Suara Burung Kolibri Wulung

Suara Burung Kolibri Wulung yang Merdu dan Gacor

Download Suara Burung Kolibri Wulung | Burung Kolibri merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan merdu. Burung ini termasuk dalam famili Nectariniidae dan dari genus Chalcoparia.

Di Indonesia, burung kolobri Wulung ini memiliki nama berbeda-beda, burung kolibri muncang atau sering juga dikenal dengan nama burung madu belukar.

Sedangkan secara ilmiah, burung ini lebih dikenal dengan nama Chalcoparia Singalensis atau penamaan dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama Ruby-cheeked Sunbird.

Burung ini sebenarnya masuk dalam kategori burung yang dilidungi. Hal ini karena di alam sendiri populasinya sudah semakin sedikit. Selain suara burung kolibri wulung yang merdu, burung ini juga memiliki karakter fisik yang cantik.

Ruby-cheeked Sunbird, Burung Mungil dengan Suara Burung Kolibri Wulung yang Merdu

Kolibri Wulung
Kolibri Wulung

Kolibri Wulung atau Ruby-cheeked Sunbird ini sama seperti keluarga kolibri lain, juga masuk dalam kategoru burung kecil. Hal ini karena memang ukuran burung ini yang cukup mungil, yaitu hanya berukuran sekitar 10 sampai 11cm saja.

Sedangkan berat tubuhnya bahkan tidak mencapai 10g, yaitu berkisar antara 8,2 hingga 9,1g saja untuk burung jantan dan betinanya hanya memiliki berat tubuh sekitar 8,6g.

Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, tidak hanya suara burung kolibri wulung saja yang menjadi daya tariknya, namun juga bentuk tubuh dan warna bulunya.

Kolibri wulung ini memiliki warna bulu yang bervariasi dan berwarna warni. Warna bulu antara burung jantan dan betina pun berbeda.

Seperti misalnya untuk jenis burung kolibri wulung jantang yang memiliki ciri khas warna pada bagian atas tubuh dan mahkotanya berwarna hijau tua dengan pipi berwarna merah tua.

Sedangkan untuk bagian perutnya memiliki warna kuning sedangkan bagian dada hingga tenggorokannya berwarna coklat hingga jingga.

Sedikit berbeda dengan burung jantan, burung betinanya juga memiliki warna bulu yang bervariasi. Bedanya dengan burung kolibri wulung jantan adalah pada bagian atas tubuhnya memiliki warna zaitun hingga kehijauan.

Sedangkan tubuh bagian bawahnya memiliki warna yang sama persis dengan burung jantan namun lebih pucat. Burung kolibri wulung betina juga memiliki iris berwarna coklat hingga merah. Bagian paruhnya berwarna hitam sedangkan bagian kakinya hitam agak kehijauan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Suara Burung Kolibri Wulung

Faktor Penyebab Suara Kolibri Tidak Keluar
Faktor Penyebab Suara Kolibri Tidak Keluar

Saat hidup di alam liar, suara burung kolibri wulung terdengar sangat merdu karena dipengaruhi oleh lingkungan dan makanannya di alam. Namun jika Anda ingin memelihara burung ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar burung mau berkicau dan kicauannya bisa terdengar merdu.

1. Memandikan dengan Rutin dan Benar

Agar suara burung kolibri wulung bisa maksimal, proses memandikan burung ini juga harus benar-benar diperhatikan. Anda harus memandikan burung ini setiap pagi sekitar pukul 7.

Memandikannya harus dengan cara disemprot menggunakan sprayer berkekuatan lmnbut. Jangan lupa juga mencampurkan shampo di dalam cairan yang akan digunakan untuk memandikan tadi.

Tujuannya adalah untuk membuat bulu burung jadi semakin halus dan tentu saja untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada di dalam bulunya.

2. Proses Menjemur yang Benar

Proses Menjemur
Proses Menjemur

Jangan remehkan proses penjemuran pada burung kicau, karena proses penjemuran yang benar juga akan mempengaruhi kicauannya. Begitu pula dengan burung kolibri wulung.

Proses penjemuran yang benar akan mempengaruhi suara burung kolibri wulung ini. Cara penjemurannya adalah, pertama sebelum memandikan usahakan untuk mengangin-anginkan burung di luar rumah.

Karena harus dilakukan sebelum mandi, ada baiknya jika Anda melakukan proses ini pada pada pukul 06.00. Ini adalah proses pengembunan. Untuk penjemuran, penjemuran yang baik bisa Anda lakukan selama 2 jam atau lebih. Ini akan membantu membuat bulu burung jadi lebih baik.

