Mastering Burung Kacer

Cara Mendapat Suara Burung Kacer Juara, Simak Infonya!

Suara Burung Kacer Juara | Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang diandalkan suaranya. Kicauan yang sangat merdu dan juga lantang, mampu membuat setiap orang tertarik untuk mendengarkannya.

Suara Burung Kacer Juara
Suara Burung Kacer Juara

Selain itu, kelebihan dari burung kacer ini adalah suara atau kicauannya dapat diisi dengan berbagai master atau suara dari burung lain.

Suara burung kacer juara tersebut yang membuat para peternak dan pecinta burung, sangat menyukai burung yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, serta Bali ini.

Faktor Penghambat Suara Burung Kacer Juara

Selain dikarenakan oleh suaranya yang sangat bagus, ketertarikan dari para pecinta burung terhadap burung kacer ini juga dikarenakan oleh perawatannya yang cukup mudah dan juga mempunyai mental kuat.

Akan tetapi meskipun perawatannya cukup mudah, hal ini bukan berarti dalam perawatan burung kacer tersebut tidak akan terjadi masalah. Tetap saja akan muncul beberapa masalah yang terjadi pada burung kicau terutama burung kacer.

Ketika terjadi masalah, biasanya burung kacer akan menjadi pendiam, bahkan tidak mau berbunyi sama sekali.

Faktor Penghambat Kacer Untuk Gacor
Faktor Penghambat Kacer Untuk Gacor

Terdapat beberapa penyebab dari macetnya bunyi pada burung kacer yang sering ditemui. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dari munculnya suara burung kacer juara tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Burung kacer dapat mengalami stres dan mogok bunyi yang dapat disebabkan oleh perubahan pada lingkungan tempat burung tersebut diletakkan. Selain itu, lingkungan yang terlalu ramai atau berisik juga dapat membuat burung kacer menjadi stres.
  • Perawatan sehari-hari yang tidak benar juga dapat membuat burung kacer mogok bunyi. Hal ini dikarenakan burung kacer tidak dapat tumbuh dengan semestinya.
  • Ketika salah dalam perawatan, maka kemungkinan besar burung kacer akan sakit dan tidak mau berbunyi secara maksimal bahkan mogok bunyi.
  • Masa pergantian bulu pada burung kacer merupakan sebuah masa krusial, dimana akan berpengaruh pada masa depan dari burung kacer termasuk kicauannya. Jika dalam masa ini tidak dilakukan perawatan dengan benar, maka burung kacer bisa mogok bunyi.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari suara burung kacer juara. Maka dari itu agar burung kacer yang dipelihara tidak mogok dalam bersuara dan mampu memunculkan suaranya dengan maksimal, Anda dapat mengikuti beberapa tips sebagai berikut.

Merawat Kacer
Merawat Kacer
  • Lakukan perawatan harian terhadap burung kacer dengan baik dan benar. Perawatan yang dimaksud meliputi memandikannya setiap hari kemudian menjemurnya hingga benar-benar kering. Selain itu, jangan lupa menambahkan ekstra food khusus untuk burung kicau pada pakannya. Akan tetapi perawatan harian tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan, contohnya terlalu lama menjemurnya, karena dapat membuat burung kacer merasa kepanasan dan tidak mau berbunyi. Apabila perawatan yang dilakukan terasa berpengaruh buruk pada burung kacer, maka sebaiknya kembalikan dalam kondisi semula.
  • Seperti yang telah diketahui bahwa lokasi sangat mempengaruhi suara burung kacer juara. Untuk itu, perhatikan lokasi atau tempat dimana sangkar dari burung kacer tersebut diletakkan, baik itu ketika malam hari ataupun ketika penjemuran setelah dimandikan. Jika Anda rasa tempat yang digunakan untuk meletakan sangkar dari burung kacer tersebut tidak cocok dan berdampak buruk, maka cobalah mencari tempat alternatif lainnya yang pastinya lebih tenang dan terhindar dari kebisingan.

Memilih Bakalan Burung Kacer

Memilih Bakalan Burung
Memilih Bakalan Burung

Untuk mendapatkan kualitas suara burung kacer juara ini, selain memperhatikan dan melakukan perawatan yang baik dan benar, tentunya bakalan dari seekor burung kacer juga menjadi hal dasar yang perlu untuk diperhatikan.

