Cacing

Umpan Ikan Lele yang Jitu untuk Mancing

Umpan Ikan Lele | Apakah Anda senang memancing ikan di sungai? Kegiatan ini merupakan aktivitas rekreasi yang menenangkan dan cukup terjangkau oleh seluruh kalangan.

Di samping itu, kegiatan ini juga produktif atau menghasilkan. Setelah menghabiskan waktu yang panjang untuk memancing, Anda dapat membawa hasilnya pulang untuk dinikmati oleh orang-orang terkasih.

Berbagai jenis ikan dapat ditangkap di sungai, salah satu yang terpopuler adalah ikan lele. Artikel ini akan membahas beberapa resep umpan ikan lele yang dapat disiapkan dengan mudah oleh pemancing di rumah.

 

Umpan Ikan Lele
Umpan Ikan Lele

Sepuluh Resep Umpan Ikan Lele yang Sederhana Namun Ampuh

Banyak orang membeli makanan ikan untuk memancing ikan lele. Akan tetapi, hasilnya tidak selalu efektif. Ternyata, Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana sebagai umpan memancing ikan ini. Berikut beberapa contohnya.

1. Adonan Tepung

Umpan Adonan Tepung
Umpan Adonan Tepung

Anda dapat membuat adonan tepung sebagai umpan ikan lele yang cukup praktis. Keunggulan dari umpan ini adalah persiapannya yang tidak membutuhkan waktu lama.

Selain itu, adonan ini juga akan mudah menempel pada pancing sehingga risiko untuk lepas setelah dijatuhkan ke air sangat kecil. Untuk membuatnya, Anda perlu menguleni tepung dengan air atau minyak hingga kalis.

Setelah itu, tambahkan bahan yang menimbulkan bau kuat seperti minyak cengkeh. Beberapa orang kurang berhasil menggunakan metode ini, akan tetapi adonan tepung tetap patut dicoba.

2. Keju

Keju
Keju

Umpan untuk menangkap ikan lele yang patut dicoba lainnya adalah keju. Keunggulannya adalah proses persiapannya yang mudah. Selain itu, keju dapat disangkutkan dengan kuat pada mata pancing sehingga tidak mudah terlepas saat memancing.

Sayangnya, keju merupakan alternatif umpan yang mungkin cukup mahal untuk sebagian orang. Pemancing disarankan untuk menggunakan keju yang sudah berusia beberapa bulan agar umpan memiliki bau yang tajam.

Untuk mempersiapkannya, Anda hanya perlu memotong keju dalam ukuran kubus kecil-kecil.

3. Potongan Ikan

Potongan Ikan
Potongan Ikan

Salah satu umpan ikan lele cukup efektif yang lain adalah potongan ikan. Lele diketahui cukup menyukai jenis umpan ini karena kesukaannya memangsa ikan-ikan kecil.

Keunggulan umpan potongan ikan adalah harganya yang cukup terjangkau. Umpan ini juga bisa didapatkan dengan mudah. Potongan ikan dapat menempel kuat pada mata pancing sehingga sulit baginya untuk terlepas.

Umpan potongan ikan dapat disajikan dalam keadaan mentah atau matang. Untuk persiapannya, Anda hanya perlu memotong ikan ke dalam potongan kecil untuk dipasangkan ke mata pancing.

4. Daging Cincang

Umpan Daging Cincang
Umpan Daging Cincang

Anda juga dapat menyiapkan umpan ikan lele berupa daging sapi cincang. Ikan ini cukup menyukai bentuk-bentuk daging segar, seperti daging sapi dalam contoh ini.

Keunggulannya adalah proses persiapannya yang cukup mudah, apalagi jika Anda membelinya sudah dalam keadaan siap pakai. Umpan ini juga memiliki indeks kesuksesan yang cukup tinggi.

Salah satu kelemahan dari penggunaan pakan ini adalah harganya yang cukup mahal. Tidak semua kalangan mampu mengaksesnya. Pemancing harus memastikan bahwa cincangan tidak terlalu kecil agar tetap dapat menempel di mata pancing.

5. Serangga Kecil

Serangga Kecil
Serangga Kecil

Alternatif mangsa untuk menangkap ikan lele yang lain adalah serangga berukuran kecil. Keunggulan dari pakan ini adalah efektivitasnya dalam menarik perhatian ikan.

Akan tetapi, apabila Anda tidak hidup di area pedesaan, cukup sulit untuk memperoleh serangga kecil. Proses menangkap serangga juga membutuhkan waktu.

