Tata Cara Ternak Lovebird yang Benar Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Cara ternak lovebird | Love bird atau burung cinta dalam bahasa Indonesia, banyak digemari oleh banyak orang dikarenakan warnanya cerah dan enak dipandang serta memiliki suara yang khas. Untuk ukuran tubuh, lovebird mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil dibanding burung paruh bengkok lainnya.

burung lovebird

Burung ini akan selalu dekat dengan pasangannya dan hanya sekali memiliki pasangan seumur hidup. Untuk itu, banyak orang yang tertarik untuk memelihara sepasang lovebird. Burung ini juga tahan segala jenis cuaca dan memiliki perawatan yang mudah.

Dengan kelebihan yang dimiliki lovebird, akan memberikan keuntungan melimpah bagi Anda yang menternakan burung tersebut. Berikut tahapan cara ternak lovebird yang baik dan benar.

Tahap Pemilihan Bakal Lovebird

pemilihan lovebird

Tidak semua lovebird dapat memiliki warna dan suara yang indah. Oleh karena itu, berikut beberapa tips memilih bakal lovebird untuk mendukung cara budidaya lovebird yang baik dan benar.

1. Usia lovebird

Usia lovebird yang bagus untuk dibudidayakan yakni sekitar 1 tahun atau minimal 8 bulan. Di usia ini baik betina dan pejantan sudah mulai masuk masa birahi.

2. Kepala lovebird

Kepala yang besar pada lovebird menandakan bahwa memiliki nyali yang besar.

3. Leher lovebird

Leher panjang dan padat berisi menunjukan burung akan mengeluarkan power nada secara optimal.

4. Postur tubuh lovebird

Postur tubuh lovebird

Selain kepala dan leher, hal penting dalam cara beternak lovebird tahap pemilihan bakal adalah memilih lovebird yang memiliki dada yang lebat. Selain itu, pilih lovebird yang memiliki kaki, ekor, tubuh, dan leher yang cocok dan seimbang. Hindari memilih lovebird yang mempunyai leher dan tubuh yang pendek.

5. Sayap dan kaki lovebird

Pilih lovebird yang menggenggam dahan dengan kuat dan sayap yang mengapit kuat.

6. Gerak-gerik lovebird

ternak lovebird

Lovebird yang baik akan bergerak secara gesit dan lincah serta bernafsu makan tinggi menandakan burung yang sehat.

7. Bola mata lovebird

Lovebird yang memiliki mata besar bercaya dengan sorot yang tajam akan sangat mendukung dalam beternak lovebird.

Proses Perkawinan dan Bertelur

Tahapan ini merupakan tahap yang paling penting dan harus dicermati agar cara ternak lovebird berjalan lancar dan tidak sia-sia.

perkawinan lovebird

1. Perkawinan lovebird

Seperti yang dijelaskan pada cara diatas, ketika lovebird sudah menemukan pasanganya pada kandang koloni maka Anda perlu memindahkan pasangan tersebut pada kandang sekat agar mempermudah pengawasan dan memberi keleluasaan masa perkawinan.

2. Makanan tambahan

Pada masa ini, Anda perlu lebih memperhatikan gizi pada indukan. Anda dapat membeli nutrisi tambahan bagi lovebird di toko pakan burung. Selain itu, penambahan sayuran seperti kangkung, jagung, tauge dan lainnya cukup bagus untuk menambah birahi lovebird agar cepat kawin.

3. Sarang burung lovebird

Untuk membuat tempat bertelur untuk lovebird, Anda dapat membuatnya menggunakan kulit jagung kering atau bisa juga dengan serutan kayu.

Serutan kayu atau kulit jagung tersebut dapat memberikan susuh hangat pada telur dan memiliki kelembapan yang cukup dengan cara kupas kecil-kecil serabut kelapa kemudian taruh pada kandang maka lovebird akan mengambil dengan sendirinya untuk dijadikan sebagai sarang.

Tahap Pemilihan Kandang

sangkar lovebird

Kandang menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam beternak lovebird. Selain menjadi tempat pemeliharaan, kandang juga dapat menambah sisi kecantikan dari lovebird.

1. Kandang koloni atau kandang umbaran

Kandang ini memiliki ukuran relatif besar yang dapat diisi oleh beberapa pasang burung sekaligus. Tujuan dibuatnya kandang ini agar Anda dapat menyeleksi indukan yang akan diternakan. Dengan kandang tersebut akan mempermudah dan menghemat waktu dalam perjodohan lovebird.

