tips menanam kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja di Rumah, Simak Tips Selengkapnya!

Cara Menanam Bunga Kamboja  | Taman bunga merupakan salah satu bagian yang penting yang harus Anda hadirkan di rumah. Memiliki satu taman bunga mini bisa menjadikan rumah Anda tampak asri dan sejuk.

Tumbuhan yang Anda tanam membantu proses penyegaran udara dan memberikan kesan segar terhadap rumah Anda. Ada banyak macam bunga hias yang bisa Anda pilih sebagai pajangan cantik yang memperindah rumah Anda, salah satunya adalah bunga kamboja.

Bunga Kamboja merupakan tanaman dengan batang kecil yang berdaun tebal namun tidak rindang. Harum bunganya khas dan menampilkan kelopak bewarna cerah seperti putih, merah, kuning, hingga keunguan. Di bawah ini akan dijabarkan cara menanam bunga kamboja untuk taman kecil Anda di rumah.

Cara Menanam Bunga Kamboja dan Perawatannya

Menanam bunga atau tanaman hias merupakan satu kegiatan yang menyenangkan namun juga membutuhkan kesabaran. Beberapa bunga bahkan mungkin membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya. Namun, tidak dengan bunga kamboja ini. Cara menanam bunga kamboja yang berasal dari Amerika Selatan ini sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya, namun bervariasi.

cara menanam dan perawatan bunga kamboja

Pada awalnya, bunga kamboja dianggap mistis oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan bunga kamboja seringnya didapati tumbuh di sekitar area pemakaman. Orang-orang pada masa lampau menanam bunga kamboja di area pemakaman karena daunnya yang jarang sehingga tidak banyak menimbulkan sampah dan mengotori area pemakaman.

Bunganya yang gugur saat masih segar memberikan efek seperti menabur bunga di pekuburan. Tetapi kini tidak lagi. Warna dan bentuk bunganya yang indah menjadikan bunga kamboja mulai diminati sebagai bunga hias yang bisa ditanam di rumah.

Sebelumnya mengetahui cara menanam bunga kamboja, sebaiknya Anda harus mengenali beberapa spesifikasi atau ciri bunga kamboja. Daun bunga ini ada dua jenis yakni yang satu ujungnya lancip dan yang satu ujungnya bulat. Tidak ada bedanya. Hanya tinggal menyesuaikan kesukaan atau kegemaran Anda.

Warna bunganya juga beraneka ragam. Biasanya bunga ini memiliki 5 kelopak yang besar dengan warna dasar putih dan berwarna kuning pada bagian dalamnya. Ada juga yang dasarnya merah muda dengan warna putih di dalamnya.

merawat bunga kamboja

bunga kamboja kuning

Bunga ini tumbuh di daerah tropis. Sangat cocok sekali dengan kondisi geografis Indonesia. Biasanya, tanaman ini tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian sekitar 700m di atas permukaan laut. Karena daunnya yang jarang, bunga ini banyak ditanam sebagai media peneduh. Batangnya yang tumbuh melebar dan bercabang-cabang akan memberikan keteduhan bagi area di sekitarnya. Ditambah pula, bunga kamboja ini mengeluarkan bau harum yang khas sehingga menyegarkan untuk berteduh di bawahnya.

Disini akan dibahas beberapa cara menanam bunga kamboja di rumah. Ada banyak cara bagi Anda pecinta tanaman hias untuk bisa membiakkan bunga kamboja ini di taman rumah Anda. namun yang umumnya dilakukan, menanam bunga ini dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara stek batang dan cara okulasi.

1. Cara menanam bunga kambojayang pertama yaitu dengan stek batang

menanam kamboja dengan cara stek batang
menanam kamboja dengan cara stek batang
  • Carilah batang bunga kamboja yang sehat, kuat dan besar. Lalu kemudian potong sepanjang kurang lebih 20cm. Olesi bagian yang terpotong dengan obat yang bisa merangsang pertumbuhan akar. Batang ini akan dijadikan induk tanaman selanjutnya. Sisihkan di tempat yang teduh dan cukup lembab.
  • Kurangi jumlah daun dari potongan batang tadi atau sisakan setidaknya 2-3 daun. Hal ini untuk mengurangi terjadinya penguapan agar batang tidak cepat menjadi kering.
  • Biarkan batang selama sekitar seminggu. Lakukan pengecekan pada ujung batang yang dipotong untuk mencegah munculnya jamur.
  • Siapkan media tanam, seperti sekam dan batu arang. Campurkan sedikit pupuk agar batang lebih mudah menyerap nutrisi.
  • Tanamlah batang yang sudah didiamkan selama seminggu tadi. Jangan lupa untuk menyiram tanaman setidaknya 2-3 kali sehari. Simpanlah di tempat yang mendapat cukup sinar matahari agar tanaman dapat menyerap sinar untuk membantu proses fotosintesis.

