Tanaman Pengusir Ular

8 Tanaman Pengusir Ular yang Harus Anda Ketahui

Tanaman Pengusir Ular | Ular merupakan salah satu binatang yang cukup ditakuti manusia, karena memang ada beberapa jenis ular yang berbisa jika menggigit.

Ular bisa hadir dimana saja termasuk rumah Anda, namun jangan khawatir ada beberapa cara untuk mengusir ular agar tidak datang lagi ke sekitar Anda. Salah satu cara mengusir ular adalah dengan menanam beberapa tanaman pengusir ular.

Tanaman Pengusir Ular
Tanaman Pengusir Ular

8 Tanaman yang Mampu Mengusir Ular Menjauh dari Rumah Anda

Ular yang dibiarkan begitu saja masuk ke dalam rumah dapat membahayakan penghuni rumah Anda. Ular berbisa yang menggigit dapat menyebabkan kejang, penurunan tekanan darah, pendarahan, dan yang paling parah jika tidak segera ditangani oleh ahli gigitan ular bisa menyebabkan kematian.

Kebanyakan orang merasa takut untuk membunuh ular secara langsung karena beberapa kepercayaan mistis, ada juga yang merasa kasihan jika harus membunuh binatang bersisik ini sehingga banyak orang yang lebih memilih mengusir ular dibanding membunuhnya.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengusir ular adalah dengan menanam tanaman yang membuat ular pergi menjauh. Berikut ini adalah beberapa tanaman pengusir ular yang dapat membantu Anda mengusir ular:

1. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan atau yang lainnya. Tanaman yang memiliki bentuk panjang dengan ujung lancip ini dipercaya dapat mengusir ular yang akan datang ke rumah Anda.

Tanaman ini bisa Anda tanam di pot pot kemudian bisa  Anda taruh di halaman rumah Anda. Perawatan dari tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria ini cukup mudah, tidak butuh banyak matahari dan air agar bisa tumbuh dengan sehat.

Selain dapat mengusir ular yang akan masuk ke dalam rumah tanaman hias satu ini juga dapat membersihkan udara sekitar karena mampu menyerap 10 jenis polutan. Tanaman pengusir ularini juga dapat membantu menyembuhkan luka akibat gigitan ular berbisa yang sangat bahaya jika dibiarkan.

2. Pohon Tanjung

Pohon Tanjung
Pohon Tanjung

Pohon tanjung dipercaya juga dapat mengusir ular, pohon ini biasanya ditanam di sekitar jalan menuju pekarangan rumah. Pohon tanjung berasal dari India, Sri Lanka, serta Burma memiliki bau bunga yang harum dan hal tersebut tidak disukai oleh ular.

Tanaman pengusir ular ini memiliki ketinggian hingga 15 meter dan tidak terlalu besar untuk di tanam di pekarangan.

Selain berfungsi mengusir ular, pohon ini juga dipercaya memiliki manfaat di bidang kesehatan seperti bagian bunga dan batangnya yang dapat mengatasi diare dengan disertai demam, daunnya bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, sedangkan bunganya dapat digunakan sebagai pengharum ruangan atau lainnya.

3. Pohon Drini

Drini
Drini

Pohon drini kadang juga disebut dengan sentigi/stigi/kastigi dulu banyak ditemukan di kawasan yang dekat dengan pantai dan laut khususnya di pantai Krakal daerah Gunung Kidul.

Tanaman ini tumbuh di area berkapur yang setiap hari terkena angin laut. Pohon Drini memiliki daun yang menyerupai daun sawo dan juga durian hijau dengan bagian bawah berwarna merah tembaga. Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk pengobatan dan juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir ular.

Tumbuhan yang satu ini tidak terlalu banyak ditemukan lagi di daerah pantai dan banyak diburu karena manfaatnya sehingga sekarang termasuk ke dalam pohon yang sangat langka.

