Umbi Gadung

18 Tanaman Umbi Umbian yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman Umbi Umbian | Umbi merupakan komoditas yang cukup populer di Indonesia karena perawatannya yang mudah sehingga cukup menghasilkan jika di tanam.

Banyak yang mengira tanaman umbi umbian itu hanya singkong dan ubi jalar saja, padahal banyak sekali tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi umbian.

Umbi-Umbian
Umbi-Umbian

18 Tanaman yang Termasuk Ke Dalam Tanaman Umbi Umbian

Umbi merupakan organ pada tumbuhan yang bisa membesar dan berubah bentuk sebagai akibat dari fungsinya. Umbi dibedakan menjadi beberapa kelompok menurut asalnya yaitu umbi akar, umbi batang, dan umbi lapis.

Tanaman umbi umbian kebanyakan digunakan sebagai pengganti karbohidratdisamping nasi atau roti. Ada banyak sekali tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi yang mungkin banyak anda temukan di sekitar.

Berikut ini 18 tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi umbian yang patut untuk anda ketahui:

1. Wortel

Wortel
Wortel

Tanaman umbi umbian tidak selalu identik dengan karbohidrat, salah satu contohnya yaitu wortel. Tanaman yang masuk ke dalam umbi akar ini kaya akan serat dan biasanya digunakan sebagai bahan membuatsayur pada sop atau bisa juga dibuat menjadi jus.

Wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A dan beta karoten.

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar

Ubi jalar yang juga kita kenal dengan nama ketela rambat merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi akar.

Tanam ini memiliki kandungan senyawa beta karoten yang dapat menurunkan infeksi dari penyakit hiv/aids. Ubi jalar memiliki rasa manis sehingga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

3. Singkong

Umbi Singkong
Umbi Singkong

Singkong merupakan tanaman umbi umbian yang paling populer di Indonesia, tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi akar ini bisa menjadi pengganti beras sebagai makanan pokok.

Selain itu singkong juga menjadi bahan baku berbagai olahan seperti keripik singkong atau getuk.

4. Gembili

Gembili
Gembili

Mungkin banyak dari kita yang masih awam dengan tanaman yang satu ini. Tanaman ini berbentuk seperti tabung biasa dikonsumsi dengan cara dikukus, dibakar, atau digoreng sama seperti umbi pada umumnya.

5. Gembolo

Gembolo memiliki bentuk yang hampir serupa dengan gembili, banyak orang yang sering keliru dengan kedua tanaman ini. Perbedaanya adalah gembolo dapat tumbuh lebih besar dibandingkan gembili.

Cukup banyak manfaat yang dimiliki umbi gembolo diantaranya adalah dapat mengobati diare, disentri, dan radang mata.

6. Uwi

Uwi Ungu
Uwi Ungu

Tanaman uwi termasuk ke dalam umbi akar, tanaman ini memiliki berbagai bentuk bisa bulat, lonjong, ataupun pipih. Uwi memiliki cita rasa hambar dengan tekstur pulen ketika dikukus, makanan ini juga bisa mengenyangkan jika dikonsumsi karena mengandung karbohidrat.

7. Garut

Umbi Garut
Umbi Garut

Garut merupakan tanaman umbi umbian yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga dapat mengenyangkan. Tanaman ini juga biasa digunakan sebagai bahan baku dodol, emping, dan kue semprit.

8. Ganyong

Ganyong
Ganyong

Ganyong memiliki bentuk yang terlihat sedikit mirip dengan lengkuas. Tanaman satu ini dapat digunakan sebagai bahan baku kerupuk. Ganyong memiliki rasa yang mirip dengan ubi jalar.

9. Dahlia

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika dahlia masuk ke dalam tanaman umbi umbian. Umbi dahlia mengandung inulin yang memiliki manfaat diantaranya sebagai probiotik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya osteoporosis.

