bunga melati

Mengenal Jenis Bunga Melati, Si Mungil Yang Penuh Pesona

Jenis Bunga Melati | Jika ditanya tentang aroma favorit dari bunga-bunga, kebanyakan orang tentu akan menjawab bunga melati. Bunga melati berasal dari Himalaya dan dianggap sakral di India.

Dalam beberapa budaya bunga melati identik dengan dunia spiritual dan dianggap sebagai harapan Illahi. Meski begitu populer dan menjadi favorit banyak orang, tak banyak yang tahu bahwa jenis bunga-bunga melati sangatlah banyak.

Bunga mungil yang menjadi bagian dari keluarga Oleaceae ini disebut-sebut memiliki sekitar 200 jenis ‘saudara’ yang tersebar di seluruh dunia dengan keunikannya masing-masing.

Bunga Melati
Bunga Melati

8 Jenis Bunga-bunga Melati Paling Populer di Dunia, dari Indonesia Salah Satunya

Keharuman dan keindahan bunga melati membuat banyak orang menyukai dan membudidayakannya. Karena keindahan dan keharumannya, bunga melati banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti upacara-upacara adat, parfum dan kosmetik, dekorasi hingga konsumsi, yaitu dicampurkan ke dalam minuman seperti teh.

Di atas segala kepopulerannya, tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya di dunia ini ada sekitar 200 jenis bunga melati dan 8jenis bunga-bungamelati terpopuler. Apa sajakah bunga melati terpopuler di dunia? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Melati Arumdalu

Arumdalu
Arumdalu

Melati Arumdalu adalah salah satu dari jenis bunga-bunga melati paling populer di dunia. Daunnya berbentuk lonjong kecil-kecil dengan kelopak bunga yang juga berukuran kecil.

Tak banyak yang tahu bahwa di balik namanya yang sangat Indonesia, sebenarnya melati Arumdalu berasal dari benua Amerika dengan nama asli Night Blooming Jasmine, sebab melati Arumdalu akan menyebarkan aroma wangi dan mekar di malam hari.

Tapi jangan salah, si cantik yang satu ini ternyata bisa menghasilkan reaksi alergi bagi orang-orang tertentu yang menghirup wangi bunganya.

2. Melati Kacapiring

Cape Jasmine
Cape Jasmine

Melati Kacapiring adalah salah satu jenis bunga-bunga melati dengan ragam sub-jenis terbanyak. Jenis melati yang satu ini memiliki belasan sub-jenis yang tumbuh dan tersebar di banyak benua.

Keharuman melati jenis ini sangat kuat, tajam dan khas. Di Indonesia, jenis melati kacapiring terkenal sebagai melati jempiring dari Bali. Berikut ini adalah jenis-jenis melati kacapiring yang terkenal di seluruh dunia:

  • Melati Kacapiring Cape Jasmine
  • Melati Kacapiring Candle Light
  • Melati Kacapiring AimeeYoshida
  • Melati Kacapiring August Beauty
  • Melati Kacapiring Belmont
  • Melati Kacapiring Chuck Hayes
  • Melati Kacapiring Aster
  • Melati Kacapiring Frostproof
  • Melati Kacapiring Daruma
Kliem’s Hardy
Kliem’s Hardy
  • Melati Kacapiring Kliem’s Hardy
  • Melati Kacapiring Grif’s Select
  • Melati Kacapiring Miami Supreme
  • Melati Kacapiring Michael
  • Melati Kacapiring Glazerii
  • Melati Kacapiring Mystery
  • Melati Kacapiring Shooting Star
  • Melati Kacapiring Variegata
  • Melati Kacapiring Veitchii
  • Melati Kacapiring White Gem

3. Melati Primrose

Primrose
Primrose

Di antara jenis bunga-bunga melati yang terkenal, melati primrose adalah salah satu yang memiliki tampilan berbeda. Jika bunga melati identik berwarna putih, maka melati primrose tampil beda dengan warna kuning menyala.

Melati primrose tumbuh sepanjang tahun dengan aroma semerbak yang terus menguar. Meskipun memiliki batang dan daun yang kokoh, melati primrose disebut tidak tahan terhadap suhu dingin dan lebih subur dalam suhu sejuk dengan banyak sinar matahari.

4. Melati Musim Dingin

Winter Jasmine
Winter Jasmine

Berbeda dengan melati primrose, melati musim dingin justru tumbuh dan berbunga pada saat musim dingin.  Dari sekian jenis bunga-bunga melati, melati musim dingin dapat bertahan hidup dan tumbuh di cuaca dingin asalkan tanah tempat tumbuhnya adalah tanah yang kaya nutrisi.

