Kandungan, Manfaat, Serta Beberapa Jenis Pupuk NPK Phonska yang Mudah Ditemui di Pasaran

Pupuk NPK Phonska | Pupuk merupakan salah satu elemen penting bagi Anda yang gemar bercocok tanam. Selain air, pupuk juga berguna untuk memberikan nutrisi bagi tanaman Anda agar tumbuh subur. Ada berbagai macam jenis pupuk untuk tanaman, salah satunya adalah pupuk NPK.

Pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk yang memiliki kandungan unsur hara yang cukup lengkap. Pupuk ini terdiri dari dua jenis, yaitu pupuk dalam bentuk padat dan juga pupuk dalam bentuk cair.

Baik pupuk cair ataupun padat, keduanya sama-sama memiliki kandungan unsur hara yang beraneka ragam sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu pembantu Anda dalam menyuburkan tanaman.

Kandungan yang Ada di Dalam Pupuk NPK

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pupuk NPK memiliki banyak unsur hara yang beraneka ragam. Semua unsur hara tersebut merupakan unsur-unsur yang sangat diperlukan oleh tanaman.

Kandungan Dalam Pupuk NPK
Kandungan Dalam Pupuk NPK

Oleh karena itu, banyak orang yang menyebutkan bahwa pupuk ini termasuk ke dalam jenis pupuk majemuk. Beberapa unsur hara yang terdapat di dalam pupuk jenis NPK antara lain:

1. Fosfor (P)

Unsur ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tanaman Anda. Fosfor berfungsi untuk membantu proses respirasi, fotosintesis, transfer, pembelahan sel, penyimpanan energi dan masih banyak aktivitas tanaman lainnya yang membutuhkan bantuan dari fosfor.

Selain membantu berbagai proses yang ada di dalam tanaman, fosfor juga berguna untuk membantu mempercepat proses perkecambahan, meningkatkan daya tahan tubuh tanaman terhadap penyakit dan dapat pula membantu untuk meningkatkan kualitas buah.

Oleh karena itu, setiap tanaman harus mendapatkan asupan fosfor yang cukup untuk membantu dan menunjang pertumbuhannya.

2. Kalium (K)

Salah satu unsur yang terkandung di dalam pupuk NPK adalah kalium. Kalium memiliki fungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim pada tanaman. Nantinya, enzim-enzim tersebut akan berguna dalam beberapa proses metabolisme yang ada di dalam tanaman.

Kalium membantu dalam proses fotosintesis. Selain itu, kalium juga sangat berperan di dalam proses pemecah karbohidrat, sintesis protein, membantu keseimbangan ion pada tanaman, membantu pada proses pembukaan dan penutupan stomata, serta berperan penting sebagai pemberi energi pada tanaman.

3. Nitrogen (N)

Unsur selanjutnya yang terdapat di dalam pupuk NPK adalah nitrogen. Nitrogen merupakan unsur yang sangat dibutuhkan dan wajib ada pada tanaman.

Biasanya tanaman menangkap ataupun menyerap nitrogen dari asam amino yang larut dalam air, terkadang juga dari urea dan juga terkadang berasal dari ion NH4+ ataupun NO3-.

Tanaman yang unsur nitrogennya terpenuhi dengan baik akan memiliki jumlah klorofil yang tinggi, ditunjukkan dengan warna daun yang hijau. Sedangkan tanaman yang kekurangan nitrogen, akan memiliki jumlah klorofil yang cukup sedikit, hal ini ditandai dengan warna daun yang terlihat pucat bahkan berwarna kekuningan.

4. Kalsium (Ca)

Kalsium juga termasuk jenis unsur hara yang termasuk ke dalam kandungan pupuk NPK. Kalsium memiliki fungsi sebagai pembantu dalam proses perangsangan pertumbuhan akar dan daun. Selain itu, kalsium juga berfungsi sebagai pereduksi nitrat pada NO3- yang ada di dalam tanaman.

5. Magnesium (Mg)

Magnesium merupakan salah satu unsur hara yang diperlukan tanaman sehingga dimasukkan ke dalam salah satu kandungan yang ada di dalam pupuk jenis NPK.

Magnesium merupakan salah satu unsur yang diperlukan di dalam proses fotosintesis. Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk mengaktifkan beberapa enzim pada tanaman, membantu proses respirasi dan juga membantu dalam proses metabolisme fosfat.

6. Sulfur (S)

Bahan berikutnya yang terkandung di dalam pupuk jenis NPK adalah sulfur atau belerang. Sulfur ini memiliki fungsi untuk membantu dalam pembentukan enzim dan vitamin pada tanaman. Selain itu, sulfur juga berperan di dalam pembentukan klorofil.

Beberapa unsur-unsur tadi merupakan beberapa unsur yang terkandung di dalam pupuk jenis NPK. Selain beberapa unsur-unsur tersebut, terdapat beberapa unsur lainnya, diantaranya, mangan (Mn), besi (Fe), seng (Zn), molybdenum (Mo), klor (Cl), tembaga (Cu) dan boron (B).

Manfaat Pupuk NPK bagi Tanaman

Pupuk NPK terdiri dari berbagai macam kandungan unsur-unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Beberapa manfaat pupuk ini antara lain.

Manfaat Pupuk NPK Untuk Tanaman
Manfaat Pupuk NPK Untuk Tanaman

1. Membantu Proses Pembelahan Sel dan Respirasi Tanaman

Beberapa kandungan fosfor yang ada di dalam pupuk dapat berfungsi untuk membantu proses respirasi pada tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, pupuk ini berguna untuk membantu proses pembelahan sel sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat.

2. Membantu dalam Proses Pembentukan Dinding Sel Tanaman

Selain membantu dalam proses respirasi dan pembelahan sel, pupuk ini juga berperan dalam proses pembentukan dinding sel pada tanaman. Dinding sel tanaman yang kuat dapat menghindarkan serangan dari hama terutama jamur.

3. Membantu Proses Metabolisme pada Tanaman

Kandungan kalium yang ada pada pupuk jenis NPK sangat berperan penting dalam proses metabolisme yang ada pada tanaman. Selain membantu proses metabolisme, pupuk ini juga berperan dalam mencegah tanaman terkena serangan hama.

4. Membantu dalam Pembentukan Vitamin dan Enzim

Pupuk ini memiliki kandungan sulfur di dalamnya, sehingga sangat berperan dalam membantu pembentukan vitamin dan enzim pada tanaman. Selain itu, kandungan sulfur pada tanaman ini juga dapat berperan dalam proses pembentukan klorofil.

5. Membantu Merangsang Pertumbuhan Akar dan Daun pada Tanaman

Kandungan kalsium yang terdapat pada pupuk ini dapat membantu dalam proses pertumbuhan akar dan daun menjadi lebih cepat dan subur. Selain itu, kalsium akan terhidrat menjadi CaO yang berfungsi untuk membantu mencegah dan membunuh gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Beberapa Jenis Pupuk NPK yang Sering Ditemui di Pasaran

Berikut ini adalah beberapa jenis pupuk yang sering di temui di pasaran. Pupuk ini sering digunakan petani sebagai pemberi nutrisi untuk tanamannya. Beberapa jenis pupuk tersebut antara lain:

1. Pupuk NPK Phonska

Pupuk NPK Phonska
Pupuk NPK Phonska

Pupuk ini merupakan salah satu pupuk terbaik. Pupuk ini terdiri dari dua jenis yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Pupuk ini banyak memiliki kandungan unsur fosfat, kalium, nitrogen dan sulfur. Pupuk ini merupakan hasil produksi dari PT. Petrokimia Gresik.

2. Pupuk NPK Pelangi

Pupuk NPK Pelangi
Pupuk NPK Pelangi

Salah satu pupuk yang terkenal dipasar berikutnya adalah jenis pupuk ini. Pupuk ini diproduksi oleh PT. Pupuk Kaltim. Pupuk ini terkenal memiliki kandungan fosfat, kalium dan nitrogen yang tinggi.

3. Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk NPK Mutiara

Pupuk ini sangat tidak asing bagi petani karena banyak dari petani yang menggunakan pupuk ini untuk menyuburkan tanamannya. Pupuk ini mengandung banyak sekali unsur yang diperlukan oleh tanaman dengan persentase yang cukup besar. Pupuk ini juga tersedia dalam bentuk cair ataupun padat.

Demikianlah penjelasan mengenai pupuk jenis NPK. Jika Anda gemar bercocok tanam maka pastikan tanaman Anda mendapatkan nutrisi yang tepat, salah satunya adalah dengan memberikan pupuk.

Pupuk NPK bisa dipilih sebagai pupuk tanaman Anda, selain memiliki kandungan yang lengkap, pupuk ini juga sangat. mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang lumayan murah.

Leave a Reply