Tanaman Pengusir Tikus

12 Tanaman Pengusir Tikus yang Dapat di Andalkan

Tanaman Pengusir Tikus | Siapa yang tidak tahu tikus, binatang pengerat ini hampir selalu ada dimana-manaterutama di rumah. Keberadaan tikus di rumah sangat membuat tidak nyaman, selain karena bau dan suaranya yang berisik tikus juga sangat senang mencuri makanan dan merusak barang barang rumah tangga.

Berbagai cara biasa dilakukan seperti dengan memasang jebakan atau racun, bahkan dengan memelihara kucing agar tikus ketakutan dan tidak datang lagi ke rumah.

Akan tetapi sebagian dari kita malas melakukan hal tersebut, cara lain yang bisa dilakukan adalah mengusir tikus dengantanaman pengusir tikus.

Mengusir Tikus
Mengusir Tikus

12 Tanaman Pengusir Tikus yang Perlu Anda Ketahui

Makanan yang sudah dijamah tikus jika termakan oleh manusia dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti rat bite fever atau demam akibat gigitan tikus, leptospirosis, hemerrhagic fever, dan salmonellosis.

Tikus yang berkeliaran dan memakan makanan yang ada di rumah sangat berbahaya jika dibiarkan. Tidak hanya lewat makanan yang digigit saja, tapi tikus juga bisa menularkan virus penyakit lewat udara.

Tanaman Pengusir Tikus
Tanaman Pengusir Tikus

Karena hal itu pengusiran terhadap tikus diperlukan, banyak orang yang lebih memilih mengusir daripada membunuh karena bau bangkai tikus juga merupakan sumber penyakit, terkadang bangkai juga susah ditemukan karena tikus yang mati di sembarang tempat.

Mengusir tikus menggunakan tanaman pengusir tikus adalah hal efektif untuk Anda yang tidak suka kucing dan bangkai tikus. Berikut ini 12 tanaman yang dipercaya dapat mengusir tikus:

1. Mint

Pengusir Tikus Daun Mint
Pengusir Tikus Daun Mint

Tanaman mint dapat mengusir tikus pergi dari rumah Anda karena tikus tidak suka bau mentol yang sangat menyengat. Dengan menanam tanaman mintdisekitar, dijamin rumah Anda akan terhindar dari makhluk pengerat yang satu ini.

Selain dengan ditanam, mint juga bisa diambil daunnya kemudian ditumbuk dan diambil sarinya. Sari daun mint kemudian campur dengan air dan semprotkan ke daerah dimana tikus selalu tinggal. Sebagai tanaman pengusir tikus jenis mint yang paling bagus digunakan adalah peppermint.

2. Mengkudu

Mengkudu
Mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman dengan sejuta manfaat terutama untuk kesehatan, akan tetapi tanaman yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai tanaman pengusir tikus.

Mengkudu memiliki bau yang cukup menyengat dan tidak disukai tikus sehingga tikus akan kabur jika mencium baunya. Bagian tanaman yang ampuh untuk mengusir tikus adalah buahnya, belah buah mengkudu kemudian letakkan di area yang sering dilewati tikus.

3. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Tikus termasuk binatang yang terganggu dengan bau-bauan menyengat, salah satunya adalah bau cengkeh.

Cengkeh yang telah kering memiliki aroma yang lebih menyengat daripada yang masih basah, jadi gunakan yang kering kemudian bungkus dengan kain tipis dan letakkan dia tempat yang disukai tikus.

4. Bawang Putih

Pengusir Tikus Bawang Putih
Pengusir Tikus Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan untuk mengusir binatang seperti ular, dan ternyata tanaman satu ini juga ampuh untuk menyingkirkan tikus dari rumah Anda.

Cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan memotong kecil-kecil bawang putih, kemudian sebar di area yang sering dilalui tikus. Akan tetapi bawang putih memiliki aroma menyengat yang juga kurang sedap untuk hidung kita.

5. Kayu Putih

Daun Kayu Putih
Daun Kayu Putih

Tanaman kayu putih yang bisa juga disebut gelam merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai obat karena dapat menghilangkan nyeri, menghilangkan bengkak, obat diare, rematik, asma, radang usus, insomnia, dan sakit kepala.

Di bidang lain ternyata tanaman satu ini dapat menjadi tanaman pengusir tikus. Bagian pohon kayu putih yang tidak disukai tikus adalah daunnya, Anda bisa mengambil beberapa daun dari tanaman ini kemudian iris kecil kecil dan sebar di tempat tempat favorit tikus tinggal.