2. kandang sekat atau kandang perjodohan tunggal

Setelah Anda mendapat pasangan lovebird dari kandang umbaran, hal yang harus dilakukan adalah memindah pasangan tersebut kedalam kandang sekat.

Pemindahan bertujuan untuk mempermudah pengawasan serta memberi keleluasan masa perkawinan bagi lovebird. Hal yang perlu Anda siapkan pada kandang ini adalah tempat bertelur dan mengerami. Untuk ukuran, kandang ini tidak terlalu besar namun cukup untuk terbang kecil.

Makanan yang Baik Buat Lovebird

pakan lovebird biji

Tahapan dan cara ternak lovebird yang tidak kalah penting adalah pemberian makanan. Pemberian makanan yang berkualitas sangat mempengaruhi pertumbuhan serta hasil lovebird.

  • Milet merah dan putih

Milet merah dan putih dapat memberikan daya tahan yang kuat pada lovebird. Dengan pemberian rutin serta perawatan yang intensif maka akan membantu memperbagus kicau dari lovebird. Dengan harga yang cukup terjangkau, milet cocok untuk dijadikan makanan pokok lovebird dalam hal cara ternak lovebird.

  • Jagung manis

Kandungan vitamin B dan C , Asam Folat dan Beta Karoten pada jagung manis, makanan tersebut dapat menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh lovebird. Rebus dahulu sebelum diberikan pada lovebird agar mudah dikonsumsi dan dicerna.

  • Biji oat

Biji oat dapat membuat lovebird agar lebih aktif dan sehat karena protein serta kalori yang terkandung pada makanan ini. Biji oat baik digunakan sebagai variasi makanan yang dapat Anda beri tiga kali dalam satu minggu.

  • Kangkung

Kangkung sangat cocok digunakan sebagai makanan tambahan agar lovebird cepat birahi. Maka dari itu, pada masa kawin perbanyak pemberian kangkung.

  • Biji kenari

Biji-bijian ini memang sering digunakan sebagai pakan kenari. Namun, pakan ini juga cocok diberikan kepada burung kicau seperti lovebird karena memiliki khasiat yang sangat bagus terhadap kicau burung.

Pemanenan dan Perawatan Anakan Lovebird

panen lovebird

Cara memelihara lovebird pada tahapan ini harus Anda perhatikan dengan baik karena berhubungan dengan kualitas bakal lovebird yang akan dihasilkan. Perawatan anakan tentunya berbeda dengan indukan serta Anda perlu ekstra hati-hati dalam merawat anakan lovebird.

  • Pemisahan kandang

Pemindahan anakan lovebird sebaiknya Anda lakukan setelah usia anakan lebih dari dua minggu. Hal tersebut dikarenakan perawatan dari induk lovebird sebelum berusia dua minggu akan membuat suara lebih bagus dan daya tahan tubuh yang kuat.

Cara ternak lovebird dengan penyediaan berbagai macam kandang akan mempercepat pergantian perkawinan lovebird.

  • Kandang anakan lovebird

Tempatkan kandang anakan lovebird di dalam ruangan yang tidak terkena udara luar secara langsung. Selain pada kandang diberi sarang buatan dari serabut kelapa seperti yang dibuat oleh indukan, penambahan lampu dalam kandang akan membantu menghangatkan anakan lovebird tersebut.

  • Makanan anakan lovebird

Anakan lovebird tentunya belum bisa mencerna makanan seperti yang diberikan pada lovebird dewasa. Untuk tetap memberikan nutrisi, Anda dapat memberikan campuran bubur bayi dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan vitamin burung agar lebih tahan terhadap penyakit.

  • Cara memberi makan anakan lovebird

Anda dapat menggunakan alat spet untuk menyedot bubur bayi yang telah diencerkan. Ketika alatnya sudah penuh, maka dapat langsung diberikan kepada anakan dengan cara melolohkan kedalam mulut anakan lovebird tersebut.

Selain spet, Anda juga bisa menggunakan cara loloh yang lebih mudah yakni menggunakan sendok. Anda tinggal melolohkannya langsung ke mulut piyikan lovebird. Usahakan memberi makan piyikan jika tembolok bayi lovebird sudah benar-benar kosong.

Itulah beberapa tahapan dan cara ternak lovebird. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha ternak lovebird. Selain itu, ketelitian dalam perawatan menjadi kunci utama agar mendapat hasil yang berkualitas.

Leave a Reply