Roses

Cara Menanam Bunga Mawar, Panduan Lengkap Step by Step !

Menanam Bunga Mawar | Semua orang pasti sudah akrab dengan tanaman dekoratif yang satu ini, walaupun memiliki tangkai yang berduri namun mawar memiliki bunga yang cantik.

Menanam Bunga Mawar
Menanam Bunga Mawar

Tak heran banyak orang yang menginginkannya sebagai tanaman hias atau dijadikan rangkaian bunga. Bunga ini juga memiliki nilai jual yang menguntungkan, hal ini disebabkan oleh keindahannya yang cocok untuk dijadikan bahan dekorasi ataupun dijual satuan per tangkainya.

Para petani bunga juga sudah banyak yang mengais rezeki dari hasil menanam bunga mawar. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam bunga ini, Anda dapat mempelajari caranya dalam artikel berikut ini.

Perisapan Sebelum Menanam Bunga Mawar

1. Kecocokkan Iklim

Kecocokan Iklim
Kecocokan Iklim

Tanaman mawar dapat menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungannya tumbuh dandapat ditanam di daerah beriklim dingin atau subtropis maupun di daerah panas atau tropis.

Suhu yang cocok berhawa sejuk 18 – 26 derajat C serta kelembapan 70 – 80 persen. Tanaman ini membutuhkan curah hujan sekitar 1500 hingga 3000 mm/tahun, dan pertumbuhannya lebih baik jika didukung oleh sinar matahari yang berkecukupan.

Dari sini dapat disimpulkan daerah yang paling baik untuk menanam bunga mawar adalah daerah yang berhawa sejuk namun tetap tersinari matahari dengan baik.

2. Memilih Bibit Mawar

Memilih Bibit
Memilih Bibit

Sebelum menanam bunga mawar, perlu diketahui bahwa bunga mawar sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis seperti, mawar liar, mawar rambat, mawar mini, mawar modern garden, dan mawar old garden. Anda bisa mencocokkan jenis mawar yang akan ditanam sesuai selera.

Untuk pemilihan bibit mawar jenis apapun, pastikan bahwa bibit tersebut unggul dan bukan hanya sekedar layak tanam. Bibit yang dipilih akan menjadi penentu pada pertumbuhan tanaman dan kualitas bunga nantinya.

Anda bisa memperolehnya melalui stek, mengambil bibit dari buah mawar ataupun membeli bibit yang sudah siap tanam.

Penanaman menggunakan bibit generatif bisa didapatkan dari mawar dewasa yang telah menghasilkan buah, bentuknya kecil dan mirip seperti buah kersen.

Buah ini adalah hasil penyerbukan alami bunga mawar dewasa, biasanya bunga yang telah mengalami penyerbukan tidak akan mekar lagi dan kemudian menciut.

Saat akan memetik buah pada mawar tunggulah hingga buah tersebut mengkerut yang menandakan buah tersebut telah matang, sehingga bijinya dapat Anda gunakan.

Namun jangan menunggu bibit tersebut terlalu kering, karena ada kemungkinan bijinya ikutmengering atau dapat dikatakan sebagai biji mati.

Biji Mawar
Biji Mawar

Cara mengetahui biji mawar yang baik adalah dengan mengetesnya pada air, jika biji tersebut tidak mengambang berarti bisa Anda gunakan.

Sebenarnya penanaman menggunakan biji lebih jarang dilakukan, hal ini disebabkan proses penyemaiannya yang sulit dan terkadang beberapa biji yang sudah melaui penyemaian tidak berkecambah.

Sedangkan untuk menanam bunga mawarmenggunakan stek dapat diambil dari pemotongan batang tanaman. Batang mawar dipotong dengan ukuran 15 – 20 cm kemudian rendam bagian bawahnya menggunakan air selama 30 menit, bila perlu tambahkan juga zpt.

Tanaman yang sudah distek sebaiknya langsung ditanam dengan cara menancapkannya pada media tanam.

Cara Menanam Bunga Mawar

1. Penyemaian

Menyemai Benih Mawar
Menyemai Benih Mawar

Tahap ini hanya berlaku bila Anda memilih menanam bunga mawarmenggunakan biji. Proses penyemaian adalah upaya memancing pertumbuhan kecambah pada biji tanaman.

Letakkan biji kecambah pada tisu atau kapas tipis yang sudah dibasahi, kemudian masukkan kedalam lemari es. Pendinginan menggunakan lemari es bertujuan untuk memudahkan biji mawar berkecambah, hal ini dikarenakan biji mawar cenderung tumbuh di tempat yang bersuhu dingin.

Saat meletakkan di kulkas sesuaikan suhunya dan jauhkan dari buah ataupun sayur karena dapat menghambat pertumbuhannya, serta jangan menaruhnya didalam freezer.

