bunga sedap malam

Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam Untuk Percantik Rumah

Cara menanam bunga sedap malam | Sesuai dengan namanya, bunga sedap malam adalah bunga yang eksotis dan beraroma harum. Aroma harumnya akan sangat terasa di malam hari.

Aromanya yang sedap juga banyak dimanfaatkan sebagai hiasan untuk upacara pernikahan. Sehingga merupakan hal yang lumrah apabila bunga ini banyak dibudidayakan. Cara menanam bunga sedap malam yang cenderung mudah menjadi salah satu alasan keberhasilan pembudidayaan tanaman ini.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam Untuk Di Budidayakan

Bunga sedap malam tidak hanya dikenal sebagai bunga hias yang elok dan baunya yang harum tetapi juga khasiatnya dalam bidang kedokteran.

lahan bertanam bunga sedap malam

Sehingga bukanlah hal yang mengherankan jika pangsa pasar bunga sedap malam sungguh menjanjikan. Apalagi budidaya bunga sedap malam dapat dilakukan dengan mudah dengan waktu yang singkat dan areal yang tidak begitu luas. Ada 5 syarat utama cara menanam bunga sedap malam. Syarat utama ini berkaitan dengan media tanam dan pendukung pertumbuhan bunga.

1. Tanah memiliki ph yang netral

Tanah sebaiknya memiliki pH yang netral yaitu dengan skala 7 dalam suhu 25⁰ C. Tanah dengan pH lebih dari 7 atau tanah dengan pH basa akan mempengaruhi kualitas bunga.

Kualitas bunga akan buruk jika pH tanah dalam keadaan basa. Jika bunga sedap malam ditanam pada tanah dengan pH yang asam atau dibawah 7, maka akar tanaman sedap malam akan mengalami kerusakan.

2. Tanah dalam kondisi kering

Tanah sebaiknya dalam keadaan kering, tidak berlebihan air ataupun kebanjiran. Akar tanaman akan rusak jika tanah terlalu banyak mengandung air atau tanah mengandung kelembaban yang cukup tinggi.

Tanah dengan kelembaban tinggi menyebabkan akar lembab dan untuk kemudian lama-kelamaan menjadi rusak.

3. Tanah berporositas tinggi

Cara menanam bunga sedap malam adalah di media tanah dengan porositas tinggi. Tanah dengan porositas tinggi memungkinkan lancarnya sirkulasi air dan sirkulasi nutrisi. Hal ini juga memungkinkan bagi akar tanaman untuk bebas bergerak untuk mencari air dan nutrisi.

4. Pupuk dan penambah nutrisi tanah

Ada baiknya untuk meningkatkan kesuburan tanah dan nutrisi dengan menambahkan pupuk pada media tanam bunga sedap malam.

Penambahan nutrisi pada tanah dapat dilakukan dengan mengkombinasikan antar berbagai macam pupuk dan media tanam, misalnya dengan mencampurkan pupuk kandang, pupuk kompos dan media sekam.

5. Sinar matahari yang cukup

Salah satu yang harus diperhatikan dalam cara menanam bunga sedap malam adalah sinar matahari yang cukup.

Hal ini untuk membantu tanaman dalam proses fotosintesis sehingga tanaman dapat memasak makanan sendiri dan dapat berkembang dengan baik. Sinar matahari yang tidak cukup akan menghambat pertumbuhan tanaman terutama pertumbuhan bunga.

mananam dan merawat bunga sedap malam

Cara Mudah Perawatan Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam sejatinya adalah berasal dari umbi yang tumbuh berkembang menjadi tunas dan kemudian menjadi bunga.

Sehingga pemilihan umbi menjadi kunci pokok keberhasilan cara menanam bunga sedap malam dengan baik dan benar. Ada 9 hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit sekaligus merawat bunga sedap malam.

1. Asal umbi bunga sedap malam

Umbi bunga sedap malam sebaiknya berasal dari tanaman indukan yang sudah tua. Akan lebih baik jika pemilihan umbi bunga sedap malam juga berasal dari indukan yang sering berbunga sehingga dapat dipastikan anakan juga akan lebat bunganya.

2. Umbi bunga berasal dari tanaman yang masih berumbi

Asal umbi bunga sedap malam
Asal umbi bunga sedap malam

Umbi bunga sedap malam yang akan ditanam sebaiknya berasal dari indukan tanaman yang masih berumbi. Panjang umbi yang dipilih sebaiknya mencapai 1-2 cm.