Aroma bunga melati musim dingin memiliki karakter yang agak berbeda di antara yang lain. Jika kebanyakan jenis bunga melati memiliki karakter aroma yang tajam dan kuat, melati musim dingin cenderung memiliki aroma yang segar dan ringan serta tidak menusuk hidung.

5. Melati X Stephanese

X Stephanese Jasmine
X Stephanese Jasmine

Dengan tampilan manis berwarna putih semu merah muda, melati x stephanese memiliki pesonanya sendiri. Jenis melati yang satu ini adalah hasil persilangan dari melati gambir dari Indonesia dan spesies melati cina merah.

Keindahan dan keunikan melati ini membuatnya menjadi salah satu dari jenis bunga-bunga melati yang mendapatkan penghargaan RHS dari Golden Merit.

6. Kemboja Merah

Kemboja Merah
Kemboja Merah

Meskipun bernama kemboja merah, jenis yang satu ini tetap termasuk dari keluarga melati. Bunga ini berasal dari Meksiko, Venezuela dan Kolombia. Karakteristik melati kemboja merah adalah cabang yang tebal dan daun yang kasar.

Bunga melati jenis kemboja merah biasanya tumbuh sebelum daun. Bunga melati jenis kemboja merah banyak ditemui sedang mekar ketika masuk ke musim panas hingga musim gugur.

Meski figurnya tampak tegak dengan tekstur daun serta batang yang tebal, melati kemboja tidak tahan dengan cuaca berangin. Kelopak dan daun-daunnya akan rentan gugur, dan batangnya beresiko untuk patah.

7. Melati Elongatum

Elongatum Jasmine
Elongatum Jasmine

Melati Elongatum adalah salah satu jenis melati yang langka sebab keindahan warnanya. Bunga melati elongatum memiliki warna putih bersih dengan semu merah muda di bagian bawah kelopaknya. Setiap bunganya memiliki 6 hingga 9 kelopak yang menyempit sehingga tampak seperti bintang.

Keunikan lain dari jenis melati elongatum adalah tidak memiliki aroma seperti umumnya bunga melati. Melati hutan ini memang cukup langka keberadaanya dan banyak diburu oleh para pecinta bunga.

Selain bentuknya yang cantik, bunga ini juga sangat cocok untuk dijadikan hiasan rumah.

8. Melati Putih Indonesia

Melati Putih Indonesia
Melati Putih Indonesia

Dari jenis bunga-bunga melati, melati putih Indonesia atau yang bernama latin Jasminumsambac adalah jenis melati yang banyak ditemui di Indonesia.

Aromanya yang mengandung nuansa dingin dan spiritual banyak digunakan dalam berbagai upacara kebudayaan seperti upacara pernikahan, selamatan hingga berbagai macam pertunjukan seni dan budaya.

Melati putih Indonesia memiliki keanggunan khas melalui bentuknya yang mungil menguncup, aroma yang misterius dan khasiatnya yang beragam.

Tak hanya dipergunakan untuk kebutuhan-kebutuhan non konsumsi, melati putih Indonesia sering dicampurkan ke dalam teh yang menghadirkan aroma unik hasil perpaduan kesegaran teh dan aroma melati.

Melati putih Indonesia juga telah dinobatkan sebagai simbol nasional karena melambangkan kesucian, kemurnian, kesetiaan dan keanggunan karakter bangsa.

Jasmine
Jasmine

Melati sebagai salah satu jenis flora terindah di dunia memang memesona banyak orang. Aroma, keindahan dan filosofi dari jenis bunga-bunga melati di dunia begitu beragam dan mendalam, sehingga banyak penyimbolan-penyimbolan yang menggunakan bunga melati sebagai subyek bercitra positif.

Budidaya melati baik secara pribadi maupun untuk keperluan bisnis selain menguntungkan juga menyenangkan. Aroma yang dikeluarkan sepanjang hari terutama saat cuaca dingin dan sejuk oleh bunga melati memiliki efek relaksasi yang mendalam dan dipercaya dapat meredakan ketegangan syaraf dan menambah aura positif dari sebuah tempat.

Terlepas dari berbagai mitos dan kepercayaan berbagai budaya tentangnya, bunga melati memang merupakan bunga terindah yang memiliki pesona tak tertandingi.

Bagaimana, apakah Anda jadi tergoda dengan keharuman dan keindahan si mungil ini? Selamat bereksplorasi dan rasakan sensasi harum dan tenang bunga melati di pekarangan Anda.

Leave a Reply