12+ Aneka Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Bagus dan Cocok Untuk Taman

Jenis-jenis Tanaman Hias Outdoor | Indonesia dikenal memiliki iklim tropis namun tetap memiliki intensitas hujan yang cukup. Apalagi banyaknya gunung menambah kaya akan kandungan di dalam tanah.

Tak khayal hal itu menjadi keuntungan tersendiri yang mana Anda dapat menanam dengan mudah jenis jenis tanaman hias outdoor maupun indoor. Perlu diketahui bahwa tanaman hias umumnya dibagi menjadi dua, yang pertama tanaman hias daun yang memiliki warna indah pada bagian daunnya sedangkan yang kedua ialah tanaman hias berbunga yang indah.

Pilihan jenis dan tipenya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan demi mempercantik desain rumah atau taman.

Inilah Jenis Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Super Indah

Tanaman hias outdoor itu berarti tumbuhan tersebut mampu beradaptasi dengan baik menerima intensitas sinar matahari yang tinggi. Kelebihan tersebut menjadikan Anda bebas berkreasi dan menyesuaikan kebutuhan yang ada demi menciptakan kesan indah di bagian halaman rumah maupun taman.

Apalagi jenis jenis tanaman outdoor kini sangat banyak ditemui dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Namun, tetap pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan desain tempat. Berikut ini beberapa jenisnya:

1. Bunga Marigold

Bunga Marigold
Bunga Marigold

Keindahan bunga yang juga dipanggil bunga gumitir ini tidak perlu diragukan lagi. Paduan warna merah dan kuning pada setiap detail bunganya menciptakan suatu keindahan dalam bunga.

Apalagi bunga ini memiliki banyak nektar di dalamnya sehingga sering mengundang kupu-kupu untuk datang. Maka nilai keelokannya akan semakin bertambah dengan hadirnya binatang tersebut yang tentunya menciptakan kesan indah di pekarangan rumah Anda.

2. Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara
Bunga Tapak Dara

Bunga yang satu ini penuh manfaat dan tentunya sangat cantik. Bagi Anda yang ingin menanam jenis jenis tanaman hias outdoor ini sebaiknya menaruh di halaman rumah.

Selain menambah kesan elok suatu pekarangan, bunga yang juga dikenal dengan nama geranium ini juga efektif mengusir nyamuk. Sudah indah bermanfaat lagi, siapa sih yang tidak ingin menanamnya.

3. Bunga Sikat Botol

Bunga Sikat Botol
Bunga Sikat Botol

Namanya terkesan unik dan aneh. Namun, jika dilihat dari dekat memang bentuknya sangat menyerupai sikat botol. Bagaimanapun justru itulah daya tarik utama jenis jenis tanaman hias outdoor yang indah ini.

Apalagi variasi warnanya sangat banyak dan bunga ini rajin sekali dalam menghasilkan kembang. Jadi tunggu apalagi segera saja tanam di pekarangan rumah.

4. Bunga Madenvilla Sanderi (Terompet)

Bunga Madenvilla Sanderi
Bunga Madenvilla Sanderi

Jika dilihat sekilas, bunganya terkesan mirip dengan tanaman kamboja. Bentuknya kembangnya memang hampir sama namun cara tumbuhnya jelas sekali berbeda. Sebab tanaman indah ini memiliki sistem pertumbuhan yang merambat. Jadi Anda dapat memanfaatkannya untuk menciptakan hiasan yang eksotis dan super asri.

5. Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Bila Anda tinggal di tempat dengan cuaca panas yang berlebihan jangan menyerah dalam membuat kesan halaman rumah lebih memukau. Anda dapat memilih jenis jenis tanaman hias outdoor yang tahan panas seperti tanaman kembang sepatu.

Selain mempunyai warna yang variatif, tanaman hias ini juga akan memberikan kesan asri dengan rindangnya dedaunan yang dimilikinya.

6. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia
Bunga Euphorbia

Apabila ada kategori bunga dengan rangkaian yang paling kecil dan mempesona mungkin euphorbia masuk dalam kategorinya. Tanaman hias ini cocok di letakan di pekarangan karena memang membutuhkan penyinaran yang memadai.

Anda tidak akan menyesal untuk menanamnya sebab selain indah, bunga ini juga dapat dimanfaatkan dengan cara diolah sebagai obat herbal alami yang mampu menyembuhkan banyak penyakit.

