bunga mawar

Berbagai Jenis Bunga Mawar Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Jenis Bunga Mawar | Bunga Mawar adalah jenis bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias sebab warna dan bentuk kelopaknya yang menawan.

Batang yang dimiliki pohon mawar mempunyai banyak duri berwarna hijau. Bunga ini tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan. Sehingga dapat tumbuh di daerah beriklim tropis hingga subtropis.

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga yang memiliki aroma harum ini memiliki banyak jenis dan warna yang berbeda tak jarang terkadang ada beberapa jenis yang tak banyak diketahui orang. Apa saja jenis bunga mawar tersebut? Anda dapat mengetahuinya dalam artikel berikut.

Jenis Jenis Bunga Mawar yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman hias yang satu ini selain memiliki berbagai warna yang indah ternyata juga mempunyai jenis yang beragam. Biasanya pada setiap negara akan memiliki jenis bunga mawar yang berbeda dan jarang ditemukan pada negara lainnya.

1. Climbing Rose

Climbing Rose
Climbing Rose

Berbeda dengan mawar jenis lainnya, bunga mawar jenis ini tumbuh secara merambat. Climbing rose sendiri sebenarnya tidak benar-benar digolongkan sebagai tanaman rambat.

Alasannya adalah mereka tidak memiliki akar yang dapat berpegang pada sesuatu melainkan hanya tumbuh secara menjalar, tanaman ini dapat tumbuh memanjang hingga 2 – 3 meter.

Climbing rose memiliki beberapa jenis seperti Ayrshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon.

2. Wild Rose

Wild Rose
Wild Rose

Sesuai namanya,jenis bunga mawar yang satu ini memang tumbuh secara liar di alam terbuka. Bunga ini memiliki bentuk kelopak yang simpel namun mempunyai corak warna yang indah.

Tumbuh secara liar membuat bunga ini cukup familiar karenasudah dikenal manusia sejak zaman dulu dan terkadang dapat dengan mudah di temui di pekarangan.

3. Modern Garden Rose

Bunga mawar dalam kelompok modern merupakan keturunan jenis Old Garden dan memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Biasanya jenis tanaman ini digolongkan berdasarkan ukuran tanaman dan ciri khas bunga.

  • Mawar Hybrid Tea
Mawar Hybrid Tea
Mawar Hybrid Tea

Jenis bunga mawar ini memiliki batang panjang dan tinggi, berpenampilan tegak, dan memiliki daun besar di bagian atas setiap batang.

Bunga ini termasuk tahan lama dan memiliki aroma yang wangi. Satu batang bunga ini mampu memproduksi 5 sampai 6 tangkai bunga.

  • Mawar Floribunda
Floribunda
Floribunda

Floribunda memiliki bentuk bunga kecil-kecil biasanya terdiri dari 10 bunga atau lebih pada satu batang dan dapat terus menerus berbunga.

Biasanya bunga ini banyak ditanam di kebun karena bentuknya yang bagus sebagai penghias halaman rumah.

4. Old Garden Rose

Old garden rose umumnya adalah tanaman mawar yang sudah ada sejak jaman dulu dan biasanya digunakan sebagai penghias pada kebun kerajaan.

Mawar jenis bunga mawar ini adalah hasil persilangan yang telah ada sebelum tahun 1867, dimana Hybrid Tea Rose mulai diperkenalkan.

Old garden rose memiliki beberapa jenis seperti :

  • Tea Rose
Tea Rose
Tea Rose

Biasa dikenal sebagai Etoilede Lyon Rose di negara asalnya. Merupakan hasil persilangan antara dua mawar beraroma dari Cina. Anda dapat melihat warna kuning muda yang anggun saat mereka bermekaran.

Bunga ini juga memiliki bau yang khas seperti wangi teh, apa yang membuat mereka sedikit berbeda dari mawar jenis lain adalah ketidak tahanan mereka terhadap cuaca yang terlalu dingin.

  • Blush Roses
Blush Roses
Blush Roses

Juga dikenal sebagai Rosa Blush, mawar yang tumbuh menjalar ini dapat tumbuh dengan hampir tidak memiliki duri. Memiliki daun hijau muda yang segar dengan bunga berwarna merah muda.

Blush roses dapat tumbuh menjalar dengan sangat baik, tak heran jika sering digunakan sebagai penghias pada kanopi atau pergola.

