Sanke

Jenis Ikan Koi Tercantik dan Terbaik, Cocok Untuk Di Pelihara!

Jenis Ikan Koi | Baik di Indonesia maupun di dunia, ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan yang sering dimanfaatkan sebagai ikan hias. Padahal, pada awalnya ikan ini sering digunakan sebagai konsumsi di tempat asalnya yaitu Jepang.

Namun, seiring perkembangannya yang menimbulkan berbagai variasi pada ikan koi baik pada warna sisiknya atau bentuk tubuhnya, sehingga tujuan pemeliharaannya pun beralih menjadi ikan hias.

Jenis Ikan Koi
Jenis Ikan Koi

Keberagaman Jenis Ikan Koi

Dapat dikatakan bahwa harga dari ikan koi dapat menembus angka milyaran rupiah. Namun, harga tersebut juga tergantung dengan jenis ikan koi.

Karena jenisnyaini sangatlah beragam, terkadang akan membuat bingung para pecinta binatang air ini terutama untuk pemula. Oleh karena itu, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis dari ikan koi.

1. Koi Dainichi Showa

Dainichi Showa
Dainichi Showa

Diketahui bahwa pada tahun 2017 lalu dalam sebuah ajang pelelangan ikan koi di Jepang, harga dari jenis ikan koi dainichi showa ini tembus hingga 2,1 milyar.

Harga fantastis yang dimiliki oleh ikan koi tersebut dikarenakan beberapa hal. Diantaranya kualitasnya yang sangat tinggi, tidak mempunyai kecacatan, mempunyai bentuk tubuh yang sempurna, serta corak pada tubuhnya yang unik.

Jika Anda ingin mempunyai Ikan dainichi showa ini, koi jenis ini dapat ditemukan di beberapa pasaran ikan koi. Namun pastinya kocek yang harus dirogoh harus lebih dalam, yaitu sekitar 100 juta untuk satu ekornya.

Harga ini cukup mahal karena berbagai kelebihan dari jenis koi ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Koi Black Dragon

Black Dragon
Black Dragon

Selain daichi showa, ternyata masih ada ikan koi yang memiliki harga sangat fantastis yaitu black dragon. Pada ajang pelelangan ikan koi pada Mamoto Farm (salah satu peternakan ikan koi di Jepang yang sudah mendunia) yang berada di Okayama, Jepang, jenis koi black dragon mampu menembus angka labih dari 2,8 milyar rupiah.

Harga sangat fantastis yang ada pada ikan ini, dikarenakan populasinya di dunia yang mulai langka dan sulit untuk dikembangbiakan. Perpaduan warna antara hitam, putih, dan merah akan menambah keindahan pada tubuh black dragon ini.

3. Koi Tancho

Tancho
Tancho

Koi tanco merupakan jenis ikan koi yang masih tergolong dalam spesies koi kohaku. Dapat dibilang bahwa jenis koi ini adalah jenis paling populer dalam spesiesnya.

Salah satu keunikan dari koi tancho ini adalah tanda titik merah besar di kepalanya. Simetri dari titik tersebut yang menentukan kualitas dari jenis ini.

Titik besar dikepala tersebut sering dikaitkan dengan bendera Jepang saat ini. Oleh karena itu, koi tancho sangat disegani dan dihormati oleh masyarakat di Jepang. Selain itu, banyaknya legenda dan cerita rakyat Jepang tentang koi ini juga membuatnya menjadi istimewa.

4. Koi Girin Showa

GinRin Showa
GinRin Showa

Jenis ikan koi girin showa dapat tumbuh hingga mempunyai panjang 76 cm dan mampu hidup sampai 15 tahun lamanya. Corak berwarna putih, merah, dan hitam yang menghiasi seluruh tubuh ikan ini juga menambah keindahan serta daya tariknya.

Pada tahun 1986 silam, diketahui girin showa berhasil terjual dengan harga yang cukup fantastis yaitu 425 juta rupiah. Penjualan tersebut tentunya bukan karena tanpa sebab, girin showa yang dijual itu berhasil menjadi pemenang ajang Supremem Championship selama beberapa kali yakni 1976, 1977, 1979, dan 1980.