3. Pemberian Pakan yang Tepat

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Satu lagi hal yang tak boleh dilewatkan untuk membuat suara burung kolibri wulung bisa terdengar merdu adalah makanannya. Di alam, burung ini lebih banyak makan nektar.

Namun sebagai ganti nektar, ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan kepada burung ini seperti air gula atau madu. Ternyata, membuat makanan yang tidak divariasi justru akan memberikan dampak negatif bagi burung itu sendiri.

Seperti beberapa dampak negatif pemberian beberapa jenis pakan di bawah ini.

  • Madu
Madu
Madu

Memberikan madu sebagai pengganti nektar bisa memberikan efek menghangatkan bagi tubuh burung. Jika tubuh burung hangat, maka suara burung kolibri wulung juga bisa keluar dengan maksimal.

Namun di lain sisi, jika terus-terusan diberi madu akan berakibat pada rontoknya bulu burung kolibri. Tak hanya itu saja, madu yang sifatnya panas jika diberikan dalam jumlah yang Berlebihan akan membuat emosi burung jadi meningkat sehingga burung cenderung menjadi galak.

  • Susu Kental Manis

Makanan alternatif pengganti nektar selanjutnya yang bisa diberikan pada burung kolibri ini adalah susu kental manis.

Pemilihan makanan ini Juga akan  secara langsung mempengaruhi kualitas suara burung kolibri wulung, susu kental manis akan memberikan energi lebih pada burung serta membuat burung memiliki bulu yang lebih mengkilap.

Sayangnya, jika diberikan terlalu sering pun bisa memberikan dampak negatif, yaitu membuat burung jadi cenderung malas berbunyi.

Selain itu, jika terus dibiarkan tanpa diberi variasi, lama kelamaan burung akan semakin gemuk dan menimbulkan timbulnya benjolan lemak. Benjolan lemak ini jika tidak ditangani dengan tepat bahkan bisa menimbulkan kematian.

  • Air Gula
Air Gula
Air Gula

Air gula juga bisa menjadi alternatif makanan. Air gula ini juga mengandung energi yang cukup untuk burung. Namun jika hanya diberikan air gula tanpa diberi variasi makanan lain justru akan membuat burung jadi kurang asupan nutrisi seperti kekurangan kandungan lemak dan nutrisi lainnya.

Ini akan membuat burung lama kelamaan akan menjadi semakin kurus dan lemas. Pemberian jenis dan variasi makanan sudah pasti akan mempengaruhi kualitas suara burung kolibri wulung itu sendiri.

Seperti beberapa jenis makanan pengganti nektar di atas. Selain memberikan dampak positif seperti menghangatkan tubuh, mempercantik bulu burung, memberikan nutrisi lebih dan lain sebagainya.

Namun di sisi lain, jika tidak diberi variasi dalam komposisi makanan justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan burung, seperti yang dijelaskan di atas.

Oleh karena itu, perlu dilakukan variasi dalam memberikan makanan. Ketiga bahan makanan pengganti nektar di atas bisa diberikan secara bervariasi untuk membuat burung jadi tidak bosan.

Allternatif variasi makanan lain pengganti nektar yang bisa coba Anda berikan misalnya perpaduan jus buah, susu kental manis dan madu yang dicampur kemudian dicampurkan dalam satu wadah yang disimpan di dalam lemari pendingin.

Variasi makanan ini juga akan memberikan nutrisi lebih bagi burung. Selain itu variasi makanan ini juga akan menghindarkan beberapa dampak negatif seperti yang disebutkan di atas.

Membentuk Suara Kolibri Wulung
Membentuk Suara Kolibri Wulung

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang apa itu burung kolibri wulung ciri fisiknya, serta bagaimana membuat makanan yang baik untuk memaksimalkan suara kicauannya.

Karena ketika berada di alam, burung ini bisa mencari makanan sendiri yang bervariasi dengan kandungan nutrisi yang bervariasi pula. Dengan begitu akan membuat suara burung kolibri wulung juga lebih merdu.

Oleh karena itu, ketika dipelihara, pastikan Anda memberikan variasi makanan juga untuk tetap memaksimalkan suaranya serta mencegah dari penyakit dan dampak negatif seperti yang dijelaskan di atas.

Berikut ini Suara Burung Kolibri Wulung mp3

Suara burung di bawah ini dari beberapa sumber, ada yang dari suarau burung wulung jantan, betina, tarung maupun wulung pikat :

  • Suara Kolibri Wulung Versi 1

  • Suara Kolibri Wulung Versi 2

  • Suara Kolibri Wulung Versi 3

  • Suara Kolibri Wulung Versi 4

  • Suara Kolibri Wulung Versi 5

Leave a Reply