cara menanam dan merawat bunga aglaonema

Cara Menanam dan Merawat Bunga Aglaonema Sendiri di Rumah

Cara Menanam dan merawat bunga aglaonema | Aglaonema atau Sri Rejeki merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki ciri khas yaitu coraknya yang indah serta daunnya yang berpenampang lebar dan mengkilap.

Aglaonema memiliki banyak ragam jenisnya dengan corak dan warna daun yang berbeda pada setiap jenis tanaman. Aglaonema banyak dirawat sebagai tanaman penghias rumah atau ruangan. Untuk mendapatkan keindahannya, maka terdapat beberapa cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang perlu diperhatikan.

Cara Menanam Bunga Aglaonema

cara menanam bunga aglaonema
cara menanam bunga aglaonema

Aglaonema memiliki kekhasan pada keindahan daun sehingga perlu perhatian khusus baik dalam proses penanaman hingga dalam proses perawatannya.

Hal yang paling diperhatikan yaitu pencahayaan, penyiraman serta pengaturan suhu ruangan. Berbeda dengan tanaman hias pada umumnya, Aglaonema perlu dihindarkan dari angin serta sinar matahari yang terik.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Aglaonema Mudah Dipraktekkan

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema sebetulnya tergolong mudah untuk perawatannya. Anda dapat menanam dan merawat bunga Aglaonema sendiri di rumah sebagai hobi. Melalui cara-cara di bawah ini, penanaman dan perawatan Aglaonema menjadi mudah untuk dipraktekkan.

Cara Menanam aglaonema
Cara Menanam aglaonema

1. Mengolah Tanah untuk Menanam

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang pertama yaitu menyiapkan media tanam yang subur. Tanah yang baik untuk Aglaonema yaitu tanah dengan tingkat keasaman yang netral.

Media tanam yang baik untuk Aglaomena adalah menggunakan campuran sekam, pakis, kompos serta pasir malang dengan perbandingan seimbang merata.

Media tanam sebaiknya dilakukan penggantian dalam jangka waktu 6 bulan atau setahun sekali. Bisa juga dilakukan bersamaan dengan penggantian pot. Penggantian pot dapat dilakukan setahun sekali karena pertumbuhan Aglaonema tergolong lambat.

2. Menanam dengan Bibit Biji

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema selanjutnya yaitu membuat bibit bunga. Ada beberapa pilihan untuk membuat bibit Aglaonema, salah satunya dari biji tanaman.

Bila buah tanaman Aglaonema sudah berwarna merah, maka buah dipetik dan diambil bijinya untuk bibit. Biji yang sudah tua direndam dalam air selama kira-kira 3 jam untuk merangsang perkecambahan.

Setelah itu biji dapat ditanam pada media yang sudah dipersiapkan. Proses munculnya tunas pada biji cukup lama, mungkin memerlukan waktu 2-3 minggu.

3. Menanam dengan Cara Stek

Menanam Aglaonema Cara Stek
Menanam Aglaonema Cara Stek

Bila tidak suka menunggu lama, cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang dapat dipilih yaitu menggunakan cara stek. Caranya cukup mudah. Pilih tanaman Aglaonema yang sudah berusia cukup dewasa dengan batang kuat dengan jumlah daun lebih dari 7 ruas serta memiliki pucuk.

Pucuk ini yang akan digunakan sebagai bibit. Potong pucuk bunga Aglaonema menggunakan gunting tanaman kemudian tanamkan pucuk tersebut pada media tanam yang sudah disiapkan.

4. Menanam Bibit Anakan

Selain menggunakan cara biji atau stek, pembibitan juga dapat menggunakan bibit anakan yang muncul dari tanaman Aglaonema. Cara menanamnya adalah periksa dahulu apakah anakan memiliki akar berisi dan kuat.

Setelah dipastikan kuat, potong akar sambung anakan dari induk tanaman dan tanam pada media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Merawat Tanaman dengan Penyiraman

Aglaonema membutuhkan air yang cukup. Tanaman ini tidak bisa hidup bila kadar air terlalu kering dan tidak tumbuh optimal bila kadar air terlalu banyak.

Penyiraman bunga Aglaonema cukup dilakukan sehari sekali dengan menyesuaikan kelembaban tanah serta kelembaban ruangan. Saat musim kemarau jumlah air bisa diperbanyak. Air yang digunakan untuk menyiram tidak boleh terlalu dingin. Paling baik menyiram menggunakan air dengan suhu ruangan.