7. Tabebuya

Tabebuya
Tabebuya

Jenis jenis tanaman hias outdoor ke tujuh ini sempat membuat heboh di media sosial. Memiliki bunga berwarna kuning disertai pohonnya yang rindang menambah keindahan suatu tanaman.

Sebenarnya bunganya tersebut awalnya adalah daun yang siap berubah pada musim bunganya. Melihatnya berjejeran menampilkan kesan dan momen istimewa layaknya sedang berada di negeri sakura Jepang.

8. Tanaman Bayam Hias

Amaranthus tricolor
Amaranthus tricolor

Bosan dengan tanaman hias berbunga, kini saatnya melihat tumbuhan yang memiliki daun begitu indah. Salah satunya ialah tanaman bayam hias atau juga dikenal dengan nama Amaranthus tricolor.

Sesuai dengan namanya, letak keindahan terlihat dari perpaduan tiga warna berbeda di daunnya yakni meliputi merah, kuning, hijau. Menanamnya di halaman rumah tentu akan menjadi opsi yang tepat.

9. Asparagus Myres

Asparagus Myres
Asparagus Myres

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jenis jenis tanaman hias outdoor tidak hanya yang berbunga saja tetapi yang berdaun juga tak kalah indah. Demikian pula dengan asparagus ini yang memiliki daun unik yang berbentuk sikat botol.

Agar terlihat semakin menggemaskan sebaiknya menanamnya di pot kemudian jadikan hiasan di pekarangan rumah. Dijamin semakin menambah keindahan nantinya.

10. Lili Paris

Lili Paris
Lili Paris

Menambah kesan indah di halaman rumah tidak hanya dengan menanam di pot atau langsung di tanah. Memanfaatkan tanaman hias gantung seperti lili paris patut Anda perhitungkan.

Daunnya yang berbentuk pita dengan dua warna berbeda ini akan terlihat sangat elok ketika menjuntai dari luaran pot sehingga menambah keindahan suatu tanaman. Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga sangat baik dimanfaatkan sebagai penyegar badan. Jadi Anda mendapatkan manfaat dobel saat menanamnya.

11. Kaktus

kaktus
kaktus

Bagi Anda yang tidak ingin ribet dan tidak perlu membutuhkan banyak perawatan sebaiknya menanam tumbuhan kaktus. Jenis jenis tanaman hias outdoor ini ada banyak sekali macamnya. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Dalam perawatannya tidak perlu banyak air selama menanamnya. Tahan air merupakan kelebihan utamanya yang memang menjadi tempat favoritnya yang banyak ditemui di gurun pasir.

12. Cemara

Cemara
Cemara

Tanaman yang satu ini memang tidak berbunga tetapi jika dibuat tumbuhan hias juga sangat mempesona. Memiliki pola dedaunan yang dapat dibentuk menjadi keelokan tersendiri ketika menanamnya. Perlu diketahui bahwa jenis dari cemara itu sendiri ada banyak dan memiliki karakteristik sedikit berbeda satu sama lain. Salah satu yang populer yakni cemara natal yang juga digunakan dalam acara perayaan agama yakni natal.

13. Siklok

Tanaman Siklok
Tanaman Siklok

Jika Anda sedang mencari jenis jenis tanaman hias outdoor yang mudah ditanam dan cocok untuk penghijauan lebih baik memilih tumbuhan siklok. Bentuknya runcing akan tetapi tidak berbahaya mengingat tidak ada duri di setiap bagiannya. Perawatannya juga cukup mudah karena tumbuhan ini juga dikenal tidak membutuhkan banyak air untuk hidup.

14. Bunga Thunbergia

Bunga Thunbergia
Bunga Thunbergia

Tanaman berbunga sepertinya memang tidak ada habisnya. Selain beberapa di atas, thunbergia juga patut untuk ditanam. Bunganya yang indah dan elok memang memberikan kesan sejuk ketika memandangnya. Namun, dibalik keindahannya juga menyimpan fakta unik tersendiri yang mana bahagian bunga akan mekar pada pagi hari sedangkan menutup pada waktu senja.

Itulah jenis jenis tanaman hias outdoor yang cantik dan menawan. Menanamnya di pekarangan rumah atau di taman akan semakin menambah keindahan suatu tempat. Jika sudah seperti itu maka Anda akan semakin betah berlama-lama di halaman rumah. Akan tetapi, tetap pilihlah sesuai dengan selera dan mempertimbangkan kecocokan desain halaman.

Leave a Reply