Tanaman Pengusir Nyamuk

Ragam Tanaman Pengusir Nyamuk yang Efektif Dan Bagus Untuk Hiasan Rumah

Tanaman Pengusir Nyamuk | Nyamuk merupakan jenis serangga yang cukup mengganggu. Gigitan nyamuk bisa mengakibatkan munculnya bentol-bentol berwarna kemerahan dan terasa gatal.

Tidak hanya itu, beberapa jenis nyamuk seperti Aedes Aegypti juga bisa menimbulkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Apa lagi saat musim hujan tiba, populasi nyamuk akan lebih banyak dan lebih mudah berkembang biak terutama pada tempat-tempat yang kurang bersih.

Oleh karena itu, kebersihan lingkungan rumah harus terus dijaga agar tidak menjadi sarang nyamuk. Untuk mengatasi keberadaan nyamuk, di pasaran sudah banyak dijual obat-obat berbahan dasar kimia dengan berbagai merk.

Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa memanfaatkan cara yang lebih alami. Tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi solusi pembasmi nyamuk yang lebih aman dan murah.

Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Bagus Untuk Dicoba

Obat kimia yang banyak dijual memang menawarkan kemampuan membasmi nyamuk dengan cara instan. Bentuknya ada yang berupa lotion yang bisa langsung diaplikasikan ke kulit.

Ada juga obat berbentuk cairan semprot, atau berupa kertas yang harus dibakar. Asap pembakaran itulah yang dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Namun demikian, pemakaian obat kimia dalam jangka waktu yang lama juga mengandung resiko bagi kesehatan.

Asap pembakaran dan kebiasaan menghirup zat di dalamnya akan berdampak pada kesehatan paru-paru. Nah, beberapa jenis tanaman berikut ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya di rumah. Apa saja? Berikut 10 jenis tanaman pengusir nyamuk.

1. Serai

Serai
Serai

Tanaman pengusir nyamuk yang pertama adalah serai. Serai atau sereh biasanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan bumbu masakan yaitu sebagai penambah aroma pada makanan.

Tanaman perdu ini tergolong tanaman yang mudah tumbuh di berbagai jenis iklim dan tanah. Oleh karena itu, serai mudah dipelihara di rumah. Serai mengandung zat bernama sitronela.

Aroma yang dikeluarkan dari zat ini tidak disukai oleh nyamuk. Itulah mengapa serai menjadi tanaman wajib untuk ditanam di rumah sebagai tumbuhan alami yang efektif mengusir nyamuk. Sebaiknya, tanamlah serai di bawah jendela.

2. Daun Selasih

Selasih
Selasih

Jenis tumbuhan kedua yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang efektif adalah daun selasih. Biasanya, biji selasih dimanfaatkan sebagai pelengkap pada minuman es.

Nah, daun selasih atau daun basil memiliki kandungan zat eugenol dan geraniol. Kedua zat ini mengeluarkan aroma cukup tajam yang tidak disukai nyamuk. Itulah mengapa nyamuk jadi enggan mendekat pada tanaman selasih.

3. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Siapa yang tidak kenal tanaman satu ini? Ya, meski dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang utama, ternyata bawang putih juga punya manfaat tersembunyi sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Kandungan zat belerang pada bawang putih menjadikan tanaman satu ini sangat ampuh untuk membasmi nyamuk. Anda bisa meletakkan bawang putih di tempat di mana sirkulasi udara berlangsung.

Misalnya di dekat pintu atau di dekat jendela. Supaya aromanya tidak terlalu menyengat, Anda bisa menambahkan bahan lain yang beraroma lebih wangi sesuai selera.

4. Lavender

Bunga Lavender
Bunga Lavender

Kepopuleran lavender sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk memang sudah tidak diragukan lagi. Biasanya, lavender akan tumbuh baik di daerah dataran tinggi.

Bunga ini memiliki warna ungu dan aroma yang wangi. Siapa sangka, aroma wangi ini ternyata justru tidak disukai nyamuk. Lavender mengandung zat bernama linalool dan asetat yang merupakan zat ampuh untuk membuat nyamuk menghindar darinya. Itulah mengapa banyak produk obat anti nyamuk yang memanfaatkan keharuman lavender sebagai salah satu komposisinya.

Bunga cantik ini dapat Anda tanam pada media pot. Letakkanlah lavender pada lokasi di dekat pintu atau di dekat jendela.

