuh hijau, perpaduan kuning dan jingga, serta warna hitam sebagai corak dan penghias siripnya.

Bukan hanya itu beberapa ikan Green Discus juga memiliki bintik-bintik merah tua pada coraknya yang membuatnya tampak lebih cantik, hal tersebutlah yang  membuat harganya mahal.

Sama halnya dengan speciesdiscuss lainnya, ikan ini sebaiknya hidup di suhu aquarium 25 Cº – 30 Cº dengan PH air 6 – 7,5. Untuk kebutuhannya nutrisinya Anda bisa memberikan pelet berprotein ataupun memberikannya cacing lembut.

7. Yellow Pigeon Blood Discus

Yellow Pigeon Blood Discus
Yellow Pigeon Blood Discus

Selanjutnya ada Yellow Pigeon Blood Discus, Ikan discus ini biasanya dikembang biakkan secara manual untuk menonjolkanpola berwarna kuning. Warna dasar yang dimiliki ikan ini berwarna putih dengan corak pada sekujur tubuhnya.

Bahkan sirip dan ekornya juga dihiasi dengan corak yang sama walaupun terdapat sedikit warna hitam di ujungnya. Warna Yellow Pigeon Blood Discus sangat tergantung pada jenis makanan yang mereka konsumsi.

Jika mereka diberi makanan tinggi betakarotein atau ganggang merah, maka warna pada ikan ini akan berkembang menjadi jingga atau bahkan merah.

Oleh karena itu untuk menjaga warna kuningnya Anda bisa memberikannya pakan dari olahan hati  yang Anda buat sendiri, atau pun mencari pakan khusus Yellow Discus Pigeon Blood Discus.

8. Snow White Discus

Snow White
Snow White

Snow White Discus atau White Diamond merupakan Ikan discus baru dikembangkan. Ikan hias ini pun dihasilkan melalui mutasi genetik sehingga mendapatkan sepesies discus dengan warna seputih salju.

Suhu air untuk aquariumSnow White Discus adalah 25 Cº – 30 Cº, dengan kadar pH 6 – 6,8. umumnya ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik, asalkan tidak ada perubahan parameter air yang mendadak.

Selanjutnya adalah masalah pakan, hampir sama dengan pon-poin sebelumnya ikan hias ini memiliki jadwal makan 3 – 5 kali sehari, dengan pakan berlemak dan berprotein tinggi, seperti pelet ataupun cacing.

Bila Anda menginginkan warnanya agar tetap putih bersih, hindari penggunaan pakan yang mengandung betakarotein, karena perubahan warna ikan ini sangatlah sensitif. Bila perlu berikanlah dia pakan khusus ataupun olahan dari hati ayam, sapi, dan lain-lain.

Ikan Discus
Ikan Discus

Itulah tadi beberapa jenis Ikan discus berikut cara memeliharanya. Pada bacaan diatasjenis ikan yang disebutkan hanya sebagian saja.

Sebenarnya spersies ini masih banyak lagi dan sampai sekarang terus dikembangkan untuk mendapatkan warna baru ataupun menghasilkan ikan yang lebih unggul.

Leave a Reply