Anggrek Bulan

15 Jenis-Jenis Anggrek yang Cocok Ditanam di Iklim Tropis Indonesia

Jenis-Jenis Anggrek | Ada banyak jenis-jenis anggrek yang bisa ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Anggrek merupakan salah satu jenis bunga paling diminati oleh penggemar tanaman.

Selain karena bentuknya yang unik dan cantik, ada ratusan jenis anggrek yang bisa ditemukan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Anggrek terbilang cocok dengan iklim tropis Indonesia. Meski demikian, tidak semua jenis anggrek bisa dibudidayakan di Indonesia.

Jenis Anggrek
Jenis Anggrek

Apa Saja Jenis-Jenis Anggrek yang Bisa Dibudidaya di Indonesia?

Dari sekian banyak jenis anggrek, ada beberapa yang bisa beradaptasi dengan iklim Indonesia, ada pula yang tidak. Jika Anda tertarik pada budidaya anggrek atau sekadar ingin memiliki tanaman anggrek di rumah.

Anda perlu mengetahui jenis-jenis anggrek apa sajakah yang sekiranya bisa dibudidayakan atau dipelihara di Indonesia. Berikut ini adalah daftarnya untuk Anda cermati.

1. Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang
Anggrek Bulan Bintang

Anggrek bulan bintang dapat dikategorikan dalam jenis-jenis anggrek yang mewah dan paling diminati. Bentuknya memang terlihat wah dan elegan. Kelopaknya yang bertotol merah ada lima buah, laiknya bintang di langit.

Di tengah-tengah kelopak, ada warna putih terang seperti bulan. Hal ini membuat anggrek jenis ini sangat cantik dan enak dipandang, terlebih ketika mekar.

2. Anggrek Serat

Anggrek Serat
Anggrek Serat

Anggrek serat memiliki kelopak yang langsing dan kecil, layaknya serat. Hal ini membuat bunga anggrek yang satu ini cukup unik dan terlihat tidak biasa.

Bunga ini kerap ditemui di bagian Indonesia tengah dan timur. Bunga ini tumbuh subur di Sulawesi Tenggara bahkan digunakan sebagai salahsatu identitas daerah tersebut.

3. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan
Anggrek Bulan

Anggrek bulan merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang paling mudah ditemui di Indonesia. Saat mekar, bunganya akan berwarna putih bersih dengan sedikit corak kuning di tengahnya.

Warna putih bersih bunga ini membuat orang menyebutnya dengan nama anggrek bulan. Anggrek bulan merupakan salah satu dari jenis-jenis anggrek yang tidak membutuhkan terlalu banyak air untuk bertahan hidup.

5. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu
Anggrek Tebu

Apa Anda mencari jenis-jenis anggrek dengan ukuran tanaman yang besar? Jika iya, anggrek tebu merupakan jawabannya. Tanaman anggrek ini tumbuh vertikal ke atas dengan bantuan batang tanaman yang kuat.

Bentuknya hampir seperti batang tebu. Bunganya kecil-kecil berwarna kuning dan putih.

5. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis
Anggrek Kasut Kumis

Salah satu jenis anggrek dengan bentuk paling unik adalah anggrek kasut kumis ini. Bentuknya tidak seperti bunga anggrek pada umumnya, namun malah menyerupai kantung.

Bunga ini diberi nama kasut kumis karena memang bunganya dipenuhi dengan bulu-bulu halus, laiknya kumis. Warna bunganya yang merupakan perpaduan warna ungu dan hijau terlihat sangat cantik, apalagi saat mekar sempurna.

6. Anggrek Pandan

Anggrek Pandan
Anggrek Pandan

Anggrek pandan terbilang sangat unik dan sangat jarang ditemui di Indonesia. Meski demikian, anggrek jenis ini cocok untuk tumbuh subur di tengah iklim Indonesia yang tropis.

Bentuk anggrek pandan ini sedikit memanjang dan ditemani oleh daun-daun lancip, layaknya tanaman pandan. Tanaman yang satu ini cocok ditanam dalam pot-pot kecil karena memang ukurannya yang terbilang kecil.

7. Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan
Anggrek Kebutan

Anggrek kebutan termasuk dalam jenis-jenis anggrek yang sangat langka untuk ditemui. Saking langkanya, bunga anggrek berwarna oranye terang ini dilindungi oleh pemerintah.

Salah satu ciri unik dari anggrek kebutan adalah bunganya yang tumbuh bergerombol dalam satu tangkai. Anggrek jenis ini perawatannya tidak sulit, hanya saja kerap ada benalu yang menumpang tinggal di tangkai-tangkai bunga anggrek jenis ini.