6. Merawat Tanaman dengan Pemupukan

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema selanjutnya adalah pemupukan. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan kira-kira sebulan dua kali yaitu dalam rentang waktu dua minggu sekali.

Pupuk yang dapat digunakan berupa pupuk alami maupun pupuk buatan. Pupuk alami misalnya pupuk kompos, pupuk kandang atau dapat juga menggunakan air cucian beras. Penting untuk diperhatikan saat memberi pupuk yaitu berikan pada media tanam (tanah) bukan pada tanaman atau batangnya.

7. Merawat Tanaman dengan Mengatur Pencahayaan

Berbeda dari jenis tanaman hias lain, Aglaonema tidak memerlukan cahaya matahari langsung. Bunga Aglaonema memerlukan tempat yang teduh dengan sedikit cahaya saja.

Namun, intensitas cahaya yang diperlukan bergantung pada jenis bunga Aglaonema yang dirawat. Bila Aglaonema memiliki corak hijau atau lebih gelap, maka baik untuk disimpan di dalam ruangan dengan sedikit pencahayaan. Bila Aglaonema memiliki corak daun lebih beragam dan terang, maka akan tumbuh optimal dengan cahaya matahari tidak langsung dengan intensitas lebih terang.

8. Merawat Tanaman dengan Mengatur Suhu dan Kelembaban

Merawat Bunga Aglaonema
Merawat Bunga Aglaonema

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang jarang diperhatikan oleh pemilik tanaman Aglaomena yaitu pengaturan suhu ruangan. Bunga Aglaonema tidak menyukai ruangan berangin atau suhu yang dingin.

Selain itu bunga Aglaonema memerlukan kelembaban yang tinggi. Sebetulnya tempat terbaik bagi bunga Aglaonema adalah rumah kaca yang hangat serta mendapatkan sinar matahari tidak langsung. Namun, Aglaonema juga dapat dirawat pada ruangan rumah dengan situasi yang mendekati rumah kaca.

Sebaiknya rawat bunga Aglaonema diatas suhu 18 derajat Celcius dan jauhkan dari alat pendingin ruangan, pintu serta ventilasi udara. Pilih ruangan dengan suhu yang hangat untuk pertumbuhan optimal bunga Aglaonema.

9. Merawat Tanaman agar Terhindar dari Hama

Cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang perlu diwaspadai yaitu menghindari penyakit pada tanaman. Bila tanaman memiliki daun yang menguning dan mengeriting, maka tanaman Aglaonema terserang virus.

Virus ini sulit untuk diobati maka perlu dicegah. Cara pencegahan yaitu melakukan stek, pembibitan, pemisahan anakan serta kultur jaringan bila perlu. Bila terdapat hama ulat, tanaman dapat dilap dengan larutan air sabun dengan kadar basa yang rendah.

10. Merawat Keindahan Daun Tanaman

Merawat Keindahan Daun Tanaman
Merawat Keindahan Daun Tanaman

Setelah merawat tanaman menjadi subur dan sehat, cara menanam dan merawat bunga Aglaonema yang penting yaitu merawat keindahan daun. Daun bunga Aglaonema perlu dirawat supaya tetap segar dan asri dipandang. Alat yang diperlukan yaitu kain lembut yang bersifat menyerap atau spons. Larutan pembersih yang dapat dipilih untuk digunakan antara lain larutan susu yang diencerkan, larutan santan atau air dengan suhu ruangan.

Pilihlah salah satu jenis larutan tersebut. Anda juga dapat menggunakan ampas parutan kelapa sebagai pengganti larutan. Caranya merawat daun yaitu celupkan spons atau kain pada larutan. Kemudian bersihkan daun dengan spons atau kain dengan cara dilap atau diseka. Pada musim kemarau hebat, sebaiknya daun tidak dibersihkan karena sedang bekerja aktif untuk penguapan.

Demikian beberapa cara menanam dan merawat bunga Aglaonema dengan benar. Untuk menghindari iritasi karena getah tanaman, gunakan sarung tangan ketika melakukan penanaman dan perawatan tanaman. Semoga artikel ini membantu agar rumah dan ruangan semakin asri dengan tanaman Aglaonema yang cantik, segar dan terawat.

Leave a Reply