Cara Menanam Anggrek Bulan

Cara Menanam Anggrek Bulan dan Merawatnya Agar Berbunga Banyak

Cara menanam anggrek | Bunga Anggrek merupakan salah satu bunga yang terkenal di kalangan pencinta tanaman hias. Banyak dari orang-orang yang menjadikan tanaman anggrek sebagai tanaman hias di rumahnya. Salah satu jenis bunga anggrek yang paling terkenal adalah anggrek bulan.

Anggrek bulan memiliki kelopak yang berbentuk seperti kupu-kupu, dan memiliki bermacam-macam corak warna yang cantik. Tak heran, banyak sekali orang-orang yang menyukai keindahan dari jenis bunga yang satu ini. Untuk memiliki jenis anggrek ini, Anda bisa membeli di toko yang menjual tanaman hias.

Jika Anda gemar bercocok tanam, tak ada salahnya untuk menanam sendiri di rumah karena cara menanam anggrek bulan terbilang cukup mudah.

Cara Menanam Anggrek Bulan di Rumah

Sebenarnya cara menanam anggrek bulan terbilang cukup mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda menanam jenis tanaman hias ini di rumah.

Hal tersebut harus diperhatikan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbunga banyak. Ada dua acara yang dapat dipilih dalam menanam tanaman anggrek. Cara ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. Cara tersebut antara lain:

1. Menanam Anggrek Bulan pada Batang Pohon

Anggrek Bulan pada Batang Pohon
Anggrek Bulan pada Batang Pohon

Cara menanam anggrek bulan yang pertama adalah dengan menempelkan tanaman anggrek bulan ke batang pohon. Tanaman anggrek merupakan jenis tanaman yang hidup menempel pada tanaman lain seperti pohon. Menanam anggrek bulan pada pohon dapat menimbulkan kesan yang alami.

Pohon yang dapat digunakan untuk menanam anggrek bulan dapat berupa pohon yang masih hidup ataupun yang sudah mati. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pohon yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal bagi anggrek bulan.

Jika Anda menanam anggrek bulan pada pohon yang masih hidup, maka carilah pohon yang rindang dan teduh agar anggrek bulan tidak terpapar langsung sinar matahari. Sedangkan jika anggrek bulan akan ditanam pada pohon yang sudah mati, maka pastikanlah pohon tersebut tahan air dan sinar matahari agar tidak cepat lapuk.

Cara menanam anggrek bulan pada pohon ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengikat bibit anggrek bulan pada pohon dengan menggunakan tali ijuk, tali rafia, ataupun tali plastik.

Nantinya, akar dari anggrek bulan tersebut lama-kelamaan akan menempel pada batang tersebut. Cara menanam anggrek seperti ini lebih mudah dibandingkan dengan menanam tanaman anggrek di dalam pot.

2. Menanam Anggrek Bulan di Dalam Pot

Anggrek Bulan di Dalam Pot
Anggrek Bulan di Dalam Pot

Cara menanam anggrek bulan selanjutnya adalah dengan menggunakan pot. Anda bisa memakai berbagai jenis pot seperti pot transparan ataupun pot yang terbuat dari tanah liat. Jika Anda menggunakan pot transparan maka akan lebih mudah mengontrol dan melihat pertumbuhan akarnya.

Jika Anda menggunakan pot dari tanah liat, maka akan memudahkan dalam menyerap kelebihan air pada tanaman karena air akan diserap oleh pot tanah liat.

Beberapa step-step yang harus dilakukan pada cara menanam anggrek bulan di dalam pot antara lain:

  • Siapkanlah pot dan media tanam. Media tanam untuk menanam anggrek bulan dapat berupa arang, serbuk kayu, pecahan genteng, sabut kelapa ataupun potongan pakis.
  • Siapkan bibit anggrek bulan. Bibit anggrek bulan bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko tanaman hias.
  • Setelah semuanya telah tersedia, isi pot dengan media tanam.
  • Setelah itu tanam bibit anggrek bulan yang telah disia Satu pot hanya dapat diisi dengan satu buah bibit anggrek bulan.

