Pupuk Untuk Anggrek

Memilih Pupuk untuk Anggrek Yang Tepat

Pupuk untuk Anggrek | Bunga anggrek adalah bunga yang memiliki karakteristik unik dan kebutuhan perawatan yang khusus. Pertumbuhan anggrek terkenal lebih lambat dari jenis bunga hias lainnya.

Pada umumnya, anggrek baru berbunga setelah 18 bulan semenjak waktu penanaman. Kesabaran dan pemahaman akan tiap-tiap karakteristik bunga anggrek adalah cara yang tepat untuk menanam anggrek agar sukses dan berbunga dengan indah dan sehat.

Salah satu poin penting dalam penanaman bunga anggrek adalah pemupukan. Sayangnya masih ada pecinta bunga hias dan penggemar anggrek yang belum mengetahui pupuk untuk anggrek yang paling tepat digunakan agar tanaman tumbuh subur, sehat dan cantik.

Merawat Anggrek
Merawat Anggrek

Menentukan Pupuk yang Tepat Melalui Pemahaman Tentang Karakteristik Bunga Anggrek

Anggrek adalah jenis bunga yang memiliki kebutuhan akan air, udara dan unsur hara yang tinggi. Memahami karakter dasar anggrek yang satu ini akan membantu Anda untuk menentukan pupuk untuk anggrek yang tepat agar tanaman anggrek Anda tumbuh subur dan sehat.

Perawatan dan pemberian jenis pupuk yang kurang tepat akan membuat tanaman anggrek terhambat pertumbuhannya sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar bunga anggrek untuk bertumbuh.

Jenis anggrek yang kerap ditanam oleh para penghobi anggrek umumnya memiliki sifat epifit atau parasit. Artinya, karakter ini menyebabkan anggrek harus memiliki inang untuk tumbuh.

Anggrek yang tumbuh di hutan secara alami akan tumbuh pada pohon indung yang kaya akan unsur air dan udara. Untuk itu, bagi Anda yang berminat untuk membudidayakan anggrek, menanam anggrek sebaiknya dilakukan di dalam pot berpori untuk memenuhi kebutuhan anggrek akan air dan udara.

Pemberian Pupuk Pada Anggrek
Pemberian Pupuk Pada Anggrek

 

Untuk mendukung hal tersebut, terdapat jenis pupuk untuk anggrek yang dipercaya sangat sesuai dengan karakter dan kebutuhan dasar atas unsur hara, air dan udara. Jenis pupuk tersebut adalah pupuk majemuk.

Pupuk majemuk adalah pupuk yang memiliki lebih dari satu macam unsur hara. Pupuk jenis ini biasanya memiliki tekstur agak keras dan licin. Hal ini akan mendukung kurangnya penyerapan air oleh pupuk sehingga pada pemupukan bunga, unsur air akan lebih banyak teralokasikan untuk bunga anggrek.

Dalam pemilihan pupuk yang tepat untuk anggrek ada beberapa jenis pupuk majemuk yang paling baik dan cocok untuk tanaman anggrek. Apa sajakah jenis pupuk majemuk yang cocok untuk anggrek? Berikut ini ulasannya.

1. Pupuk NPK

NPK
NPK

Pupuk untuk anggrek yang pertama adalah NPK. Pupuk NPK mengandung senyawa ammonium nitrat (NH4NO3), ammonium dihidrogren fosfat (NH4H2PO4) juga memiliki kandungan tinggi kalium klorida (KCL).

Pupuk NPK dikenal sebagai jenis pupuk majemuk yang cocok buat tanaman anggrek sebab unsur nitrogen yang dikenal sangat membantu pertumbuhan tanaman vegetatif terutama bagian daun.

Kandungan fosfor yang dimiliki oleh pupuk NPK juga akan memacu pertumbuhan akar dan tunas pada anggrek agar dapat bekerja maksimal dalam menyerap unsur-unsur utama yang dibutuhkan, seperti air dan udara.

Pemupukan
Pemupukan

Kandungan pupuk NPK selanjutnya adalah kalium, yang memiliki fungsi untuk mengoptimalkan pembungaan pada tanaman anggrek.

Selain itu, pupuk NPK memiliki mekanisme slow release yang artinya proses pelepasan pupuk ke dalam molekul-molekul tanah berjalan secara lambat, sehingga kandungan pupuk tidak cepat habis sebab paparan air dalam tanah atau menguap terkena sinar matahari.

Oleh sebab itu, pupuk NPK dikenal sebagai pupuk terbaik yang memenuhi kebutuhan anggrek sesuai karakter dasar tanaman ini.

