Spider Plant

10 Tanaman Pembersih Udara yang Bisa Menyejukkan Rumah Anda

Tanaman Pembersih Udara | Udara kotor yang penuh dengan racun dan polusi merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Sebaliknya udara yang bersih dapat membuat kita sehat secara jasmani dan segar secara pikiran.

Udara kotor tidak hanya berada di jalanan saja tapi juga berada di ruangan yang bahkan kita pikir itu bersih. Salah satu cara agar udara di sekitar kita bersih adalah dengan menanam tanaman pembersih udara.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang dapat membersihkan gas dan senyawa berbahaya yang ada di udara sehingga menjadi lebih bersih dan sehat.

Tanaman Penyejuk
Tanaman Penyejuk

10 Tanaman Pembersih Udara yang Harus Anda Ketahui

Ternyata ruangan memiliki jumlah polusi yang lebih berbahaya dibanding dengan udara luar seperti di jalanan.

Terdapat 3 senyawa berbahaya yang ada di sekitar kita, diantaranya adalah formaldehida yang berasal dari bau cat, lem, atau pelapis, kemudian benzena yang berasal dari plastik, karet, pelumas, dan thrycholoetyren yang berasal dari cat, lem, dan pembersih permadani.

Selain ketiga senyawa tersebut masih ada asap rokok dan penggunaanAC yang dapat membuat udara menjadi kotor. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa Anda tanam yang dapat membantumembersihkan udara. Berikut 10 tanaman pembersih udara yang harus Anda ketahui:

1. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki kemampuan menyerap 107 polutan termasuk karbondioksida, benzena,formaldehida, dan thrycholoetyren sehingga membuat udara menjadi bersih.

Selain itu tanaman satu ini juga bagus ditaruh dekat barang elektronik seperti televisi, komputer, atau handphone karena bisa menyerap radiasi dari barang barang tersebut.

Lidah mertua memiliki bentuk yang cantik dan mudah dalam perawatannya tidak membutuhkan banyak air dan matahari. Jika ruangan sesak penuh karbondioksida, nikotin, atau efek penggunaan AC makaAnda wajib meletakkan tanaman yang juga bisa digunakan menghias ruangan ini.

Tanaman yang memiliki nama latin Sanseviera ini menyerap karbondioksida di siang hari dan mengeluarkan oksigen di malam hari kebalikan dari mayoritas tanaman.Sebagai tanaman pembersih udaralidah mertua juga mampu menghilangkan gas metanal di udara.

2. English Ivy

Tanaman English Ivy
Tanaman English Ivy

English Ivy termasuk ke dalam tanaman hias merambat yang biasanya dimasukkan ke dalam pot kemudian di gantung. Tanaman yang memiliki nama latin Hedera Helix ini dapat menyerap polutan formaldehida sehingga membuat udara sekitar tanaman menjadi bersih.

Selain itutanaman pembersih udara ini jika diletakkan di dalam kamar mandi juga dapat menyerap urea penyebab bau tak sedap sisa urin dan feses.

Namun, Anda harus berhati hati jika memiliki anak kecil karena tanaman yang biasa disebut sirih gading ini memiliki daun yang beracun jika tertelan manusia.Tanaman ini memiliki masa hidup yang panjang dan perawatan yang mudah, Anda hanya perlu menyiramnya satu atau dua kali sehari.

3. Peace Lily

Tanaman Peace Lily
Tanaman Peace Lily

Tanaman ini memiliki keunggulan dapat meningkatkan kebersihan udara di ruangan Anda hingga 60%. Selain itu, tanaman yang cukup indah untuk dijadikan tanaman hias ini dapat menyerap spora jamurmelalui daunnya kemudian menjadikannya makanan ketika sudah sampai ke akar sehingga dapat membuat rumah Andalebih bersih dari spora jamur.

Jika kamar mandi Anda terasa banyak jamur dan lumut Anda bisa menaruh tanaman pembersih udara ini di kamar mandi karena dapat menyerap aseton dan alkohol serta jamur dan lumut.

4. Pakis Boston

Pakis Boston
Tanaman Pakis Boston

Pakis merupakan salah satu tanaman favorit untuk dijadikan tanaman hias yang ditanam di rumah, tak terkecuali dengan salah satu jenisnya yaitu pakis boston.

Tanaman satu ini dapat bertindak sebagai pelembab udara sehingga cocok untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan berkaitan dengan udara kering. Selain itu, tanaman ini juga dapat menghilangkan formaldehida yang ada di sekitar ruangan.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah tidak asing lagi di telinga kita, tanaman yang satu ini memiliki berbagai manfaat di berbagai bidang seperti kesehatan dan kecantikan.

Salah satu manfaat tanaman ini jika di tanam adalah dapat membersihkan udara sekitar. Lidah buaya dapat membantu membersihkan udara dari benzena yang biasanya tertempel karena cat rumah atau pembersih berbahan kimia.

Ketika jumlah racun berbahaya terlalu banyak di udara tanaman pembersih udara ini akan menunjukkan reaksi bintik bintik cokelat pada daunnya. Lidah buaya yang sehat adalah yang banyak mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

6. Spider Plant

Tanaman Spider Plant
Tanaman Spider Plant

Spider plant juga biasa disebut dengan tanaman laba laba merupakan tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan. Tanaman ini sangat bagus untuk menghilangkan racun yang ada di udara, hanya dengan penanaman 2 hari 90% udara kotor yang ada akan menghilang.

Tanaman ini cocok ditanam oleh Anda yang alergi terhadap debu. Sebagai tanaman pembersih udara spider plant dapat membersihkan polutan berupa karbon monoksida, xilena, formaldehida, dan benzena.

7. Aglaonema atau Sri Rejeki

Tanaman Aglaonema
Tanaman Aglaonema

Aglaonema atau Sri Rejeki merupakan tanaman yang bagus di tanam untuk membersihkan udara karena memiliki buah kecil yang dapat menghilangkan racun dari pembersih berbahan kimia.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kombinasi sri rejeki dan lidah mertua dapat menggantikan peran AC sebagai penyegar ruangan, selain itu juga dapat menetralkan polusi yang disebabkan oleh asap rokok dan mikroorganisme.

Dengan menanam sri rejeki di ruangan Anda juga dapat terhindar dari bakteri dan spora jamur yang merugikan. Tidak hanya di dalam rumah, tanaman pembersih udara ini juga bagus di tanam di luar rumah agar lingkungan Anda bersih dari polutan.

Akan tetapi Anda harus hati hati karena tanaman ini mengandung racun pada getahnya jika terkena kulit akan menyebabkan gatal gatal.

8. Bunga Krisan

Krisan
Krisan

Bunga krisan selain indah jika ditanam juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara sekitar, bunga ini dapat menyerap racun benzena akibat pembersih dengan bahan kimia, cat, plastik, dan lem.

Bunga krisan yang juga memiliki nama lain bunga seruni ini sangat menyukai matahari sehingga bagus Anda gantung di teras rumah.

9. Heart Leaf Philodendron

Heart Leaf Philodendron
Tanaman Heart Leaf Philodendron

Heart Leaf Philodendron merupakan tanaman hias yang bagus untuk pembersihan udara karena dapat menghilangkan formaldehida. Akan tetapi Anda harus berhati hati karena tanaman pembersih udara yang satu ini beracun sehingga harus dijauhkan dari anak anak atau binatang.

10. Bunga Anthurium

Anthurium
Anthurium

Bunga Anthurium memiliki bentuk yang indah dan cantik untuk dijadikan tanaman hias di rumah Anda. Tanaman ini juga mampu membersihkan udara karena daun gelapnya efektif menghilangkan zat amonia, formaldehida, toluena, serta xilena.

Tanaman ini sangat bagus ditaruh di ruang kerja atau tempat yang dekat printer, mesin fotokopi, atau lem.

Itulah 10 tanaman yang bisa berguna sebagai tanaman pembersih udara. Anda bisa memilih beberapa tanaman yang Anda anggap indah untuk membantu membersihkan udara. Tanaman tersebut banyak dijual di toko bunga jika Anda berminat untuk membelinya.

Leave a Reply