Karena kelangkaan tersebut kayu dari pohon drini harga jualnya pun menjadi sangat mahal. Memiliki tinggi rata rata 4 meter ada juga yang sampai 10 meter.

4. Bonsai Drini

Bonsai Drini
Bonsai Drini

Karena pohon drini sekarang susah dijumpai dan cukup langka padahal banyak orang yang mencarinya karena manfaatnya. Akhirnya banyak orang yang mencoba membuat inovasi dari pohon satu ini agar bisa hidup di sekitar lingkungan rumah.

Bonsai merupakan teknik pengerdilan tanaman yang ditanam di dalam pot dengan tujuan membuat miniaturdari bentuk asli sebuah pohon besar yang sudah langka atau tua di alam bebas.

Bonsai drini menjadi favorit karena dipercaya dapat menjadi tanaman pengusir ular seperti pohon aslinya, Anda dapat meletakkan pohon di dalam pot di sekitar teras Anda agar ular tidak berani masuk ke dalam rumah.

5. Tanaman Mint

Tanaman Mint Pengusir Ular
Tanaman Mint Pengusir Ular

Tanaman mint merupakan tanaman yang biasanya diambil daunnya untuk berbagai pengobatan diantaranya dapat meredakan gangguan pencernaan, meredakan batuk dan pilek, menyembuhkan sakit kepala, dan masih banyak yang lainnya.

Selain di bidang kesehatan ternyata tanaman yang identik dengan kesegaran ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir ular. Banyak orang yang percaya bahwa aroma yang keluar dari tanaman mint membuat ular menjauh dari sekitar.

Tanaman aromatic ini memiliki cukup banyak jenis yang bisa Anda pilih diantaranya adalah peppermint, spearmint, mentholmint, berrysand cream mint, cologemint, chocolate mint, dan lemon balm.

Tanaman mint juga bisa digunakan untuk mengusir serangga semacam semut, kecoak, kadal, dan tawon

6. Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang Merah

Bawang merah banyak digunakan sebagai bumbu masakan agar masakan menjadi lezat. Tapi ternyata tanaman satu ini memiliki manfaat lain yaitu sebagai tanaman pengusir ular, bawang merah dipercaya dapat mengusir ular karena ular tidak suka baunya.

Ular akan menghilang ketika lubang ular atau sarang ular diberi bawang merah. Selain menjadi tanaman yang dapat membuat ular takut, bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan.

Bawang merah dapat membantu mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh, dan lain sebagainya..

7. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita, tanaman ini berguna sebagai bumbu masakan agar masakan kita menjadi lebih lezat.

Selain sebagai bumbu ternyata bawang putih juga banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat digunakan untuk tanaman pengusir ular.

Binatang yang kebanyakan ditakuti karena bisanya ini sangat takut pada aroma bawang putih yang menyengat, sehingga jika dia menciumnya dia akan berusaha untuk menghindari aroma tersebut dan tidak berani untuk mendekat.

Banyak yang mengatakan bahwa jika binatang melata ini sampai mencium aroma bawang putih dengan banyak tubuhnya bisa menjadi kaku.

Selain untuk mengusir ular tanaman ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan otak, dan mengatasi jerawat.

8. Tanaman yang Berbau Wangi

Tanaman Wangi Mengusir Ular
Tanaman Wangi Mengusir Ular

Banyak orang yang percaya bahwa yang dapat mengusir ular adalah garam, padahal hal tersebut tidak benar. Garam hanya mampu mengusir binatang yang memiliki lendir sedangkan ular tidak memiliki lendir.

Ular tidak takut pada garam tapi mereka takut pada wangi wangian, jadi menanam tanaman yang berbau sangat wangi dapat mengusir ular dari rumah Anda.

Itulah beberapa tanaman pengusir ular yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah ular datang ke rumah Anda tidak hanya dengan menanam tanaman tanaman tersebut, Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah agar ular enggan datang.

Leave a Reply