2. Pupuk Rustika Yellow

Jenis pupuk berikutnya adalah rustika yellow. Pupuk rustika yellow berbentuk butiran berwarna kuning kecokelatan ketika basah dan cenderung kekuningan ketika dalam kondisi kering.

Pupuk jenis ini memiliki sifat higroskopis, yaitu menolak air. Sama seperti pupuk NPK, pupuk rustika yellow memiliki karakter yang selaras dengan karakteristik dasar anggrek mengenai sifat dan kebutuhannya akan air.

Berbeda dengan pupuk NPK, pupuk rustika yellow memiliki mekanisme kerja sedang. Oleh sebab itu, pupuk ini dapat digunakan sebelum atau sesudah masa tanam bunga anggrek.

3. Pupuk Kandang

Pupuk Kandang
Pupuk Kandang

Rekomendasi berikutnya adalah pupuk kandang. Pupuk jenis ini adalah pupuk yang memiliki kandungan kompos dan unsur hara yang tinggi sebab berasal dari kotoran hewan.

Beberapa tanaman anggrek seperti jenis anggrek cattleya lebih cocok dengan pupuk kandang, sebab jika diberikan pupuk kimia murni tanaman anggrek cattleya akan cepat membusuk.

Kombinasi pemberian pupuk kandang dan pupuk NPK pada bunga cattleya juga disarankan sebab keduanya mengandung senyawa-senyawa yang dibutuhkan dan saling mendukung untuk pertumbuhan bunga anggrek cattleya.

4. Pupuk Air Kelapa

Air Kelapa
Air Kelapa

Pemberian pupuk untuk anggrek yang berasal dari air kelapa belum banyak diketahui oleh para penghobi anggrek. Padahal pupuk air kelapa memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek dari semua jenis.

Pemberian pupuk kelapa bagi tanaman anaggrek dapat meningkatkan produktivitas anggrek sehingga tanaman anggrek Anda akan rajin dan lebih cepat berbunga.

Pengaplikasian pupuk air kelapa bagi anggrek dapat dilakukan dengan cara langsung, yaitu air kelapa murni yang disemprotkan pada daun anggrek, atau dicampurkan dengan pupuk organik lain.

Faktor yang mendasari mengapa pupuk air kelapa baik untuk pertumbuhan bunga anggrek adalah karena air kelapa mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bunga bunga ini.

Selain itu, air kelapa dikenal memiliki kandungan hormon auksin dan sitokinin yang berperan penting dalam pertumbuhan serta pembungaan tanaman anggrek.

Sitokinin dikenal memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan proses pembelahan sel serta mendukung terjadinya diferensiasi jaringan dalam proses pertumbuhan akar dan pembentukan tunas pucuk tanaman anggrek.

Sebagai cadangan makanan, air kelapa mengandung aneka vitamin dan zat pendukung pertumbuhan yang baik untuk bunga anggrek.

Anggrek
Anggrek

Setelah mengetahui informasi tentang beberapa jenis pupuk untuk anggrek, hal yang harus dipahami berikutnya adalah jenis-jenis dan karakter khusus masing-masing bunga anggrek yang anda budidayakan.

Sebab, meskipun memiliki karakter dasar yang sama, beberapa bunga anggrek memiliki karakter tersendiri yang memerlukan perlakuan khusus pada proses pemberian dan jenis mana yang paling tepat untuk masing-masingnya.

Cara Pemberian Pupuk untuk Anggrek

Pemberian Pupuk
Pemberian Pupuk

Perawatan bunga anggrek dan pemberian pupuk untuk anggrek memiliki metode yang harus dipahami oleh para penghobi bunga ini. Secara umum, pemberian pupuk pada bunga anggrek dapat dilakukan dengan dua cara.

Yang pertama adalah pemupukan pada tanah, dan yang kedua adalah dengan cara menyemprotkan pupuk kepada bagian daun tanaman bunga anggrek.

Masing-masing cara pemberian pupuk pada bunga anggrek diputuskan setelah Anda memahami karakteristik dasar bunga anggrek yang anda budidayakan.

Beberapa jenis pupuk untuk anggrek lebih cocok dengan metode penyemprotan pada daun sebab membutuhkan proses penyerapan yang lebih lambat dibandingkan dengan metode pemupukan pada tanah.

Contohnya anggrek cattleya yang lebih cocok dengan cara pemupukan melalui penyemprotan daun. Selain itu, waktu pemupukan anggrek yang tepat juga mesti diperhatikan. Waktu pemupukan anggrek yang tepat dilakukan pada sore hari dalam rentang waktu seminggu sekali.

Leave a Reply