bunga wijaya kusuma

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Sebagai Budidaya Tanaman Hias

Cara menanam bunga wijaya kusuma | Bunga Wijaya Kusuma merupakah salah satu jenis bunga yang berwarna putih yang biasanya mekar setahun sekali di malam hari. Warnanya yang putih melambangkan kebersihan, keanggunan dan kesucian.

Bunga ini juga dikenal dengan harumnya yang semerbak. Keunikan dan kelangkaan bunga ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk belajar cara menanam bunga wijaya kusuma.

Selain itu, bunga ini juga bunga berumur pendek sehingga sangatlah langka untuk dapat menikmati keindahan dan keharuman bunga wijaya kusuma. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan jika ingin membudidayakan bunga wijaya kusuma.

Pandua Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Dari Awal Pembibitan

Sebelum membudidayakan bunga wijaya kusuma sebaiknya mengetahui tips-tips cara menanam bunga wijaya kusuma agar segala media dan faktor pendukung dapat disiapkan dan dapat dilakukan jauh-jauh hari untuk hasil yang maksimal.

bunga wijaya kusuma mekar

Pembudidayaan bunga wijaya kusuma biasanya gak terlalu banyak orang yang mengetahui karena bunga ini sendiri tidak begitu dikenal masyarakat karena sifatnya yang mekar saat malam hari, namun bunga ini dianggap sebagai bahan komoditi yang menjanjikan tidak hanya sebagai tanaman hias tetapi untuk dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Tips-tips budidayanya sebagai berikut:

1. Penyediaan bibit atau pembibitan dengan cara stek

Hal utama yang harus diperhatikan untuk memulai membudidayakan bunga wijaya kusuma adalah pemilihan dan penyediaan bibit. Cara ini paling mudah dan murah untuk mendapatkan bibit bunga wijaya kusuma.

Pengeluaran produksi untuk pembibitan juga dapat ditekan, meskipun bibit stek bunga ini juga dapat diperoleh di toko-toko pertanian dan perkebunan.

2. Pemilihan daun untuk bibit stek

tanaman bunga wijaya kusuma

Cara menanam bunga wijaya kusuma dengan stek daun dapat dimulai dengan pemilihan daun yang dipilih sebagai bibit untuk stek bunga wijaya kusuma sebaiknya daun yang masih segar, sehat, besar dan berwarna tidak pucat.

Potonglah daun sepanjang 5 sampai dengan 7 cm. Sebaiknya tidak memilih daun yang bengkok.

3. Bibit stek daun didiamkan

Setelah stek daun bunga wijaya kusuma dipotong-potong dan siap untuk dijadikan bibit, sebaiknya potongan stek daun ini disimpan setidaknya selama satu minggu. Pastikan potongan stek daun tersebut ditempatkan di lokasi yang kekurangan sirkulasi udara dan sirkulasi sinar matahari.

4. Hormon penumbuh akar

hormon penumpuh akar

Stek daun bunga wijaya kusuma yang disimpan dapat pula dioleskan hormon untuk merangsang pertumbuhan akar. Oleskan hormon penumbuh akar tersebut pada daun stek sebelum disimpan ditempat yang tersedia. Hormon ini akan mengakibatkan stek daun menjadi agak kaku.

5. Persiapan media untuk penanaman

Setelah pemilihan bibit untuk stek daun bunga wijaya kusuma selesai, sebaiknya bibit segera ditanam jika sudah waktunya agar tidak layu dan mati. Cara menanam bunga wijaya kusuma dengan stek daun dapat dilakukan pada media tanah yang kaya akan nutrisi atau humus.

Jika bunga wijaya kusuma akan ditanam dalam media berupa pot, maka media tanah dalam pot merupakan campuran dari sekam, arang, pupuk kandang agar nutrisi di dalam pot cukup untuk pertumbuhan bibit.

6. Penanaman bibit

menanam bibit bunga dari daun

menanam bibit wijaya kusuma
menanam bibit wijaya kusuma

Cara menanam bunga wijaya kusuma yang masih berupa bibit di media tanah cukup mudah. Terlebih dahulu dipersiapkan lubang dalam tanah sedalam 5 cm sehingga bibit stek daun dapat diletakkan di lubang tersebut untuk kemudian ditutup dengan tanah. Sebaiknya ada daun yang diperlihatkan memanjang di permukaan dengan ketinggian kurang lebih 3 sampai 5 cm.

