Jenis Lovebird

Jenis Lovebird dan Berbagai Macam Warna Cantiknya

Jenis Lovebird | Lovebird merupakan burung yang memiliki variasi warna yang sangat beragam. Selain suaranya yang khas dan banyak diperlombakan, burung lovebird juga memiliki banyak mutasi warna yang menarik.

Tidak heran jika banyak pecinta lovebird yang menangkar burung berparuh bengkok ini guna memperoleh mutasi-mutasi warna baru yang tentunya memiliki harga yang cukup mahal.

Bagi Anda yang masih awam dengan burung lovebird, berikut ini ada beberapa jenis lovebird yang bisa Anda pelajari.

9 Jenis Lovebird Menarik untuk Dipelihara

Lovebird sangat disukai karena perawatannya yang mudah dan murah. Di Indonesia sendiri terdapat banyak komunitas pecinta burung berparuh bengkok ini. Apa saja jenis dari lovebird yang bisa ditemui?  Berikut daftar lovebird yang sangat menarik.

1. Lovebird muka salem

Jenis Lovebird Muka Salem
Jenis Lovebird Muka Salem

Lovebird muka salem merupakan variasi yang paling sering ditemui. Lovebird muka salem berasal dari gurun sekitar Afrika. Bentuknya kecil, yaitu ukuran tubuh hanya mencapai 18 cm, panjang sayap 10,6 cm, dan ekor 4-5 cm.

Warna lovebird muka salem merupakan kombinasi antara hijau di ekor, sedikit biru di bagian punggung bawah, merah mudah di bagian wajah, serta gading di bagian paruhnya.

Ketika memelihara lovebird muka salem, Anda perlu tahu bahwa mereka tidak terlalu banyak mencuit. Jenis lovebird ini lebih sering diam dan memilih untuk menirukan suara yang ada di lingkungan sekitarnya.

Interaksi ini akan semakin berkurang apabila Anda memilih untuk memelihara lovebird muka salem jantan dan betina secara bersamaan.

2. Lovebird pastel putih

Pastel Putih
Pastel Putih

Lovebird tidak selalu kombinasi warna cerah. Lovebird pastel putih merupakan salah satu lovebird yang memiliki varian warna putih di bagian kepala sampai punggung dan kebiruan di bagian kaki sampai ekor.

Warna paruhnya akan terlihat berwarna merah muda sedikit mengkilap. Ukuran lovebird pastel putih tidak berbeda dengan lovebird lain. Anda bisa menempatkannya dalam kandang burung pada umumnya.

Jika berminat jenis lovebird ini, maka Anda harus memastikan kebersihan kandangnya. Jauhkan lovebird pastel putih dari kotoran burung dan sisa makanannya.

Bagian tempat makan dan minum juga harus dibersihkan agar tidak tumbuh lumut. Hal ini selain bertujuan untuk mencegah penyakit tetapi juga untuk menjaga warna bulunya agar senantiasa putih bersih.

Baca juga : Cara Menjodohkan Lovebird yang Benar, Cepat Jadi !

3. Lovebird albino

Jenis Lovebird Albino
Jenis Lovebird Albino

Lovebird albino juga memiliki warna bulu putih. Perbedaannya dengan lovebird pastel putih adalah warna putih pada lovebird albino lebih merata di semua bagian tubuhnya termasuk kuku.

Bagian matanya juga akan terlihat merah terang meskipun beberapa lovebird albino juga ditemui memiliki mata hitam. Selain itu, kaki albino memiliki warna pink.

Cara perawatan lovebird albino sama seperti pastel putih. Lingkungan sekitar jenis lovebird ini harus dirawat dengan baik agar warna bulunya senantiasa terjaga dengan baik. Lovebird albino termasuk kelompok lovebird yang langka.

4. Lovebird biru mangsi

Biru Mangsi
Biru Mangsi

Jenis lovebird juga ada yang memiliki warna lebih gelap. Lovebird biru mangsi hidup dengan bulu berwarna biru samudra dengan kepala berwarna hitam dan putih di bagian lehernya.

Anda juga bisa menemukan lovebird biru mangsi berwarna hitam di seluruh bagian tubuhnya. Beberapa lovebird biru mangsi memiliki kepala berwarna putih dengan badan biru samudra. Paruhnya berwarna coklat muda dan putih.

Warna lovebird biru mangsi yang berbeda-beda disebabkan peranakan yang divariasi. Anda bisa merencanakan untuk mendapatkan anakan lovebird biru mangsi dengan kombinasi warna apa dengan menghadirkan jantan dan betina yang sesuai.

