Tanaman Bonsai

Beberapa Referensi Jenis Tanaman Bonsai yang Sangat Indah untuk Dekorasi Rumah

Jenis Tanaman Bonsai | Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah yang cantik. Ada banyak cara untuk menghias dan membuat rumah terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman.

Selain bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk, tanaman juga sangat bagus untuk menambah dekorasi. Sekarang ini, ada beragam jenis tanaman yang bisa dijadikan bagian dari dekorasi rumah dan tanaman bonsai menjadi salah satunya.

Ada beragam jenis tanaman bonsai yang bisa dipilih. Berikut ini ada beberapa informasi menarik tentang tanaman bonsai yang memang layak dijadikan bagian dari dekorasi rumah.

Tanaman Bonsai
Tanaman Bonsai

Beberapa Jenis Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai memang sangat tepat digunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Walau ukurannya kecil dan statusnya sebagai hiasan, fungsi sebagai tanaman tetaplah ada.

Selain itu, tentu saja keunikan dari bentuk yang muncul dari tanaman bonsai selalu mampu membuat suasana rumah dan ruangan menjadi lebih menyenangkan.

Tentu saja, tidak semua tanaman bisa dijadikan tanaman bonsai yang bagus dan indah. Untuk itu, berikut ini beberapa bonsai yang menarik.

1. Bonsai Azalea

Bonsai Azalea
Bonsai Azalea

Salah satu yang cukup populer sebagai tanaman bonsai adalah bunga azalea. Tanaman yang satu ini memang memiliki bunga yang cantik.

Warna bunga dan bentuk yang sangat khas membuat banyak orang menyukai bonsai yang satu ini. Bunga ini sebenarnya bukanlah bunga yang berasal dari Indonesia, melainkan dari Jepang.

Walau terkesan sangat cantik, bonsai azalea terkenal dengan perawatan yang intensif. Proses pertumbuhannya pun juga membutuhkan perhatian khusus. Namun, semuanya itu akan terbayar begitu tanaman ini berbunga.

Bunganya akan sangat lebat dan bahkan seluruh cabangnya akan dipenuhi oleh bunga. Salah satu yang penting dalam perawatannya adalah kondisi tanah yang harus selalu lembab.

2. Bonsai Sakura

Bonsai Sakura
Bonsai Sakura

Lalu, jenis tanaman bonsai lainnya adalah bonsai sakura. Tanaman yang sangat ikonik bagi negara Jepang ini memang terkenal sangat cantik. Bunga yang juga dikenal dengan nama cherry blossom ini bahkan menjadi identitas dari Jepang, negara asalnya.

Setiap musim berbunga, banyak taman bunga sakura akan dipenuhi pengunjung. Tidak mengherankan ketika banyak orang yang ingin memiliki bonsai sakura.

Hanya saja, karena memang ini membutuhkan kondisi tanah dan cuaca yang khusus, perawatannya tidaklah mudah. Walau demikian, semua itu tidak akan menjadi masalah begitu saatnya bonsai ini berbunga tiba.

Warna bunga yang sangat cantik benar-benar akan membawa suasana khas Jepang ke dalam rumah.

3. Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville
Bonsai Bougenville

Tanaman bougenville cukup sering dijumpai di berbagai rumah karena tanaman ini memang terlihat sangat cantik dengan bunganya yang memiliki banyak jenis warna.

Tekstur dari bunga ini juga membuatnya disebut sebagai bunga kertas. Ketika sedang berbunga, bunga yang ada cukup lebat sehingga terlihat sangat cantik.

Tanaman ini tidak hanya ditemui di taman. Ternyata, bugenville juga bisa dijadikan tanaman bonsai. Walau dibonsai, ternyata ini tidak mengurangi kemampuan tanaman untuk berbunga.

Bahkan, ketika jenis tanaman bonsai ini sedang berbunga, tanaman ini terlihat lebih cantik karena bunga yang sangat lebat.

4. Bonsai Adenium

Bonsai Adenium
Bonsai Adenium

Lalu, jenis tanaman bonsai selanjutnya adalah bonsai adenium. Bonsai yang satu ini sudah cukup sering dijumpai di berbagai rumah. Banyak orang menyukai bonsai dari tanaman ini karena batang yang bisa berbentuk unik dan bunganya yang indah.

Batang adenium bisa tumbuh dan terlihat memadat layaknya suatu umbi, sehingga terlihat sangat cantik.

Dari segi bunganya, ketika sudah saatnya berbunga, bonsai adenium akan terlihat sangat lebat oleh bunga. Bahkan, beberapa bonsai terlihat tidak memiliki daun dan hanya ditutupi oleh bunga yang lebat.

