Tanaman Indoor

Sejukkan Suasana dengan Tanaman dalam Rumah yang Cantik

Tanaman dalam Ruang | Tanaman dalam Rumah kini telah menjadi bagian dari interior alami yang banyak dipilih untuk mempercantik ruangan.

Selain keindahan dan kesan natural yang dihadirkan, aneka tanaman indoor ternyata memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, terutama sebagai pembersih udara di dalam ruangan.

Tanaman-tanaman indoor ini memiliki fungsi menyerap polutan dan karbon yang dapat membuat udara serta suasana di dalam rumah Anda menjadi lebih sejuk dan segar.

Selain itu, beberapa jenis tanaman indoor lain juga memiliki fungsi yang unik dan bermanfaat, di antaranya adalah mengusir nyamuk dan serangga.

Tanaman Tanaman Indoor
Tanaman Tanaman Indoor

Mengenal Aneka Jenis dan Manfaat Tanaman dalam Ruangan yang Mampu Percantik dan Sehatkan Rumah Anda

Selama ini kebanyakan orang baru mengetahui segelintir jenis tanaman yang terkenal bisa hidup di dalam ruangan dan menjadi dekorasi pemanis ruangan dalam rumah.

Di antara tanaman yang terkenal sebagai tanaman indoor adalah kaktus. Namun, sebenarnya ada banyak jenis tanaman dalam ruangan yang tak hanya cantik, namun juga memiliki fungsi dan manfaat bagi keindahan dan kesehatan rumah Anda. Apa sajakah tanaman-tanaman tersebut?

1. Lidah Mertua

Lidah Mertua
Lidah Mertua

Mendengar nama tanaman yang satu ini memang membuat tersenyum. Tanaman dengan nama asli daun sanseviera ini merupakan tanaman hias yang sangat populer sebagai jenis tanaman dalam ruangan yang banyak dipilih oleh orang-orang.

Daun sansiviera atau lidah mertua ini memiliki bentuk yang cantik dan sederhana, berbentuk panjang dengan ujung meruncing dipermanis dengan gradasi warna putih tulang di bagian tengah tulang daun.

Tanaman yang satu ini sangat sesuai untuk ditanam di dalam rumah dengan ukuran kecil hingga sedang sebab profilnya yang ramping dan tidak membuat ruangan terasa penuh.

Selain keindahannya, tanaman lidah mertua memiliki fungsi yang bermanfaat yaitu sebagai penyerap berbagai jenis racun seperti karbon monoksida, dioksin, juga nikotin.

2. Sri Rejeki

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Tanaman yang telah populer sejak jaman dahulu kala selain karena mitosnya sebagai tanaman penarik rejeki bagi penghuni rumah, ternyata juga memiliki manfaat sebagai penyerap polutan yang ampuh di dalam rumah Anda.

Daun Sri Rejeki adalah tanaman yang dapat hidup baik di dalam maupun di luar rumah. Anda bisa meletakan tanaman berdaun lebar dengan semburat warna putih di bagian tengah yang cantik dan elegan ini di sudut-sudut ruangan sebagai dekorasi natural yang akan membuat suasana ruangan tampak asri dan segar.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Terkenal sebagai tanaman penyubur rambut, lidah buaya atau aloevera yang memiliki aneka khasiat ini ternyata juga termasuk jenis tanaman dalam rumah.

Selain cantik dan eksotis, lidah buaya yang ditanam di dalam rumah juga dapat menjadi sediaan P3K bagi keluarga Anda.

Sebab, selain sebagai penyubur rambut, lendir yang dikeluarkan oleh daging tanaman aloevera dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka gores dan luka bakar dengan ampuh.

4. Spider Plant

Spider Plant
Spider Plant

Spider pant atau Chlorophytum comosum adalah jenis tanaman indoor berikutnya yang banyak ditanam di rumah-rumah modern. Mirip dengan sansiviera, spiderplant memiliki profil yang ramping dan cocok untuk diletakkan di ruangan berukuran mungil.

Tanaman yang berasal dari Afrika ini memiliki tinggi hanya sekitar 60 cm sehingga tidak akan membuat ruangan Anda terasa sumpek. Anda bisa menanam spiderplant di dalam pot sebagai pemanis ruang tamu, ruang kantor atau ruang kerja Anda.

Sama seperti tanaman indoor yang lain, spiderplant memiliki fungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan.

5. Palem Bambu

Palem Bambu
Palem Bambu

Palem bamboo adalah jenis tanaman dalam ruangan yang juga banyak dipilih karena bentuknya yang manis dan sederhana, serta cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai gaya furniture di dalam ruangan Anda.