Cara menanam bunga sedap malam dengan umbi ini sebaiknya dipilih umbi yang tidak lecet dan terluka. Hal ini untuk memastikan agar umbi dapat berkembang dengan sebaik-baiknya tanpa ada kerusakan pada jaringan-jaringannya.

3. Perawatan umbi

Akar-akar pada umbi sebaiknya dibersihkan. Umbi sebaiknya dikeringkan dan disimpan selama 1 bulan sebelum umbi ditanam sebagai bibit bunga sedap malam. Atau jika dirasakan terlalu lama, penyimpanan sekaligus pengeringannya dapat dilakukan selama tiga minggu.

4. Penanaman bibit atau umbi bunga sedap malam

menanam bunga sedap malam
menanam bunga sedap malam

Cara menanam bunga sedap malam sejak pembibitan sangatlah mudah asalkan memperhatikan dengan seksama jarak antar bibit tanaman. Jarak antar tanaman yang ideal adalah antara 10 cm sampai dengan 20 cm.

Sedangkan lubang untuk pembibitan dengan kedalaman masing-masing 5 cm. Sebaiknya umbi ditutup dengan tanah yang gembur dan halus.

5. Penyulaman

Penyulaman adalah cara menanam bunga sedap malam dengan memperbaiki umbi yang rusak. Kegiatan ini dilakukan jika terjadi kegagalan dalam pembibitan sehingga umbi perlu disulam agar umbi yang tidak mampu tumbuh dapat tumbuh kembali.

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengganti dengan umbi baru. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyulaman adalah dilakukan satu minggu setelah awal pembibitan sehingga pertumbuhan bunga sedap malam dapat seragam dan tidak ketinggalan.

Selain itu, bibit umbi yang sudah busuk sebaiknya dibuang dan disingkirkan agar tidak mengganggu perkembangan tanaman yang lain.

6. Perawatan tunas

tunas bunga sedap malam

Setelah bibit umbi sudah mulai bertunas, pastikanlah tunas akan tumbuh dengan arah ke atas. Jika tunas tidak diarahkan ke atas, dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan bunga yang tidak teratur dan bengkok. Selain itu, hal ini akan mempersulit perawatan antar tanaman jika pertumbuhannya tidak teratur.

7. Penyiraman

Air adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh bunga sedap malam agar dapat tumbuh. Penyiraman yang teratur merupakan kunci keberhasilan cara menanam bunga sedap malam.

Biasanya tanaman ini memerlukan banyak air saat awal pertumbuhan seperti saat pembibitan dan pertumbuhan tunas. Air juga lebih banyak diperlukan bunga sedap malam saat tanaman sudah mulai berbunga. Bunga sedap malam termasuk bunga yang memerlukan banyak air sehingga sebaiknya disiram sehari sebanyak dua kali.

8. Penyiangan Tanaman

perawatan bunga sedap malam
perawatan bunga sedap malam

Penyiangan adalah kegiatan untuk membersihkan tanaman-tanaman pengganggu yang berada disekitar tanaman bunga sedap malam. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan bunga sedap malam tidak terhambat oleh tanaman lain.

Jika terdapat tanaman lain disekitar bunga sedap malam akan terjadi persaingan dalam ruang gerak, kebutuhan air dan nutrisi. Sehingga tanaman yang lain perlu disingkirkan. Penyiangan dapat dilakukan setelah 2 atau 3 bulan sejak pembibitan. Biasanya kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan pemupukan.

9. Pemberantasan hama

bunga sedap malam mekar

Hama yang biasanya menyerang bunga sedap malam adalah hama ulat dan belalang. Pemberantasan hama dapat dilakukan secara alami maupun dengan bantuan pestisida.

Pemberantasan hama secara alami bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, sedangkan dengan pestisida dapat dilakukan dengan cara penyemportan.

bunga sedap malam nan cantik

Keberhasilan budidaya bunga sedap malam dapat terjadi jika secara seksama dapat mengikuti petunjuk cara menanam bunga sedap malam. Meskipun banyak langkah-langkah yang harus dilakukan, tetapi cara tersebut bukanlah hal yang rumit dan membutuhkan banyak dana.

Panennyapun akan menghasilkan bunga yang banyak dan wangi, serta akan menghasilkan batang tanaman yang kokoh jika bunga sedap malam berhasil dibudidayakan sesuai petunjuk.

Leave a Reply