Walaupun Anda telah melakukan berbagai macam perawatan dengan baik dan benar, namun apabila bakalan dari burung kacer yang dipelihara sebenarnya tidak bagus, tentunya suara dari burung kacer yang nantinya dihasilkan juga tidak akan maksimal.

Untuk itu, berikut beberapa tips dalam memilih bakalan burung kacer yang mempunyai potensi menghasilkan suara indah.

  1. Langkah pertama dalam memilih bakalan burung kacer yang mempunyai potensi menghasilkan suara burung kacer juara yaitu dengan memperhatikan paruhnya. Pilihlah bakalan burung kacer yang mempunyai paruh tebal dan panjang. Selain itu, hindari memilih burung kacer yang paruhnya panjang sebelah ataupun bengkok karena bisa mempengaruhi tingkat kenyaringan suara dari burung kacer tersebut.
  2. Selanjutnya adalah perhatikan lubang hidung pada burung kacer. Bakalan burung kacer yang bagus mempunyai lubang hidung yang dekat dengan matanya. Selain itu, pastikan lubang hidung yang dimiliki cukup besar dan tembus karena akan berpengaruh pada keluarnya suara.
  3. Mata pada burung kacer juga perlu untuk Anda perhatikan dalam memilih bakalan burung kacer. Hal ini dikarenakan bentuk mata yang besar dapat menandakan mental dari burung kacer tersebut sangat besar. Jadi hindari memilih burung kacer yang memiliki mata kecil, karena mental yang dimiliki untuk berbunyi kurang baik.
Burung Kacer Ideal
Burung Kacer Ideal
  1. Perhatikan leher yang dimiliki oleh burung kacer. Leher menjadi salah satu hal yang dapat memunculkan suara burung kacer juara. Pada umumnya, bakalan burung kacer yang mempunyai bentuk leher padat dan berisi memiliki power suara panjang dan juga keras.
  2. Setelah itu, pastikan bakalan burung kacer yang dipilih mempunyai bentuk kaki besar dan kuat ketika mencengkram. Selain itu pastikan juga sayapnya mampu mengepit rapat dan simetris, hal ini menandakan bakalan burung kacer yang dipilih memiliki daya tahan kuat.
  3. Hal terakhir dalam pemilihan bakalan burung kacer yang memiliki potensi mengeluarkan suara burung kacer juara adalah memperhatikan bagian ekornya. Pilihlah bakalan burung kacer yang mempunyai bentuk ekor pendek. Banyak yang telah membuktikan bahwa burung kacer yang memiliki ekor pendek mampu mengeluarkan suara lebih nyaring, dibandingkan dengan yang memiliki ekor panjang.

Mastering Pada Burung Kacer

Mastering Burung Kacer
Mastering Burung Kacer

Ketika Anda sudah memilih burung kacer yang memiliki potensi mengeluarkan suara burung kacer juara sesuai dengan tips di atas, tentunya diperlukan mastering agar bakalan burung kacer yang telah dipilih mampu berkembang dengan baik serta dapat mengeluarkan suara indah.

Untuk itu, berikut beberapa cara dalam mastering pada burung kacer.

  1. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan mastering pada burung kacer. Jangan lakukan mastering ketika burung kacer berganti bulu ataupun sedang sakit karena tingkat pendengarannya sedang tidak akan maksimal.
  2. Lakukan mastering pada burung kacer setidaknya pukul 7 malam dengan memutar audio mastering pada volume sedang. Putarlah audio sampai pagi hari didalam rumah untuk menghindari segala kebisingan dan burung kacer dapat berkonsentrasi secara maksimal.
  3. Pastikan makanan serta minuman untuk burung kacer tetap tercukupi ketika melakukan mastering. Hal ini ditujukan agar kesehatan pada burung kacer tetap terjaga. Dengan kesehatan yang baik, maka burung kacer akan lebih mudah berkonsentrasi untuk memasukan suara master yang diputar.
Mendapatkan Suara Burung Kacer Juara
Mendapatkan Suara Burung Kacer Juara

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar burung kacer Anda mampu mengeluarkan suara burung kacer juara. Dengan demikian burung kacer tersebut dapat berbunyi indah secara maksimal dan mastering yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply