Cara Menanam Buah Naga yang Benar Agar Cepat Berbuah

Cara menanam buah naga | Siapa yang tidak mengenal buah-buahan yang satu ini ? iya pastinya semua pada mengetahui dan juga menyukai buah-buahan ini. Seperti yang Anda kenal bahwa buah naga ini untuk menanamnya sangatlah muda atau gampang sekali. Apakah benar begitu ? untuk Anda yang ingin memiliki buah naga sendiri di halaman rumah atau di tempat manapun itu, maka langsung saja simak penjelasan dari artikel kali ini dengan baik.

Namun sebelum itu, dalam artikel ini akan membahas terkait dengan “Pengenalan Tanaman Buah Naga, Cara Memilih Bibit atau Benih dari Buah Naga dan Khususnya yaitu Cara untuk Menanam Tanaman Buah Naga ini”.

Tanaman Buah Naga

Siapa yang mengetahui buah yang satu ini ? pastinya mengetahui semuanya kan ? iya karena buah naga ini sangatlah unik, baik itu unik dari namanya, bentuknya dan juga rasanya. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan terkait dengan ciri-ciri dari buah naga ini yaitu di antaranya :

Tanaman Buah Naga
Tanaman Buah Naga
  • Buah naga ini dibilang sebagai jenis kaktus yang berasal dari Negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kemudian buah naga berkembang di Negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia karna sudah di budidayakan yang tersebar luas di negara-negara tersebut.
  • Buah naga ini mempunyai ciri spesifik yaitu adanya akar, batang, duri, bunga dan buah.
  • Uniknya lagi, di tanaman buah naga ini mempunyai akar yang tumbuhnya tidak seperti tumbuhan lagi, karena akar ini merupakan akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung.
  • Buah naga ini dianggap buah yang membawa berkah bagi orang Vietnam dan China. Dengan demikian, buah naga ini sering disandingkan di antara dua patung-patung naga yang berwarna hijau di atas meja Altar. Sehingga menjadi kebiasaan dan adat bagi orang China dengan sebutan “Thang Loy” yang kemudian diterjemahkan di Eropa dengan bahasa Inggris menjadi “Dragon Fruit”.

Buah naga ini mempunyai beberapa varietas diantaranya yaitu :

 varietas buah naga
varietas buah naga
  • Buah Naga Jenis “Hylocereus Undatus”

Buah naga ini mempunyai ciri yaitu buahnya yang berwarna merah dengan daging buahnya yang berwarna putih.

  • Buah Naga Jenis “Hylocereus Polyrhizus”

Buah naga ini mempunyai ciri yaitu wananya merah muda dengan daging buahnya berwarna merah.

  • Buah Naga Jenis “Hylocereus Costaricensis”

Buah naga yang mempunyai ciri yaitu warna buahnya yang sangat merah.

  • Buah Naga Jenis “Selenicereus Megalanthus”

Buah naga ini mempunyai ciri yaitu kulit buah yang berwarna kuning dan juga mempunyai daging buah yang berwarna putih.

Cara Memilih Bibit Buah Naga

 Bibit Buah Naga
Bibit Buah Naga

Sebelum membahas terkait dengan cara untuk menanam buah naga, maka Anda harus mengetahui untuk memilih  bibit buah naga dengan baik. Bibit buah naga yang baik itu harus seperti ini cara memilihnya :

  • Anda harus memilih batang buah naga yang memiliki diameter minimal 8 cm (delapan centi meter). Warnanya harus hijau tua dan memounyai tekstur yang keras. Semakin besar diameter batang, maka semakin baik karena akan membuat tanaman tumbuh semakin kokoh.
  • Batang yang sudah Anda pilih ersebut harus yang sudah pernah mengalami produksi atau berbuah sebanyak 3 kali, karena akan kebih produktif.
  • Batang yang sudah dipilih tersebut juga harus Anda potong dengan ukuran 120 cm (seratus dua puluh centi meter). Kemudian itu Anda potongi lagi menjadi 4 mata ruas dan runcingkan salah satu ujung-ujung batang tersebut.
  • Setelah semua sudah siap, maka biarkan getahnya sampai mengering terlebih dahulu, setelah mengering lalu semailah dalam plastik polibek dengan ujung runcing pada bagian yang di tanam sedalam 5 cm (lima centi meter).
  • Sesudah di semai tersebut, lalu tempatkan semaian bibit itu pada tempat yang sejuk dan cukup terkena sinar matahari.
  • Kemudian, lakukan perawatan tersebut secara rutin selama 2-3 hari sekali. Dan selama 3 minggu nanti akan muncul tunas-tunas pertama dan setelah 3 bulan barulah bibit tersebut akan memiliki tinggi sekitar 50 cm ke atas dan siap di tanam pada lahan.

Cara Menanam Tanaman Buah Naga

Setelah bibit-bibit di atas siap untuk di tanam pada lahan, barulah di sini akan dijelaskan bagaimana cara menanam yang baik itu seperti apa ? langsung saja simak cara-cara berikut ini :

kebun buah naga
kebun buah naga
  • Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis buah naga apa yang mau Anda tanam

Jenis buah naga memang sangatlah banyak, namun yang biasanya di tanam yaitu buah naga yang berwarna merah dan putih. Karena buah naga ini mudah untuk di tanam.

  • Anda harus mengetahui cara untuk membuat atau memilih bibit buah naga dengan baik

Cara ini dapat dilakukan dengan dari biji maupun stek. Namun disarankan Anda memilih dengan cara stek aja, sebab hasilnya akan lebih baik dan juga mudah untuk berbuah. Dengan begitu Anda disarankan untuk memilih induk yang bagus yang pernah berbuah atau produksi selama 3-4 kali.

  •  Anda harus bisa membeli bibit buah naga yang baik

Khususnya bagi Anda yang baru pemula untuk menanam buah naga, maka disarankan untuk membeli bibit yang mempunyai tunas minimal empat, umur bibit sudah 2 bulan lebih, tinggi bibit minimal 50 cm ke atas, batang harus berwarna hijau dan kokoh, bibit tersebut harus pernah berbuah selama 3-4 kalian.

  • Anda harus bisa membuat stek bibit buah naga dengan baik

Caranya yaitu Anda harus memilih induk yang bagus yang sudah pernah berbuah selama 3-4 kali, dengan diameter besarnya yaitu 8 cm dengan panjang sekitar 50 cm ke atas. Dengan batang yang berwarna hijau sehat, keras dan tua.

Setiap bibit usahkan memiliki minimal 4 calon tunas. Potong batang yang akan di stek dengan panjang sekitar 20-30 cm dengan rata dan pangkal bawah di runcingkan untuk di tancapkan ke dalam tanah.

Buatlah pelindung untuk menutupi stek batang buah naga dari panas matahari atau tempatkan di tempat yang sejuk. Kemudian lakukan perawatan dengan rutin sampai tunas tumbuh dengan baik.

perawatan buah naga

Pengenalan tanaman buah naga, cara memilih bibit buah naga yang baik dan juga cara untuk menanam tanaman buah naga dengan beberapa tahapan sudah dijelaskan dengan baik dalam artikel kali ini.

Semoga dengan penjelasan di atas tersebut, Anda dapat melakukan penanam tanaman buah naga tersebut sesuai dengan cara yang sudah di jelaskan di atas dan akan menghasilkan hasil yang memuaskan bagi Anda. Itu saja yang dapat dijelaskan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

Leave a Reply