Ikan Oscar

Ikan Hias Aquarium Paling Populer, Bagus Untuk Di Pelihara

Ikan Hias Aquarium | Secara umum, ikan hias terbagi menjadi dua berdasarkan tempatnya dipeliharanya yaitu ikan hias kolam dan aquarium. Untuk ikan hias yang dipelihara di aquarium sendiri sangat banyak sekali variannya.

Mulai dari ikan kecil yang hidup bergerombol, hingga ikan hias yang berukuran besar. Jenis-jenis ikan hias aquariumini semakin banyak variannya karena tak jarang penghobi juga mengembangkan jenisnya, baik dengan melakukan kawin alang atau cara-cara lainnya.

Nah, bagi Anda yang berminat memelihara ikan hias untuk mengisi aquariumAnda di rumah, beberapa daftar ikan hias di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Ikan Hias Aquarium
Ikan Hias Aquarium

8 Ikan Hias Aquarium dengan Bentuk Tubuh dan Warna Indah

Ikan hias aquariumyang banyak digemari biasanya adalah ikan yang hidup menyendiri. Seperti Louhan, ikan Arwana, dan lain-lain. Sangat berbeda dengan ikan kolam yang cenderung hidup bergerombol dan aktif.

Namun, tak jarang ikan hias kolam juga dijadikan ikan hias aquarium karena memang sifat aktifnya sangat nyaman untuk dipandang. Lalu apa saja daftar ikan hias yang biasanya diletakkan di aquarium? Simak uraiannya berikut.

1. Ikan Louhan

Ikan Hias Louhan
Ikan Hias Louhan

Di urutan pertama adalah ikan Louhan. Ikan dengan ciri fisik khas yaitu jidat menonjol ini sempat ramai sekali dibicarakan pada tahun 200-an. Saat itu, pamor Louhan sedang naik dan harga jual seekor Louhan dewasa bisa mencapai jutaan rupiah.

Ikan hias aquariumini sebenarnya bukanlah spesies ikan asli, melainkan hasil persilangan antara ikan jenis chiclid dari Amerika. Selain bentuk jidatnya yang unik, motif yang tercetak pada tubuh Louhan juga membuatnya menjadi sangat sedap dipandang.

Bahkan beberapa motif pada tubuh Louhan dipercaya oleh sebagian orang sebagai tanda alam akan terjadinya sesuatu. Untuk jenisnya, saat ini paling tidak ada 3 jenis ikan Louhan yang banyak dijual di pasaran yaitu LouhanChencu, LouhanKamfa, dan Red Texas.

2. Ikan Arwana

Arwana
Arwana

Ikan hias aquariumyang selanjutnya adalah ikan Arwana.Bagi sebagian orang yang belum terlalu familia dengan ikan ini mungkin akan bergidik ngeri saat pertama kali melihat.

Memang, Arwana memiliki tubuh panjang dengan bentuk kepala serupa ular sehingga kesan garang terpancar jelas. Ikan hias yang satu ini merupakan ikan yang berasal dari perairan Asia tenggara sendiri.

Beberapa spesies Arwana yang banyak ditemukan adalah Arwana hijau, Arwana emas, Arwana emas dengan ekor merah, dan Arwana merah.

Kebanyakan orang memilih Arwana sebagai ikan hias di dalam aquarium karena Arwana memiliki sikap yang tenang. Geraknya yang luwes dan tenang memang menampilkan Arwana sebagai ikan yang eksklusif.

Tak heran, harga ikan hias aquariumsatu ini melangit. Hampir sama dengan ikan Louhan kalau dibilang.

3. Ikan Mas

Ikan Mas
Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan yang berhasil dibudidayakan oleh manusia untuk dijadikan ikan hias. Setelah melalui beberapa proses persilangan, saat ini jenis ikan mas untuk keperluan ikan hias terbagi menjadi dua, yaitu ikan mas koi dan ikan mas koki.

Untuk kian mas koi, lebih banyak digunakan sebagai ikan hias kolam. Sedangkan ikan mas koki sering dijadikan ikan hias aquarium. Bentuknya yang bulat mampat menjadikannya sangat menyenangkan ketika dipandang.

Sirip dan sungut yang ada di bawah tubuh ikan mas koki juga menambah kesan estetis ikan peliharaan yang satu ini. Untuk jenis, ikan mas koki sangat bervariasi. Namun rata-rata memiliki kombinasi warna oranye dan putih.