10. Bawang

Bawang
Bawang

Bawang juga termasuk ke dalam kelompok umbi karena tumbuh di dalam tanah. Bawang masuk ke dalam kategori umbi lapis karena strukturnya yang berlapis lapis. Jenis bawang terdiri dari bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombay yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan.

11. Bira

Bira yang juga dikenal dengan sente ini termasuk tanaman umbi umbian yang diambil umbi batangnya sebagai sumber karbohidrat.

Akan tetapi anda harus hati-hati karena jika daun dan bunganya termakan mentah dapat membuat mulut dan perut terasa gatal. Getah dari tanaman ini juga dapat menyebabkan radang.

12. Kecipir

Kecipir
Kecipir

Kecipir merupakan salah satu tanaman rambat yang banyak kita temui di pekarangan, masyarakat memanfaatkan polong dan pucuknya sebagai sayuran sehari-hari.

Umbi kecipir terbentuk pada bagian akar utamanya dan bermanfaat sebagai sumber pangan karena memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yang tinggi.

13. Iles-Iles atau Porang

Iles-iles atau porang memiliki bentuk yang hampir serupa dengan suweg. Tanaman ini memiliki umbi yang cukup besar kurang lebih 5 kg yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku lem, roti, agar-agar, mie, tahu, bahkan kosmetik.

Karena kegunaan yang cukup banyak tanaman satu ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi yaitu sekitar 2.000/kg.

14. Gadung

Umbi Gadung
Umbi Gadung

Gadung merupakan salah satu tanaman umbi umbian yang dijadikan bahan baku keripik khas Kuningan. Tanaman yang memiliki duri dan bentuk mirip sirsak ini memiliki cita rasa gurih cocok untuk anda yang suka ngemil.

15. Suweg

Umbi Suweg
Umbi Suweg

Suweg cukup familiar di telinga anda yang berasal dari jawa, tanaman ini memang banyak ditanam oleh masyarakat karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Suweg biasanya cukup direbus atau dikukus saja sudah enak untuk disantap. Kandungan gula yang rendah pada tanaman ini cocok digunakan untuk anda yang sedang menjalani program diet.

16. Talas

Umbi Talas
Umbi Talas

Talas memiliki ukuran umbi yang lebih besar jika dibanding dengan singkong atau ubi jalar. Namun, tanaman yang masuk ke dalam kelompok umbi batang ini memiliki rasa yang hambar sehingga jika ingin mengkonsumsi harus ditambahkan dengan gula atau garam agar lebih terasa gurih.

Meskipun kurang sedap jika hanya dikukus saja, talas menjadi bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat keripik, puding, kue, dan juga es krim.

17. Kentang

Kentang
Kentang

Tanaman satu ini tidak asing lagi di telinga kita, selain sebagai bahan sayur kentang juga merupakan bahan baku berbagai cemilan seperti keripik, kentang goreng, dan juga donat.

Tanaman yang memiliki bentuk bulat  tidak teratur ini termasuk ke dalam tanaman umbi umbian golongan umbi batang karena berakar tunggang yang memiliki akar samping yang banyak, stolon pada ujung akar samping akan membesar membentuk umbi.

Ketang mengandung karbohidrat, mineral, protein, karotenoid, polifenol, asam folat, dan vitamin C. Tanaman ini juga memiliki zat solanin yang bisa digunakan sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur dan pestisida.

18. Bengkuang

Umbi Bengkuang
Umbi Bengkuang

Bengkuang merupakan tanaman yang memiliki cukup banyak manfaat, selain sebagai bahan untuk membuat rujak atau asinan, bengkuang juga terkenal dalam dunia kosmetik.

Tanaman satu ini bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat kosmetik, atau bisa juga digunakan secara langsung untuk masker wajah agar wajah menjadi lebih cerah.

Tanaman yang masuk ke dalam golongan umbi akar ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga cocok dinikmati ketika panas di siang hari.

Itulah 18 tanaman yang masuk ke dalam tanaman umbi umbian. Banyak dari tanaman tersebut yang mungkin sudah familiar di telinga maupun lidah anda.

Leave a Reply