7. Penyiraman bibit

Penyiraman dapat dilakukan setelah selesai penanaman bibit stek daun bunga wijaya kusuma. Sebaiknya jumlah air yang disiramkan secukupnya saja sehingga tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Sebenarnya bunga wijaya kusuma termasuk jenis bunga yang tidak memerlukan banyak air. Hal ini dapat dilihat dari tipe daunnya yang cenderung sebagai tempat cadangan air sehingga tidak memerlukan banyak air.

Tips Merawat Bunga Wijaya Kusuma Agar Budidaya Lebih Maksimal

perawatan bunga wijaya kusuma
perawatan bunga wijaya kusuma

1. Perawatan bibit stek daun

Cara menanam bunga wijaya kusuma yang masih berupa bibit berbeda dengan yang sudah tumbuh besar dengan batang dan daunnya. Sebaiknya lokasi pembibitan diberikan peneduh atau tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Pada proses penanaman pembibitan ini, bunga wijaya kusuma tidak memerlukan sinar matahari dalam jumlah yang besar. Jika dalam pertumbuhan berikutnya barulah sinar matahari memberikan peranan penting untuk pertumbuhan bunga.

2. Pemindahan lokasi bibit stek daun

Setelah bibit stek daun bunga wijaya kusuma sudah berkembang dan mencapai ketinggian tertantu dalam kurun waktu 2 bulanan, sebaiknya dilakukan pemindahan tanaman bunga wijaya kusuma.

Saat masa pembibitan dan belum keluar tunas dan akar pada stek daun bunga wijaya kusuma, tanaman ini memang tidak terlalu memerlukan sinar matahari yang banyak.

Tetapi jika sudah berusia 2 bulanan, tanaman ini memerlukan sinar matahari untuk mendukung metabolismenya. Sehingga, sebaiknya dilakukan pemindahan tempat dari media pembibitan ke lokasi media tanam yang dapat ditembus dengan sinar matahari sehingga sinar matahari tidak terhalang.

3. Melakukan Penyiraman Teratur

menyiram bunga wijaya kusuma

Cara menanam bunga wijaya kusuma setelah mencapai ketinggian tertentu dalam kurun waktu dua bulan hampir sama dengan bunga-bunga jenis lain yaitu mulai memerlukan banyak asupan air.

Jika telah tumbuh tunas di sepanjang stek daun, sebaiknya diperlukan penambahan jumlah air yang disiramkan. Semakin berkembang bibit bunga wijaya kusuma, semakin banyak air yang dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.

4. Perawatan tanaman bunga wijaya kusuma yang sudah tumbuh

Perlakuan dan cara menanam bunga wijaya kusuma yang sudah tumbuh dengan lebat berbeda dengan perawatan untuk yang masih berupa bibit dan tunas.

wijaya kusuma bermekaran

Kebutuhan akan sinar matahari adalah hal yang utama bagi pertumbuhan bunga. Selain itu, juga diperlukan penyiraman yang teratur dan pemberian pupuk yang dapat meningkatkan tumbuh kembang bunga.

5. Penyiangan atau pemberantasan hama

 pemberantasan hama bunga wijaya kusuma

Agar cara menanam bunga wijaya kusuma dapat berhasil dengan baik dan menghasilkan hasil yang berlimpah, ada baiknya jika dilakukan penyiangan di tanah sekitar tumbuhnya bunga wijaya kusuma.

Penyiangan dapat dilakukan dengan melakukan pencabutan tanaman-tanaman yang mengganggu pertumbuhan bunga wijaya kusuma. Dapat juga dilakukan dengan melakukan pencangkulan pada media tanah sehingga tanaman yang tidak diperlukan dapat mati sekaligus tanah akan mempunyai drainase yang baik akibat pencangkulan ini.

Fungisida dan petisida juga dapat ditambahkan jika memang dirasakan perlu untuk memberantas hama dan gulma.

6. Pemilihan pupuk

bunga wijaya kusuma putih

Pemilihan pupuk yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus kesehatan tanaman bunga wijaya kusuma sebenarnya cukuplah mudah. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk NPK.

Cara menanam bunga wijaya kusuma cukuplah sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Waktu tunggu yang lama adalah waktu yang dibutuhkan saat menunggu bunga wijaya kusuma bermekaran untuk pertama kalinya.

Ini biasanya membutuhkan waktu setidaknya satu tahun. Sebaiknya dilakukan pengecekan secara teratur apakah bunga wijaya kusuma mekar tiap tahunnya. Jika tidak, maka diperlukan perawatan yang intensif agar tahun berikutnya bunganya dapat bermekaran di malam hari.

Leave a Reply