2. Cara menanam bunga kamboja dengan okulasi

menanam kamboja dengan cara okulasi
menanam kamboja dengan cara okulasi
  • Carilah batang yang besar dan kuat. Lalu ambillah tunas kecil yang tumbuh di sekitar batang. Potong dengan pisau yang tajam agar tidak merusak tunas.
  • Carilah lokasi pada batang bawah untuk menempelkan tunas tadi. Potonglah batang bawah menyerupai potongan tunas agar tunas dapat menempel sepenuhnya.
  • Hati-hati saat melakukan penempelan tunas. Posisi tunas harus menghadap ke atas agar dia dapat tumbuh. Beberapa orang salah ketika menempelkan tunas dengan sembarangan sehingga menyebabkan tunas tidak dapat tumbuh dan mati.
  • Ikatlah tunas tadi dengan rapat dengan plastik namun tetap perhatikan agar tunas mendapatkan cukup ruang udara.
  • Lakukan pemotongan pada keseluruhan batang yang ditempeli tunas agar bisa segera tumbuh.
  • Simpanlah potongan batang bertunas tadi di area yang kering dan teduh. Jangan lupa selalu mengecek kondisinya agar tunas dapat tumbuh sesuai yang Anda harapkan.

Cara menanam bunga kamboja diatas terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Anda tidak perlu menyiapkan banyak peralatan ataupun biaya.

Akan tetapi, Anda hanya membutuhkan perhatian yang ekstra lebih pada saat awal-awal proses penanaman. Penyimpanan batang stek atau tunas membutuhkan area yang teduh ataupun sehingga menjadi area yang rawan tumbuh jamur. Sehingga Anda harus berhati-hati dengan hal ini

Cara Merawat Bunga Kamboja

perawatan bunga kamboja
perawatan bunga kamboja

Setelah Anda mengetahui cara menanam bunga kamboja, sekarang Anda juga harus tahu cara perawatannya. Anda dapat membuat agar bunga kamboja Anda rajin berbunga. Bunga ini memiliki habitat hidup di daerah kering.

Anda harus memperhatikan kondisi media tanamnya. Jangan memberikan terlalu banyak air. Hal ini bisa membuat akarnya menjadi busuk. Meskipun mudah ditanam, bunga kamboja ini juga bisa terserang hama tanaman.

Lakukan penyiraman dua hari sekali ketika batang sudah mulai nampak tumbuh. Berikan pupuk paling tidak seminggu sekali dengan komposisi yang beragam. Bunga kamboja ini membutuhkan banyak sekali sinar matahari untuk membuatnya tumbuh dengan sehat.

merawat kamboja hingga berbunga

Jadi, kurangi meletakkan bunga kamboja di dalam rumah. Lebih baik jika ia terkena sinar matahari langsung di luar rumah. Selalu perhatikan cara menanam bunga kamboja dan merawatnya dengan benar, maka tanaman kamboja ini akan rajin berbunga.

Bunga ini memiliki karakteristik yang unik. Dia mudah dikenali dari bentuk dan baunya. Tidak sedikit orang yang menanam bunga ini di halaman atau pekarangan rumahnya. Selain tidak membutuhkan banyak perawatan, bunga kamboja ini dapat berumur panjang seperti halnya kaktus.

Bunganya yang bersemi tanpa memandang musim membuat banyak orang jatuh cinta akan kecantikannya. Daunnya yang hijau gelap seakan menyebarkan banyak kadar oksigen bagi udara di sekitarnya.

bunga kamboja bermekaran

Demikianlah beberapa cara menanam bunga kamboja yang dapat Anda pertimbangkan. Semoga dapat Anda praktekkan untuk mengisi taman-taman di rumah Anda. Rumah yang baik selayaknya memiliki penjernih udara yang alami. Jadikanlah tanaman sebagai media pembersih dan penghias rumah Anda. selamat mencoba.

One Response

  1. Bibitonlineku July 10, 2019

Leave a Reply