6. Tanaman Patah Tulang

Tanaman Patah Tulang
Tanaman Patah Tulang

Patah tulang atau yang juga dikenal dengan tikel balung atau kayu urip ini bisa berguna sebagai tanaman pengusir tikus. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Euphorbia Tirucalli ini memiliki getah yang dapat mengusir tikus rumah bahkan tikus tanah sekalipun.

Namun,Anda harus berhati hati karena getah dari tanaman ini mengandung racun yang jika terkena kulit manusia akan membuat iritasi.

7. Cabai Rawit

Cabai Rawit
Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan tanaman yang memiliki rasa khas yaitu pedas. Ternyata tidak hanya rasanya yang pedas aroma dari cabai rawit juga sangat pedas dan hal tersebut tidak disukai oleh tikus.

Tikus akan berusaha kabur jika mencium aroma pedas dari cabai rawit. Bagian yang banyak digunakan untuk mengusir tikus dari tanaman pengusir tikusini adalah bagian buahnya. Buah cabai memiliki aroma yang paling pedas sehingga paling bagus untuk mengusir tikus.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menumbuk atau memblender beberapa buah cabai hingga halus dan tambahkan air secukupnya. Semprotkan air cabai rawit ke bagian rumah yang selalu dilewati tikus.

8. Sirsak

Sirsak
Sirsak

Sirsak merupakan salah satu buah favorit yang enak dimakan secara langsung atau juga dibuat menjadi jus. Tanaman sirsak ternyata memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tikus yaitu pada daunnya.

Tikus akan lari jika mencium bau dari daun sirsak yang telah dipotong potong. Pilih daun yang masih segar agar aroma dari daunnya masih ampuh untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

9. Durian

Pengusir Tikus Durian
Pengusir Tikus Durian

Banyak yang suka buah durian karena rasanya yang lezat, tapi ada juga yang menghindari buah satu ini karena aromanya yang menyengat. Tikus adalah salah satu yang menghindari durian karena aroma buahnya.

Bagian yang paling ampuh mengusir tikus bukan isi buahnya tapi kulitnya, selain karena aromanya tikus juga akan menghindari durian karena mereka juga tidak suka kulitnya yang tajam.

10. Tanaman Bintaro

Tanaman Pengusir Tikus Bintaro
Tanaman Pengusir Tikus Bintaro

Tanaman bintaro mungkin masih agak asing di telinga kita, tanaman inisejenis dengan tumbuhan pantai atau paya. Tanaman yang memiliki bentuk cukup indah ini ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir tikus.

Tanaman bintaro termasuk beracun, jika dikonsumsi manusia dapat menyebabkan detak jantung yang tidak stabil dan berujung kematian, getahnya jika mengenai luka bisa menyebabkan kelumpuhan.

Namun racun dalam buah bintaro dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus.Dengan menaruh buah yang berbentuk bulat ini di beberapa bagian rumah maka tikus akan ketakutan dan lari menjauh.

Jangan membakar kayu bintaro sembarangan karena asapnya juga dapat  menyebabkan keracunan.

11. Jengkol

Jengkol
Jengkol

Tanaman jengkol merupakan tanaman yang cukup populer untuk dijadikan masakan lezat, meski ada yang tidak suka karna baunya tapi masih banyak juga yang memfavoritkan kuliner dengan bahan dasar jengkol.

Jengkol ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir tikus. Tikus tidak menyukai bau jengkol yang menyengat sehingga memilih menghindar dari area jengkol berada.

Bagian tanaman yang paling ampuh mengusir tikus adalah kulit buahnya. Kulit jengkol bisa dilarutkan kemudian disemprotkan ke daerah tikus atau juga bisa hanya diletakkan begitu saja.

12. Kopi

Kopi
Kopi

Bagian dari tanaman kopi yang digunakan untuk mengusir tikus adalah bijinya, biji kopi memiliki aroma yang tidak disukai tikus. Anda dapat meletakkan bijiatau bubuk kopi di tempat biasa tikus lewat

Itulah 12 tanaman yang dapat membantu Anda mengusir tikus dari rumah. Tikus datang karena ada keadaan yang mereka sukai, jadi selalu bersihkan rumah agar tikus enggan datang.

Tanaman pengusir tikus hanya membantu mengusir tikus, mungkin nanti tikus-tikus akan kembali jika Anda tidak rajin menggantinya.

Leave a Reply