Perawatan yang mudah juga menjadi faktor lain yang membuat adenium menjadi bonsai yang banyak disukai.

5. Bonsai Anggur

Bonsai Anggur
Bonsai Anggur

Berbagai jenis tanaman bonsai tidak hanya berasal dari tanaman dengan bunga yang cantik. Ada juga tanaman buah yang sengaja dibuat sebagai tanaman bonsai.

Salah satunya adalah bonsai anggur. Buah anggur tentu sudah sangat dikenal karena perpaduan rasa manis dan masamnya. Tanaman yang sebenarnya merambat ini ternyata bisa dijadikan bonsai.

Yang menarik adalah tanaman ini tetap bisa berbuah walau sudah dibonsai. Ini berarti anda akan bisa memanen tanaman ini ketika sedang berbuah. Ketika tidak berbuah, ini akan menjadi suatu hiasan rumah yang terlihat sangat menarik.

6. Bonsai Delima

Bonsai Delima
Bonsai Delima

Selain anggur, jenis tanaman bonsai buah lainnya adalah delima. Buah yang manis ini juga ternyata mampu dibuat menjadi bonsai.

Bahkan, hasilnya bisa terlihat sangat cantik karena karakteristik batangnya yang akan membuat tanaman ini menjadi bonsai yang atraktif. Sudah pasti, nantinya buah juga tetap bisa dipanen ketika sudah saatnya berbuah.

Bentuk daun, batang, dan juga buah dari tanaman ini memang akan menjadi daya tarik tersendiri dalam dekorasi rumah. Lebih lagi, ada banyak khasiat yang ditawarkan oleh buah delima, sehingga ini bukan sekedar hiasan, tapi juga bagian dari menjaga kesehatan tubuh.

7. Bonsai Jambu

Bonsai Jambu
Bonsai Jambu

Ada juga bonsai jambu. Tanaman yang satu ini tentu sudah tidak asing. Pohon jambu termasuk tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Karakteristik tanaman ini pula yang membuat jambu menjadi salah satu jenis tanaman bonsai yang cukup digemari.

Walau tanaman ini cukup umum dijumpai, ternyata ini akan terlihat berbeda begitu sudah menjadi bonsai. Penampilannya menjadi terlihat lebih menarik.

Didukung dengan karakter batang yang unik dan keras, tanaman ini akan terlihat sangat menarik. Sudah pasti, buahnya juga tetap bisa dinikmati ketika sudah saatnya berbuah.

8. Bonsai Pinus

Bonsai Pinus
Bonsai Pinus

Selain tanaman buah dan bunga, ada juga jenis tanaman bonsai lainnya yang tak kalah menarik. salah satunya adalah pinus. Tanaman yang dikenal tumbuh menjulang tinggi ini ternyata bisa dijadikan bonsai.

Salah satu yang populer adalah pinus thunbergii yang memang memiliki bentuk daun yang unik dan terlihat sangat menarik dalam ukuran mini.

9. Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri
Bonsai Anting Putri

Yang satu ini juga sangat menarik. Tanaman anting putri memiliki ciri berupa batang utama yang bisa tumbuh tegak lurus dengan beberapa cabang. Batang ini bisa dibuat menjadi bentuk lainnya dengan metode bonsai.

Cabangnya juga bisa terlihat menarik dengan karakteristik daun yang juga sangat khas.

10. Bonsai Maple

Bonsai Maple
Bonsai Maple

Referensi jenis tanaman bonsai yang terakhir adalah maple. Tanaman ini memang bukan asli berasal dari Indonesia. Maple sangat banyak digemari karena bentuk batangnya yang kokoh dan menarik.

Selain itu, daya tarik utamanya ada di daunnya yang memiliki beberapa jenis warna, misalkan saja biru, merah muda, serta ungu. Sudah pasti, tanaman bonsai ini akan sangat menarik perhatian di rumah anda.

Jenis Bonsai
Jenis Bonsai

Itulah beberapa referensi tanaman bonsai yang sangatlah cantik. Ada beragam tanaman bonsai dengan daya tarik yang berbeda-beda. Ada yang memiliki yang sangat cantik, ada pula yang mampu menghasilkan buah layaknya tanaman tanpa dibonsai.

Selain itu, ada juga jenis tanaman bonsai  yang memiliki bentuk batang dan daun yang unik. Semua ini pastinya akan mampu menjadi bagian indah di dalam rumah.

Leave a Reply