5. Koi Blue Showa

Blue Showa
Blue Showa

Ikan koi jenis blue showa ini mempunyai corak yang sangat menawan dengan perpaduan antara warna putih, hitam, dan merah di sekujur tubuhnya. Selain itu, keunikan dari jenis ini yaitu walaupun belum berusia genap satu tahun, panjang tubuh koi blue showa dapat tumbuh hingga 35 centimeter.

Harga dari koi jenis ini juga tidak kalah dengan jenis showa lainnya. Dalam salah satu ajang pelelangan ikan terbesar di Jepang yang berada di Farm Daichi Koi, jenis ikan koi blue showa mampu terjual dengan harga 700 juta rupiah.

6. Koi Sanke

Sanke
Sanke

Koi sanke mempunyai corak tiga warna yaitu hitam, merah, dan putih dengan warna hitam yang lebih dominan daripada warna lainnya. Corak yang dimiliki tersebut membuat tampilan dari koi jenis ini semakin cantik dan menarik.

Untuk Anda yang ingin memeliharanya tidak perlu khawatir karena jenis koi sanke banyak ditemukan di Indonesia. Koi jenis ini sangat tepat untuk menyalurkan hobi sekaligus mencari keuntungan.

Dengan cara pembudidayaan yang cukup mudah, harga dari ikan koi jenis sanke ini mampu menembus harga 20 juta rupiah per ekornya. Meskipun harganya cukup mahal, namun peminat dari jenis koi ini masih sangat banyak.

7. Koi Asogi

Asagi
Asagi

Koi asogi sangatlah unik memiliki warna silver menawan yang sangat menguatkan kesan elegan pada jenis ikan koi tersebut. Selain itu, keindahan dari jenis koi ini juga terdapat pada coraknya yang berwarna merah, oranye, kuning, putih, atau kombinasi di setiap bagian tubuhnya.

Karena keindahan yang dimilkinya tersebut, koi Asogi ini sering menjadi incaran dan buronan para pecinta ikan hias walaupun harga dapat mencapai 5 juta untuk satu ekornya. Banyak orang berkata, dengan menatap tubuh yang elegan dan indah pada koi ini penat dan lelah dapat hilang.

8. Koi Bekko

Bekko
Bekko

Ikan koi berjenis bekko ini juga tidak kalah menarik dari jenis lainnya. Dengan corak dominan putih disertai hiasan corak berwarna hitam diatasnya, dipercaya dapat memberikan sugesti ketenangan dan menghilangkan penat.

Jika Anda kurang menyukai warna putih tidak perlu khawatir, bekko ini juga ada yang berwarna merah sebagai corak dominan dan hitam sebagai hiasan. Selain itu, keunikan dari jenis koi ini adalah perkembangan tubuhnya yang mampu mencapai panjang 80 centimeter.

9. Sansei Sanke

Sansei Sanke
Sansei Sanke

Diketahui bahwa ikan sansei sanke ini pernah terjual pada ajang pelelangan ikan di Sakai Fish Farm dengan harga yang mampu menembus 100 juta rupiah. Jenis ini merupakan salah satu dari jenis koi terbaik yang dapat tumbuh lebih dari 70 centimeter dalam usia 3 tahun.

Terdapat tiga warna yang ada pada tubuh sansei sanke ini yaitu merah, hitam, dan putih. Dari kombinasi ketiga warna tersebut seakan-akan membentuk lukisan alam yang indah pada tubuh ikan.

10. Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku
Showa Sanshoku

Ikan koi berjenis showa sanshoku yang sering dipanggil dengan showa ini sebenarnya lebih mirip dengan sanke. Perbedaannya hanya terletak pada pola hitam yang ada pada tubuh ikan koi jenis ini.

Kalau pola hitam pada sanke hanya diatas tubuh saja, pola hitam yang ada di showa sanshoku ini menyebar di seluruh tubuh dari kepala hingga ekornya. Itulah keunikan yang dimiliki oleh jenis koi showa sanshoku ini.

Itulah beberapa jenis ikan koi dengan bentuk yang indah dan menawan. Walaupun rata-rata harga dari ikan koi diatas cukup tinggi, namun keindahan dan juga aura yang keluar dari tubuhnya dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Leave a Reply