Jenis Tanaman Hias

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Bisa Kalian Tanam di Lahan Sempit [Hemat Ruang]

Jenis Tanaman Hias | Untuk memberikan kesan sejuk pada sudut rumah, masyarakat era modern banyak memilih tanaman hias sebagai salah satu pelengkapnya. Tanaman hias disini merupakan tumbuhan asli, bukan sekedar bunga-bungaan plastik atau dekorasi buatan.

Selain membantu menyaring udara di area rumah, tanaman juga memiliki banyak jenisnya, oleh karena itu dapat dipilih sesuai bentuk dan banyaknya ruang yang tersedia. Jenis jenis tanaman hias hemat ruang menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati masyarakat perkotaan dengan memakai sedikit lahan.

Jenis Jenis Tanaman Hias Untuk Lahan Sempit

Tanaman hias dapat digunakan sebagai mempercantik ruangan indoor maupun outdoor serta menambah nilai karakteristik suatu bangunan.

Lahan yang terbatas tidak menutup kemungkinan Anda memiliki hunian asri dengan barisan tanaman hias di setiap sudutnya. Jenis-jenis tanaman hias yang dapat digunakan untuk lahan sempit antara lain :

1. Tanaman Hias Biasa

tanaman hias biasa
tanaman hias biasa

Menghias tatanan rumah dengan tanaman, bisa dimulai dengan membuat pagar rumah atau pembatas berbahan Semak Legitrum, tumbuhan merambat, perdu maupun Hingkip Mirten.

Kesan alam akan sangat terlihat meskipun tanaman hias ini tergolong biasa dan sederhana. Perawatannya cukup mudah, hanya saja perlu ketelatenan mengatur pertumbuhan tanaman tersebut misalnya dengan pemangkasan batang daun yang teratur.

2. Tanaman Hias Gantung

Tanaman Hias Gantung Anggrek
Tanaman Hias Gantung Anggrek

Tanaman hias dengan media gantung biasanya diaplikasikan pada jenis jenis tanaman hias seperti Begonia, Anggrek, Lobelia dan Geranium misalnya, karena selain memiliki bagian tumbuhan yang kecil, bunga–bunga tersebut dapat hidup di dalam pot.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan kesan natural, Anda dapat menggantungnya di teras atau di samping rumah.

3. Tanaman Hias Batang

Tanaman Hias Batang
Tanaman Hias Batang

Ada beberapa jenis tanaman hias batang yang populer di Indonesia, misalnya Bambu Kuning, Bambu Air, Palem Bambu, dan Kaktus Berduri. Tanaman hias ini memiliki daya tarik pada  keunikan dan keindahan batangnya.

Memiliki nilai artistik yang tinggi, tak heran jika tanaman hias batang banyak digunakan untuk dekorasi kantor, kafe, dan ruang tamu di rumah.

4. Tanaman Hias Bunga

Jenis jenis tanaman hias lainnya adalah ada di kategori bunga. Sudah umum sekali bahwa bunga yang segar dan cantik mampu membawa suasana ruang menjadi lebih harmonis.  Adapun jenis bunga yang dapat digunakan, antara lain:

  • Bunga Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan simbol keselarasan hubungan dan cinta, meski demikian bunga dengan banyak pilihan warna ini banyak dijumpai sebagai tanaman hias.

Variasi warna bunga mawar adalah merah, putih, merah muda, ungu dan biru. Pada umumnya, mawar digunakan sebagai hiasan meja dan di kebun bunga.

  • Bunga Kenanga

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga

Kenanga termasuk kategori tanaman perdu yang tingginya mencapai 3 meter. Bunga ini cocok sebagai tanaman hias di ruang outdoor misalnya ditanam di halaman rumah.

Di Indonesia, khususnya daerah tertentu yang masih kental dengan budaya adat, bunga kenanga yang memiliki aroma harum yang diyakini memiliki nilai mistis.

  • Bunga Lili

Bunga Lili
Bunga Lili

Salah satu dari jenis jenis tanaman hias yang memiliki aroma harum adalah bunga Lili.  Bunga dengan kelopak berwarna putih ini memiliki kurang lebih 100 macam varian, untuk bisa tumbuh dengan baik bunga Lili bisa ditanam di pot atau di halaman rumah dengan media tanah.

  • Bunga Melati

Bunga Melati
Bunga Melati

Di Indonesia, bunga Melati merupakan “Puspa Bangsa” simbol dari kesucian dan kemurahan. Tumbuh dengan cara merambat, bunga ini memiliki kurang lebih 200 macam.