Merawat Anggrek Bulan agar Cara Menanam Anggrek Bulan Menjadi Berhasil

Merawat Anggrek Bulan
Merawat Anggrek Bulan

Selain cara menanam anggrek bulan yang harus diperhatikan, ternyata perawatan anggrek bulan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pertumbuhan dari anggrek bulan. Selain memilih bibit yang unggul, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar anggrek bulan dapat tumbuh dengan subur.

Adapun yang harus diperhatikan antara lain intensitas cahaya matahari yang di dapat, ketinggian tempat, sirkulasi udara dan kelembaban udara yang harus selalu dijaga.

Pengaturan intensitas cahaya yang didapat oleh anggrek bulan sangat diperlukan. Lamanya atau banyaknya intensitas cahaya yang didapat tanaman anggrek dapat mempengaruhi intensitas hormon forigen yang dapat memicu pertumbuhan bunga. Ketinggian tempat juga diperlukan dalam menanam anggrek.

Apabila cara menanam anggrek bulan dilakukan pada pohon maka pilihlah tempat yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Selain ketinggian dan intensitas cahaya, tanaman anggrek bulan juga memerlukan sirkulasi udara yang baik.

Udara yang baik bagi anggrek bulan adalah udara yang berhembus secara terus menerus dengan lembut atau dikenal dengan istilah angin sepoi-sepoi.

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah kelembaban udara, kelembaban udara yang baik bagi pertumbuhan anggrek bulan adalah sekitar 70%. Namun, yang perlu diingat adalah tanaman anggrek bulan tidak terlalu menyukai keadaan yang becek dan berair.

Agar tanaman anggrek bulan Anda menjadi baik pertumbuhannya dan berbunga banyak, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Melakukan Penyiraman Secara Rutin

Penyiraman tanaman anggrek bulan dapat dilakukan sebanyak 2 kali sehari. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman anggrek bulan adalah sekitar pukul delapan pagi dan pukul empat sore.

Disarankan untuk menggunakan sprayer ketika akan menyiram tanaman anggrek bulan agar tidak merusak media tanamnya.

Pada saat musim kemarau, Anda dapat melakukan penyiraman sebanyak 3 kali sehari agar kesegaran bunga anggrek dapat terjaga. Namun saat musim hujan, Anda tidak perlu melakukan penyiraman.

2. Melakukan Pemupukan

Selain melakukan penyiraman secara rutin, Anda juga harus melakukan pemupukan pada tanaman anggrek bulan secara rutin. Biasanya pupuk akan diberikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer, persis seperti akan melakukan penyiraman terhadap anggrek bulan.

Pupuk yang baik untuk tanaman anggrek bulan adalah pupuk yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi.

3. Menjaga Tanaman Anggrek Bulan dari Paparan Cahaya Matahari Langsun

Anggrek Bulan
Anggrek Bulan

Tanaman anggrek bulan merupakan tipe tanaman yang tidak membutuhkan cahaya matahari dengan intensitas yang banyak. Intensitas cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman ini berkisar antara 20% hingga 30%.

Cahaya yang baik untuk tanaman anggrek bulan adalah cahaya matahari pagi. Jika cara menanam anggrek bulan dilakukan dengan menempelkannya pada pohon, maka pilihlah pohon yang besar dan rindang.

Usahakan anggrek bulan ditanam dengan menghadap arah timur agar dapat langsung mendapatkan cahaya matahari pagi secara optimal. Namun jika Anda menanam anggrek bulan pada pot, maka berikan naungan pada tanaman tersebut agar tak terpapar sinar matahari secara langsung.

Anda juga bisa memindahkan pot berisi tanaman anggrek tersebut ke tempat yang lebih teduh pada saat siang hari atau pada saat matahari sedang terik.

Demikianlah beberapa cara menanam anggrek bulan jika Anda ingin melakukannya sendiri di rumah. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membudidayakan anggrek bulan sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menanam dan merawat anggrek bulan.

Leave a Reply