Meskipun perencanaan ini tidak 100% akurat, banyak orang yang mencoba menerapkannya untuk mendapatkan anakan lovebird biru mangsi sesuai harapan.

Baca Juga : Tata Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

5. Lovebird biru cobalt

Biru Cobalt
Biru Cobalt

Hampir sama dengan sebelumnya, lovebird biru cobalt atau toska memiliki tubuh dengan kombinasi warna biru, hitam, dan putih. Perbedaan lovebird biru cobalt adalah di bagian dadanya, yaitu berwarna putih.

Warna biru hanya terdapat di bagian sayap dan punggung saja. Beberapa jenis lovebird biru cobalt bahkan memiliki warna bulu biru kehijuan. Bagian paruh lovebird biru cobalt kombinasi antara merah dan oranye.

Terdapat 2 varian lovebird biru cobalt, yaitu personata dan fischeri. Perbedaan keduanya terletak pada warna bulu dan gradasinya. Lovebird biru cobalt personata memiliki warna bulu lebih pekat dibandingkan fischeri.

6. Lovebird batman

Batman
Batman

Apakah Anda penggemar superhero batman? Jika ya, mungkin jenis lovebird batman sangat cocok untuk kesukaan Anda. Lovebird batman memiliki tubuh dengan bulu kombinasi hitam dan putih.

Bagian kepala, punggung, dan sayap berwarna hitam, sedangkan leher dan dadanya berwarna putih. Di sekeliling matanya terdapat warna putih. Paruhnya berwarna merah muda.

Terdapat 3 varian lovebird batman yang bisa Anda temui, yaitu lovebird batman personata, lovebird batman sable head, dan lovebird batman fischery. Perbedaan ketiganya terletak pada gradasi dan kombinasi warnanya.

7. Lovebird olive

Olive
Olive

Jenis lovebird olive menghadirkan warna bulu yang unik, yaitu hijau zaitun. Anda bisa melihat adanya kombinasi warna hijau gelap, hijau terang, dan kuning. Gradasi warna bulu terlihat di antara kepala, leher, sayap, dada, dan ekor.

Lovebird olive memiliki paruh berwarna merah bata dengan garis putih di sekitarnya. Bagian mata juga dikelilingi dengan garis putih yang menegaskan batas antara mata dengan wajah.

Variasi lovebird olive ada banyak macam, mulai dari perso, biola euwing, euwing hijau, standar, sampai dakocan hijau. Makanan lovebird olive bisa berasal dari sayuran segar, buah, biji-bijian, dan voer.

Anakan lovebird olive bisa didapatkan dari pejantan dan betina lovebird atau pejantan batman dan betina olive.

8. Lovebird Parblue

ParBlu
ParBlu

Lovebird Parblue merupakan jenis lovebird yang memiliki warna bulu cantik. Ciri khas utama dari jenis ini yakni dari warna paruhnya yang lebih oranye dari lovebird lainnya. Selain itu, lovebird parblue atau dikenal juga dengan PB ini memiliki kepala yang khas berwarna kunyit.

Ada banyak macam warna lovebird Parblue yang banyak dijumpai yakni PB tourquise, PB Vio, PB mouve, PB Pied, PB euwing dan lain-lain. Lovebird-lovebird ini memiliki beragam varian warna seperti fischeri, sable atau personata. Harga lovebird ini juga terbilang cukup mahal.

9. Biola

Biola
Biola

Lovebird jenis ini mungkin bisa dikatakan jenis yang banyak diminati para pecinta Lovebird. Pasalnya harga lovebord biola cukup mahal. Ciri-ciri lovebird ini terletak pada bulunya yang cantik seperti motof batik dengan kepala yang sabel (plontos).

Dulu, warna biola yang banyak ditemui yakni biola hijau dengan ciri bulu berwarna hijau pekat dengan kepala merah ‘pedas’ yang cantik.

Saat ini, ada banyak variasi warna lovebird biola yakni biola biru, biola vio, dan biola mouve. Yang membedakan lovebird ini hanya dari warna bulunya saja. Untuk motif bulunya sama yakni motif batik.

Biola ini juga memiliki beragam mutasi warna yang menarik dengan harga yang sangat fantastis. Tidak heran jika lovebird ini banyak dipasangkan dengan jenis lainnya agar tercipta mutasi warna baru seperti Biola Parblue atau Biola Euwing.

Jenis-Jenis Lovebird
Jenis-Jenis Lovebird

Lovebird merupakan burung kecil yang menarik. Jenis lovebird beragam dengan ciri khas masing-masing. Tempatkan lovebird di tempat bercahaya dan terus mendapatkan asupan yang baik supaya lebih ramai.

Leave a Reply