8. Anggrek Pensil

c
Anggrek Pensil

Anggrek pensil memiliki bentuk yang cukup unik. Ada sejenis batang panjang di tengah kelopak bunga anggrek jenis ini. Batang ini terlihat seperti pensil yang menyembul dan alhasil membuat bunga ini diberi nama anggrek pensil.

Bunga anggrek pensil didominasi warna putih keunguan. Biasanya ada satu atau dua kelopak bunga yang memiliki corak totol-totol ungu tua.

9. Anggrek Sendok

Anggrek Sendok
Anggrek Sendok

Anggrek sendok memiliki tangkai yang menjulur dari bagian tengah bunganya. Hal ini membuatnya terlihat seperti sendok dan orang-orang pun menjulukinya dengan nama anggrek sendok.

Bunga berwarna kuning cerah ini memiliki sedikit corak merah pada bagian tengahnya. Saat mekar, ukuran bunga anggrek jenis ini cukup besar, kira-kira hampir sama besarnya dengan ukuran bunga sepatu.

Inilah mengapa bunga anggrek sendok kerap dipertimbangkan masuk dalam jenis-jenis anggrek unik dan langka.

10. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam
Anggrek Hitam

Dari namanya sudah bisa diduga jika anggrek jenis ini memiliki warna dominan hitam pada bunganya. Warna hitam kelam ini membuat bunga anggrek jenis ini terlihat unik dan lain dari yang lain.

Sayangnya, anggrek jenis ini cukup sulit ditemui dan jika ada harganya mahal. Pada saat mekar sempurna, anggrek hitam akan memperlihatkan bagian tengah kelopak yang kadang berwarna kuning, kadang juga berwarna merah.

11. Anggrek Kerlip

Anggrek kelip
Anggrek kelip

Anggrek jenis ini memiliki nama “kerlip” karena bentuknya yang menyerupai bintang. Warna ungu muda mendominasi bunga ini. Ada sedikit corak kuning di tengah kelopaknya.

Salah satu hal yang membuat bunga anggrek jenis ini sangat unik adalah aromanya. Jika kebanyakan bunga anggrek tidak berbau harum, anggrek kerlip memiliki aroma yang sangat manis dan harum.

12. Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara
Anggrek Ki Aksara

Salah satu jenis anggrek paling unik mungkin adalah anggrek ki aksara. Bentuknya tidak seperti bunga pada umumnya, namun lebih menyerupai daun lebar.

Warnanya yang dominan hijau dan adanya garis-garis corak yang bentuknya seperti petir membuatnya semakin terlihat unik dan banyak dicari oleh orang-orang yang hobi mengoleksi anggrek.

13. Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud
Anggrek Jamrud

Anggrek jamrud memiliki bunga yang berbentuk seperti segitiga. Warnanya merah muda keunguan. Jika dilihat dari kejauhan, bunga ini seperti sekumpulan batu jamrud yang menarik hati.

Anggrek jenis ini memiliki beberapa karakteristik unik, salah satunya adalah bunganya yang dipenuhi bulu halus sehingga terasa agak kasar ketika dipegang.

14. Anggrek Jingga

Anggrek Jingga
Anggrek Jingga

Anggrek jingga masuk dalam jenis-jenis anggrek cantik. Seperti namanya, warna dasar anggrek ini adalah jingga terang. Uniknya, seluruh bagian bunga dipenuhi dengan totol-totol berwarna merah.

Hal ini membuat anggrek jingga terlihat seperti macan tutul. Anggrek ini sering dikoleksi oleh kolektor anggrek mahal.

15. Anggrek Larat

Anggrek Larat
Anggrek Larat

Anggrek larat mungkin terlihat sangat biasa ditemui, layaknya anggrek bulan. Tapi, jenis anggrek ini terbukti menjadi yang penampilannya paling indah dan sangat mudah dipelihara.

Anggrek berwarna ungu tua ini kerap mekar dan akan memberikan keindahan luar biasa pada saat semua bunganya mekar.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan jenis bunga anggrek apa sajakah yang akan tumbuh dengan mudah dan subur di Indonesia? Sekarang Anda tinggal memilih jenis tanaman anggrek yang Anda paling sukai dan cobalah budidayakan jenis anggrek tersebut di rumah.

Memelihara bunga anggrek tidak terlalu sulit dan semua orang bisa mencobanya dengan mudah setelah memilih jenis-jenis anggrek yang ingin dipelihara.

Leave a Reply