Palem yang bamboo memiliki aneka julukan, yaitu bamboopalm atau redpalm ini juga memiliki fungsi dan khasiat hebat sebagai penyerap zat kimia berbahaya yang menempel di furniture Anda.

Menanam palem bambu di dalam rumah akan menghindarkan Anda dari efek negatif paparan zat kimia berbahaya sehingga keluarga Anda akan lebih sehat.

6. Lavender

Lavender
Lavender

Terkenal sebagai tanaman pembasmi nyamuk, ternyata lavender juga bisa ditanam di dalam rumah. Tanaman dengan bunga mungil berwarna ungu yang cantik ini selain memiliki aroma harum yang khas, juga bermanfaat untuk melindungi anggota keluarga Anda dari serangan nyamuk dan penyakit berbahaya.

Tanam lavender di dalam pot-pot mungil dan letakkan di sudut-sudut ruangan dan area-area yang beresiko menjadi sarang nyamuk agar keluarga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Sirih Gading

Sirih Gading
Sirih Gading

Tanaman dalam rumah berikutnya yang sangat cantik dan akan memperindah ruangan Anda adalah sirih gading atau Epipremnumaureum.

Tanaman yang juga disebut sebagai goldenpothos ini berasal dari Indonesia dan telah banyak dibudidayakan di negara-negara lain seperti Australia, China, India dan Jepang.

Tanaman sirih gading tumbuh secara merambat yang tentu akan membuat ruangan terlihat cantik dan eksotis. Tanaman ini memiliki aroma yang khas sehingga udara di dalam ruangan akan terasa segar.

Selain itu sirih gading juga memiliki kemampuan untuk menyerap racun dan polutan yang ampuh.

8. Bunga Peace Lily

Peace Lily
Peace Lily

Bunga peace lily atau Spathiphyllum memiliki berbagai spesies. Bunga ini termasuk jenis tanaman dalam rumah dengan wujud yang cantik dan elegan sehingga menjadi favorit orang-orang untuk menjadi dekorasi natural di dalam rumah.

Daunnya yang tebal dan bertekstur licin, serta bunganya yang putih dan berbentuk sederhana akan menghadirkan suasana manis di dalam ruang tidur atau ruang tamu Anda.

Selain cantik, bunga peacelily memiliki manfaat sebagai penyerap polutan dan racun yang cukup ampuh untuk kesehatan udara di dalam rumah Anda.

9. Philodendron

Philodendron
Philodendron

Di antara ragam pilihan jenis tanaman dalam rumah, philodendron menjadi tren tanaman indoor yang paling banyak dipilih dan dimuat dalam majalah-majalah interior.

Bentuknya yang eksotis dan sederhana membuat philodendron dapat berpadu dengan manis dengan aneka model interior dan tentu menambah kesan asri serta sejuk di dalam ruangan.

Selain itu, philodendron banyak dipilih sebab sisi praktis dalam perawatannya, yang mana pemberian air  tidak perlu terlalu sering dilakukan.

Philodendron hanya memerlukan sinar matahari yang cukup sehingga Anda bisa meletakkannya di area-area yang memungkinkan masuknya sinar matahari pagi secara optimal.

10. Bambu Hias

Bambu Hias
Bambu Hias

Bambu hias adalah jenis tanaman indoor yang paling mudah dalam segi perawatan. Hampir sama dengan tanaman srirejeki, bambu hias juga dipercaya sebagaian orang sebagai pembawa hoki bagi rumah yang menanamnya.

Bamboo hias pada umumnya berukuran kecil hingga sedang, sehingga Anda bisa meletakkannya di atas meja tamu atau meja kerja dan membuat suasana ruangan tampak segar.

Tak hanya mitos tentang pembawa keberuntungan dan keindahannya, bambu hias juga memiliki manfaat penyerap polutan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman Dalam Rumah
Tanaman Dalam Rumah

Itulah berbagai jenis tanaman dalam rumah yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat suasana rumah lebih segar, asri dan sehat.

Merawat tanaman indoor membutuhkan alokasi waktu yang lebih praktis sehingga pilihan untuk merawat tanaman-tanaman ini sangat sesuai untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi dan baru belajar berkebun.

Tetap perhatikan kesehatan tanaman indoor Anda dengan memberi cukup air dan sinar matahari sesuai masing-masing jenis tanaman untuk menjaga agar tanaman indoor Anda tumbuh sehat dan bermanfaat bagi rumah Anda.

 

Leave a Reply