Seperti bunga Lili, bunga Melati juga mempunyai aroma yang harum sehingga cocok digunakan sebagai tanaman hias outdoor, pada taman atau halaman rumah Anda.

  • Bunga Alamanda

Bunga Alamanda
Bunga Alamanda

Bunga Alamanda atau bunga terompet merupakan tanaman hias yang banyak digunakan di Brazil. Bunga dengan pangkal kelopak yang menyerupai terompet berwarna kuning berpadu merah ini biasanya ditanam di halaman rumah.

  • Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu memiliki kelopak yang relatif lebih besar dibanding bunga lainnya. Varian warnanya juga beragam seperti merah, oranye, merah muda, putih dan kuning. Jenis bunga ini bisa menjadi alternatif tanaman hias di halaman rumah Anda.

  • Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Bunga dengan desain kelopak yang unik dan anggun seperti bunga Anggrek merupakan bunga nasional negara Singapura dan Thailand. Di Indonesia sendiri, jenis bunga Anggrek memiliki lebih dari 5.000 macam.

Bunga ini termasuk dari jenis jenis tanaman karena tumbuhnya yang dapat menempel di dinding atau media lain sehingga tidak mengganggu perlengkapan rumah lainnya.

5. Tanaman Hias Daun

Selain memiliki daya tarik dari bunga dan batangnya, beberapa jenis tanaman hias menjadi popular justru dari keindahan daunnya. Tanaman hias daun mampu menciptakan nuansa asri dan kesan natural pada ruang maupun halaman rumah Anda. Beberapa jenis tanaman hias daun, seperti :

  • Tanaman Sri Rejeki

Tanaman Sri Rejeki
Tanaman Sri Rejeki

Tanaman Sri Rejeki yang memiliki nama asli Aglaonema ini dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor. Aglaonema merupakan salah satu dari jenis jenis tanaman hias, karena tumbuhnya cukup dengan media tanah dan pot, sehingga tidak memerlukan banyak lahan.

  • Tanaman Kuping Gajah

Tanaman Kuping Gajah
Tanaman Kuping Gajah

Memiliki bentuk daun yang lebar dan berbentuk seperti kuping gajah, tanaman ini cocok untuk tanaman hias di ruang outdoor. Karena pertumbuhannya yang cepat, jadi tidak memungkinkan apabila tanaman ini menjadi hiasan di dalam rumah. Media tanamnya adalah tanah dalam pot atau taman bunga di halaman.

6. Tanaman Hias Buah

Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami
Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami

Pernahkah Anda menjumpai tanaman hias indoor dengan buah yang menggantung di rantingnya? Misalnya seperti Cabai Pelangi, Nanas Medusa, Lemon, Jeruk Nagami dan Nanas Merah.

Tanaman hias buah tersebut merupakan jenis jenis tanaman hias. Karena selain menampilkan kesan unik dengan buah-buah yang menggantung, tanaman ini relatif memiliki ukuran yang kecil dan tidak memerlukan banyak tempat.

7. Tanaman Hias Akar

Tanaman Hias Akar
Tanaman Hias Akar

Akar adalah bagian dari tumbuhan yang letaknya paling bawah dan tertutup media tanam atau tanah. Namun pada tanaman hias tertentu, akar tersebut menjadi bagian yang didepankan karena kecantikan bentuknya.

Sesuai dengan hasil yang didapat, membuat tanaman hias akar memerlukan teknik dan cara yang tidak mudah. Tanaman yang bisa digunakan antara lain Canarium Spp, Ficus Elastica, Artacarpus Altilis dan Ficus Benyamina. Meski demikian, ini bisa menjadi referensi lain jenis jenis tanaman hias.

8. Tanaman Hias Kolam

Tanaman Hias Kolam Teratai
Tanaman Hias Kolam Teratai

Beberapa tanaman cantik dan unik lainnya tumbuh dengan media kolam, antara lain seperti bunga Teratai, Bambu Air, Bunga Lotus atau Seroja, Papirus Air dan Equisetum. Bunga yang cara hidupnya di air ini bisa menjadi pilihan tanaman hias outdoor.

Tidak harus memiliki kolam yang luas, Anda bisa membuat kolam buatan dengan desain minimalis. Jenis jenis tanaman ini akan melahirkan kesan natural di halaman rumah Anda.

Oleh karena banyaknya jenis jenis tanaman hias, sebaiknya Anda mempertimbangkan juga bagaimana cara perawatannya. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hias tersebut. Pemilihan jenis tanaman dapat Anda sesuaikan dengan tema ruangan atau dekorasi pendukung lain yang sudah ada.

Leave a Reply