Selama proses ini perhatikan keadaannya, tambahkan air jika media yang digunakan mulai mengering. Biji yang sudah berkecambah sebaiknya langsung ditanam, posisi menanam yang benar adalah kecambah berada di bagian bawah, karena bagian ini merupakan calon akar.

2. Pembiasaan Bibit

Pembiasaan Bibit
Pembiasaan Bibit

Menanam bunga mawarmenggunakanstek ataupun bibitgeneratif harus sebaiknya mengalami pengadaptasian terlebih dahulu sebelum dipindahkan pada kebun atau lahan tanam.

Biasanya dalam proses ini akan ditanam pada polybag berukuran kecil. Polybag ini diisi dengan campuran tanah dan pupuk, serta pasir untuk mempermudah drainasenya.

Untuk pupuknya sendiri lebih baik menggunakan pupuk kompos, karena jenis pupuk ini lebih ramah terhadap tanaman yang masih baru. Tujuan proses ini supaya tanaman dapat membiasakan diri dengan tanah, serta dapat memenuhi nutrisinya secara optimal.

Jangan lupa untuk menyiraminya dua kali sehari untuk menjaga kemlembapannya.

3. Memilih Tanah

Memilih Tanah
Memilih Tanah

Menanam bunga mawar perlu banyak nutrisi untuk menjaga pertumbuhannya, oleh karena itu gunakanlah tanah yang subur dan berdrainase untuk tempat penanamannya.

Tanah yang baik memiliki pH antara 6.5 dan 7 serta memiliki kepadatan yang bagus dan bukan tanah yang kering. Pastikan juga tempat yang Anda pilih mendapat pencahayaan sinar matahari yang baik.

Sinar matahari sangat peting bagi pertumbuhannya, jika tanaman ini tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup maka warnanya akan berubah menjadi pucat dan layu secara perlahan.

4. Melakukan Penyiangan

Membersihkan rumput dan tanaman liar pada tanah yang telah Anda pilih adalah hal yang wajib dilakukan. Walaupun terlihat sepele namun hal ini dapat memperlancar pertumbuhan pada tanaman Anda supaya nutrisi yang dibutuhkannya tidak dicuri oleh tanaman pengganggu.

Selain itu dengan melakukan penyiangan juga dapat membuat lahan terlihat rapi dan juga terbebas dari hama.

5. Melakukan Penggemburan Tanah

Penggemburan Tanah
Penggemburan Tanah

Melakukan penyuburan atau pemupukan pada tanah adalah proses yang penting sebelum menanam apapun termasuk juga saat menanam bunga mawar.

Walaupun tanah yang dipilih sudah memiliki kesuburan yang baik, namun dengan dilakukannya pemupukan akan menambahkan nutrisi yang mungkin belum dimilikinya. Anda dapat menggunakan pupuk kandang pada mawar yang sudah siap dipindahkan.

6. Menanamnya Pada Kebun

Menanam di Kebun
Menanam di Kebun

Buatlah lubang pada tanah dengan kedalaman kurang lebih 40 cm, dan memiliki ukuran 60×60 cm. Jika terdapat tanaman lain pada kebun Anda usahakan beri jarak yang cukup, tujuannya adalah agar tanaman tidak saling berdempetan.

Selain itu jarak yang terlalu dekat dapat mengganggu pertumbuhannya, sebab akar yang sudah melebar saling berebut air satu sama lain. Perhatikan juga saat penutupan lubang, tanah yang digunakan untuk menutup terbebas dari sisa rerumputan ataupun batu dan kerikil.

7. Menanamnya Pada Pot

Menanam di Pot
Menanam di Pot

Pot adalah tempat yang cocok bagi bunga karena dapat dipindah dengan mudah, selain itu bentuk dan motif unik pada pot membuatnya terkesan lebih indah.

Pot yang bagus bagi perkembangan tanaman adalah yang terbuat dari batu ataupun tanah liat, karena kedua bahan ini terbebas dari penggunaan bahan kimia.

Pastikan juga pot sudah memiliki lubang yang memudahkan air siraman untuk keluar, sehingga tidak menggenang di bagian dalam. Ukurannya dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan tanaman Anda.

Roses
Roses

Tanah yang digunakan untuk menanam bunga mawar di dalam pot sebaiknya tanah yang subur dan tercampur dengan pupuk.Campurkan juga pasir bila perlu untuk menambah daya serapnya terhadap air.

Perawatannya pun sama yaitu dengan menyiraminya secara rutin dan membiarkannya terkena sinar matahari paling tidak selama 6 jam.

Seperti itulah menanam bunga mawaryang dapat Anda praktikkan. Diperlukan langkah-langkah yang tepat serta perawatan yang membutuhkan ketelitian untuk dapat menghasilkan bunga yang indah.

Sebagai tambahan jika Anda menginginkan proses yang lebih cepat, Anda dapat membeli bibit yang sudah siap tanam.

Leave a Reply