  • Damask Roses
Damask Rose
Damask Rose

Jenis bunga mawar ini berasal dari Damaskus dan mekar hanya sekali selama musim panas. Bunga ini merupakan hasil persilangan bunga mawar rosaphoenicea dengan mawar galica. Sehingga menghasilkan warna pink dan putih yang indah.

  • Mawar Gallica
Gallica Rose
Gallica Rose

Mawar ini dapat berbunga dengan lebat diluar musim penghujan. Bunga berwarna merah muda cerah ini berasal dari kelompok mawar tua dari Eropa dan Asia yang juga merupakan hasil persilangan dari rosagalica.

Anda dapat dengan mudah menemui bunga ini saat pesta pernikahan, karena warnanya cerah dan bentuknya yang menawan bunga ini sering menjadi favorit bagi para wanita.

  • Mawar Alba
Alba Rose
Alba Rose

Mawar Alba merupakan mawar putih hasil persilangan antara RosaAlba dan RosaArvensis. Bunga ini berbunga hanya setahun sekali. Bunga ini memiliki dedaunan hijau kebiruan dan mekar setahun sekalidengan kelopak putih besar yang indah.

  • Mawar Bourbon
Bourbon Rose
Bourbon Rose

Jenis bunga mawar ini memiliki bentuk bunga yang hampir melingkar disertai dengan lipatan kelopak berwarna pink yang membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Bunga ini adalah salah satu mawar pertama dari Cina yang mekar beberapa kali per tahun. Bunga ini pertama kali ditemukan di Prancis pada tahun 1823. Mawar dihasilkan melalui persilangan antara mawar Old Blush China dan Autumn Damask.

  • Mawar Ayrshire
Ayrshire Splendens Arvensis
Ayrshire Splendens Arvensis

Secara resmi dikenal sebagai mawar Ayrshire Splendens Arvensis, bunga ini termasuk mawar menjalar yang berasal dari eropa. Memiliki bunga kecil yang berwarna putih susu, mawar ayshire tidak dapat berbunga secara berulang.

  • Mawar Andrewi Moss
Andrewi Moss Rose
Andrewi Moss Rose

Dikembangkan pada abad ke-17, dedaunan mawar ini memiliki kelopak berwarna merah muda dan batang yang seperti ditumbuhi lumut, dari situlah namanya berasal. Sama seperti banyak jenis mawar lainnya, mawar jenis ini hanya dapat berbunga setahun sekali.

  • Mawar Centifolia
Centifolia Rose
Centifolia Rose

Bunga mawar ini lebih dikenal dengan nama provence yang berarti seribu mahkota. Mawar ini hanya dapat berbunga selama satu tahun sekali.

Bunga dikembangkan oleh para hibridis di Belanda pada tahun 1600-an dan mekar sekali di musim panas, mereka mekar dengan warna pink yang indah.

  • The Portland Rose
Portland Rose
Portland Rose

Nama dari mawar diambil dari orang yang pertama kali menerimanya yaitu Duke of Portland sebagai tanda mengenang beliau. Jenis bunga mawar ini punya bunga yang lebar dengan batang yang berduri.

  • .Bermuda Mysterious Rose
Bermuda Rose
Bermuda Rose

Mawar ini disebut misterius karena jenis dan nama aslinya sudah tidak diketahui lagi sehingga hanya diberi nama berdasarkan tempat ditemukannya. Mawar ini merupakan jenis mawar yang tahan terhadap berbagai kerusakan sehingga membuatnya bernilai cukup tinggi.

Pasalnya mawar ini dapat ditanam di daerah tropis maupun sub tropis serta dapat berbunga dalam cuaca panas dan lembab. Keunggulan lain dari mawar bermuda yaitu tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh penyakit bercak hitam maupun serangan nematoda.

5. Mawar Mini

Mini Rose
Mini Rose

Berbeda dengan jenis mawar lain dengan batang yang panjang ataupun bunga yang lebar, Jenis bunga mawar ini memiliki ukuran yang kecil.

Banyak orang yang memilih bunga ini karena penampilannya yang unik atau mungkin karena alasan lahan yang terbatas, bahkan mawar ini dapat ditanam didalam wadah.

Biasanya mawar mini tumbuh setinggi tidak lebih dari 50 cm serta memiliki kelompok bunga dengan diameter 2 – 5 cm dan dapat terus berbunga. Bunga mawar ternyata memiliki beragam jenis dan penampilan yang berbeda.

Seperti itulah bermacam-macam Jenis bunga mawar yang perlu Anda ketahui dan mungkin bisa dijadikan referensi saat ingin menghias halaman rumah menggunakan bunga yang cantik.

Leave a Reply