5. Rosemary

Rosemary
Rosemary

Selain bawang putih, tanaman rempah-rempah lain yang memiliki fungsi ganda sebagai tanaman pengusir nyamuk adalah rosemary. Biasanya, rosemary dimanfaatkan daunnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging.

Namun, rosemary juga bisa ditanam di rumah sebagai penghalang masuknya nyamuk ke dalam rumah. Tumbuhan ini juga tergolong mudah dipelihara, sebab ketahanannya pada sinar matahari dan tidak mudah rentan terkena serangan hama.

Aroma wangi yang dikeluarkan rosemarymirip seperti aroma minyak kayu putih sehingga membuat nyamuk akan mengalami gangguan pada indera penciumannya.

Selain itu, efektivitas kinerja radar nyamuk juga akan kacau jika mencium aroma rosemary ini. Jadi, tunggu apa lagi, segeralah tanam bunga rosemary di pekarangan rumah Anda.

6. Tapak Dara

Tanaman Geranium
Tanaman Geranium

Tapak dara atau geranium selain sebagai tanaman hias juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Kandungan sitroniol dan geraniolnya membuat nyamuk tidak suka dan tidak akan mau mendekat.

Wangi sitroniol dan geraniol ini akan menyebar terutama saat tapak dara tertiup angin. Ditambah dengan warna kelopak bunganya yang indah akan membuat rumah semakin cantik.

Anda bisa menanam tapak dara di dalam media pot, kemudian tempatkan di dalam area rumah.Dengan begitu, dijamin nyamuk-nyamuk tidak akan betah berlama-lama ada di ruangan rumah Anda.

7. Bunga Krisan

Krisan
Krisan

Bunga krisan juga bisa menjadi alternatif tanaman pengusir nyamuk yang efektif. Ciri khas bunga yang satu ini adalah kelopaknya yang kecil-kecil dan berjumlah banyak. Anda dapat menanam bunga krisan di teras rumah.

Aroma yang dikeluarkan bunga krisan tidak disukai serangga-serangga seperti lalat dan nyamuk. Dengan begitu, rumah akan terbebas dari ancaman nyamuk. Tanaman ini bisa ditanam dengan media pot atau polybag.

8. Catnip

Tanaman Catnip
Tanaman Catnip

Beberapa orang mungkin masih asing dengan jenis tanaman satu ini. Tanaman ini terkenal dengan kemampuannya untuk membuat kucing menjadi berperilaku lebih aktif setelah bersentuhan dengan tanaman ini.

Catnip (nepeta cataria) merupakan salah satu tumbuhan yang tidak disukai oleh nyamuk. Catnip memiliki kandungan minyak esensial bernama nepetalactone yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Anda bisa menanam catnip di pekarangan rumah. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa tanaman ini adalah tanaman yang mudah tumbuh tinggi, sehingga Anda harus menempatkannya di lokasi yang tidak mengganggu.

9. Bunga Kamboja

Kamboja
Kamboja

Bunga kamboja terkenal dengan warna kelopaknya yang putih dan kuning. Keindahan bunga ini membuat banyak orang menanamnya di pekarangan. Namun, tahukah Anda ternyata kamboja adalah salah satu tanaman yang efektif mengusir nyamuk.

Kamboja juga mudah dirawat karena tanaman ini memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Wangi yang dikeluarkan bunga kamboja tidak disukai oleh nyamuk sehingga rumah akan terbebas dari nyamuk.

10. Kecombrang

Bunga Kecombrang
Bunga Kecombrang

Lebih populer sebagai bahan penyedap masakan, ternyata kecombrang juga bisa ditanam sebagai pengusir nyamuk. Aroma asam yang dikeluarkan membuat nyamuk akan langsung menjauh dari area rumah.

Demikianlah tadi penjelasan tentang sepuluh jenis tanaman pengusir nyamuk yang efektif dan ampuh. Selain lebih murah, pemanfaatan tanaman-tanaman ini sebagai bahan alami pembasmi nyamuk juga lebih aman dan tidak memiliki resiko bagi kesehatan.

Anda dapat memakainya dalam jangka waktu yang lama tanpa khawatir terjadi masalah pada tubuh. Lahan di teras atau di pekarangan rumah bisa menjadi pilihan lokasi penanaman.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, tanaman penghalau nyamuk juga bermanfaat untuk menambah sisi estetik sudut-sudut ruangan di rumah.

Leave a Reply