Serangga yang cukup sering digunakan sebagai umpan adalah jangkrik. Anda disarankan untuk menekan perut jangkrik agar bau tidak sedapnya keluar. Apabila tidak, terdapat sari yang mampu menimbulkan bau tidak sedap.

6. Cacing

Cacing
Cacing

Cacing merupakan salah satu umpan ikan lele yang paling banyak digunakan orang. Umpan ini tergolong cukup efektif di kalangan pemancing dalam membantu menangkap ikan. Kelemahan umpan ini adalah kesulitan dalam memperolehnya, terutama bagi masyarakat perkotaan.

Anda harus mengaduk tanah pekarangan untuk menemukan cacing yang tersembunyi di dalamnya. Untung saja banyak toko pakan ikan mulai menjual cacing sehingga pemancing tidak perlu repot-repot mencari. Cacing juga dapat menempel dengan kuat pada pancing.

7. Udang Kecil

Umpan Lele Udang Hidup
Umpan Lele Udang Hidup

Udang kecil adalah alternatif umpan lain untuk menangkap ikan lele. Udang kecil memiliki bau amis yang khas. Bau tersebut akan menarik perhatian ikan lele untuk mendekat.

Cara untuk menyiapkan udang sebagai umpan adalah melepaskan kepala dan ekor hingga hanya tersisa bagian lunak dari udang.

Udang yang digunakan haruslah udang yang masih mentah. Beberapa orang tidak terlalu menyukai alternatif umpan ini karena harganya yang cukup mahal. Meskipun begitu, umpan ikan lele ini cukup efektif dan mudah digunakan.

8. Jeroan Ayam

Jeroan Ayam
Jeroan Ayam

Apabila Anda ingin mencari pemikat untuk menangkap ikan lele dengan harga murah, Anda dapat menggunakan jeroan ini. Jeroan ayam dapat dibeli di penjual ayam dengan harga murah. Apabila Anda mampu berkomunikasi dengan baik, penjual ayam seringkali memberikannya dengan cuma-cuma.

Umpan ikan lele ini cukup efektif dalam menangkap ikan tersebut. Akan tetapi, sebagian orang mungkin merasa risih untuk mempersiapkan potongan jeroan ayam karena bau amisnya yang cukup menyengat.

Baca juga : Umpan Terbaik Untuk Mancing Ikan Gabus

9. Racikan Terasi

Umpan Lele Terasi
Umpan Lele Terasi

Terasi merupakan bahan makanan dengan bau yang menyengat. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan racikan umpan ikan lele. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat racikan adalah pelet ikan, bawang putih yang telah dicincang, kuning telur rebus, dan terasi udang.

Bahan-bahan tersebut diuleni dengan air hangat hingga kalis. Racikan ini dapat menempel dengan baik pada mata pancing. Tentunya proses pembuatannya cukup intensif, akan tetapi Anda dapat membuat banyak adonan dalam satu waktu.

10. Laron

Laron
Laron

Laron adalah serangga yang cukup banyak ditemukan di Indonesia, terutama di saat musim hujan. Anda tidak perlu secara aktif keluar untuk mencari laron, karena serangga ini akan menghampiri rumah-rumah. Mereka biasanya terbang mengelilingi lampu rumah.

Laron dapat menjadi umpan ikan lele yang cukup efektif. Usahakan bahwa anatomi laron masih lengkap (sayap masih ada) untuk menarik perhatian ikan lele yang cukup menyukai serangga.

Seperti Anda ketahui, terdapat satu hal utama yang ditemukan dari sebagian besar pangan yang telah disebutkan, yaitu bau yang kuat. Ikan lele akan tertarik pada pikat karena baunya yang menyengat. Oleh karena itu, apabila Anda membuat racikan makanan baru pastikan bila pikat memiliki kualitas ini.

Umpan Lele
Umpan Lele

Selain itu, Anda perlu memperhatikan apakah umpan yang digunakan dapat terpasang dengan baik pada mata pancing biasa. Sebagian umpan akan langsung hanyut terbawa air apabila konsistensinya terlalu lembek.

Anda mungkin harus menyiapkan mata pancing khusus untuk umpan-umpan tertentu. Kemungkinan pemancing juga harus menyiapkan penarik perhatian ikan berupa hiasan yang cukup besar pada mata pancing.

Masih ada banyak pilihan makanan ikan yang terdapat di luar sana, sebagian dapat diperoleh dengan harga sangat terjangkau. Semoga resep dan persiapan umpan ikan lele yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat dalam kegiatan memancing Anda. Tentunya Anda tidak ingin pulang dengan tangan hampa ke rumah.

Leave a Reply