Baca juga : Jenis Ikan Discus dengan Warna Terbaik

4. Ikan Cupang

Ikan Cupang
Ikan Cupang

Mungkin ikan yang satu ini lebih dikenal sebagai ikan petarung daripada ikan hias. Sikapnya yang agresif membuat ikan cupang tidak bisa berbagi ruang dengan cupang lain.

Namun, ikan hias aquarium yang satu ini juga memiliki bentuk ekor yang sangat indah. Terutama untuk cupang jantan karena cupang betina biasanya tidak bisa memiliki ekor terurai.

Yang lebih mengesankan, warna-warna ikan cupang sangat bervariasi sekali. Mulai dari warna merah, biru, hijau,kuning, ungu, hingga monokrom.

Beberapa ikan cupang juga memiliki dua warna sekaligus dengan gradasi yang sangat indah. Untuk jenisnya, ikan cupang di Indonesia paling banyak berasal dari jenis half-moon dengan ekor berbentuk setengah lingkaran, dan cupang serit dengan ekor berbentuk rumbai menjuntai.

5. Ikan Gupi

Ikan Guppy
Ikan Guppy

Jika Anda sering main ke sawah, mungkin Anda akan bertemu dengan jenis ikan hias aquariumyang satu ini. Ikan gupi ini termasuk ikan yang paling mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Hingga peternak memutuskan untuk mengembangkan spesies gupi terbaru yang memiliki ekor panjang nan indah. Ikan gupi sangat senang hidup bergerombol.

Jadi jika Anda ingin membelinya untuk diisikan di aquarium, ada baiknya Anda juga memerhatikan tiap-tiap ekornya. Gupi yang memiliki bentuk ekor yang lebar dan berwarna-warni adalah gupi jantan. Sedangkan gupi betina bentuknya lebih umum dengan ekor pendek.

6. Ikan Black Ghost

Black Ghost
Black Ghost

Nah, mungkin jenis ikan hias aquariumyang satu ini masih jarang terdengar di Indonesia. benar sekali, seperti namanya, ikan Black ghost memiliki warna tubuh hitam kelam dengan sedikit aksen putih di ujung ekornya.

Bentuk fisiknya juga mewakili namanya yang seperti hantu (ghost), yaitu pipih dan lebar dengan sirip seperti kain yang melambai-lambai.

Ikan ini juga bersifat nokturnal yang artinya hanya aktif pada malam hari saja. kebiasaan tersebut semakin memperkuat gambaran hantu yang  melekat padanya.

Namun meskipun terlihat seram, ikan hias aquariumyang satu ini cenderung bersahabat dengan ikan lain dan jinak terhadap manusia.

7. Ikan Lemon

Ikan Hias Lemon
Ikan Hias Lemon

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna kuning cerah seperti halnya lemon. Warna kuning tersebut mendominasi hampir semua tubuh ikan lemon.

Kecuali bagian siripnya yang mendapat aksen garis hitam memanjang dari depan ke belakang. Bentuk tubuhnya pun identik dengan lemon, yaitu lonjong agak membulat.

Ikan hias aquariumyang satu ini tergolong sangat agresif. Ikan lemon termasuk ikan yang gemar memakan makanan apapun yang masuk ke dalam aquarium.

Belum lagi, ikan ini juga memiliki sifat kanibalisme. Sifat ini biasanya muncul saat ikan lemon kelaparan dan tidak mendapatkan pakan yang cukup. Ikan lemon tidak segan-segan untuk memakan ikan lain dengan ukuran lebih kecil.

8. Ikan Oscar

Ikan Oscar
Ikan Oscar

Yang terakhir adalah ikan Oscar. Mungkin nama tersebut jarang digaungkan dalam dunia ikan hias. Ikan ini adalah cikal bakal ikan Louhan yaitu ikan cichild.

Jadi untuk bentuk tubuhnya tidak jauh berbeda. Namun tentu saja, tanpa ada benjolan pada bagian jidatnya. Ikan ini berasal dari sungai-sungai besar di Amazon, jadi tidak heran jika ikan Oscar memiliki sifat yang agresif dan sangat sensitif terhadap teritorialnya.

Ada beberapa jenis ikan Oscar yang saat ini beredar di pasaran dan sudah ditangkarkan. Jenis tersebut meliputi Oscar gold, Oscar albino, Oscar albino red, super red, dan Oscar tiger. Semuanya diklasifikasikan berdasarkan corak dan warna pada tubuh ikan Oscar.

Itulah beberapa daftar ikan hias aquarium yang bisa Anda jadikan referensi. sekarang tergantung kepada Anda untuk memilih ikan hias aquarium yang seperti apa. Apakah ikan dengan sifat tenang, agresif, atau aktif.

Leave a Reply